SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

STRUKTUR KURIKULUM 2013 JURUSAN MULTIMEDIA



BIDANG STUDI KEAHLIAN      :   TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    :   TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
PAKET KEAHLIAN                   :   MULTIMEDIA

NO.
MATA PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
KI 1
(SIKAP RELEGIUS)
K2
(SIKAP SOSIAL)
K3
(KETERAMPILAN)
K4
(PENGETAHUAN)
1.
Fisika


·       Mengukur besaran-besaran pokok dan turunannya
·       Menerapkan analisis dimensional dan vektor untuk membantu menyelesaikan persoalan fisika
·       Menerapkan hukum Newton untuk gerak lurus berubah beraturan
·       Menghitung gerak translasi dan rotasi
·       Menghitung keseimbangan benda tegar
·       Menerapkan hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
·       Menyelesaikan persoalan tumbukan
·       Menghitung usaha, energi dan daya
·       Menentukan kekuatan bahan
·       Menerapkan hukum-hukum fluida statik dan dinamik dalam kehidupan sehari–hari
·       Menguasai pengaruh kalor terhadap zat
·       Melakukan perhitungan yang berkaitan dengan suhu dan kalor
·       Melakukan perhitungan berdasarkan hukum termodinamika untuk berbagai proses
·       Menerapkan konsep gelombang dalam kegidupan sehari–hari dan teknologi
·       Menguasai hukum kelistrikan arus searah
·       Menguasai hubungan antara tegangan, hambatan, dan arus
·       Menghitung daya dan energi listrik arus searah
·       Menguasai hokum-hukum kemagnetan dan melakukan perhitungan sederhana
·       Menguasai hukum kelistrikan arus bolak-balik
·       Menguasai hubungan antara tegangan, impedansi, dan arus listrik bolak-balik
·       Menghitung daya dan energi listrik arus bolak-balik
·       Menggunakan hukum pemantulan dan pembiasan cahaya
·       Memahami gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap
·       Memahami gerak melingkar dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut tetap
·       Menggambarkan gerak dalam grafik
·       Memahami hukum Newton dan konsep gaya
·       Memahami konsep gerak translasi dan rotasi
·       Memahami konsep keseimbangan benda tegar
·       Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
·       Memahami konsep usaha, energi dan daya
·       Memahami hukum kekekalan energi
·       Memahami konsep elastisitas bahan
·       Menguasai hukum Hooke
·      Memahami hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
·      Memahami konsep suhu dan kalor
·      Mengenal cara perpindahan kalor
·      Mendeskripsikan sifat–sifat gas ideal dan persamaan keadaan gas
·      Memahami hukum-hukum  termodinamika
·      Memahami konsep dan prinsip–prinsip gejala gelombang secara umum
·      Membedakan jenis-jenis gelombang
·      Membedakan konsep listrik statis dan dinamis
·      Menjelaskan penerapan listrik statis dan dinamis
·      Mengenal gejala kemagnetan
·      Mengenal penggunaan magnet dan elektromagnet dalam teknologi
·      Memahami ciri–ciri cermin dan lensa
·      Mengenal penggunaan alat–alat optik dalam kehidupan sehari–hari dan teknologi
·      Mengenal teori relativitas khusus Einstein dan penerapannya
·      Mendeskripsikan gejala-gejala fisis yang mendorong timbulnya konsep-konsep kuantum
·      Memahami perkembangan teori atom
·      Mengenal inti atom dan gejala radioaktivias
·      Memahami penggunaan radioaktivitas dalam kehidupan sehari–hari
2.
Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)



·        Melaksanakan prosedur K3
·        Menerapkan konsep lingkungan hidup
·        Menerapkan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
·      Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.
Sistem Komputer


