SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS VII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


                                                                            SEKOLAH                   : ..............................
                                                                            Mata Pelajaran             : Penjas Orkes
                                                                Kelas/Semester                        : VII / 2
                                                                          Standar Kompetensi*   : 8. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
                                              olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
                                                                          Kompetensi Dasar       : 8.1.Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu nomor permainan
                                            beregu bola besar lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi,
                                             memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Alokasi Waktu             : 3x2 x 40 menit (Pertemuan 3 )

A. Tujuan Pembelajaran        : 1. Siswa dapat melakukan variasi passing
                                                  2. Siswa dapat melakukan variasi drible
                                                              3. Siswa dapat melakukan shooting
  4. Siswa dapat melakkan bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
        
v      Karakter siswa yang diharapkan :      Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                        
B. Materi Pembelajaran         : Permainan Sepak Bola

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inclusivei
                                                  2. Demonstrasi
                                                  3. Part and whole
                                                  4. Resiprocal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
Pertemuan 1, 2 & 3
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki
F  Melakukan variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
F  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta  menahan dengan telapak
F  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar      : 1. Buku Teks
                                      2. Bola
                                      3. Lapangan
                                      4. Gawang Basket
                                      5. Peluit






F. Penilaian     :
 Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·  Mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki
·  Melakukan variasi teknik dasar
·  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta  menahan dengan telapak

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
 Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis







Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki !




Posisi telapak kaki yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki, adalah
a.       menghadap arah bola
b.      menyamping arah bola
c.       memutar arah bola
d.      membelakangi arah bola

Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


    1. Teknik Penilaian  :
         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            Lakukan teknik variasi passing, driblee dan shooting dengan teknik yang benar
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja siswa dengan rentang 1 s.d 5
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 50
                             Σ Skor maksimal
         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
           Mainkan permaian  sepak bola  dengan peraturan yang dimodifikasi. Ta’ati, kerjasama
           dan
           tunjukan perilaku yang positif
           Ket. : Beri tanda (v) untuk setiap perilaku
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 30
                             Σ Skor maksimal
         - Kuis (Kognisi)
           Jawablah secara benar atau pergakan dengan baik mengenai konsep gerak dalam permainan 
           Sepak bola.
           Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban siswa dengan rentang 1 s.d 5
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 20
                             Σ Skor maksimal
           NA = NP + NA + NK
  
    2. Rubrik Penilaian              :
                                                Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                          Sepak Bola
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
1. Melakukan variasi passing
2. Melakukan variasi drible
3. Melakukan shooting
4. Bermain dengan peraturan yang dimodivikasi

  1. Teknik gerakan
  2. Posisi bola pada kaki
  3. Arah bola
  4. Posisis badan, pandangan saat melakaukangeraan.
10 – 25
10 – 20
10 – 30
10 - 25


Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       : 100
Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                                    Dalam permainan sepak Bola
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Perilaku yang diharapkan
Skor
Nilai
1. Melakukan variasi passing
2. Melakukan variasi drible
  3. Melakukan shooting
  4. Bermain dengan peraturan yang dimodivikasi

1. Bekerjasama dengan teman satu team
2. Berani menembus pertahanan lawan
3. Menta’ati peraturan
4. Menghormati wasit
5. Menunjukkan sikap sportif
10 – 20

10 – 20

10 – 20
10 – 20
10 - 20


Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       : 100
Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
Dalam permainan sepak Bola
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
1. Melakukan variasi passing                                              2. Melakukan variasi drible
 3. Melakukan shooting
 4. Bermain dengan peraturan yang dimodivikasi

1.Bagaimanakah arah bola saat melakukan gerakan passing
2. Bagaimana posisi kaki  saat melakukan shoting
3. Bagamana langkah kaki saat melakukan driblle
4. Bagaimana pandangan saat melakukan driblle
10 – 25

10 – 25

10 – 25

10 – 25





Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       : 100

                                                            JUMLAH NILAI
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan
50 %
30 %
20 %
1. Melakukan variasi passing                                              2. Melakukan variasi drible
3. Melakukan shooting
 4. Bermain dengan peraturan yang dimodivikasi











   Keterangan   : Batas Tuntas lihat SKBM


                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................


