SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Administrasi Perkantoran
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XI/2
STANDAR KOMPETENSI            :           Membuat dan Menjaga Sistem Kearsipan Untuk Menjamin Integritas
KODE KOMPETENSI        :           IBSADMGAD06A
ALOKASI WAKTU              :           144 x 45 Menit


Kompetensi Dasar      :  
1.  Menetapkan kebutuhan bahan dan alat kearsipan
2.  Memilih sistem yang sesuai
3.  Mengimplementasikan sistem kearsipan
Tujuan   :      Siswa mampu menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.

Indikator :
§  Kebutuhan organisasi diidentifikasikan
§  Pilihan untuk mengembangkan sistem dikenali agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan
§  Keperluan sistem diidentifikasikan dan disetujui oleh peng-guna
§  Carilah penyedia sistem yang sesuai dengan kebutuhan
§  Penawaran harga untuk persediaan dan pengiriman sistem yang dipilih sesuai kriteria
§  Pemilihan penyedia (supplier) sesuai dengan panduan
§  Sistem yang sudah diperbaiki diimplementasi dan dimonitor agar operasinya sesuai dengan kebutuhan
§  Pemindahan dokumen dan catatan dimonitor agar terjamin integritasnya
§  Pengguna sistem yang di-perbarui dimonitor agar sistem diakses sesuai dengan panduan


Materi Ajar :
§  Jenis bahan dan alat kearsipan
§  Analisis kebutuhan bahan dan alat
§  Mengidentifikasi alat sesuai fungsi/kegunaan
§  Menghitung kebutuhan bahan dan alat kearsipan
  • Sistem kearsipan sentralisasi, desentralisasi, dan gabungan
  • Sistem abjad, tanggal, nomor, subyek, dan wilayah
  • Memilih sistem pengelo-laan kearsipan yang sesuai
  • Memilih sistem penyim-panan arsip yang sesuai             
  • Penyortiran surat/ dokumen masuk
  • Penciptaan dokumen/surat keluar
  • Pencatatan dokumen masuk dan keluar
  • Prosedur distribusi internal dan eksternal
  • Alat distribusi
  • Langkah penyimpanan dan temu kembali
  • Jadwal retensi
  • Prosedur penilaian
  • Prosedur penyerahan
  • Prosedur pemindahan
  • Prosedur pemusnahan
  • Menyortir surat masuk
  • Mencatat surat masuk dan keluar
  • Mendistribusikan surat masuk dan keluar
  • Menyimpan dan menemukan kembali dokumen
  • Memelihara isi dan fisik dokumen
  • Menyusutkan dokumen

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang cara menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang cara menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.
Kegiatan inti
·         Menentukan secara tepat bahan dan alat kearsipan yang biasa digunakan dalam kegiatan pengarsip-an pada suatu kantor.
·         Menganalisis kebutuhan alat dan bahan untuk suatu kegiatan kearsipan
·         Mempraktekkan kegiatan menentukan bahan dan alat kearsipan yang sesuai..
·         Mengelola arsip sesuai dengan sisten kearsipan
·         Menentukan system penyimpanan arsip yang sesuai
·         Menyimpan arsip dengan berbagai macam system sesuai dengan karakteris-tik arsip dan perusahaan
·         Mempraktekkan pengelolaan kearsipan dengan berbagai system yang ada sesuai dengan karakteristik arsip dan perusahaan.
·         Mengimplementasikan sistem kearsipan mulai dari tahap penciptaan arsip sampai dengan tahap penyusutan arsip
·         Mempraktekkan implementasi sistem kearsipan

Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang cara menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.


