SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS XII SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     :
Mata Pelajaran                    : Seni Rupa
Kelas/Semester                  : XII/2
Alokasi Waktu                     : 18 x 45 menit

Standar Kompetensi           :
3.  Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar               :
3.1 Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer
3.2 Menjelaskan perkembangan seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
3.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern  / kontemporer di Indonesia

Indikator :
Ø  Mengidentifikasi perbedaan seni rupa tradisional , seni rupa  modern dan kontemporer
Ø  Membuat klasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer
Ø  Menjelaskan perbedaan secara tertulis  seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer
Ø  Membuat tulisan corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia
Ø  Menjelaskan proses perkembangan  karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia
Ø  Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa
Ø  modern/kontemporer di Indonesia
Ø  Mendeskripsikan corak seni rupa  modern/kontemporer Indonesia
Ø  Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
Ø  Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
Ø  Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia

Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
*      Mengidentifikasi perbedaan seni rupa tradisional , seni rupa  modern dan kontemporer
*      Membuat klasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer
*      Menjelaskan perbedaan secara tertulis  seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer
*      Membuat tulisan corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia
*      Menjelaskan proses perkembangan  karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia
*      Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa
*      modern/kontemporer di Indonesia
*      Mendeskripsikan corak seni rupa  modern/kontemporer Indonesia
*      Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
*      Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
*      Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia

Materi Pembelajaran

v  Seni rupa tradisional, modern  / kontemporer
·   Pengertianseni rupa terdisional, modern dan kontemporer
·   Perbedaan corak atau gaya seni rupa tradisional dengan modern kontemporer
·   Tulisan tentang seni rupa tradisional, modern dan kontemporer

Materi Pembelajaran
v  Perkembangan karya seni rupa tradisional, modern/kontemporer
·   Sejarah perkembangan seni rupa modern/ kontemporer Indonesia
·   Konsep penciptaan karya seni rupa modern / kontemporer
·   Ciri seni rupa modern /kontemporer
·   Aliran-aliran seni rupa modern kontemporer
v  Apresiasi karya seni rupa modern /kontemporer di Indonesia:
·   Apresiasi karya seni rupa modern/kontemporer
o Proses pengamatan dalam berapresiasi
o Pendekatan  apresiasi
·   Jenis  karya seni rupa modern/kontemporer  di Indonesia
·   Kunjungan  Pameran

·    Penilaian karya seni rupamodern/ kontemporer Indonesia

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
1.    Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
2.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.    Guru menjelaskan arti “seni rupa Nusantara” dengan peta konsep (hlm. 2).
4.    Siswa ditugasi mencari informasi dengan kata kunci “seni rupa Nusantara” di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.
5.    Siswa mengumpulkan hasil pencarian informasi dari internet.
6.    Siswa dan guru mempersiapkan pertemuan selanjutnya. Guru memperingatkan siswa untuk memperkaya sumber/bahan bacaan tentang seni rupa Nusantara.

Pertemuan Inti
·     Menyimpulkan pengertian seni rupa tradisional dan modern / kontemporer
·     Mengklasifikasi karya seni tradisional dengan Modern / kontemporer
·     Mendiskusikan mengenai seni rupa tradisional Indonesia dengan modern atau kontemporer
·     Membuat tulisan karya seni rupa tradisional, modern dan kontemporer
·     Menjelaskan perkembangan seni rupa Modern / kontemporer di Indonesia
·     Mendiskusikan secara  kelompok Konsep seni rupa modern
·     Menjelaskan  aliran aliran seni rupa modern / kontemporer  di Indonesia
·     Mendiskusikan secara kelompok menanggapi hasil karya seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
·     Kunjungan pameran seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia (dilakukan diluar waktu yang tersedia)
·     Menuliskan tanggapan berdasarkan :
·   Prinsip-prinsip seni rupa
·   Unsur-unsur seni rupa
·   Komposisi


Pertemuan Akhir
  1. Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
  2. Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
  3. Menarik kesimpulan materi.