                                   










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                   : ..............................
Mata Pelajaran             : Penjas Orkes
Kelas/Semester                        : VII / 2
Standar Kompetensi*   : 8. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
                                              olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar       : 8.1.Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu nomor permainan
                                            beregu bola besar lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi,
                                             memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Alokasi Waktu             : 3x2 x 40 menit (Pertemuan 3 )

A. Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat melakukan passing atas dan bawah dalam permainan bola voli
                                                  2. Siswa dapat melakukan service bawah dan smas tanpa awalan
 
v     Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                                
B. Materi Pembelajaran         : Permainan Bola Voli

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inclusivei
                                                  2. Demonstrasi
                                                  3. Part and whole
                                                  4. Resiprocal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
Pertemuan 1 & 2
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan passing atas dan bawah secara berpasangan   atau kelompok
F  Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan  variasi teknik dasar secara berpasangan   atau kelompok
F  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai kerja  sama dan keberanian
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan)
F  Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan
F  Melakukan  variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
F  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis bawah dan smash tanpa awalan
F  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar                  : 1. Buku Teks
                                                  2. Bola
                                                  3. Lapangan
                                                  4. Tiang dan Net Volli
                                                  5. Peluit







F. Penilaian     :
    Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·  Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan)
·  Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan
·  Melakukan  variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis bawah dan smash tanpa awalan

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
 Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis







Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi

Lakukan  variasi dan kombinasi teknik dasa
 (passing, servis ,smash tan-  pa awalan) !






Posisi telapak tangan yang benar saat melakukan servis bawah, adalah
a.       menghadap arah bola
b.      menyamping arah bola
c.       memutar arah bola
d.      membelakangi arah bola
                                  
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

1. Teknik Penilaian            :
         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            Lakukan teknik service bawah dan smash tanpa awalan
                     N = Σ Skor yang diperoleh x 50
                             Σ Skor maksimal
         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
Lakukan teknik service bawah dan smash tanpa awalan
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 30
                             Σ Skor maksimal
         - Kuis (Kognisi)
           Jawablah secara benar pertnyaan-pertanaan menjadi  konsep gerak dalam permainan 
           bola voli
         
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 20
                             Σ Skor maksimal
    
  2. Rubrik Penilaian                :          
                                   
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                           Bola Voli
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
1.Melakukan teknik service.    


                                     2. Melakukan teknik dasar smash tanpa awalan                                                
1. Sikap awal
2. Ayunan tangan
3. Perkenaan bola pada tangan
4. Gerak ikutan

1.   Sikap awal
2.   Perkenaan bola pada tangan saat lompat
3.   Gerak ikutan
10 – 20
15 – 30
20 – 30
5 – 10

15 – 30
25 – 50

10 - 20


Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 30

Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                                    Dalam permainan Bola Voli           
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Perilaku yang diharapkan
Skor
Nilai
1.Melakukan teknik service.    

                                     2. Melakukan teknik dasar smash tanpa awalan                                                 
1. Sopan
2. Mamatuhi tata tertib
3 Menghargai teman
4. Melakukan dengan sungguh-sungguh.
5. Kerja sama
0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20




Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       :

Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
Bola voli         
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
1.Melakukan teknik service.    
                                 2. Melakukan teknik dasar smash tanpa awalan                                                
1. Jelaskan gerakan badan pada waktu service.
2. Jelaskan gerakan badan pada waktu smash tanpa awalan
0 – 40

0 – 60



Jumlah Nilai






  Jumlah skor max       :

                                                            JUMLAH NILAI
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan
60 %
30 %
10 %
1.Melakukan teknik service.    
                                 2. Melakukan teknik dasar smash tanpa awalan                                                










