SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XII SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Administrasi Perkantoran
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XII/2
STANDAR KOMPETENSI            :           Menciptakan dan mengembangkan Naskah untuk Dokumen
KODE KOMPETENSI        :           IBSADMGAD14A
ALOKASI WAKTU              :           48 x 45 Menit

Kompetensi Dasar      :  
  • Kebiasaan aman dalam pelatihan-pelatihan kerja  
  • Menetapkan     ukuran-ukuran bagi struktur dan bentuk dokumen naskah
  • Bentuk dokumen-dokumen naskah
  • Menghasilkan dokumen-dokumen naskah

Tujuan   :      Siswa mampu menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen.

Indikator :
§  Lingkungan kerja, peralatan dan perlengkapan diatur untuk disesuaikan dengan permintaan ergonomic dari sipemakai
§  Organisasi kerja memenuhi permintaan organisasional dan undang-undang untuk operasi komputer
§  Teknik-teknik konservasi sumber tenaga dan energi digunakan untuk memperkecil pemborosan yang berdasar-kan atas permintaan organisa-si dan undang-undang
§  Permintaan-permintaan orga-nisasional untuk dokumen-dokumen bisnis naskah dasar diteliti untuk meyakinkan konsistensi dari gaya bahasa dan kesan
§  Permintaan-permintaan tugas untuk bentuk dokumen-dokumen bisnis naskah dasar menentukan untuk memenuhi tujuan-tujuan organisasional
§  Perlengkapan dan struktur dokumen naskah dibentuk sesuai dengan tujuan, para pendengar, dan permintaan informasi dari tujuan tersebut
§  Dokumen naskah dibentuk untuk meningkatkan keadaan yang dapat dibaca dan pe-nampilan dan memenuhi permintaan-permintaan organisasional dan tugas untuk gaya bahasa dan per-lengkapan
§  Bentuk gaya bahasa dan fungsi-fungsi otomatis digunakan untuk meyakinkan konsistensi dari bentuk dan perlengkapan






Materi Ajar :
§  Organisasi kerja
  • Dokumen-dokumen   bisnis
§  Mengidentifikasi organi-sasi bisnis
  • Mengembangkan dokumen-dokumen
  • Tata bahasa dan gaya bahasa dalam penulisan dokumen
  • Mengembangkan dokumen-dokumen bisnis dengan tata bahasa dan gaya bahasa yang baik

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen.
Kegiatan inti
§  Pengenalan Sikap duduk  sesuai dengan standar pekerjaan
§  Pengunakan program Sreen Sever dan Auto Slep
§  Penggenalan editing naskah sebelum dicetak
§  Program perawatan alat
§  Editing naskah melalui Print Previu
§  Revisi naskah dari segi bentuk ( Fisik )dan pengunaan kaidah bahasa
§  Menghasilkan dokumen dari informasi yang diterima
§  Editing naskah melalui Print Priviu
§  Rivisi naskah dengan fasilitas MS Word
§  Revisi ygaya bahasa
§  Mencetak Mmenggunakan Ms Word
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen.


Alat/ Bahan/ Sumber :
*      Modul
*      Buku Referensi

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi



                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



 
  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Administrasi Perkantoran
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XII/2
STANDAR KOMPETENSI            :           Memberikan Pelayananan Kepada Pelanggan
KODE KOMPETENSI        :           IBSADMGSE02A
ALOKASI WAKTU              :           48 x 45 Menit


Kompetensi Dasar      : 
1. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan
2. Penyampaian Pelayanan Kepada Pelanggan

Tujuan   :      Siswa mampu belajar memberikan pelayananan kepada pelanggan.

Indikator :
§  Kemampuan personal yang tepat, menyakinkan untuk identifikasi kebutuhan pelayanan secara tepat
§  Penilaian utama kebutuhan pelanggan di identifikasi untuk kepentingan pemberian pelayanan
§  Pelanggan memiliki informasi tentang pilihan yang tersedia untuk menemukan kebutuhan bantuan yang diinginkan
§  Keterbatasan orang dalam menempatkan kebutuhan pelayanan
§  Mengutamakan pelayanan pelanggan dengan tepat untuk memperoleh identifikasi kebutuhan yang berkaitan dengan tujuan organisasi
§  Membangun hubungan dengan pelanggan

Materi Ajar :
§  Penggumpulan informasi,pengelolaan dan implementasinya ditempat kerja
§  Tata cara mendapatkan umpan balik tentang informasi yang diterima sesuai kebutuhan organisasi
§  Menggumpulkan informasi, mengelola dan mengimplentasikan orang lain
§  Mendapatkan balik informasi
§  Masalah pemasaran dan tantangannya
§  Pengetahuan legal dalam suatu perjanjian
§  Pengetahuan tentang budaya kerja perusahaan termasuk kemampuan fokus pemasaran
§  Ketrampilan melakukan negoisasi
§  Pengetahuan umum tentang perjanjian yang sesuai
§  Mengembangkan Pendekatan-pendekatan pro aktif untuk meningkatkan pelayanan kepada pelaggan

