SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK DASAR KOMPETENSI KEJURUAN KELAS XI SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/ Semester     : XI / 2
Alokasi Waktu         : 10 x 45 menit

Standar Kompetensi  :  1.      Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar      :  1.1    Berkomunikasi di tempat kerja.

Tujuan   :      Siswa mampu berkomunikasi di tempat kerja.

Indikator :
1.    Komunikasi dengan tamu dan kolega dilaksanakan secara terbuka, profesional, ramah dan sopan.
2.    Gunakan bahasa dan nada yang cocok.
3.    Efek bahasa tubuh personal dipertimbangkan.
4.    Kepekaan terhadap perbeda-an budaya dan sosial diperli-hatkan.
5.    Mendengar dan melontarkan pertanyaan secara aktif di-gunakan untuk memastikan komunikasi dua arah yang efektif.
6.    Konflik yang ada dan potensial diidentifikasi dan solusi dicari dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan. 


Materi Ajar :
Ø  Dasar-dasar komunikasi
Ø  Teknik dan prosedur berko-munikasi
Ø  Kakteristik budaya dan sosial tergantung kepada pelang-gan tercakup, namun tidak terbatas pada: individu/ kelompok internal, penduduk setempat, pengunjung, media, teman kerja/ kolega.
Ø  Iklim dan budaya kerja

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang berkomunikasi di tempat kerja.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang berkomunikasi di tempat kerja.
Kegiatan inti
§  Sopan dan ramah dalam berkomunikasi dengan kolega
§  Cepat  dan tanggap dalam melayani kebu-tuhan tamu
§  Termotivasi menerap-kan teknologi komuni-kasi verbal dan non verbal
§  Penuh perhatian dalam berkomunikasi dengan tamu
§  Bertindak adil terhadap tamu
§  Menunjukkan sikap pro-fesional dalam berko-munikasi dengan tamu dan kolega
§  Memahami kebutuhan dan harapan pelanggan yang berbeda yang sesuai dengan sektor industri
§  Mengenali pengetahuan komunikasi efektif yang berkaitan dengan: 
-             pendengaran
-             pertanyaan
-             komunikasi non-verbal
-             pemahaman prinsip-prinsip kerja tim
§  Berkomunikasi secara efektif dengan tamu dan kolega
·         Mengatasi keluhan tamu dari budaya dan sosial yang berbeda
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang berkomunikasi di tempat kerja.


Alat/ Bahan/ Sumber :
  1. Modul
  2. Buku referensi
  3. Internet.
  4. Vidio visual

Penilaian :
Ø  Tes tertulis
Ø  Demonstrasi
Ø  Pengamatan


                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/ Semester     : XI / 2
Alokasi Waktu         : 10 x 45 menit

Standar Kompetensi  :  1.            Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar      :  1.2          Menyediakan bantuan kepada pelanggan-pelanggan di dalam dan di luar perusahaan

Tujuan   :      Siswa mampu menyediakan bantuan kepada pelanggan-pelanggan di dalam dan di luar perusahaan.

Indikator :
Ø  Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan, termasuk di dalamnya kebutuhan khusus, diidentifikasi secara benar dan produk-produk serta pelayanan di-berikan secara tepat
Ø  Semua komunikasi dengan pelanggan-pelanggan dilaku-kan secara ramah tamah dan sopan
Ø  Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu perusahaan
Ø  Kesempatan untuk memper-tinggi kualitas pelayanan di-identifikasi dan diambil bila-mana memungkinkan
Ø  Ketidakpuasan pelanggan di-kenali tepat waktu dan di-ambil tindakan untuk meme-cahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu dan tata cara perusa-haan


Materi Ajar :
§  Jenis-jenis tamu
§  Karakter tamu
§  Jenis-jenis kebutuhan tamu
§  Mengatasi keluhan tamu
§  Pelayanan prima

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang bantuan kepada pelanggan-pelanggan di dalam dan di luar perusahaan.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang bantuan kepada pelanggan-pelanggan di dalam dan di luar perusahaan.
Kegiatan inti :
            Guru mengajarkan dan mendiskusikan tentang :
§  Cepat dan tanggap ter-hadap kebutuhan tamu
§  Sopan dan ramah ketika menangani tamu
§  Termotivasi untuk me-nerapkan teknologi komunikasi verbal dan non verbal
§  Empati dalam merespon keluhan tamu
§  Mengidentifikasi: karakteristik tamu, jenis-jenis kebutuhan tamu, dan jenis-jenis keluhan tamu.
§  Memahami teknik me-nangani keluhan tamu
§  Menjelaskan pentingnya melayani pelanggan dengan berpikiran positif
§  Mengetahui bentuk-bentuk sikap saling menghargai
§  Mengenali pernyataan terimakasih kepada pelanggan.
§  Menjelaskan ungkapan-ungkapan yang dapat membuat tamu senang
§  Memberikan bantuan sesuai dengan standar
§  Melakukan komunikasi dengan bertatap muka
§  Menangani keluhan tamu
§  Menerapkan layanan prima
§  Mencatat kebutuhan pe-langgan
§  Mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan.
§  Mempraktikkan ungkap-an yang dapat membuat tamu senang.
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang bantuan kepada pelanggan-pelanggan di dalam dan di luar perusahaan.