Alat/ Bahan/ Sumber :

  • Modul Membuat dan Menjaga Sistem Kearsipan Untuk Menjamin Integritas
  • Buku Membuat dan Menjaga Sistem Kearsipan untuk Menjamin Integritas Penerbit Armico Bandung

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi


                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



    

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Administrasi Perkantoran
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XI/2
STANDAR KOMPETENSI            :           Merencanakan dan melakukan pertemuan
KODE KOMPETENSI        :           IBSADMGLE09A
ALOKASI WAKTU              :           60 x 45 Menit

Kompetensi Dasar      : 
§  Merencanakan dan mempersiapkan pertemuan
§  Menyelenggarakan pertemuan.
  • Menggandakan dan mendistribusikan hasil pertemuan
Tujuan   :      Siswa mampu melakukan perencanaan pertemuan.

Indikator :
§  Melakukan pertemuan dan peserta yang hadir sesuai dengan kebutuhan
§  Pengaturan pertemuan dibuat berdasarkan kebutuhan dan dirancang waktunya
§  Agenda dibuat berdasarkan pada tujuan pertemuan yang telah ditetapkan
§  Informasi yang ada dalam agenda adalah yang akan didiskusikan
§  Bahan untuk pertemuan telah disiapkan dan dikirimkan kepada peserta sesuai dengan waktu yang telah dibuat
§  Pertemuan dipimpin menurut prosedur perusahaan dan tata cara pertemuan
§  Hubungan antar pribadi dan gaya komunikasi yang dipakai dapat membuka dan mendorong adanya komunikasi yang baik
§  Kesepakatan mengenai tujuan dan penyelenggaraan pertemuan dapat tercapai
§  Gagasan dan informasi yang disampaikan jelas dan lengkap
§  Seluruh peserta memiliki kesempatan untuk memberikan gagasan
§  Pertemuan dikelola secara terarah dalam mencapai tujuan
§  Waktu pertemuan yang akan diselenggarakan berikutnya telah mendapatkan persetujuan dan didasarkan pada kesepakatan dengan peserta
§  Notulen dicatat dengan benar
§  Dokumen yang dihasilkan dari pertemuan dibuat dengan benar dan didistribusikan
§  Staff lain diberikan informasi mengenai hasil pertemuan
§  Pekerjaan yang dihasilkan dari pertemuan dimasukkan kedalam jadwal kerja yang telah ada dengan memperhatikan prioritas dan dilaksanakan sebagaimana mestinya

Materi Ajar :
  • Pengertian rapat
  • Tujuan rapat
  • Jenis-jenis penyelenggaraan rapat : persiapan, penyelenggaraan, pelaporan
  • Identifikasi keperluan rapat : bahan dan alat serta akomodasi
  • Macam-macam tata ruang rapat
  • Teknik menyusun undangan rapat
  • Teknik menyusun acara
  • Membuat proposal rapat
  • Membuat undangan rapat
  • Menyusun acara rapat
  • Menyiapkan bahan dan alat rapat
  • Menata ruang rapat
  • Teknik membuka dan menutup rapat
  • Teknik memimpin rapat
  • Teknik mengajukan pendapat
  • Tata tertib rapat
  • Teknik menyusun notula dan resume rapat
  • Membuat notulen
  • Menyusun resume rapat
  • Pemahaman terhadap alat/mesin pengganda
  • Pemahaman terhadap cara penggandaan
  • Pemahaman terhadap jasa pengiriman
  • Pemahaman penulisan buku/lembar ekspedisi
  • Menggandakan notulen dengan foro copy, stensil, pisograf
  • Mengirim notulen dengan fax, email, pos, langsung buku ekspedisi

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang perencanaan pertemuan.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang perencanaan pertemuan.
Kegiatan inti
Menjelaskan dan mendiskusikan:
§  Pengertian, tujuan dan jenis-jenis rapat
§  Keperluan rapat
§  Macam-macam tata ruang rapat
§  Teknik menyusun undangan rapat
§  Teknik menyususn acara rapat
§  Teknik membuat proposal
§  Teknik menyiapkan bahan dan alat rapat
§  Teknik menyususn ruang rapat
Menjelaskan dan mendiskusikan:
§  Teknik membuka dan menutup rapat
§  Teknik memimpin rapat
§  Teknik mengajukan pendapat
§  Teknik menyusun notula

Menjelaskan dan mendiskusikan:
§  Macam-macam alat penggandan
§  Cara menggandakan hasil pertemuan
§  Cara mendistribusikan hasil pertemuan
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang perencanaan pertemuan.


