SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PKN KELAS X SMA DAN MA SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN             : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi             : 4..Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

Kopetensi dasar                     :4.1 Mendiskripsikan hubungan dasar dengan konstitusi.

Materi                                    : Dasar negara dan konstitusi.
                                                  -Pengertian dasar negara dan konstitusi negara
             -Tujuan dan nilai konstitusi
             - Keterkaitan dasar negara dan konstusi
Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal
            -Apersepsi
            -Mengabsen murid
            -Membuka pelajaran dengan salam      
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
2. Kegiatan inti

-Mengerjakan tugas kajian beberapa sumber yang relevan dengan materi
-Siswa mendiskusikan hasil kajiannya
-Siswa menyusun hasil kajiannya
-Mempresentasikan
-Menyimpulkan dan mencatat hasil kajian materiyang sudah dipresentasikan
3. Penutup

            -Guru memberikan pelurusan dan penguatan
            -Bersama-sama membuat kesimpulan tentang peljaran yang sudah diberikan
            -Memberikan evaluasi
            -Menyampaikan pesan moral sesuai dengan hasil kajian materi
            -Menutup pelajaran dengan salam.

Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah







RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit
Setandar kompetensi             : 4.2.Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

Kopetensi dasar                     : Menganalisis substansi konstitusi negara.

Materi                                    : Substansi konstitusi negara.
                                                  -Subtansi kontitusi negaran,baik muatan dan klasipikasi nya
                                                  - Impelementasi dasar negara kedalam konstitusi atau UUD 45
Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal
            -Apersepsi                      
            -Membuka pelajaran dengan salam      
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
2. Kegiatan inti

            -Membagi siwa kedalam tiga kelompok
-Mengerjakan tugas kajian beberapa sumber yang relevan dengan materi
-Siswa mendiskusikan hasil kajian dalam kelompoknya
-Siswa menyusun hasil kajian kelompoknya
-Masing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatannya
-Mempresentasikan
-Menyimpulkan dan mencatat hasil kajian materiyang sudah dipresentasikan
3. Penutup

  -Guru mengklarifikasikan hasil pembahasan kelompok yang telah dipresentasikan dan siswa mencatat hal pokok dari klarifikasi guru
  -Evaluasi baik lisan maupun tulis       
            -Menyampaikan pesan moral sesuai dengan hasil kajian materi
            -Menutup pelajaran dengan salam.

Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah




RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi             : 4..Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

Kopetensi dasar                     : 4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 NKRI.
Materi                                    : Pembukaan UUD 1945 NKRI
-          Pokok pikiran pembukaan
-          kedudukan pembukaan serta  
-          makna setiap alenia dalam pembukaan

Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :

1. Kegiatan awal
            -Apersepsi                      
            -Membuka pelajaran dengan salam      
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
            -Menumbuhkan motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran

2. Kegiatan inti
            -Guru menjelaskan pelajaran yang sesuai dengan materi
-Guru menyiapkan beberapa konsep yang diperlukan kelompok
-Masing-masing kelompok diberikan tugas
-Setiap siswa diberikan kesempatan membuat kesimpulan tentang materi yang sudah diberikan
-Mempresentasikan
-Guru mengadakan obsevasi terhadap masing-masing kelompok

3. Penutup
  -Guru memberikan pelurusan dan penguatan
  -Bersama-sama siswa dan guru membuat kesimpulan
  -Evaluasi baik lisan maupun tulis       
            -Menyampaikan pesan moral sesuai dengan hasil kajian materi
            -Menutup pelajaran dengan salam.

             
Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah





RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi             : 4..Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

Kopetensi dasar                     :4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara.
Materi                                    : Perkembangan konstitusi Indonesia.
-          Periode berlakunya konstitusi dan fingsi serta tahapan pembukaan UUD 45
-          Kesepakatan dasar dlm melakukan perubahandan contoh
-          Perilaku positif terhadap konstitusi negara

Pendekatan              : CTL                   
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )

Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi
Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal
            -Apersepsi                      
            -Membuka pelajaran dengan salam      
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
            -Memberi apersepsi kepada siswa untuk mengingat kembali pelajaran yang sudah
              dibahas
            -Menumbuhkan motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran
2. Kegiatan inti
            -Guru memberikan simulasi tentang materi pelajaran yang dibahas
-Pelaksanaan simulasi : mendiskusikan dan mengambil kesimpulan 
-Masing-masing kelompok diberikan tugas
-Setiap siswa diberikan kesempatan membuat kesimpulan tentang materi yang sudah diberikan
-Mempresentasikan
-Guru mengadakan obsevasi terhadap masing-masing kelompok
3. Penutup
  -Guru memberikan pelurusan dan penguatan
  -Bersama-sama siswa dan guru membuat kesimpulan
  -Evaluasi baik lisan maupun tulis       
            -Menyampaikan pesan moral sesuai dengan hasil kajian materi
            -Menutup pelajaran dengan salam.


Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah





RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2 (genap)
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi              : 5 Menghargai persamaan kadudukan warga negara dalam       berbegai aspek kehidupan

Kopetensi dasar                     :5.2 Mennganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam
                                                  Kehidupanbermasyarakat berbangsa dan negara.

Materi                                    : -Persamaan kedudukan warga negara ,serta contohnya
 -Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan  ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku
Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal

            -Guru membuka pelajaran dengan memberi salam
            -Menjelaskan KD dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan garis besar materi yang akan diberikan
            -Mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran
2. Kegiatan inti

            -Guru menjelaskan materi pelajaran tentang persamaan kedudukan dalam
              bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
            -Masing-masing kelomok siswa diberikan tugas
            -Setiap siswa membuat kesimpulan tentang persamaan kedudukan bermasyarakat
              berbangsa dan bernegara
            -Guru mengadakan pengamatan/observasi pada masing-masing kelompok
3. Penutup

            -Guru memberikan pelurusan dan penguatan
            -Bersama-sama guru siwa membuat kesimpulan tentang pelajaran yang sudah
              dijelaskan/diberikan
            -Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi salam kepada guru.


Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah











RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi              : 5. Menghargai persamaan kadudukan warga negara dalam   berbegai aspek kehidupan

Kopetensi dasar                     : 5.1Mendiskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia

Materi                        : -    Warga negara dan pewarga negaraan
-          Dasar hukum yang mengatur warga negara
-          Asal dan stelsel dalam kewarganegaraan
-          Sarat menjadi warga negara
-          Hal yang menyebapkan kehilangan kewarganegaraan

Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal
            Apersepsi tentang kedudukan warga negara dan kewarganegaraan
            (Sebaiknya di sebutkan begaimana apersepsi akan dilakukan)
2. Kegiatan inti
            -Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 3-5
              orang siswa
            -Setiap siswa dalam kelompok membaca bagi tugas yang diperoleh
            -Setiap kelompok diberi tugas sejumlah anggota kelompok (setiap siswa dalam
              kelompok mendapat tugas yang berbeda sebaiknya apa tugasnya disebutkan)
            -Guru memerintahkan siswa mendapatkan tugas yang sama untuk berkumpul
              membentuk kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan tugas
              yang sama
            -Setiap siswa hendaknya memahami dan mencatat hasil diskusinya untuk
              dilaporkan dalam kelompok asal
            -Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali kelompok asal
              dan bergantian menyanmpaikan hasil diskusinya kepada teman lain dalam
              kelompoknya tentang tugas yang mereka kuasai secara bergilir
            -Setelah seluruh siswa melaporkan guru menunjuk salah satu kelompok untuk
              menyampaikan hasilnya, tanggapan kelompok lain dan klarifikasi guru
            -Kesimpulan
4. Penutup
            -Memberikan pesan moral sesuai dengan hasil kajian materi
            -Menutup dengan salam
Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah




RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi             : 5.Menghargai persamaamn kedudukan waraga negara dalam beberapa aspek kehidupan
Kopetensi dasar                     :5.3 Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku.
Materi                                    : Persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku.
Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal
            -Apersepsi
            -Membuka pelajaran dengan salam
            -Melakukan dinamika kelompok
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
2. Kegiatan inti

-Didalam kelompok siswa ditugaskan untuk mengkaji berbagai literatur.
-Mendiskusikan dan mengambil kesimpulan
-Memilih setiap kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas,kelompok lainya menyanggahi/menanggapi
-Setiap kelompok diminta untuk menyerahkan hasil diskusinya
Guru mengadakan pengamatan/observasi pada masing-masing kelompok
-Guru memberikan pelurusan dan penguatan
3. Penutup