·       Menuliskan sistem bilangan dalam bidang komputer (Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal)
·       Mengkonfigurasi Bilangan (Desimal, Biner, Octal, Heksadesimal)
·       Menggambarkan gerbang logika dasar
·       Menyederhanakan rangkaian logika dasar
·       Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan
·       Merangkai rangkaian multiplexer, Flip Flop dan Counter
·       Menguji rangkaian multiplexer, Flip Flop dan Counter
·       Melakukan  operasi  penjumlah setengah (half Adder)
·       Melakukan  operasi  penjumlah penuh (Full Adder)
·       Melakukan  operasi  Penjumlah dan Pengurang (Ripple Carry Adder)
·       Menggambarkan struktur mesin Von Neumann
·       Menggambarkan struktur interkoneksi komputer
·       Mengambarkan sistem bus pada sistem komputer
·       Menggambarkan minimal sistem komputer
·       Menggambarkan hirarki memory
·       Menggambarkan prinsip kerja metode penyimpanan pada media magnetik
·       Menggambarkan alur/proses Interrupt control Intel 8259A, 8255A dan DMA
·       Menuliskan jenis Operand dan Operasi dalam bahasa mesin
·       Menggambarkan organisasi processor dan register
·       Membuat listing program untuk membaca dan menulis data CPU - Memory
·       Membuat listing program untuk membaca dan menulis data CPU - I/O
·      Menjelaskan fungsi sistem bilangan pada komputer
·      Menjelaskan cara mengkonversi bilangan (Desimal, Biner, Octal, Heksadesimal)
·      Menjelaskan logika Gerbang Dasar (AND, OR dan NOT).
·      Menjelaskan logika Gerbang Kombinasi (NOR, NAND)
·      Menjelaskan operasi Aritmatika
·      Menjelaskan operasi Penjumlahan dan pengurangan
·      Memahami prinsip kerja multiplexer.
·      Memahami prinsip kerja flip-flop
·      Memahami aplikasi flip-flop pada rangkaian logika
·      Memahami  macam-macam counter
·      Memahami pemakaian memori dalam suatu sistem mikrokomputer
·      Memahami perbedaan antara Statis dan Dinamis RAM
·      Menjelaskan sistem Arithmatic Logic Unit (ALU)
·      Memahami prinsip kerja penjumlah setengah (Half Adder) dan penjumlah penuh (Full Adder)
·      Menjelaskan konsep organisasi dan arsitektur komputer
·      Menjelaskan komponen-komponen Komputer
·      Menjelaskan sistem Interkoneksi bus
·      Menjelaskan sistem hirarki memori
·      Menjelaskan berbagai media penyimpanan
·      Menjelaskan prinsip kerja IDE, SCSI dan RAID
·      Menjelaskan modul-modul I/O
·      Menjelaskan Interupt Control Intel 8259A, 8255A dan DMA
·      Menjelaskan Organisasi Prosesor dan register
·      Menjelaskan Siklus Instruksi
·      Memanipulasi data dari Register ke Memory dan sebaliknya
·      Memanipulasi data dari Memory ke I/O dan sebaliknya
·      Memanipulasi data dari Register ke I/O dan sebaliknya
4.
Perakitan Komputer


·     Menentukan spesifikasi komponen komputer personal
·     Membuat peta tata letak komponen
·     Mengurutkan langkah-langkah perakitan komputer
·     Memasang komponen komputer
·     Mengkonfigurasi BIOS sesuai kebutuhan
·     Menguji komputer yang telah dirakit menggunakan BIOS Setup
·     Menyambung beberapa jenis periferal yang berbeda menggunakan software
·  Menjelaskan perangkat keras komputer
·  Menjelaskan langkah langkah-langkah instalasi sesuai buku panduan instalasi
5.
Sistem Operasi


·    Menunjukkan macam-macam sistem operasi berbasis GUI
·    Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Clean Install
·    Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Upgrade
·    Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Multibooting
·    Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Virtualisasi
·     Melakukan Instalasi sistem Operasi berbasis GUI
·     Mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI
·     Melakukan Instalasi driver Motherboard (disk drive, DVD/CD ROM drives, Keyboard, Mouse, Processor, Sound Card, Video game controller, VGA, NIC, USB)
·     Melakukan konfigurasi Kartu Jaringan
·     Melakukan pengujian konektifitas jaringan, misalnya menggunakan perintah Ping
·     Melakukan Instalasi Software Aplikasi
·     Menggunakan software Aplikasi
·     Melakukan instalasi software utility (partition magic, antivirus)
·     Melakukan update Antivirus
·      Mengidentifikasi peripheral komputer
·      Menghubungkan peripheral dengan komputer menggunakan media yang sesuai
·      Melakukan instalasi driver
·      Menyiapkan bahan uji kelengkapan peripheral (misalnya kertas, tinta, modem, kartu model)
·   Mengujia peripheral yang terlah tersambung ke komputer
·    Menjelaskan pengertian dan fungsi Sistem Operasi
·    Menjelaskan struktur  sistem operasi
·    Menjelaskan macam-macam sistem operasi berbasis GUI
·    Menjelaskan macam-macam sistem operasi berbasis Text
·    Menjelaskan jenis-jenis metode instalasi sistem operasi
·    Menjelaskan Metode instalasi sistem operasi ”Clean Install”
·    Menjelaskan Metode instalasi sistem operasi ”Upgrade”
·    Menjelaskan metode ”Multibooting”
·    Menjelaskan metode ”Virtualisasi”
·     Menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI
·     Menjelaskan langkah-langkah instalasi driver
·     Menjelaskan langkah-langkah enginstalasi driver Motherboard (disk drive, DVD/CD ROM drives, Keyboard, Mouse, Processor, Sound Card, Video game controller, USB)
·     Menjelaskan langkah-langkah mengkonfigurasi IP pada Kartu jaringan
·     Menjelaskan cara menguji konekstifitas jaringan
·     Menjelaskan langkah-langkah instalasi  software aplikasi,
·     Menjelaskan cara menginstalasi software Aplikasi
·     Menjelaskan cara menggunakan software aplikasi
·     Menjelaskan langkah-langkah instalasi  software utility (partition magic, antivirus)
·     Menjelaskan langkah-langkah menginstalasi software utility (antivirus)
·     Menjelaskan langkah-langkah mengupdate antivirus
·      Menjelaskan tentang peripheral komputer
·      Menjelaskan cara menghubungkan peripheral dengan komputer
·      Menjelaskan fungsi driver pada peripheral
·      Menjelaskan cara menginstal driver
·      Menjelaskan kelengkapan peripheral.
·      Menjelaskan cara menguji peripheral yang telah diinstall
6.
Pengelolaan Informasi


