SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS IX SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )

                                                                 Nama  Sekolah                        : ..................…..
                                                                             Kelas                           : IX ( sembilan )
                                                                             Mata Pelajaran          : Keterampilan
                                                                             Semester                     : 2 (Dua)
                                                                Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit
Aspek                          : Kerajinan
Standar Kompetensi   : 9. Mengapresiasikan kerajinan dengan teknik sayat/ raut , dan ukir.

Kompetensi Dasar      :
9.1.      Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik sayat  dan ukir.
9.2.      Mengapresi-asi keterampilan teknis pembuatan kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.

A. Tujuan Pembelajaran
            Siswa diharapkan mampu :
1.      Menjelaskan pengertian, jenis, dan fungsi teknik raut dan ukir.
2.      Mendeskripsikan jenis peralatan dan bahan yang digunakan.
3.      Menguraikan fungsi setiap alat yang digunakan dalam teknik raut dan ukir.
4.      Mendeskripsikan proses pembuatan produk  kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.

v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

 B. Materi Ajar.
1.      Pengertian kerajinan yang menggunakan teknik  sayat/raut dan ukir.
2.      Jenis kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir,  yang berkualitas.
3.      Fungsi kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir.
4.      Pemilihan kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir,  yang baik.
5.      Prosedur kerajinan yang menggunakan teknik  sayat/raut dan ukir.
.
C. Metode Pembelajaran. (Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran seperti kooperatif, kerja mandiri, tugas kelompok, dll)
Observasi.
Wawancara
Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
1.  Kegiatan pendahuluan
Apersepsi :
F  Persiapan fisik dan mental mengikuti pembelajaran.
F  Menanyakan peserta didik tentang sumber untuk mencari pengertian Keterampilan Kerajinan
Motivasi  :
F  Menyampaikan permasalahan kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir.
2. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mempersiapkan Peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
F  Menelaah buku tentang jenis-jenis dan fungsi kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Mencermati prosedur kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir.
F  Mendiskusikan hasil telaah buku.
F  Mempersiapkan kegiatan praktik.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan penghargaan pada Peserta didik yang tekun dan rajin.
F  Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran
F  Menugaskan Peserta didik mengobservasi tentang kerajinan yang menggunakan teknik   sayat/raut dan ukir.
.
E. Alat dan Sumber Belajar.
Buku
Nara sumber yang ahli dibidangnya,
Media cetak,
Media elektronik.

F. Penilaian.
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. Menjelaskan pengertian, jenis, dan fungsi teknik raut dan ukir.
2. Mendeskripsikan jenis peralatan dan bahan yang digunakan.
 3. Menguraikan fungsi setiap alat yang digunakan dalam teknik raut dan ukir.
4. Mendeskripsikan berbagai macam produk benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.

1. Menghargai produk benda kerajinan dari segi teknik sayat/raut dan ukir.


Tes tertulis


Tes tertulis


Tes tertulis


Tes tertulis



Tes tertulis
Uraian


Uraian


Uraian


Uraian



Uraian
1. Jelaskan pengertian teknik raut dan ukir!

2. Diskripsikan jenis bahan, peralatan raut dan ukir!

3. Jelaskan fungsi tiap peralatan raut dan ukir!

4. Tuliskan berbagai macam produk benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir dari segi fungsi hias.

1. Jelaskan kelebihan dan kelemahan produk benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.
     
        Setiap soal berbobot 25.
         Skor nilai 100 jika semua  jawaban benar.



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs .............



Section 1.01    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…
.................... ..,.……………  ………
Guru Mapel Keterampilan.




Section 1.02    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…




RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama  Sekolah                        : .....................…..
Kelas                           :  IX ( sembilan )
Mata Pelajaran          :  Keterampilan
Semester                     :  2 (Dua)
Alokasi Waktu                        : 10 x 40 menit
Aspek                          :  Kerajinan
Standar Kompetensi: 10.        Membuat benda kerajinan dengan teknik sayat/raut , dan ukir .

Kompetensi Dasar      : 10.1.  Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya.
: 10.2.  Mendesain benda kerajinan yang menggunakan  teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya.
: 10.3.  Membuat benda kerajinan yang menggunakan teknik sayat/urat, dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya.
: 10.4.  Membuat kemasan benda kerajinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.

