SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS VIII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                            Sekolah                       :  ...........................
                                          Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
                                          Kelas/Semester            : VIII/2
                                           Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
                                          Standar kompetensi     : 9.  Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
Kompetensi Dasar                   :9.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara.

A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.      Menjelaskan jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
2.      Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
3.      Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
4.      Membuat Ragam hias Nusantara

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran
  • Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
·         Ragam hias Nusantara

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
1.       Kegiatan pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Penjelasan dan tanya jawab tentang bentuk dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara.

2.       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membuat Ragam hias Nusantara.
F  membaca buku referensi tentang seni rupa terapan Nusantara
F  Melihat tayangan tentang hasil karya seni terapan Nusantara
F  Mengkaji keragaman jenis bentuk dan fungsi serta makna karya seni rupa Nusantara.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.

E. Sumber Belajar     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media bahan, dan alat  grafis.

F. Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.
Ü  Mengidentifikasi bentuk dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara.
Tes tertulis

Tes uji uraian

Ü  Berikan 10 contoh karya seni rupa terapan Nusantara
Ü  Berikan penjelasan sing- kat dari  masing-masing contoh tentang bentuk, teknik pembuatan, fungsi  maknadan. ciri khas motif hiasannya


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :  ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit ( 2X Pertemuan )
Standar kompetensi     : 9.  Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
Kompetensi Dasar       : 9. 2Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
.

A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.      Menjelaskan apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik!
2.      Menyebutkan jenis,bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan Nusantara dalam bentuk kliping!
3.      Menuliskan keterangan singkat tentang nama, teknik pembuatan, fungsi dan makna seni rupa terapan Nusantara
4.      Membuat kliping tentang hasil karya seni terapan Nusantara

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran
  • Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
·         Ragam hias Nusantara

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama dan kedua :
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara.

2.      Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengumpulkan data karya seni rupa terapan nusantara
F  Menuliskan keterangan singkat tentang nama, teknik pembuatan, fungsi dan makna seni rupa terapan Nusantara
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Membuat kliping tentang hasil karya seni terapan Nusantara..
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Buatlah kliping yang berisi gambar-gambar karya seni rupa.

E. Sumber Belajar     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media bahan, dan alat  grafis.

F. Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendiskripsikan beragam jenis,bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan Nusantara dalam bentuk kliping
Penu-gasan individu/
kelompok
Tugas rumah
Ü  Buatlah kliping yang berisi gambar-gambar karya seni rupa terapan dari berbagai daerah di Indonesia dan beri penjelasan latar belakang pembuatannya


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :  ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu            : 4x 40 menit (2x pertemuan )
Standar kompetensi     : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Kompetensi Dasar                :10.1Membuat  karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara.

A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.      Menjelaskan konsep tekstil dengan  teknik dan corak!
2.      Menyebutkan bahan dan alat cetak!
3.      Menjelaskan teknik pembuatan cetak!
4.      Membuat benda pakai dan  dengan teknik celup- rintang.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran
Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama dan kedua :
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak.

2.      Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan konsep tekstil dengan  teknik dan corak!
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Membuat karya seni rupa benda pakai dari bahan tekstil  dengan teknik celup rintang
F  Membuat benda pakai dan  dengan teknik celup- rintang ( batik jumputan atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menunjukkan karya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara  terbaik siswa

E. Sumber Belajar     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media bahan, dan alat  grafis.

F. Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat benda pakai dan  dengan teknik celup- rintang ( batik jumputan atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara,
Tes praktik/
Kinerja
Tes Uji petik kerja

Ü  Buatlah benda pakai dengan mengambil ragam hias Nusantara teknik tutup celup.


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu            : 6x 40 menit ( 3x pertemuan )
Standar kompetensi     : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Kompetensi Dasar                   :10.2 Mengekspresikan diri melalui  karya seni grafis.


A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.      Menjelaskan konsep cetak tinggi!
2.      Menyebutkan bahan dan alat cetak tinggi!
3.      Menjelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
4.      Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik
      cetak tinggi.
5.      Mendeskripsikan konsep, bahan, alat, dan teknik fotografi
6.      Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran
·         Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.
·         Pengetahuan dan teknik pembuatan fotografi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan seni grafis.

2.      Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan konsep cetak tinggi!
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Membuat desain seni grafis cetak tinggi.
F  Membuat negatif seni grafis cetak tinggi
F  Mencetak seni grafis cetak tinggi
F  Membaca buku teks seni budaya tentang fotografi
F  Mengamati tayangan pembuatan karya fotografi
F  Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menunjukkan karya cetak tinggi terbaik siswa

E. Sumber Belajar     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media bahan, dan alat  grafis.

F. Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik sablon  mengambil corak seni rupa terapan Nusantara
Tes praktik/
Kinerja
Tes Uji petik kerja

Ü  Buatlah  benda pakai dengan teknik cetak sablon menggunakan corak seni rupa terapan Nusantara .
Ü  Jelaskan konsep cetak tinggi!
Ü  Sebutkan bahan dan alat cetak tinggi!
Ü  Jelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
Ü  Buatlah benda pakai dan atau benda hias dengan teknik cetak tinggi !

CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Kreativitas





Teknik / bentuk





Karakteristik






Keterangan :
  1. Sangat kurang
  2. kurang
  3. cukup
  4. baik
  5. sangat baik

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
                                                           
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS VIII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top