   Keterangan   : Batas Tuntas lihat SKBM
                                   
                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                   :
Mata Pelajaran             : Penjas Orkes
Kelas/Semester                        : VII / 2
Standar Kompetensi*   : 8. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga
                                             serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar       : 8.1.Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu nomor permainan
                                                beregu bola besar lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi,
                                            memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Alokasi Waktu             : 3x2x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran        : 1. Siswa dapat melakukan variasi passing
                                                  2. Siswa dapat melakukan variasi drible
                                                              3. Siswa dapat melakukan variasi drible shooting
  4. Siswa dapat melakkan bermain dengan peraturan yang
      dimodifikasi
        
v        Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                     
B. Materi Pembelajaran         : Permainan Bola Basket

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inclusivei
                                                  2. Demonstrasi
                                                  3. Part and whole
                                                  4. Resiprocal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
Pertemuan 1, 2 & 3
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukanmenggiring,   passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
F  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
F  Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
F  Melakukan variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi
F  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan) dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
F  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar                  : 1. Buku Teks
                                                  2. Bola
                                                  3. Lapangan
                                                  4. Gawang Basket
                                                  5. Peluit





F. Penilaian                             :
 Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Melakukan menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
·   Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan) dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

 Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis







Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (passing bola dari dada, pantul dan atas kepala, shooting satu tangan dari depan dada dan lay-up shoot)






Posisi lengan yang benar setelah  melakukan passing, adalah
a.     lurus
b.     menyilang
c.     memutar
d.     meneukuk


Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia


   1. Teknik Penilaian   :
         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            Lakukan teknik dasar pasing, shoting, lay up dengan teknik yang benar
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja siswa dengan rentang 1 s.d 5
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 50
                             Σ Skor maksimal
         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
           Mainkan permaian bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi. Ta’ati, kerjasama dan
           tunjukan perilaku yang positif
           Ket. : Beri tanda (v) untuk setiap perilaku
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 30
                             Σ Skor maksimal
         - Kuis (Kognisi)
           Jawablah secara benar atau pergakan dengan baik mengenai konsep gerak dalam permainan bola basket
           Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban siswa dengan rentang 1 s.d 5
           
          N = Σ Skor yang diperoleh x 20
                             Σ Skor maksimal
       
   NA = NP + NA + NK
   
   2. Rubrik Penilaian               :
                                   

                                                Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                           Bola Basket
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kualitas Gerak
1     2     3     4     5
1.Kombinasi teknik dasar pasing (dada, pantul dan dari atas kepala)  dengan                                               tepat                                               2. Kombinasi teknik dasar menggiring, shooting (dengan dua tangan dari                                                      atas depan kepala) dan lay up shoot dengan tepat.                                                 3. Bermain dengan peraturan yang dimodivikasi
1. Gerakan dasar pasing depan dada (Chest pass)
2. Gerakan dasar pasing pantul (Bond pass)
3. Gerakan dasar pasing di atas kepala (Over head pass)
4. Gerakan teknik dasar menggiring
5. Gerakan teknik dasar shooting
6. Gerakan teknik teknik lay up




Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 30

Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                                    Dalam permainan Bola Basket
             Indikator Pencapaian Kompetensi
Perilaku yang diharapkan
Skor
Nilai
Cek (V)
1.Kombinasi teknik dasar pasing (dada, pantul dan dari atas kepala)  dengan                                               tepat                                               2. Kombinasi teknik dasar menggiring, shooting (dengan dua tangan dari                                                      atas depan kepala) dan lay up shoot dengan tepat.                                                 3. Bermain dengan peraturan yang dimodivikasi
1. Bekerjasama dengan teman satu team
2. Berani menembus pertahanan lawan
3. Menta’ati peraturan
4. Menghormati wasit
5. Menunjukkan sikap sportif




Jumlah Nilai




  Jumlah skor max       : 25

Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
Dalam permainan Bola Basket
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
Kualitas
1    2    3   4  5
1.Kombinasi teknik dasar pasing (dada, pantul dan dari atas kepala)  dengan                                               tepat                                              
1.Bagaimanakah arah bola saat melakukan pasing
2. Bagaimana posisi tangan saat melakukan shoting
3. Bagamana langkah kaki saat melakukan lay up shoot