Alat/ Bahan/ Sumber :
*      Modul
*      Buku Referensi

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi


                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Akutansi
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XI/2

STANDAR KOMPETENSI            :           Mengelola Administrasi pembelian

KODE KOMPETENSI        :           AK-JS-003A;AK-DG-006A;AK-MN-006A
ALOKASI WAKTU              :           40  x 45 Menit

Kompetensi Dasar      : 
    • Menerima dan memverifi-kasi permintaan pembelian supplies
    • Meminta surat penawaran harga kepada para pemasok
    • Membuat rekap daftar penawaran  harga dari para pemasok
    • Membuat dan mengirim order pembelian supplies
Tujuan   :      Siswa mampu mengelola Administrasi pembelian.

Indikator :
  • Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan adminis-trasi pembelian supplies tersedia
  • Dokumen permintaan pembe-lian supplies tersedia
  • Permintaan pembelian supplies terverifikasi
  • Kriteria pemasok tersedia
  • Dokumen permintaan pena-waran harga tersedia
  • Dokumen permintaan pena-waran harga terkirim
  • Daftar pemasok beserta daftar penawaran harga barang tersajikan
  • Pemasok yang layak teriden-tifikasi
  • Order pembelian supplies atas dasar kebutuhan barang tersedia
  • Data pembelian supplies kredit terverifikasi
  • Jumlah pembelian supplies kredit teridentifikasi
  • Order pembelian supplies terkirim

Materi Ajar :
§  Prosedur pembelian perse-diaan suplies
§  Kelengkapan bukti perminta-an pembelian suplies
§  Data pemasok.
§  Prosedur permintaan pena-waran harga
§  Data pemasok
§  Kriteria pemasok
§  Bukti-bukti pendukung order pembelian suplies
§  Prosedur pengiriman order pembelian

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang mengelola Administrasi pembelian.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang mengelola Administrasi pembelian.
Kegiatan inti
§    Menjelaskan kelengkapan bukti permintaan pembelian supplies
§    Menjelaskan prosedur pembelian supplies
§    Menjelaskan cara meringkas data pemasok
§    Menjelaskan tata cara permintaan surat penawaran harga
§    Memberikan contoh surat  permintaan penawaran harga
·               Menjelaskan teknik perekapan data pemasok
·               Menjelaskan seleksi pemasok sesuai kriteria
·               Menjelaskan kelengkapan buki pendukung order pembelian
·               Menjelaskan prosedur pengiriman order pembelian
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang mengelola Administrasi pembelian.


Alat/ Bahan/ Sumber :
·         Sistem Akuntansi, Drs. Narto.MM
·         Intermediate Accounting, ZakiBaridwan
·         LKS Sekawan
·         Modul Akuntansi, Jaka Pramono
·         Dasar-Dasar Akuntansi, Haryono Yusuf
·         Surat menyurat Indonesia
·         Akuntansi B dan C, Hendy Sumantri  Armico Bandung

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi
                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Akutansi
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XI/2
STANDAR KOMPETENSI            :           Mengelola Kartu Utang
KODE KOMPETENSI        :           AK-JS-006A;AK-DG-007A;AK-MN-007A
ALOKASI WAKTU              :           40 X 45 menit

Kompetensi Dasar      : 
o   Mempersiapkan pengelola-an kartu utang
o   Mengidentifikasi data mutasi utang
o   Membukukan data mutasi utang ke kartu utang
o   Melakukan pengecekan saldo utang
o   Membuat laporan  utang

Tujuan   :      Siswa mampu mengelola Kartu Utang.