A. Tujuan Pembelajaran
            Peserta didik diharapkan dapat  :
  1. Membuat perencanaan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan taknik raut dan ukir.
  2. Mendesain benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.
  3. Praktik membuat karya kerajinan dengan teknik raut dan ukir sesuai desain yang direncanakan.
  4. Membuat kemasan sesuai produk yang unik dan menarik.
.   
v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

B. Materi Ajar.
Perencanaan prosedur kerja pembuatan kerajinan teknik sayat/raut, dan ukir.
Desain kerajinan dengan  teknik sayat/raut, dan ukir.
Pembuatan kerajinan teknik sayat/raut, dan ukir.
Kemasan Produk kerajinan.
   .
C.  Metode Pembelajaran.
Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran seperti kooperatif, kerja mandiri, tugas kelompok, dll
Observasi.
Wawancara
Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran.    
1.  Kegiatan pendahuluan
Apersepsi :
F  Persiapan fisik dan mental mengikuti pembelajaran.
F  Menanyakan peserta didik tentang sumber untuk mencari pengertian Keterampilan Kerajinan
Motivasi  :
F  Menyampaikan permasalahan kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir.
2. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mempersiapkan Peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
F  Menelaah buku tentang desain dan kemasan yang  menggunakan teknik sayat/raut, dan ukir.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Mencermati prosedur kemasan  kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut, dan ukir.
F  Mendiskusikan hasil telaah buku
F  Mempersiapkan kegiatan praktik
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan penghargaan pada Peserta didik yang tekun dan rajin.
F  Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran
F  Menugaskan Peserta didik mengobservasi tentang kerajinan yang menggunakan teknik   sayat/raut dan ukir.
.
E.   Alat dan Sumber Belajar.
 Buku
 Nara sumber yang ahli dibidangnya,
 Media cetak,
 Model
 Media elektronik.

F.     Penilaian.
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. Membuat perencanaan prosedur kerja dan biaya produksi pembuatan benda

   kerajinan dengan taknik raut dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.

1.  Praktik membuat disain benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
Tes tertulis








Tes kinerja

Uraian








Tes uji petik kerja.
1. Buatlah perencanaan prosedur pembuatan desain

    kerajinan dengan teknik raut dan ukir serta biaya produksinya!




2. Buatlah desain kerajinan dengan teknik raut dan ukir sesuai desain!
1. Praktik membuat karya kerajinan dengan teknik raut dan ukir sesuai desain yang direncanakan.

1. Membuat kemasan sesuai produk yang unik dan menarik.
Tes kinerja




Tes kinerja

Uji prosedur, dan produk


Uji prosedur dan produk

1. Buatlah kerajinan sesuai desain yang direncanakan dengan teknik raut dan ukir!


2. Buatlah kemasan produk yang unik dan menarik sesuai produk yang dibuat!
                                                                                               

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs .............



Section 1.03    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…
.................... ..,.……………  ………
Guru Mapel Keterampilan.




Section 1.04    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : ........................
Mata Pelajaran          : Keterampilan
Kelas/Semester           : IX/2
Alokasi Waktu                        : 2  x 40 menit ( 2 x pertemuan )
Aspek                          : Teknologi
Standar Kompetensi:     11.    Mengapresiasi benda teknologi rekayasa.

Kompetensi Dasar      :     11.1.  Mengenal berbagai alat yang berputar dengan tenaga listrik.
                                           11.2. Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar dengan tenaga listrik.

A.Tujuan Pembelajaran
            Peserta didik diharapkan mampu :
1.   Mendriskripsikan pengertian alat berputar dengan tenaga listrik.
2.   Menentukan peralatan dan bahan untuk membuat alat yang berputar dengan tenaga listrik..
3.   Memilih teknik yang sesuai dengan produk yang dibuat.
4.   Mendeskripsikan cara pembuatan alat berputar dengan tenaga listrik.

v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

B. Materi Ajar.
a.   Pengertian  alat  berputar dengan tenaga listrik   
b.   Peralatan  dan bahan pembuatan alat berputar dengan listrik.
c.   Teknik pembuatan alat berputar dengan tenaga listrik

C. Metode
      Tugas Kelompok
Observasi
Wawancara
Demontrasi
Praktik

D.  Langkah-langkah Pembelajaran.     
1.  Kegiatan pendahuluan
Apersepsi :
F  Menanyakan kembali pelajaran lalu
F  Memberikan contoh hasil teknik pembuatan alat berputar dengan listrik.
Motivasi  :
F  Menanyakan Peserta didik apakah perencanaan telah dikerjakan.
F  Menunjukkan pengertian  alat berputar dengan tenaga listrik.
F  Memperlihatkan contoh yang ada.
2. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mempersiapkan Peserta didik untuk kegiatan praktik.
F  Menyiapkan Peserta didik untuk kegiatan praktik.
F  Menyiapkan alat dan bahan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memberikan peralatan dan bahan pembuatan alat berputar dengan listrik.
F  Diskusi teknik pembuatan yang baik    
F  Melakukan pembuatan produk berputar dengan tenaga listrik.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan penghargaan kepada Peserta didik yang tekun dan rajin.
F  Mencoba hasil karya dan memberi komentar dalam bentuk laporan.
F  Menyajikan dan menjual produk.