Sumber Belajar
Buku seni rupa, Media elektronik, Media cetak, Budaya setempat
Karya seni, kliping, Audio visual,lembar kerja ,hasil kerja siswa,bahan presentasi
Dasar-dasar Kritik Seni Rupa .Pemerintah DKI, Dinas Museum  dan Sejarah 1979

Penilaian
  1. Tugas Individual,
  2. Tugas kelompok
  3. Presentasi,
  4. Laporan tertulis
Format Penilaian

Latihan
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
II
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya



III
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah



Jumlah karya seni yang diamati di rumah



Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya



Profil rumah mudah dipahami



Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




  • Latihan V (hlm. 31).


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan semua periode seni



Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya



Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya



Komentar bersifat apresiatif dan subjektif



Jumlah Nilai



  • Latihan VII (hlm. 32)

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan definisi untuk tiap istilah



Definisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

Mengetahui,                                                             ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                            Guru Mata Pelajaran



……………………........                                            ...................................
NIP/NRK.......................                                            NIP/NRK....................


 
 
  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     :
Mata Pelajaran                    : Seni Rupa
Kelas/Semester                  : XII/2
Alokasi Waktu                     : 18 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar               :
a.    Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa
b.    Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
c.    Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah
d.    Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah

Indikator :
·     Membuat karya seni rupa murni dengan beragam teknik dan corak
·     Menjelaskan jenis-jenis media seni murni dan terapan Nusantara
·     Membuat karya seni rupa  terapan yang digali dari beragam corak seni
·     Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara
·     Membuat  karya seni rupa murni yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
·     Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara  sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya

·     Mengidentifikasi karya seni rupa tradisi,modern dan kontemporer  yang akan dipamerkan

·     Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran

·     Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa tradisional dan modern  / kontemporer di kelas
·   Menyiapkan karya seni tradisi,modern / kontemporer 
bersama yang dikembangkan dari  hasil karya sendiri di kelas atau di sekolah
·   Mengidentifikasi kegunaan pameran seni terapan
·   Mendeskripsikan hasil pameran seni terapan dengan teknik menggambar proyeksi


A.  Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu Membuat karya seni rupa murni dengan beragam teknik dan corak
2.    Menjelaskan jenis-jenis media seni murni dan terapan Nusantara
3.    Membuat karya seni rupa  terapan yang digali dari beragam corak seni
  1. Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara
5.    Membuat  karya seni rupa murni yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
6.    Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara  sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya

7.    Mengidentifikasi karya seni rupa tradisi,modern dan kontemporer  yang akan dipamerkan

8.    Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran

9.    Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa tradisional dan modern  / kontemporer di kelas
10. Menyiapkan karya seni tradisi,modern / kontemporer 
  1. bersama yang dikembangkan dari  hasil karya sendiri di kelas atau di sekolah
12. Mengidentifikasi kegunaan pameran seni terapan
13. Mendeskripsikan hasil pameran seni terapan dengan teknik menggambar proyeksi

B.   Materi Pembelajaran
·     Hasil kreasi seni rupa murni dan terapan
·     Desain karya / sketsa karya seni rupa murni dan terapan
·     Bahan dan alat yang diperlukan
·     Langkah-langkah membuat karya seni rupa murni/ terapan
·     Unsur-unsur seni rupa Nusantara
·     Langkah-langkah membuat karya seni rupa murni/ terapan dari salah satu unsur
·     Karya seni rupa murni dan terapan dengan menggabungkan beberapa unsur sesuai kebutuhan masyarakat dan budayanya
v  Pameran dan kreasi seni rupa tradisi,modern dan kontemporer :
·   Tujuan dan Fungsi Pameran seni rupa tradisi, modern dan kontemporer
·   Kepanitia dan  penyiapan karya
·   Waktu dan tempat pameran
·   Lingkup pameran dan jenis pameran
·   Perencanaan  kerja dan penyiapan tempat pameran              
v  Pameran dan kreasi seni rupa tradisi,modern dan kontemporer:
·   Persiapan Pameran
·   Tema Pameran
·   Rencana kegiatan pameran
·   Susunan program pameran
·   Teknik Pengaturan Tata Letak Pameran

