SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar
:
9.1. Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menguasai konsep mengenai hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian nun mati/tanwin
  • Pengertian mim mati
  • Pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
  • Pembagian hukum bacaan mim mati

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan nun mati/tanwin.
·         Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian nun mati/tanwin serta pembagiannya.
2).  Elaborasi
·         Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
·         Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
·         Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mim mati.
·         Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian mim mati serta pembagiannya.
·         Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
·         Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, 
·        LKS MGMP PAI
·        Mushaf Al-Qur’an
·        VCD pembelajaran

Penilaian                      
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin.
§  Menjelaskan pengertian mim mati.
§  Menyebutkan contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
Tes tertulis

Tes uraian

§  jelaskan pengertian nun mati/tanwin.
§  jelaskan pengertian mim mati.
§  Sebutkan contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
§  Buatlah skema pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin!
§  Sebutkan huruf-huruf izhar!
§  Sebutkan huruf-huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah!
§  Sebutkan huruf-huruf ikhfa’!
§  Sebutkan huruf iqlab!
§  Buatlah skema pembagian hukum bacaan mim mati!
§  Sebutkan huruf-huruf izhar syafawi!
§  Sebutkan huruf-huruf ikhfa’ suafawi!
§  Sebutkan huruf idgham mimi!
§  Apakah perbedaan izhar khalqi dengan izhar syafawi?


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



________________                                        ___________________
NIP                                                                   NIP                   


Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar
:
9.2. Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membedakan  hukum bacaan nun mati/tanwin berupa bacaan idzhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab; serta dapat membedakan hukum bacaan mim mati berupa idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Perbedaan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
  • Perbedaan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
·         Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab  bersama kelompoknya masing-masing.
·         Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
2).  Elaborasi
·         Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
·         Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
·         Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi  bersama kelompoknya masing-masing.
·         Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
·         Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·         Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah

Sumber Belajar            
·        Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, 
·        LKS MGMP PAI
·        Mushaf Al-Qur’an
·        VCD pembelajaran


Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mim mati.
§  Menjelaskan perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
Tes tertulis

Tes uraian

§  jelaskan macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.
§  Jelaskan macam-macam hukum bacaan mim mati.
§  Jelaskan perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
§  Lafaz   مِنْهُمَا  mengandung bacaan 
§  Lafaz   فَأَنْبَتَ  mengandung bacaan 
§  Ayat   صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ  mengandung bacaan 
§  Ayat   وَاللهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ  mengandung bacaan 
§  Lafaz   أَمْوَالَهُمْ  mengandung bacaan 
§  Lafaz   عَلَيْكُمْ بِمَا  mengandung bacaan 
§  Ayat   إِنْ كُنْتُمْ مُوقِنِينَ  mengandung bacaan 


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


________________                                        ___________________
NIP                                                                   NIP                   


Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar
:
9.3. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Alokasi Waktu           
:
4 X  40 menit ( 2 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mepraktekkan bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam ayat-ayat pilihan dengan benar.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan
  • Bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menyajikan ayat-ayat pilihan (surat al Ghasiyah atau surat lain) yang banyak mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.


2).  Elaborasi
·         Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·         Guru bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, 
·        LKS MGMP PAI
·        Mushaf Al-Qur’an
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Mencari hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. al-Qadar.
§  Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Qadar yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dengan benar.
§  Mencari hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil.
§  Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Fil yang mengandung bacaan mim mati dengan benar.
Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

§  Carikanlah hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. al-Qadar.
§  Carikanlah hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil
§  Bacalah ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati!
هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةِ (۱) وُجُوْهٌ يَّوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ (٢) عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ (٣) تَصْلى نَارًا حَامِيَةً (٤) تُسْقى مِنْ عَيْنٍ انِيَةٍ (٥) لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلاَّ مِنْ ضَرِيْعٍ (٦) لاَ يُسْمِنُ وَلاَ يُغْنِيْ مِنْ جُوْعٍ (٧) وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ نَاعِمَةٌ (٨)






Rubrik/pedoman penilaian:
Aspek yg dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
·  Kelancaran
·  Bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati
·  Makhraj
·   Membaca dengan lancar
·   Tidak melakukan kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
100
·   Membaca dengan lancar
·   Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
90
·   Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
80
·   Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
70
·   Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
60
·   Melakukan  lebih dari 8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
50


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



________________                                        ___________________
NIP                                                                   NIP                   

Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
Kompetensi Dasar
:
10.1. Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian iman kepada malaikat, sifat-sifatnya, membaca dalil naqli tentang keberadaan dan sifat-sifatnya, serta menjelaskan perbedaan sifat malaikat dengan makhluk ghaib lainnya.
Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Materi Pembelajaran   
  • Pengertian iman kepada malaikat
  • Sifat-sifat malaikat
  • Dalil naqli tentang keberadaan dan sifat-sifat malaikat
  • Perbedaan sifat malaikat dengan makhluk ghaib lainnya

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami keberadaan malaikat.
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian iman kepada malaikat serta menjelaskan sifat-sifatnya.
2).  Elaborasi
  • Siswa menelaah perbedaan malaikat dengan makhluk gaib lainnya.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang malaikat dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
¨       melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
¨       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
¨       merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
¨       menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


Sumber Belajar           
·        Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, 
·        LKS MGMP PAI.
·        Mushaf Al-Qur’an

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian malaikat Allah.
§  Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang malaikat Allah.
§  Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan, dan iblis.
§  Menjelaskan arti beriman kepada malaikat Allah.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Jelaskan pengertian malaikat Allah.
§  Sebutkan dalil naqli dan aqli tentang malaikat Allah.
§  Jelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan, dan iblis.
§  Jelaskan arti beriman kepada malaikat Allah.
§  Jelaskan pengertian iman kepada malaikat!
§  Sebutkan sifat-sifat malaikat!
§  Jelaskan perbedaan malaikat dengan makhluk gaib lainya!
§  Bolehkah manusia menyembah malaikat?
§  Di mana tempat malaikat?


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


________________                                        ___________________
NIP                                                                   NIP                   

Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
Kompetensi Dasar
:
10.2. Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menjelaskan tugas para malaikat, persamaan tugasnya dengan manusia, dan menyebutkan nama-nama 10 malaikat beserta tugas khususnya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )

Materi Pembelajaran   
  • Menjelaskan tugas para malaikat secara umum
  • Menjelaskan persamaan tugas manusia dengan malaikat
  • Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugas khususnya

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan tugas-tugas malaikat.
2).  Elaborasi
  • Siswa menelaah persamaan tugas malaikat dengan manusia.
  • Siswa mempelajari nama-nama malaikat beserta tugas khususnya masing-masing.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, 
·        LKS MGMP PAI

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan jumlah dan nama-nama malaikat Allah.
§  Menjelaskan tugas-tugas malaikat Allah.
§  Menjelaskan keterkaitan tugas malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Jelaskan maksud Allah menciptakan para malaikat!
§  Apakah persdamaan tugas manusia dengan malaikat?
§  Apakah tugas malaikat Jibril?
§  Setelah Allah tidak mengutus para rasul, apakah tugas malaikat Jibril selanjutnya?
§  Apakah tugas malaikat Mikail?

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


________________                                        ___________________
NIP                                                                   NIP                   

Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top