Indikator :
§   Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan utang ter-sedia
§   Data transaksi utang tersedia
§   Saldo awal utang teridentifi-kasi
§   Data mutasi  utang teridenti-fikasi
§   Data mutasi  utang terverifi-kasi
§   Jumlah mutasi utang teriden-tifikasi
§   Data mutasi utang terbukukan ke kartu utang
§   Kebenaran saldo utang ter-identifikasi
§   Tanggal jatuh tempo utang teridentifikasi
§   Laporan  utang tersajikan sesuai dengan format yang ditetapkan

Materi Ajar :
·         Prosedur pengelolaan kartu utang
·         Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan utang
·         Dokumen data transaksi utang
·         Data transaksi utang
·         Dokumen mutasi utang
·         Prosedur pencatatan mutasi utang
·         Prosedur pengecekan saldo utang
·         Syarat pembayaran
·         Bentuk laporan utang


Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang mengelola Kartu Utang.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang mengelola Kartu Utang.
Kegiatan inti
o   Menjelaskan prosedur penanganan utang dagang
o   Siswa berlatih membuat kartu utang
o   Menjelaskan determinasi mutasi utang
o   Siswa berlatih membedakan dokumen transaksi mutasi utang
o   Mendemonstrasikan perhitungan mutasi utang
o   Siswa berlatih memasukan data mutasi utang ke kartu utang
o   Menjelaskan prosedur dan urgensi pengecean utang
o   Menjelaskan syarat pembayaran dan penetapan status utang
o    Siswa mengkaji referensi
o   Menjelaskan prosedur pembuatan laporan utang
o   Siswa berlatih membuat laporan utang
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang mengelola Kartu Utang.


Alat/ Bahan/ Sumber :
  • Sistem Akuntansi, Drs. Narto.MM
  • Intermediate Accounting, Zaki Baridwan
  • LKS Sekawan
  • Modul Akuntansi, Jaka Pramono
  • Dasar-Dasar Akuntansi, Haryono Yusuf
  • Surat menyurat Indonesia
  • Akuntansi B dan C, Hendy Sumantri  Armico Bandung

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Praktek







                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Akutansi
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XI/1
STANDAR KOMPETENSI            :           Mengelola Penerimaan Barang Suplies
KODE KOMPETENSI        :           AK-JS-001A
ALOKASI WAKTU              :           20 X 45 menit

Kompetensi Dasar      : 
    • Mempersiapkan pengelola-an penerimaan barang supplies
    • Mengidentifikasi data pe-nerimaan barang supplies
    • Membuat laporan peneri-maan
Tujuan   :      Siswa mampu mengelola penerimaan barang suplies.

Indikator :
§   Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan penerima-an barang supplies tersedia
§   Data transaksi penerimaan barang supplies tersedia
§   Data barang supplies yang diterima teridentifikasi
§   Data barang supplies yang diterima dicocokkan dengan order pembeliannya
§   Laporan penerimaan barang supplies tersajikan sesuai dengn format yang ditetapkan
§   Laporan penerimaan barang supplies terdistribusikan kepada pihak-pihak yang ter-kait

Materi Ajar :
§  Prosedur pengelolaan penerimaan barang supplies
§  Nama dan jenis barang supplies
§  Spesifikasi barang supplies
§  Prosedur penerimaan barang supplies
§  Laporan penerimaan barang supplies.
§  Bagian-bagian yang terkait dengan transaksi penerimaan barang supplies

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang mengelola penerimaan barang suplies.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang mengelola penerimaan barang suplies.
Kegiatan inti
·         Menjelaskan prosedur penerimaan barang supplies
·         Siswa mengkaji referensi prosedur penerimaan barang supplies
·         Menjelaskan klasifikasi dan spesifikasi barang supplies
·         Siswa berlatih mengidentifikasi supplies dengan kasus praktik
·         Menjelaskan prosedur pembuatan laporan
·         Mendemonstrasikan bentuk laporan penerimaan barang supplies
·         Siswa berlatih semi mandiri dalam pembuatan laporan penerimaan barang supplies
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang mengelola penerimaan barang suplies.