E.         Sumber Belajar.
Buku
Model
Nara sumber yang ahli dibidangnya,
Media cetak,
Media elektronik.

F.         Penilaian.
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. Merdeskripsikan pengertian alat berputar dengan tenaga listrik.

2. Menentukan peralatan dan bahan untuk membuat alat yang berputar dengan tenaga listrik .

1. Memilih teknik yang sesuai dengan produk yang dibuat.

2. Mendeskripsikan cara pembuatan alat berputar dengan tenaga listrik.

Tes tertulis



Tes tertulis




Tes tertulis


Tes tertulis
Uraian



Uraian




Uraian


Uraian

1. Jelaskan pengertian alat yang berputar dengan tenaga listrik

2. Sebutkan jenis peralatan dan bahan yang di-gunakan da-lam membuat produk berpu-tar dengan tenaga listrik!

3. Jelaskan teknik yang tepat untuk pembu-atan produk alat berputar tenaga listrik

4. Deskripsikan cara pembu-atan alat berputar dengan tenaga listrik!
                                                                                           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs .............



Section 1.05    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…
.................... ..,.……………  ………
Guru Mapel Keterampilan.




Section 1.06    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : ......................
Mata Pelajaran          : Keterampilan
Kelas/Semester           : IX/2
Alokasi Waktu                        : 6  x 40 menit
Aspek                          : Teknologi
Standar Kompetensi   : 12.     Membuat alat yang berputar digerakan dengan tenaga listrik.

Kompetensi Dasar      :
12. 1.   Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat  yang berputar digerakan dengan tenaga listrik.             
12. 2.   Membuat alat  yang berputar digerakan dengan tenaga listrik.

A.Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat merencanakan prosedur kerja pembuatan alat yang  berputar dengan tenaga listrik. 
  2. Peserta didik dapat membuat karya alat yang dapat berputar digerakan dengan tenaga listrik.

v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

B. Materi Ajar.
a.   Perencanaan prosedur kerja pembuatan alat yang  berputar dengan tenaga listrik.  
b.  Pembuatan alat yang dapat berputar digerakan dengan tenaga listrik.

C. Metode
1.            Tugas Kelompok
2.            Observasi
3.            Wawancara
4.            Demontrasi
5.            Praktik.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran.
 1.  Kegiatan pendahuluan
Apersepsi :
F  Menanyakan kembali pelajaran lalu
F  Memberikan contoh hasil teknik pembuatan alat berputar dengan listrik.
Motivasi  :
F  Menanyakan Peserta didik apakah perencanaan telah dikerjakan.
F  Menunjukkan pengertian  alat berputar dengan tenaga listrik.
F  Memperlihatkan contoh yang ada.

2. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mempersiapkan Peserta didik untuk kegiatan praktik.
F  Memberikan peralatan dan bahan pembuatan alat berputar dengan listrik.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Diskusi teknik pembuatan yang baik    
F  Menyiapkan Peserta didik untuk kegiatan praktik.
F  Menyiapkan alat dan bahan.
F  Melakukan pembuatan produk berputar dengan tenaga listrik.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan penghargaan kepada Peserta didik yang tekun dan rajin.
F  Mencoba hasil karya dan memberi komentar dalam bentuk laporan.
F  Menyajikan dan menjual produk.

E.Sumber Belajar.
o   Buku
o   Model
o   Nara sumber yang ahli dibidangnya,
o   Media cetak,
o   Media elektronik.

F. Penilaian.
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. Membuat perencanaan prosedur kerja pembuatan alat yang berputar dengan tenaga listrik

1. Membuat alat yang dapat berputar digerakan dengan tenaga listrik.

Tes kinerja




Tes kinerja

Uji prosedur, dan produk


Uji prosedur dan produk

1. Buatlah perencanaan prosedur kerja pembuatan alat yang dapat bergerak dengan tenaga listrik !


2. Buatlah karya teknologi alat yang dapat bergerak dengan tenaga listrik !

Contoh Rubrik penilaian proses

PENILAIAN PROSES PEMBUATAN TEKNOLOGI
ALAT YANG BERPUTAR DENGAN TENAGA LISTRIK
Nama                           :                      
Kelas                           :                       
Waktu Pelaksanaan      : 
No
Aspek yang dinilai
Skor
Kriteria penilaian
Jumlah nilai
1
2
3
4
1