Jumlah Nilai




  Jumlah skor max       : 15

                                                            JUMLAH NILAI
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan













   Keterangan   : Batas Tuntas lihat SKBM
                             

                                                           
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                    : ..............................
Mata Pelajaran             : Penjas Orkes
Kelas/Semester                        : VII / 2
Standar Kompetensi*   : 8.Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga
                                           serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar       : 8.1.Mempraktikkan Variasi teknik dasar salah satu permainan 
                                          dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik
                                           serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
                                           lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Alokasi Waktu             : 2 x 2 x 40 menit (2 pertemuan)        

A. Tujuan Pembelajaran        :  1.Siswa dapat mempegang raket untuk servis pukulan
                                                                  forehand
                                                   2. Siswa dapat memegang raket untuk servis pukulan backhand
3. Siswa dapat bermain bulutangkis dengan peratuan yang         dimodifikasi

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B. Materi Pembelajaran         : Permainan Bulutangkis

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inklusif
                                                  2. Demontrasi
                                                  3. Part and Whole
                                                  4. Resiprocal (timbal balik)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
Pertemuan 1 &  2
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan pegangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand secara berpasangan  atau kelompok
F  Melakukan variasi   teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memegang raket untuk servis dan pukulan backhand
F  Melakukan variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi
F  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
F  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar                  : 1. Roji, Penjasorkes, Erlangga : Jakarta
                                                  2. Lapangan
                                                  3. Raket
                                                  4. Net
                                                  5. Shuttle Cock








F. Penilaian     :
    Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Memegang raket untuk servis dan pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
 Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis







Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi

Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pegengan raket  dan pukulan servis dan backhand !

 


Bentuk gerakan lengan yang benar saat  melakukan servis backhand, adalah
a.     memukul
b.     mendorong
c.     memutar
d.     meneukuk

Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,

   1. Teknik Penilaian   :
         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            1. Lakukan teknik pukulan backhand dan forehand
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian dengan skor nilai
                       antara 10 s.d
                     25
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 50       
                        Jumlah skor maksimal       

         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
            Mainkan permainan bulutangkis dengan peraturan yangtelah dimodifikasi. Taati aturan
            permainan, kerjasama dengan teman satu team dan tunjukkan perilaku sportif.
            Ket. : Berikan penilaian pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian
                       menunjukka
                     perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku diberi skor 10 s.d 20
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 30       
                        Jumlah skor maksimal       

         - Kuis (Kognisi)
            Jawab secara lisan dan peragakan dengan baik pertanyaan-pertanyaan mengenai
            konsep gerak
            dalam permainan bulutangkis
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian dengan skor nila 10
                      s.d 25
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 20       
                        Jumlah skor maksimal       


     2. Rubrik Penilaian             :

                                                     Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                Teknik dasar permainan bulutangkis  
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
1. Memegang raket pukulan forehand
2. Memegang raket pukulan backhand
1  Posisi awal tangan untuk pukulan forehand
2. Posisi lengan melakukan  servis foreand
3. Posisi awal kaki untuk pukulan forehand

1. Posisi awal tangan untuk pukulan backhand
2. Posisi lengan melakukan  servis bacehand
3. Posisi awal kaki untuk pukulan backhand

15 – 30
20 – 40
15 – 30

15 – 30
20 – 40
15 - 30


Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 100

Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                              Perilaku dalam permainan bulutangkis 
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Perilaku yang diharapkan
Skor
Nilai
Bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi
1. Bekerjasama dengan teman satu team
2. Mentaati peraturan
3. Menghormati wasit
4. Menunjukkkan sikap bersungguh-sungguh  
    dalam permainan
0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20




Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 80

Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
                                     Pemahaman konsep gerak dalam permainan bulutangkis      
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
1. Memegang raket pukulan forehand
2. Memegang raket pukulan backhand
1. Bagaimana posisi lengan saat melakukan sevis pukulan forehand
2. Bagaimana posisi tungkai saat melakukan servis pukulan backhand
30 – 50

30 - 50


Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 100


                                                            ANALISIS KETUNTASAN BELAJAR
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan
50 %
30 %
20 %
1. Memegang raket pukulan forehand
2. Memegang raket pukulan backhand
3. Bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi







   Keterangan   : Batas Tuntas lihat SKBM


                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................