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang belajar memberikan pelayananan kepada pelanggan.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang belajar memberikan pelayananan kepada pelanggan.
Kegiatan inti
Menjelaskan / Mendiskusikan :
§  Cara mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
§  Cara mengumpul;kan informasi dan mengelola informasi ditempat kerja
§  Cara mendapatkan umpan balik informasi yang diterima sesuai kebutuhan
Menjelaskan / Mendiskusikan :
§  Pengetahuan legal dalam perjanjian
§  Pengetahuan tentang budaya kerja perusahaan termasuk kemampuan dan pemasarannya
§  Cara melakukan negoisasi
§  Cara meningkatkan pelayanan pada pelanggan
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang belajar memberikan pelayananan kepada pelanggan.


Alat/ Bahan/ Sumber :
*      Modul
*      Buku Referensi

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi


                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Administrasi Perkantoran
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XII/2
STANDAR KOMPETENSI            :           Mengaplikasikakan Ketrampilan Dasar komunikasi
KODE KOMPETENSI        :           IBSADMGSE08A
ALOKASI WAKTU              :           48 x 45 Menit

Kompetensi Dasar      : 
  • Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
  • Menulis  konsep informasi
  • Menangani kegiatan Humas dan Keprotokolan
Tujuan   :      Siswa mampu mengaplikasikakan ketrampilan dasar komunikasi

Indikator :
§  Persyaratan kemampuan ber-komunikasi di tempat kerja teridentifikasi melalui bantuan orang tertentu
§  Sambungan untuk berkomuni-kasi dengan penyelia dan rekan kerja teridentifikasi
§  Meminta saran terhadap per-alatah berkomunikasi yang paling sesuai
§  Teknik bertanya efektif, men-dengarkan secara aktif dan keterampilan berbicara di-pergunakan dalam mengum-pulkan dan menyampaikan informasi
§  Pertanyaan atau instruksi dijawab atau diikuti secara tepat dan cepat
§  Menggunakan bahasa non verbal yang sesuai
§  Memakai umpan balik yang membangun 
§  Prosedur dan format yang relevan diidentifikasi
  • Tulisan di draf dan disampai-kan untuk mendapatkan
  • Mendapatkan bantuan atau umpan balik agar keteram-pilan berkomunikasi dapat di-kembangkan
  • Tehnik berbicara yang baik
  • Menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi
§  Menjaga penampilan diri

Materi Ajar :
§  Persyaratan kemampuan berkomunikasi
§  Teknik bertanya efektif,
§  Penggunakan bahasa non verbal yang sesuai
§  Umpan balik berhubungan komunikasi
§  Mengembangkan pendekatan-pendekatan proaktif untuk peningkat-an komunikasi
§  Mendapatkan umpan balik
§  Identifikasi Prosedur dan format relevan
§  Bantuan atau umpan balik dalam mengembangkan komunikasi
§  Menerapkan ketrampilan berkomunikasi 
§  Memahami dan peran humas
§  Memahami kode etik dan aspek humas
§  Penampilan diri
§  Memahami fungsi keprotokolan / MC.
§  Menciptakan hubungan yang harmonis dalam organisasi / Perusahaan.
§  Menciptakan hubungan yang harmonis dengan lingkungan / Masyarakat

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang mengaplikasikakan ketrampilan dasar komunikasi.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang mengaplikasikakan ketrampilan dasar komunikasi.
Kegiatan inti
Menjelaskan /  mendiskusikan :
§  Sikap yang harus dimiliki dalam berkomunikasi ditempat kerja
§  Tehnik berbicara yang baik
§  Tehnik bertanya yang baik
§  Penggunaan bahasa non verbal yang sesuai
Menjelaskan  :
§  Cara menulis konsep informasi
§  Cara berpresentasi
Menjelaskan  / Mendiskusikan :
§  Fungsi dan peran humas
§  Kode etik dan aspek humas
§  Cara berpenampilan diri
§  Fungsi keprotokolan / MC
§  Cara menciptakan hubungan yang harmonis / Perusahaan.
§  Cara menciptakan hubungan yang harmonis dengan lingkungan / masyarakat
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang mengaplikasikakan ketrampilan dasar komunikasi.


Alat/ Bahan/ Sumber :
*      Modul
*      Buku Referensi

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi



                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.