Alat/ Bahan/ Sumber :
Ø  Modul
Ø  Buku referensi
Ø  Internet.
Ø  Vidio visual

Penilaian :
§  Tes tertulis
§  Demonstrasi
§  Pengamatan






                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/ Semester     : XI/1
Alokasi Waktu         : 10 x 45 menit

Standar Kompetensi  :  1.            Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar      :  1.3          Memelihara standar presentasi pribadi.

Tujuan   :      Siswa mampu memelihara standar presentasi pribadi.

Indikator :  Standar unggul dari presentasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan : tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan, pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda, kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus


Materi Ajar :
1     Pengertian dan tujuan penampilan diri
2     Bekerja dengan bersih dan sehat
3     Kebersihan  dan kesehatan pribadi

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang memelihara standar presentasi pribadi.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang memelihara standar presentasi pribadi.
Kegiatan inti :
            Guru mengajarkan dan mendiskusikan tentang :
§  Kesadaran terhadap hygiene personal, lingkungan dan perusa-haan
§  Kepedulian terhadap isu-isu kebersihan dan kesehatan.
§  Mematuhi prinsip-prinsip kebersihan dan kesehatan
§  Pengertian penampilan diri
§  Sikap tubuh:
-       Cara berjalan
-       Cara berpakaian
-       Cara berbicara
§  Kebersihan dan kesehat-an tubuh
§  Prosedur kerja dengan aman
§  Prosedur  kebersihan dan kesehatan pribadi
§  Berpenampilan pribadi sesuai standar
§  Menerapkan prinsip- prinsip kebersihan dan kesehatan dalam bekerja

Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang memelihara standar presentasi pribadi.


Alat/ Bahan/ Sumber :
Ø  Modul
Ø  Buku referensi
Ø  Internet.
Ø  Vidio visual

Penilaian :
§  Tes tertulis
§  Demonstrasi
§  Pengamatan



                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

  



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/ Semester     : XI/1
Alokasi Waktu         : 10 x 45 menit

Standar Kompetensi  :  1.            Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar      :  1.4          Bekerja dalam satu  tim.

Tujuan   :      Siswa mampu bekerja dalam satu  tim.

Indikator : 
Ø  Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari
Ø  Perbedaan kebudayaan di-antara tim ditampung
Ø  Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama
Ø  Tugas-tugas individu diidenti-fikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tanggal waktu
Ø  Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan
Ø  Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memasti-kan pencapaian tujuan kerja yang lebih ditetapkan
Ø  Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya diakui
Ø  Perubahan-perubahan tanggung jawab individu di-negosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja

Materi Ajar :
  • Prinsip-prinsip bekerja dalam tim
  • Bentuk-bentuk kerja tim
  • Manfaat bekerja dalam tim

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang bekerja dalam satu  tim.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang bekerja dalam satu  tim.
Kegiatan inti :
            Guru mengajarkan dan mendiskusikan tentang :
§  Mempunyai kemauan untuk mengaplikasikan teknik-teknik bekerja dalam tim
§  Menghargai budaya yang berbeda
§  Cepat dan tanggap dalam bekerja sama dengan tim
§  Saling mempercayai antar anggota tim
§  Tolong menolong antar anggota tim
§  Bertanggung jawab atas pekerjaan yang di-percayakan
§  Memahami prinsip-prinsip bekerja dalam tim
§  Menguraikan manfaat dan tujuan bekerja dalam tim
§  Menyadari tugas dan tanggung jawab dalam tim
§  Menentukan tahapan perkembangan tim
§  Membedakan karakter budaya dalam tim
§  Menjelaskan bentuk-bentuk tanggung jawab masing-masing tim
§  Menerapkan pinsip-prinsip bekerja dalam tim
§  Melaksanakan tanggung jawab masing-masing anggota dalam tim.

Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang bekerja dalam satu  tim.