            -Guru memberikan pelurusan dan penguatan
            -Bersama-sama membuat kesimpulan tentang peljaran yang sudah diberikan
            -Memberikan evaluasi
            -Melakukan Refleksi
            -Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi salam klepada guru
              
Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah




RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi             : 6.Menganalisis sistem politik di indonesia

Kopetensi dasar                     :6.1 Mendiskripsikan supra strukturdan infra strukturpolitik
                                                  di Indonesi

Materi                                    :  -Pengertian Sistem politik Indonesia
                                                  -Cara berpolitik melalui supra struktur politik (lembaga por
                                                    mal negara)
                                                  -Infra struktur politik, kelompok kekuatan politik dalam
                                                    masyarakat
Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :

1. Kegiatan awal
            -Apersepsi
            -Menampilkan kampanye partai politik
            -Memberikan protes terhadap tayangan gambar pelaksanaan kampanye parpol
2. Kegiatan inti
            -Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
            -Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
            -Guru memanggil ketua kelompok untuk satu materi tugas sehingga satu
              kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
              (dibagi menjadi 3 kelompok)
            -Tugas kelompok A: Mengidentipikasikan sistem politik di indonesia
             Tugas kelompok B: Mendiskusikan fungsi dan peranan supra struktur politik
             Tugas kelompok C: Mendiskusikan infra struktur, kelompok kekuatan politik
              dalam masyarakat
            -Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil
             pembahasan diskusi kelompok lainnya menanggapi
            -Guru membantu mengklasipikasikan hasil diskusi kelompok sementara setiap
             kelompok mencatat dan menyimpulkannya
4. Penutup
            -Memberikan post test
            -Melakukan refleksi
            -Merangkum
 
Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah





RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi          : 6.Menganalisis sistem politik di indonesia

Kopetensi dasar                  : 6.2 Mendiskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara       
Materi                                 :   -Sistem politik di indonesia dan sistem politik di berbagai
                                                Negara
                                                 -    Dinamika politik Indonesin
                                                 -    Pelaksaan siste politik di indonesia dan
             -    Sistem politik di negara liberal negara komunis  
Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal

            -Membuka pelajaran dengan salam
            -Melakukan dinamika kelompok
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
2. Kegiatan inti

-Didalam kelompok siswa ditugaskan untuk mengkaji berbagai literatur.
-Mendiskusikan dan mengambil kesimpulan yang berkaitan dengan :
a.       Dinamika politik Indonesia
b.      Sistem politik di negara libral dan negara komunis
-Memilih setiap kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas,kelompok lainya menyanggahi/menanggapi
-Setiap kelompok diminta untuk menyerahkan hasil diskusinya
-Memberikan pelurusan dan penguatan
-Melakukan repleksi atau rangsangan
3. Penutup

            -Bersama-sama membuat kesimpulan
            -Memberikan epaluasi
            -Berdoa sebelum pulang


Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah




RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi             : 6.Menganalisis sistem politik di indonesia

Kopetensi dasar                     :6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di indonesia
Materi                                    : Peran serta dalam sistem politik di indonesia
-          Ciri masyarakat politik
-          Menujukkan perilaku politik yang sesuai aturan
-          Contoh peran serta dalam sistem politik  

Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal

            -Membuka pelajaran dengan salam
            -Melakukan dinamika kelompok
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
2. Kegiatan inti

-Didalam kelompok siswa ditugaskan untuk mengkaji berbagai literatur.
-Mendiskusikan dan mengambil kesimpulan tentang materi yang sedang dibahas
-Memilih 2 kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas,kelompok lainya menyanggahi/menanggapi
-Setiap kelompok diminta untuk menyerahkan hasil diskusinya
-Memberikan pelurusan dan penguatan
-Bersama –sama membuat kesimpulan
-Menyimpulkan dan mencatat hasil kajian materi yang sudah duipresentasikan
3. Penutup

            -Bersama-sama membuat kesimpulan tentang peljaran yang sudah diberikan
            -Memberikan evaluasi
            -Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi salam klepada guru
 


Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah






RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi             : 6.Menganalisis sistem politik di indonesia

Kopetensi dasar                     :6.1 Mendiskripsikan supra strukturdan infra strukturpolitik
                                                  di Indonesi