                                   




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                    : ..............................
Mata Pelajaran             : Penjas Orkes
Kelas/Semester                        : VII / 2
Standar Kompetensi*   : 8.  Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga
                                                serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar       : 8.2. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan 
                                                 dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan baik
                                                 serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
                                                 lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
 Alokasi Waktu                        : 2x2x 40 menit (2 pertemuan)           

A. Tujuan Pembelajaran        : 1. Siswa dapat melakukan pukulan forehand dan backhand top
                                                          spin
                                                  2. Siswa dapat melakkan pukulan backhand dan forehand back
                                                           spin                                           
                                                      3. Siswa dapat bermain bulutangkis dengan peratuan yang
                                                          dimodifikasi

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B. Materi Pembelajaran         : Permainan Tenis Meja

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inklusif
                                                  2. Demontrasi
                                                  3. Part and Whole
                                                  4. Resiprocal (timbal balik)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran           :
Pertemuan 1 &  2
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memegang bat  servis  dan  pukulan backhand secara berpasangan   atau kelompok
F  Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan   atau kelompok
F  Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan kerja sama
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memegang bat  servis  dan  pukulan backhand
F  Melakukan variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi
F  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
F  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar      : 1. Roji, PENJASORKES,
                                      2. Meja
                                      3. Bet
                                      4. Net
                                      5. Bola
                                      6. Aula






F. Penilaian                 :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Memegang raket untuk servis dan pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
 Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis







Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi

Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pegengan raket  dan pukulan servis dan backhand !

 


Bentuk gerakan lengan yang benar saat  melakukan servis backhand, adalah
e.     memukul
f.      mendorong
g.     memutar
h.     meneukuk

Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,

  1. Teknik Penilaian    :
         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            1. Lakukan cara memukul forehand dan backhand top spin
            2. Lakukan cara memukul forehand dan backhand back spin
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian dengan skor nilai \
                       antara 10 s.d
                     25
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 50       
                        Jumlah skor maksimal       
         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
            Mainkan permainan Tenis Meja dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan
            permainan, kerjasama dengan teman satu team dan tunjukkan perilaku sportif.
            Ket. : Berikan penilaian pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian
                      menunjukka
                     perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku diberi skor 10 s.d 20
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 30       
                        Jumlah skor maksimal       
         - Kuis (Kognisi)
            1. Bagaimana cara melakukan pukulan forehand dan backhand top spin
            2. Jelaskan cara melakukan back spin
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian dengan skor nila 10
                      s.d 25
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 20       
                        Jumlah skor maksimal       
     2. Rubrik Penilaian             :
                                                     Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                Teknik dasar permainan Tenis Meja   
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
1. Melakukan pukulan top spin
2. Melakukan pukulan back spin
1  Awalan
2. Ayunan lengan
3. Perkenaan dengan bola
4. Gerak ikutan
10 – 20
15 – 30
20 – 40
 5 – 10


Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       : 100
Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                              Perilaku dalam permainan Tenis Meja
           
Indikator
Perilaku yang diharapkan
Skor
Nilai
Melakkan permainan sederhana
1. Bekerjasama dengan teman satuteam
2. Berlaku sopan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati teman
5. Menunjukkkan sikap bersungguh-sungguh  
    dalam permainan
0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20




Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       : 100
Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
                                     Pemahaman konsep gerak dalam permainan Tenis Meja
           
Indikator
Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
Pukulan top spin
Pukulan back spin
1. Jelaskan gerakan tangan saat memukul top spin
2. Jelaskan gerakan badan pada waktu memukul back spin
0 – 50

0 - 50


Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       : 100
                                                            JUMLAH NILAI
Indikator
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan















   Keterangan   : Batas Tuntas lihat SKBM
                                      
                                                         
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS VII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top