Alat/ Bahan/ Sumber :

      • Sistem Akuntansi, Drs. Narto.MM
      • Intermediate Accounting, Zaki Baridwan
      • LKS Sekawan
      • Modul Akuntansi, Jaka Pramono
      • Dasar-Dasar Akuntansi, Haryono Yusuf
      • Surat menyurat Indonesia.
      • Akuntansi B dan C, Hendy Sumantri  Armico Bandung

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi





                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                :
PROGRAM KEAHLIAN      :           Akutansi
MATA PELAJARAN           :           Produktif Kompetensi Kejuruan
KELAS/SEMESTER           :           XI/1
STANDAR KOMPETENSI            :           Mengelola Kartu Persediaan Suplies
KODE KOMPETENSI        :           AK-JS-005A;AK-DG-008A;AK-MN-008A
ALOKASI WAKTU              :           20 X 45 menit

Kompetensi Dasar      : 
    • Mempersiapkan pengelola-an kartu persediaan supplies
    • Mengidentifikasi data mutasi persediaan supplies
    • Membukukan data perse-diaan supplies ke kartu persediaan supplies
    • Membuat laporan ikhtisar persediaan supplies
    • Melakukan perhitungan fisik persediaan supplies secara periodik
Tujuan   :      Siswa mampu mengelola Kartu Persediaan Suplies.

Indikator :
-       Identitas pelanggan dan per-syaratan yang harus dipenuhi tersedia
-       Data kredit pelanggan ter-sedia
-       Data kemampuan membayar pelanggan  tersedia
-       Reputasi pelanggan teridentifikasi
-       Kemampuan membayar pelanggan teridentifikasi
-       Usulan persetujuan atau penolakan kredit tersajikan
-       Jumlah dan termin kredit tercantum dalam usulan.
-       Keputusan kredit terdistribusikan kepada pihak terkait

Materi Ajar :
·         Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan persediaan supplies tersedia
·         Data transaksi persediaan supplies tersedia
·         Data penerimaan persediaan supplies teridentifikasi
·         Data pengeluaran persediaan supplies teridentifikasi
·         Data mutasi persediaan supplies terverifikasi
·         Jumlah mutasi persediaan supplies (unit dan nominal) terbukukan
·         Laporan persediaan supplies tersajikan sesuai dengan format yang ditetapkan.
·         Berita acara hasil perhitungan fisik persediaan supplies tersajikan.
·         Selisih persediaan supplies (kurang/lebih) teridentifikasi

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menerangkan tentang mengelola Kartu Persediaan Suplies.
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang mengelola Kartu Persediaan Suplies.
Kegiatan inti
·         Menjelaskan peralatan yang diperlukan dalam pengelolaan persediaan supplies
·         Menjelaskan dokumen penerimaan barang supplies
·         Siswa membuat simulasi dokumen penerimaan  supplies dan melakukan pengelompokan
·         Menjelaskan dokumen penerimaan dan pemakaian suplies
·         Siswa berlatih mengidentifikasi dokumen penerimaan dan pemakaian supplies
·         Menginstruksikan siswa untuk menyiapkan dokumen yang sudah dibuat
·         Menjelaskan prosedur pencatatan dokumen ke kartu
·         Siswa berlatih menghitung mutasi barang supplies
·         Menjelaskan prosedur pembuatan laporan ikhtisar persediaan
·         Siswa berlati meringkas data dari kasus yang sudah ada dan membuat laporan ikhtisar persediaan
·         Menjelaskan prosedur penghitungan fisik persediaan supplies
·         Siswa mengkaji referensi
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang mengelola Kartu Persediaan Suplies.


Alat/ Bahan/ Sumber :

o   Sistem Akuntansi, Drs. Narto.MM
o   Intermediate Accounting, ZakiBaridwan
o   LKS Sekawan
o   Modul Akuntansi, Jaka Pramono
o   Dasar-Dasar Akuntansi, Haryono Yusuf
o   Surat menyurat Indonesia
o   Akuntansi B dan C, Hendy Sumantri  Armico Bandung

Penilaian :
§    Tes tertulis
§    Tes lisan
§    Observasi
§    Demonstrasi
§    Presentasi





                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.  
     
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top