C.  Metode Pembelajaran
Ceramah, praktik, bermain, mengerjakan latihan

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
1.    Guru menanyakan pengalaman pribadi siswa jika mereka pernah melihat karya seni masa kini yang memiliki pengaruh budaya masa lalu, atau karya seni di Indonesia yang memiliki pengaruh budaya dari luar Indonesia.
2.    Menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.    Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk mengunjungi museum atau pameran seni (Latihan VI dan VII hlm. 32).
4.    Siswa mengamati berbagai karya seni dan membuat portofolio secara berkelompok berupa dokumentasi dan catatan-catatan. Hasil portofolio dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
5.    Guru menugaskan siswa untuk memikirkan karya seni yang akan mereka buat sendiri (seni dengan pengaruh budaya tertentu) dan membawa bahan-bahan untuk berkarya pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan Inti
·   Menentukan bentuk benda seni murni dan terapan
·   Mengembangkan teknik dan corak  membuat karya seni murni terapan
·   Menentukan fungsi benda-benda seni  terapan
·   Menentukan bahan pembuatan karya seni murni terapan 
·   Berkreasi seni murni dengan beragam corak
·   Menentukan jenis seni murni dan terapan Menentukan fungsi seni terapan  yang dikembangkan dari seni Nusantara
·   Menentukan bahan pembuatan karya seni murni dan terapan
·   Menentukan teknik pembuatan 
·   Membuat karya seni terapan yang dikembangkan dari corak  seni rupa Nusantara
·   Merencanakan pameran kreasi seni rupa tradisi,modern/kontemporer
·   Membentuk panitia pameran di kelas atau sekolah
·   Menentukan tema  kegiatan pameran
·   Menentukan tempat pameran
·   Persiapan Pameran
·   Menyusun pelaksaan Pameran Seni Tradisi, modern/kontemporer
·   Menentukan tata letak dan pencahayan
·   Menunjukan fungsi dan tujuan   Pameran seni rupa tradisi, modern / kontemporer
·   Mendeskripsikan secara kelomopok  kegiatan Pameran seni tradisi, modern /kontemporer

Pertemuan Akhir
1.    Siswa melajutkan pengerjaan hasil karya, lalu mengumpulkan hasil karya tersebut pada akhir pelajaran.
2.    Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
3.    Siswa menarik kesimpulan materi yang dipelajari dalam 3 pertemuan terakhir.

E. Sumber Belajar
Sumber:
Buku seni rupa
Media elektronik
Media cetak
Budaya setempat
Bahan/Alat :
Karya seni, kliping
Audio visual,lembar kerja ,hasil kerja siswa,bahan presentasi

F. Penilaian

Lembar Penilaian Portofolio Kelompok

Hari/Tanggal             : …………………………………………………….
Nama Kelompok      : .................................................................................

No.
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif

Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu siswa
1.
Terlibat dalam pengerjaan portofolio



2.
Inisiatif



Jumlah Nilai Individu










Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

·         Latihan V halaman 31 (membuat karya seni dengan pengaruh budaya tertentu).

Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Hasil karya




Siswa memiliki hasil karya yang konkret yang orisinil
Keindahan dan kreativitas pada karya



Karya seni menimbulkan kesan estetis dalam diri penikmat karya
Kandungan unsur budaya



Karya mengandung satu unsur budaya tertentu
Hubungan dan kesesuaian antara  jenis benda dan unsur budaya



Ciri khas budaya dan benda hasil karya dapat berhubungan atau tidak / dapat sesuai atau tidak sesuai satu sama lain, tergantung apresiasi penikmat karya
Orisinalitas gagasan



Karya seni merupakan hasil buatan sendiri
Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

Mengetahui,                                                             ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                            Guru Mata Pelajaran




……………………........                                            ...................................
NIP/NRK.......................                                            NIP/NRK....................



 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     :
Mata Pelajaran                    : Seni Teater
Kelas/Semester                  : XII/2
Alokasi Waktu                     : 20 x 45 menit

Standar Kompetensi           :
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater

Kompetensi Dasar               :

6.1    Mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran,dan olah suara.
6.2    Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional Mancanegara (Asia)
6.3    Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
6.4    Menyiapkan pertunjukan teater kreatif yang diciptakan sendiri
6.5    Menggelar pertunjukan teater kreatif yang diciptakan sendiri

Indikator :
  1. Mengklasifikasikan teknik olah tubuh dengan gerakan-gerakan berirama/ritmis
  2. Mengidentifikasi  hasil percobaan Olah pikir dengan mengungkapkan gagasan/imajinasi
  3. Mendemontrasikan olah suara dalam suatu latihan vokal atau dialog.
  4. Mendeskripsikan perbedaan teknik olah tuh,olah pikir dan olah suarai.