 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Akutansi
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XII/2

STANDAR KOMPETENSI            :           Mengelola Gaji dan Upah

KODE KOMPETENSI        :           AK-JS-007A;AK-DG-010A; AK MN-010A
ALOKASI WAKTU              :           24 x 45 Menit

Kompetensi Dasar      : 
§  Menyiapkan pengelolaan administrasi gaji dan upah
§  Meghitung gaji dan upah setiap karyawan
§  Membuat daftar gaji dan upah karyawan
Tujuan   :      Siswa mampu cara mengelola gaji dan upah.

Indikator :
§  Menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan penggajian dan pengupahan
§  Menyediakan data mutasi dan perubahan status karyawan
§  Menyediakan data potongan-potongan untuk setiap karyawan
§  Menyediakan data tambahan gaji dan upah
§  Mengidentifikasi data gaji, upah beserta tambahan gaji dan upah lainnya
§  Mengidentifikasi data potong-an untuk setiap karyawan
§  Mengidentifikasi data gaji bersih untuk setiap karyawan
§  Mengidentifikasi data gaji, upah beserta tambahan gaji dan upah lainnya seluruh karyawan
§  Mengidentifikasi data potong-an seluruh karyawan
§  Mengidentifikasi data gaji bersih seluruh karyawan
§  Menyajikan daftar gaji dan upah
§  Menyediakan surat pemberita-huan gaji dan upah (slip gaji)
§  Menyajikan rekapitulasi gaji dan upah karyawan sesuai dengan format yang ditetap-kan dan mendistribusikannya kepada pihak-pihak yang ter-kait

Materi Ajar :
§  Prosedur penggajian
§  Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan penggaji-an dan pengupahan
§  Penggolongan karyawan
§  Formula penghitungan gaji dan upah karyawan
§  Bentuk surat pemberitahuan gaji dan upah (slip gaji)
§  Bentuk rekapitulasi gaji dan upah karyawan
§  Prosedur penghitungan fisik persediaan
§  Bentuk surat pemberitahuan gaji dan upah (slip gaji)
§  Bentuk rekapitulasi gaji dan upah karyawan

Metode Pembelajaran :
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang cara mengelola gaji dan upah.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang cara mengelola gaji dan upah.
Kegiatan inti
§  Menjelaskan prosedur penggajian
§  Menjelaskan peralatan yang dibutuhkan
§  Mengklasifikasikan karyawan berdasarkan golongan
§  Menjelaskan perhitungan gaji dan upah karyawan
§  Menyiapkan slip gaji
§  Menghitung gaji dan upah
§  Menjelaskan perhitungan gaji dan upah
§  Menyiapkan surat pemberitahuan gaji dan upah
§  Merekap gaji dan upah sesuai format

Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang cara mengelola gaji dan upah.


Alat/ Bahan/ Sumber :
§  Modul
§  Akuntansi Biaya

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi


                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Akutansi
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XII/2
STANDAR KOMPETENSI            :           Mengelola Kartu Persediaan Barang Jadi
KODE KOMPETENSI        :           AK-N-009A
ALOKASI WAKTU              :           60 X 45 menit

Kompetensi Dasar      : 
    • Menyiapkan pengelolaan kartu persediaan barang jadi
    • Mengidentifikasi data mutasi persediaan barang jadi
    • Membukukan mutasi persediaan barang jadi ke kartu persediaan barang jadi
    • Membuat laporan persediaan barang jadi
    • Melakukan perhitungan fisik persediaan barang jadi secara periodik
Tujuan   :      Siswa mampu mengelola kartu persediaan barang jadi.

Indikator :
  • Menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan persediaan barang jadi
  • Menyediakan data transaksi persediaan barang jadi
  • Mengidentifikasi saldo awal persediaan barang jadi
  • Mengidentifikasi data peneri-maan persediaan barang jadi
  • Mengidentifikasi data retur penjualan
  • Mengidentifikasi data penge-luaran persediaan barang jadi
  • Memverifikasikan data mutasi persediaan barang jadi
  • Mengidentifikasi jumlah mutasi persediaan barang jadi (unit dan nominal)
  • Membukukan jumlah mutasi persediaan barang jadi
§  Menyajikan laporan perse-diaan barang jadi sesuai dengan format yang ditetapkan
  • Menyajikan berita acara hasil perhitungan fisik persediaan barang jadi
  • Mengidentifikasi selisih perse-diaan barang jadi (kurang/ lebih).
§  Menyiapkan slip gaji
§  Menghitung gaji dan upah
§  Menjelaskan perhitungan gaji dan upah
§  Menyiapkan surat pemberitahuan gaji dan upah
§  Merekap gaji dan upah sesuai format