Materi                                    :  -Pengertian Sistem politik Indonesia
                                                  -Cara berpolitik melalui supra struktur politik (lembaga por
                                                    mal negara)
                                                  -Infra struktur politik, kelompok kekuatan politik dalam
                                                    masyarakat
Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :

1. Kegiatan awal
            -Apersepsi
            -Menampilkan kampanye partai politik
            -Memberikan protes terhadap tayangan gambar pelaksanaan kampanye parpol
2. Kegiatan inti
            -Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
            -Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
            -Guru memanggil ketua kelompok untuk satu materi tugas sehingga satu
              kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
              (dibagi menjadi 3 kelompok)
            -Tugas kelompok A: Mengidentipikasikan sistem politik di indonesia
             Tugas kelompok B: Mendiskusikan fungsi dan peranan supra struktur politik
             Tugas kelompok C: Mendiskusikan infra struktur, kelompok kekuatan politik
              dalam masyarakat
            -Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil
             pembahasan diskusi kelompok lainnya menanggapi
            -Guru membantu mengklasipikasikan hasil diskusi kelompok sementara setiap
             kelompok mencatat dan menyimpulkannya
4. Penutup
            -Memberikan post test
            -Melakukan refleksi
            -Merangkum
 
Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah





RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi          : 6.Menganalisis sistem politik di indonesia

Kopetensi dasar                  : 6.2 Mendiskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara       
Materi                                 :   -Sistem politik di indonesia dan sistem politik di berbagai
                                                Negara
                                                 -    Dinamika politik Indonesin
                                                 -    Pelaksaan siste politik di indonesia dan
             -    Sistem politik di negara liberal negara komunis  
Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal

            -Membuka pelajaran dengan salam
            -Melakukan dinamika kelompok
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
2. Kegiatan inti

-Didalam kelompok siswa ditugaskan untuk mengkaji berbagai literatur.
-Mendiskusikan dan mengambil kesimpulan yang berkaitan dengan :
c.       Dinamika politik Indonesia
d.      Sistem politik di negara libral dan negara komunis
-Memilih setiap kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas,kelompok lainya menyanggahi/menanggapi
-Setiap kelompok diminta untuk menyerahkan hasil diskusinya
-Memberikan pelurusan dan penguatan
-Melakukan repleksi atau rangsangan
3. Penutup

            -Bersama-sama membuat kesimpulan
            -Memberikan epaluasi
            -Berdoa sebelum pulang

Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah





RENCANA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

           
MATA PELAJARAN                        : PKN
KELAS                                   : X
SEMESTER                            : 2
WAKTU                                 : 2 x 45 Menit

Setandar kompetensi             : 6.Menganalisis sistem politik di indonesia

Kopetensi dasar                     :6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di indonesia
Materi                                    : Peran serta dalam sistem politik di indonesia
-          Ciri masyarakat politik
-          Menujukkan perilaku politik yang sesuai aturan
-          Contoh peran serta dalam sistem politik  

Pendekatan              : CTL
Stratergi                   : Cooperative learning ( jigsaw )
Metode                     : 1. Ceramah
                                    2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Diskusi
5. Presentasi

Skenario pembelajaran :
1. Kegiatan awal

            -Membuka pelajaran dengan salam
            -Melakukan dinamika kelompok
            -Menjelaskan esensi kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
            -Menjelaskan strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu teknik diskusi
              kelompok dan presentasi
2. Kegiatan inti
-Didalam kelompok siswa ditugaskan untuk mengkaji berbagai literatur.
-Mendiskusikan dan mengambil kesimpulan tentang materi yang sedang dibahas
-Memilih 2 kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas,kelompok lainya menyanggahi/menanggapi
-Setiap kelompok diminta untuk menyerahkan hasil diskusinya
-Memberikan pelurusan dan penguatan
-Bersama –sama membuat kesimpulan
-Menyimpulkan dan mencatat hasil kajian materi yang sudah duipresentasikan
3. Penutup

            -Bersama-sama membuat kesimpulan tentang peljaran yang sudah diberikan
            -Memberikan evaluasi
            -Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi salam klepada guru
 


Boro’Tumbuh, 4 Juli 2011
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasa

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PKN KELAS X SMA DAN MA SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top