5.    Mengklasifikasikan jenis kebutuhan pergelaran teater non Asia

  1. Mendeskripsikan rancangan kegiatan pergelaran seni teater kreatif  sesuai dengan teater non Asia
  2. Mendeskripsikan tentang perencanaan pergelaran seni taeter non Asia
  3. Mengklasifikasikan prinsip kerja sama dalam pergelaran berteater
  4. Mendemontrasikan peran  dalam pertunjukan teater
10. Mengidentifikasi kepanitiaan pertunjukan teater sesuai dengan kebutuhan dan pembagian tugasnya
11. Mendiskripsikan perencanaan dan penjadualan pertunjukan
12. Mengidentifikasi susunan acara yang disesuaikan dengan tema
  1. Menata ruang, dekorasi / settingpan pentas pertunjukan teater karya sendiri
  2. Menata pakaian, rias wajah,penyinaran dalam pertunjukan teater karya sendiri
  3. Klasifikasi acara pergelaran teater kreatif ciptaan sendiri


Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
*      Mengklasifikasikan teknik olah tubuh dengan gerakan-gerakan berirama/ritmis
*      Mengidentifikasi  hasil percobaan Olah pikir dengan mengungkapkan gagasan/imajinasi
*      Mendemontrasikan olah suara dalam suatu latihan vokal atau dialog.
*      Mendeskripsikan perbedaan teknik olah tuh,olah pikir dan olah suarai.

*      Mengklasifikasikan jenis kebutuhan pergelaran teater non Asia

*      Mendeskripsikan rancangan kegiatan pergelaran seni teater kreatif  sesuai dengan teater non Asia
*      Mendeskripsikan tentang perencanaan pergelaran seni taeter non Asia
*      Mengklasifikasikan prinsip kerja sama dalam pergelaran berteater
*      Mendemontrasikan peran  dalam pertunjukan teater
*      Mengidentifikasi kepanitiaan pertunjukan teater sesuai dengan kebutuhan dan pembagian tugasnya
*      Mendiskripsikan perencanaan dan penjadualan pertunjukan
*      Mengidentifikasi susunan acara yang disesuaikan dengan tema
*      Menata ruang, dekorasi / settingpan pentas pertunjukan teater karya sendiri
*      Menata pakaian, rias wajah,penyinaran dalam pertunjukan teater karya sendiri
*      Klasifikasi acara pergelaran teater kreatif ciptaan sendiri

Materi Pembelajaran
            Teknik Olah Vokal

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·               Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
·               Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·               Guru menjelaskan arti “teater” .

Pertemuan Inti
·   Melakukan teknik olah tubuh dengan cara menggerakan anggota tubuh secara beraturan dan berirama / ritmis
·   Melakukan teknik olah pikir dengan cara mengekspresikan melalui ungkapan / gagasan atau imajinatif.
·   Melakukan teknik olah suara dengan cara mengucapkan huruf-huruf vokal,kata atau kalimat yang berupa bunyi
· Membedakan teknik diantara olah tubuh,olah pikir dan olah suara.
·   Melakukan persiapan pergelaran dalam  teater kreatif yang dikembangkan
·   Mengatur pembagian tugas dalam kerja kepanitiaan

·   Melakukan prinsip-prinsip kerja sama dalam pergelaran berteater

· Merencanakan tugas dan fungsi masing-masing peran dalam pergelaran berteater.
· Membuat persiapan pertunjukan teater tradisional dengan membentuk panitia.
· Mengatur pembagian tugas dalam kerja kepanitiaan.
· Melakukan latihan untuk menampilkan pergelaran teater  kreatif hasil ciptaan sendiri.
· Menyusun acara pergelaran teater kreatif ciptaan sendiri

Pertemuan Akhir
·               Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·               Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
·               Menarik kesimpulan materi.

Sumber Belajar
Sumber:
1.Buku Teater.
2.Koran.
3.Majalah.
4.Tabloid.
5.Televisi.
6.Internet
7. Budaya setempat
Bahan :
Kliping,kertas kerja
Alat :
Disesuaikan dengan kebutuhan setempat

Penilaian
  1. Tugas Individual,
  2. Tugas kelompok
  3. Presentasi,
  4. Laporan tertulis
Format Penilaian

Latihan
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
II
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya



III
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah



Jumlah karya seni yang diamati di rumah



Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya



Profil rumah mudah dipahami



Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




  • Latihan V (hlm. 31).