Materi Ajar :
§  Prosedur penanganan perse-diaan barang jadi
§  Nama dan jenis persediaan barang jadi
§  Mutasi persediaan barang jadi
§  Dokumen mutasi perse-diaan barang jadi
§  Prosedur pencatatan mutasi persediaan barang jadi
§  Bentuk laporan persediaan barang jadi
§  Prosedur penghitungan fisik persediaan barang jadi
§  Analisis selisih persediaan barang jadi

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang mengelola kartu persediaan barang jadi
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang mengelola kartu persediaan barang jadi.
Kegiatan inti
    • Menjelaskan format kartu persediaan barang jadi (KPBJ)
    • Menjelaskan cara pencatatan ke dalam KPBJ
    • Menjelaskan dokumen sumber pencatatan ke dalam KPBJ
    • Menggunakan peralatan untuk pengelolaan  persediaan barang jadi
    • Menjelaskan dokumen  yang berhubungan dengan mutasi persediaan barang jadi
    • Mengidentifikasi dokumen sumber yang akan dicatat ke dalam KPBJ
    • Menganalisis dokumen sumber yang akan dicatat ke dalam KPBJ
    • Mencatat / membukukan dokumen sumber ke dalam KPBJ
    • Menjelaskan penyusunan laporan persediaan barang jadi
    • Menjelaskan format laporan persediaan barang jadi
    • Membuat laporan persediaan barang jadi
    • Menjelaskan mengapa di dalam methode pencatatan perpetual perlu diadakan penghitungan  phisik barang jadi  yang ada di gudang
    • Menjelaskan dokumen yang diperlukan dalam penghitungan fisik  persediaan barang jadi  yang ada di gudang
    • Mencocokan hasil perhitungan barang jadi menurut catatan di dalam KPBJ dan menghitung selisihnya (jika tidak cocok)
    • Membuat bukti memorial
    • Membuat jurnal penyesuaian
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang kartu persediaan barang jadi.


Alat/ Bahan/ Sumber :
§  Modul
§  Akuntansi biaya

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi


                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Penjualan
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XII/2
STANDAR KOMPETENSI            :           Mengelola Kartu Biaya Produksi
KODE KOMPETENSI        :           AK-MN-011A
ALOKASI WAKTU              :           36  x 45 menit

Kompetensi Dasar      : 
§  Menyiapkan pengelolaan kartu biaya produksi
§  Mengidentifikasi data biaya produksi
§  Membukukan biaya produksi
§  Menghitung  biaya produksi dalam kartu harga pokok produksi
§  Menyusun laporan harga pokok produksi
Tujuan   :      Siswa mampu mengelola kartu biaya produksi.

Indikator :
  • Menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan kartu biaya produksi
  • Menyediakan data transaksi untuk pencatatan ke kartu biaya produksi
  • Mengidentifikasi standar biaya produksi
  • Mengidentifikasi jumlah unit pemakaian bahan baku
  • Mengidentifikasi harga pokok bahan baku per unit
  • Mengidentifikasi jumlah biaya bahan baku
  • Mengidentifikasi jumlah biaya tenaga kerja langsung
  • Mengidentifikasi jumlah biaya overhead pabrik
  • Membukukan jumlah biaya bahan baku
  • Membukukan jumlah biaya tenaga kerja langsung
  • Membukukan jumlah biaya overhead pabrik
  • Mengidentifikasi jumlah seluruh biaya produksi
  • Mengidentifikasi Harga Pokok Produksi per unit untuk setiap jenis produk
  • Mengidentifikasi perhitungan harga pokok produksi
  • Menyajikan laporan harga pokok produksi
  • Mendistribusikan laporan harga pokok produksi kepada pihak-pihak yang terkait

Materi Ajar :
  • Perhitungan dan pembeban-an biaya produksi kedalam produk
  • Alokasi biaya overhead pabrik
  • Selisih dan analisis selisih biaya produksi
  • Kartu harga pokok produksi
  • Laporan harga pokok produksi


Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang mengelola kartu biaya produksi.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang mengelola kartu biaya produksi.
Kegiatan inti
§ Menjelaskan peralatan untuk pengelolaan kartu biaya produksi
§ Menjelaskan perhitungan biaya produksi
§ Menjelaskan perhitungan biaya bahan baku
§ Menjelaskan perhitungan biaya overhead pabrik.
§ Menjelaskan perhitungan harga pokok produksi.
§ Menjelaskan perhitungan dan pembebanan biay a produksi
§ Menjelaskan pengalokasian BOP.
§ Menjelaskan perhitungan biaya produksi dalam kartu harga pokok produksi.
§ Menjelaskan penyusunan laporan harga pokok produksi
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang mengelola kartu biaya.


Alat/ Bahan/ Sumber :
  • UU No. 8 Tahun 1999
§  Modul
§  Hand Out Perjanjian jual beli
§  SOP Perusahaan
§  Faktur penjualan

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi
                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XII SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top