2


3


4

5    
Persiapan alat dan
Bahan

Ketepatan komposisi

Ketepatan Pembuatan

Ketepatan Waktu

Keseriusan dan kedisiplinan kerja.
25


25


25


25


25
              















    










100


75


75


50


100
Jumlah

100




400
Nilai Akhir = 400
                                                                        5
80


Contoh Rubrik penilaian produk

PENILAIAN PROSES PEMBUATAN TEKNOLOGI
ALAT YANG BERPUTAR DENGAN TENAGA LISTRIK
Nama                           :
Kelas                           :
Waktu Pelaksanaan      :
No
Aspek yang dinilai
Skor
Kriteria penilaian
Jumlah nilai
1
2
3
4
1


2


3


4

5    
Penerapan Teknologi Alat

Ketahanan Alat.


Daya Kreativitas.


Hasil Alat.

Kemasan Alat.
.
25


25


25


25


25
              















    










100


75


75


50


100
Jumlah

100




400
Nilai Akhir = 400
                                                                        5
80




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs .............



Section 1.07    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…
.................... ..,.……………  ………
Guru Mapel Keterampilan.




Section 1.08    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : ....................
Mata Pelajaran          : Keterampilan
Kelas/Semester           : IX/2
Aspek                          : Teknologi
Alokasi Waktu                        : 4  x 40 menit
Standar Kompetensi: 13.        Mengapresiasi karya budidaya ikan hias air tawar

Kompetensi Dasar      : 13.1.  Mengenal berbagai jenis ikan hias air tawar.
: 13.2.  Mengapresiasi keterampilan teknis pembudidayaan ikan hias air tawar.

A. Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian pembudidayaan ikan hias air tawar.
2.      Peserta didik dapat menyebutkan jenis ikan hias air tawar.
3.      Peserta didik dapat menentukan tempat budidaya ikan hias air tawar.
4.      Peserta didik dapat membudidayakan ikan hias air tawar.
5.      Peserta didik dapat mengenal, mengetahui dan menyebutkan keindahan ikan hias air tawar.
.
v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

 B. Materi Ajar.
1.      Menelaah buku sumber untuk mencari pengertian ikan hias air tawar.
2.      Membedakan  Jenis ikan hias air tawar.
3.      Mengobservasi tempat dan cara budidaya  ikan hias air tawar.
4.      Mengobservasi cara budidaya ikan hias air tawar.
5.      Menentukan keindahan ikan hias air tawar,
.
C.  Metode Pembelajaran.
Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran seperti kooperatif, kerja mandiri, tugas kelompok, dll
Observasi.
Wawancara
Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
1.  Kegiatan pendahuluan
Apersepsi :
F  Persiapan fisik dan mental mengikuti pembelajaran..
Motivasi  :
F  Menyampaikan permasalahan tentang budidaya ikan hias air tawar.

2. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mempersiapkan Peserta didik untuk kegiatan praktik.
F  Menelaah buku tentang jenis-jenis dan keindahan ikan hias air tawar.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Mencermati prosedur pembudidayaan ikan hias air tawar.
F  Mendiskusikan hasil telaah buku.
F  Mempersiapkan kegiatan praktik.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan penghargaan pada Peserta didik yang tekun dan rajin.
F  Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran
F  Menugaskan Peserta didik mengobservasi tentang budidaya ikan hias air tawar.
.
E.   Alat dan Sumber Belajar.
 Buku
 Nara sumber yang ahli dibidangnya,
 Media cetak,
 Media elektronik.

F.    Penilaian.
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. Menjelaskan pengertian budidaya ikan hias air tawar.
2. Mengidentifikasi jenis ikan hias air tawar.
 3. Menentukan tempat pembudidayaan ikan hias air tawar.
  4..Mendiskripsikan letak keindahan ikan hias

1. Membuat urutan  proses dan hasil kerja pembudidayaan ikan hias air tawar.

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis


Tes tertulis


Tes kinerja

Uraian

Uraian

Uraian


Uraian


Uji prosedur dan produk
1. Deskripsikan pengertian budidaya ikan hias air tawar!
2. Tuliskan jenis ikan hias air tawar

3. Deskripsikan tempat pemeliharaan ikan hias yang baik!
4.Deskripsikan letak keindahan ikan hias air tawar

5. Tuliskan urutan kerja pembudidayaan ikan hias air tawar!


Setiap soal berbobot 20.
Skor nilai 100  jika semua  jawaban benar.

                                                                                         

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs .............



Section 1.09    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…
.................... ..,.……………  ………
Guru Mapel Keterampilan.




Section 1.10    ( …………………………….. )

NIP/NIK . ……………......…

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS IX SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top