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan semua periode seni



Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya



Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya



Komentar bersifat apresiatif dan subjektif



Jumlah Nilai



  • Latihan VII (hlm. 32)

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan definisi untuk tiap istilah



Definisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

Mengetahui,                                                             ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                            Guru Mata Pelajaran



……………………........                                            ...................................
NIP/NRK.......................                                            NIP/NRK....................


 
   
  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     :
Mata Pelajaran                    : Seni Musik
Kelas/Semester                  : XII/2
Alokasi Waktu                     : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi           :
3. Mengapresiasi karya seni musik.

Kompetensi Dasar               :
3.1.  Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional   Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
3.2. Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukkan karya musik non tradisional Mancanegara.

Indikator :
*      Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara.
*      Mendeskripsikan makna  musik non tradisional Mancanegara dalam konteks  kehidupan  budaya masyarakatnya.
*      Mendeskripsikan peranan  musik non tradisional Mancanegara  dalam konteks  kehidupan  budaya masyarakatnya.
*      Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik musik non tradisional Mancanegara secara perorangan atau kelompok.
*      Mendeskripsikan  karakteristik /keunikan karya musik  non Tradisional Mancanegara.
*      Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik non Tradisional Mancanegara.
*      Mendeskripsikan isi lagu tradisional non Mancanegara kedalam bahasa Indonesia.
*      Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional secara perorangan atau kelompok.


Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
  1. Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara.
  2. Mendeskripsikan makna  musik non tradisional Mancanegara dalam konteks  kehidupan  budaya masyarakatnya.
  3. Mendeskripsikan peranan  musik non tradisional Mancanegara  dalam konteks  kehidupan  budaya masyarakatnya.
  4. Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik musik non tradisional Mancanegara secara perorangan atau kelompok.
  5. Mendeskripsikan  karakteristik /keunikan karya musik  non Tradisional Mancanegara.
  6. Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik non Tradisional Mancanegara.
  7. Mendeskripsikan isi lagu tradisional non Mancanegara kedalam bahasa Indonesia.
  8. Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional secara perorangan atau kelompok.

Materi Pembelajaran
Musik non tradisional Mancanegara.

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·               Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”. Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu, guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk. Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung secara kronologis.
·               Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·               Guru menjelaskan arti “Musik dan permasalahanya” .

Pertemuan Inti
·         Mendeskripsikan karya musik non tradisional Mancanegara   dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
·         Mendeskripsikan makna musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan  budaya masyarakatnya.
·         Mendeskripsikan peranan  musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan  budaya masyarakatnya.
·         Bernyanyi dan bermain  alat musik karya musik non  tradisional.
·         Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
·         Mendeskripsikan karakteristik / keunikan karya musik non tradisional Mancanegara.
·         Mendeskripsikan keunikan  alat-alat musik non tradisional Mancanegara.
·         Mendeskripsikan teknik memainkan alat musik non  Tradisional Mancanegara. 
·         Mendeskripsikan syair  lagu non tradisional Mancanegara  ke dalam bahasa Indonesia.
·         Bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional Mancanegara
Pertemuan Akhir
·               Siswa secara individual mengerjakan latihan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·               Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
·               Menarik kesimpulan materi.

Sumber Belajar
Sumber:
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Mancanegara
Alat Musik  1.Gitar, 2. Organ, 3. Alat  musik perkusi, 4. alat tiup.
Tape, OHP, LCD, VCD

Penilaian
  1. Tugas Individual,
  2. Tugas kelompok
  3. Presentasi,
  4. Laporan tertulis
Format Penilaian

Latihan
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
II
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati



Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya



III
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah



Jumlah karya seni yang diamati di rumah



Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya



Profil rumah mudah dipahami



Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




  • Latihan V (hlm. 31).


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan semua periode seni



Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya



Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada pada setiap karya



Komentar bersifat apresiatif dan subjektif



Jumlah Nilai



  • Latihan VII (hlm. 32)

Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan definisi untuk tiap istilah



Definisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

Mengetahui,                                                             ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                            Guru Mata Pelajaran



……………………........                                            ...................................
NIP/NRK.......................                                            NIP/NRK....................
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS XII SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top