Alat/ Bahan/ Sumber :
Ø  Modul
Ø  Buku referensi
Ø  Internet.
Ø  Vidio visual

Penilaian :
§  Tes tertulis
§  Demonstrasi
§  Pengamatan



                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/ Semester     : XI/ 1
Alokasi Waktu         : 20 x 45 menit

Standar Kompetensi  :  2.            Bekerja di lingkungan sosial yang berbeda
Kompetensi Dasar      : 

2.1. Komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang beragam.
2.2. Menangani kesalah-pahaman antar budaya

Tujuan   :      Siswa mampu berkomunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang beragam dan menangani kesalah-pahaman antar budaya.

Indikator : 
§  Pelanggan dan kolega dari seluruh kelompok budaya dinilai dan diperlakukan dengan hormat dan penuh kepekaan.
§  Komunikasi lisan dan non-lisan mempertimbangkan perbedaan budaya.
§  Dimana ada hambatan bahasa, usaha-usaha dilaku-kan untuk berkomunikasi dengan bahasa isyarat atau kata-kata sederhana dalam bahasa orang tersebut.
§  Bantuan dari kolega, buku-buku referensi atau orga-nisasi luar diperoleh ketika dibutuhkan.
§  Persoalan yang mungkin mengakibatkan konflik atau kesalahpahaman di tempat kerja diidentifikasi
§  Kesulitan-kesulitan dialamat-kan pada orang-orang yang tepat dan bantuan dicari dari pimpinan-pimpinan tim
§  Bila kesulitan-kesulitan atau kesalahpahaman terjadi ke-mungkinan perbedaan-perbedaan kebudayaan diper-timbangkan
§  Diupayakan untuk pemecahan kesalahpahaman yang terjadi dengan mempertimbangkan kebudayaannya.
§  Persoalan-persoalan dan masalah-masalah diserahkan pada pimpinan tim/penyedia untuk ditindaklanjuti


Materi Ajar :
1     Berhubungan dengan kesadaran berbudaya yang di-butuhkan oleh semua orang yang bekerja di perusahaan.
2     Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan dan bekerja dengan kolega dengan latar belakang yang berbeda.
3     Penanganan masalah-masalah yang timbul akibat kesalahpahaman antar  budaya

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang beragam dan menangani kesalah-pahaman antar budaya.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang beragam dan menangani kesalah-pahaman antar budaya.
Kegiatan inti :
            Guru mengajarkan dan mendiskusikan tentang :
§  Sopan dan ramah ketika menangani permintaan tamu
§  Tenang dalam menyika-pi tamu yang komplain
§  Mudah bergaul dengan sesama rekan kerja
§  Perhatian ketika ber-bicara dengan pe-langgan dan kolega
§  Cepat tanggap ter-hadap kebutuhan tamu
§  Jujur dalam memberi-kan informasi yang dibutuhkan tamu
§  Memahami prinsip-prinsip yang menunjang kewas-padaan budaya
§  Mengakui kelompok budaya yang berbeda di Indonesia/masyarakat internasional
§  Memahami pengetahuan dasar dari rakyat Indonesia dan non-pribumi
§  Berkomunikasi secara efektif dengan beragam latar belakang budaya:
-          ras
-          bahasa
-          cacat (kekurangan)
-          struktur keluarga
-          jenis kelamin
-          umur
-          pilihan jenis kelamin.
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang beragam dan menangani kesalah-pahaman antar budaya.


Alat/ Bahan/ Sumber :
Ø  Modul
Ø  Buku referensi
Ø  Internet.
Ø  Vidio visual

Penilaian :
§  Tes tertulis
§  Demonstrasi
§  Pengamatan



                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/ Semester     : XI/ 1
Alokasi Waktu         : 40 x 45 menit

Standar Kompetensi  :  3.  Mengikuti Prosedur Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Kompetensi Dasar      : 
3.1     Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.
3.2     Menghadapi situasi darurat/emergency.
3.3     Menjaga standar keamanan penampilan pribadi.
3.4     Memberikan umpan balik mengenai keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja
Tujuan   :     
Siswa mampu mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, menghadapi situasi darurat/emergency, menjaga standar keamanan penampilan pribadi, memberikan umpan balik mengenai keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja

Indikator : 
  • Keadaan darurat dan potensi keadaan darurat dapat segera diketahui dan menentukan tindakan yang dibutuhkan dan melakukannya dalam lingkup tanggungjawabnya
  • Prosedur keadaan darurat diikuti sesuai dengan prosedur perusahaan
  • Bantuan segera dicari dari rekan sejawat atau orang yang mempunyai wewenang bila mana perlu
  • Melaporkan rincian keadaan darurat sesuai dengan aturan
  • Mempertimbangkan penampilan pribadi terhadap permasalahan lingkungan kerja , keselamatan dan kesehatan kerja termasuk : berpakaian, kesehatan pribadi yang sesuai, menggunakan pakaian dan berseoatu yang tepat
  • Mengidentifikasi isue-isue yang membutuhkan perhatian
  • Menyampaikan permasalahan bersama pihak yang berwenang sesuai dengan syarat-syarat perusahaan dan pemerintah yang harus dipenuhi


Materi Ajar :
v  Identifikasi kesehatan di lingkungan kerja
v  SOP keamananan, keselamatan dan kesehatan kerja ditempat kerja
v  Undang-undang keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku secara internasional
v  Kondisi bahaya di tempat kerja
v  Perlengkapan yang digunakan dalam situasi darurat
v  Langkah-langkah dalam situasi darurat (evakuasi)
v  Kebersihan dan kesehatan pribadi
v  Upaya menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi
v  Standar penampilan yang sesuai dengan tuntutan industri
v  Hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara internasional
v  Prosedur keselamatan dan keamanan yang berlaku di industri

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, menghadapi situasi darurat/emergency, menjaga standar keamanan penampilan pribadi, memberikan umpan balik mengenai keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, menghadapi situasi darurat/emergency, menjaga standar keamanan penampilan pribadi, memberikan umpan balik mengenai keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.
Kegiatan inti :
            Guru mengajarkan dan mendiskusikan tentang :
-          Penjelasan pengertian keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja
-          Penerapan prosedur sesuai dengan SOP
-          Kesadaran dalam menjaga keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja
-          Identifikasi tujuan keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja
-          Pelaksanaan prosedur kerja denganh memperhatikan standar keamanan, keselamatan dan kesehatan di tempat kerja
-          Undang-undang ketenaga kerjaan
-          Prosedur bekerja dengan aman dan tertib
-          Prosedur pencegahan agar tujuan K3 dapat tercapai
-          Hal-hal yang berkaitan dengan keamanan
-          Laporan kepada pihak yang terkait dengan segera
-          Laporan mengenai kejadian pencurian
-          Kejadian mencurigakan secara tertulis/lisan
-          Ketelitian dalam melakukan/melaksanakan pekerjaan
-          Jenis-jenis bahaya di tempat kerja
-          Penanganan situasi darurat sesuai dengan SOP
-          Tanda-tanda peringatan bahaya di tempat kerja dan tempat umum
-          Tanda-tanda peringatan bahaya di tempat kerja
-          Situasi yang dapat menimbulkan bahaya
-          Langkah dalam situasi darurat
-          Cepat dan tanggap dalam situasi darurat
-          Karakteristik tamu/pelanggan yang mencurigakan
-          Prosedur keadaan darurat di perusahaan/tempat umum disesuaikan dengan kondisi perusahaan/tempat umum tersebut
-          Apresiatif terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat(bahaya)
-          Pengoperasian perlengkapan situasi darurat
-          Bersikap tenang dalam situasi darurat
-          Berbagai macam infeksi penyakit dan cara menghindarinya
-          Kesadaran terhadap higiene personal
-          Penampilan pribadi sesuai dengan standar industri/perusahaan
-          Kesehatan jasmani
-          Prinsip kesehatan dan keselamatan kerja
-          Penampilan diri
-          Cara bekerja dengan aman
-          Cara bekerja dengan aman
-          Responsip terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat (bahaya) kesehatan pribadi
-          Jenis-jenis bahaya di tempat kerja
-          Penanganan situasi sesuai dengan SOP
-          Tanda-tanda pewringatan bahaya di tempat kerja
-          Tanda-tanada peringatan bahaya di tempat kerja
-          Cepat dan tanggap dalam situasi darurat
-          Situasi yang dapat menimbulkan bahaya
-          Langkah-langkah dalam situasi darurat
-          Karakteristik pelanggan yang mencurigakan
-          Perlengkapan situasi darurat
-          Pencegahan terjadinya situasi darurat (bahaya)
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, menghadapi situasi darurat/emergency, menjaga standar keamanan penampilan pribadi, memberikan umpan balik mengenai keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.


Alat/ Bahan/ Sumber :
Ø  Modul
Ø  Buku referensi
Ø  Internet.
Ø  Vidio visual

Penilaian :
§  Tes tertulis
§  Demonstrasi
§  Pengamatan



                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK DASAR KOMPETENSI KEJURUAN KELAS XI SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top