SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VIII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
10. Menerapkan Hukum Bacaan Mad Dan Waqaf
Kompetensi Dasar
:
10.1. Menjelaskan Hukum Bacaan Mad Dan Waqaf
Alokasi Waktu           
:
4  X  40 Menit ( 2 Pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memahami pengertian dan pembagian mad, menjelaskan pengertian waqaf, membedakan bacaan waqaf dengan washal serta menyebutkan pembagian waqaf.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
Materi Pembelajaran   
  • Pengertian mad
  • Pembagian mad
  • Pengertian waqaf
  • Perbedaan bacaan waqaf dengan washal
  • Pembagian waqaf

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memahami pengertian dan pembagian mad, menjelaskan pengertian waqaf, membedakan bacaan waqaf dengan washal serta menyebutkan pembagian waqaf
2). Elaborasi
·         Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mad serta pembagiannya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan ketentuan waqaf, pembagian, serta tanda-tandanya.
2). Elaborasi
·         Guru menjelaskan perbedaan waqaf dengan washal.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan contoh-contohnya.
Tes tertulis

Tes uraian

§  Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad!
§  Sebutkan macam-macam mad!
§  Jelasakan pengertian waqaf!
§  Apakah perbedaan antara waqaf dengan washal?
§  Sebutkan tanda-tanda waqaf!
§  Diantara bacaan di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah:
    a. حُنَفَآءَ
    b. فِيْۤ أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ
    c. وَلاَ تَحَآضُّوْنَ
    d. بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
Kompetensi Dasar
:
10.2. Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memahami cara-cara membaca  mad dan ketentuan tanda-tanda waqaf.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
Materi Pembelajaran   
  • Cara-cara membaca  mad
  • Tanda-tanda waqaf
  • Ketentuan tanda-tanda waqaf

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru memaparkan dan mendemonstrasikan cara-cara mebaca mad, siswa menyimak dan menirukan.
2). Elaborasi
·         Siswa mencari, menemukan, dan mencocokkan tanda-tanda waqaf dengan tanda waqaf yang ada di mushaf al-Qur’an.
·         Siswa menelaah keentuan masing-masing tanda waqaf.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAIPAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.
§  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.
Tes tertulis

Tes isian

§  Cara membaca mad thabi’i adalah dibaca panjang .... alif
§  Cara membaca mad wajib muttashil adalah dibaca panjang .... alif
§  Cara membaca mad jaiz munfasil adalah dibaca panjang .... alif
§  ج  adalah tanda waqaf....
§  Tanda waqaf lazim adalah ....

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
Kompetensi Dasar
:
10.3. Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mempraktekkan bacaan mad dan waqaf dalam ayat-ayat pilihan.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Bacaan mad dalam ayat-ayat pilihan
  • Bacaan waqaf dalam ayat-ayat pilihan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan mad dan waqaf.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
·         Guru bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAIPAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                      
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Mempraktikkan cara membaca bacaan mad.
§  Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.
§  Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.
Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

§  praktikkan cara membaca bacaan mad.
§  praktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.
§  praktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.

Instrumen Soal :

Bacalah ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati !


 










Rubrik/pedoman penilaian :
Aspek yg dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
·  Kelancaran
·  Bacaan mad dan waqaf
·  Makhraj
·   Membaca dengan lancar
·   Tidak melakukan kesalahan bacaan mad dan waqaf serta makhrajnya
100
·   Membaca dengan lancar
·   Melakukan 1-2 kesalahan bacaan mad dan waqaf  serta makhrajnya
90
·   Melakukan 3-4 kesalahan bacaan mad dan waqaf serta makhrajnya
80
·   Melakukan 5-6 kesalahan bacaan mad dan waqaf  serta makhrajnya
70
·   Melakukan 7-8 kesalahan bacaan mad dan waqaf  serta makhrajnya
60
·   Melakukan  lebih dari 8 kesalahan bacaan mad dan waqaf  serta makhrajnya
50


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
Kompetensi Dasar
:
11.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat mengimani Rasul Allah SWT, menjelasakan tugas-tugasnya, serta membaca dalil naqlinya.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian iman kepada Rasul Allah SWT
  • Dalil naqli tentang rasul-rasul Allah SWT
  • Tugas para rasul

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami im,an kepada rasul.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian iman kepada rasul beserta menceritakan betapa mulia tugas para rasul serta beratnya ujian yang dihadapi oleh para rasul dalam menghadapi umatnya.
2). Elaborasi
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai para rasul dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
  • Siswa menelaah lebih mendalam mengenai tugas para rasul serta membuat kesimpulan.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.
§  Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.
§  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah.
Tes tertulis
Tes uraian

§  Jelaskan pengertian iman kepada para rasul!
§  Ceritakan kisah perjuangan salah seorang rasul rasul!
§  Jelasakan tugas para rasul!
§  Tulislah dalil naqli tentang rasul Allah!
§  Tulislah kesan kamu terhadap perjuangan para rasul!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................... 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
Kompetensi Dasar
:
11.2. Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah
Alokasi Waktu           
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menyebutkan nama-nama rasul Allah, memahami sifat-sifatnya, memahami rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Materi Pembelajaran   
  • Nama-nama rasul Allah SWT
  • Sifat-sifat rasul
  • Arti sifat-sifat rasul
  • Rasul ulul azmi
  • Nama-nama rasul ulul azmi
  • Sifat rasul ulul azmi

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai nama-nama rasul Allah, memahami sifat-sifatnya, memahami rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru memberikan penjelasan mengenai nama-nama rasul Allah, sifat-sifatnya, rasul ulul azmi beserta sifat rasul ulul azmi.
2). Elaborasi
  • Siswa menyimak, bertanya, serta menyimpulkannya.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.
§  Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah.
§  Menyebutkan para Nabi yang termasuk Ulul Azmi dan menjelaskan keistimewaannya.
Tes tertulis
Tes uraian

·     Sebutkan nama-nama rasul Allah SWT !
·     Jelaskan sifat-sifat rasul!
·     Tulislah arti sifat-sifat rasul!
·     Jelaskan yang dimaksud dengan Rasul ulul azmi!
·     Sebutkan nama-nama rasul ulul azmi!
·     Jelasakan sifat rasul ulul azmi!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................... 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VIII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top