·       Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak pengolah kata
·       Menggunakan fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak  pengolah kata
·       Melakukan editing sederhana terhadap dokumen (mengetik dan memformat huruf, penjajaran teks, penomoran, penggunaan kolom)
·       Menggunakan fitur isian berulang (header, footer, page numbering)
·       Melakukan editing tingkat lanjut (menyisipkan gambar, tabel, mail merge)
·       Mencetak dokumen dengan parameter standar
·       Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak lembar sebar
·       Menggunakan fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak lembar sebar
·       Melakukan editing lembar kerja (mengubah, menghapus, menambah, memindah isi sel)
·       Mengatur format tampilan teks dan angka
·       Melakukan operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian)
·       Melakukan operasi logika (if, if bertingkat)
·       Menggunakan rumus dan fungsi tingkat lanjut (vlookup, hlookup)
·       Membuat grafik dari tabel data
·       Mencetak lembar kerja
·       Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak presentasi
·       Menggunakan fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak presentasi
·       Membuat dan mengubah lay out dan isian standar berulang melalui slide master
·       Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
·       Membuat presentasi teks dengan variasi audio dan audio
·       Memberi efek animasi pada tampilan slide presentasi
·       Mencetak dokumen presentasi sebagai slide dan handout
·       Mengenali menu serta tombol shortcut web browser
·       Menemukan informasi menggunakan search engine
·       Melakukan komunikasi menggunakan email
·       Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak aplikasi grafis
·       Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran
·       Menjelaskan jenis dan fungsi perangkat lunak pengolah kata
·       Menjelaskan jenis dan fungsi perangkat lunak lembar sebar
·       Menjelaskan pemanfaatan dan fungsi program presentasi sebagai alat bantu yang efektif
·       Menjelaskan konsep dasar web browser
·       Memahami alamat web dan hyperlink
·       Menjelaskan email dan etika berkomunikasi menggunakan email
·       Menjelaskan pengertian grafis berbasis bitmap dan grafis berbasis vektor
7.
Jaringan Dasar


·       Menerapkan media jaringan
·       Membuat desain jaringan
·       Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal
·       Mendiagnosa permasalahan pengoperasian PC yang tersambung pada jaringan lokal
·       Melakukan perbaikan koneksi jaringan
·       Melakukan setting ulang koneksi jaringan
·       Melakukan pengaturan traffic bandwidth pada jaringan
·      Menjelaskan konsep jaringan komputer
·      Menjelaskan protokol jaringan
·      Menjelaskan piranti jaringan
·       Menjelaskan topologi jaringan
8.
Pemrograman Dasar


·       Menerapkan algoritma dalam menulis bahasa pemograman
·       Menginstalasi bahasa pemrograman
·       Menulis bahasa pemrograman sesuai struktur program
·       Mengoperasikan variabel dengan jenis-jenis operator yang ada
·       Memecahkan permasalahan dengan algoritma pengambilan keputusan
·       Memecahkan masalah dengan algoritma pengulangan proses
·       Menerapkan fungsi dalam pemrograman yang tersruktur
·       Menerapkan penggunaan array berdimensi satu, dua dan berdimensi banyak
·       Menerapkan operasi-operasi String dalam menyelesaikan masalah
·       Menggunakan pointer dalam memanipulasi data
·       Menjelaskan algoritma dalam pemrograman
·       Menjelaskanproses kompilasi dan linking
·       Menjelaskan penggunaan tipe data dalam pemrograman
·       Menjelaskan algoritma pengambilan keputusan
·       Menjelaskan algoritma pengulangan data
·       Memahamkan proses pembuatan fungsi
·       Memahamkan konsep array dalam penyimpanan di memori
·       Memahamkan tipe data String dan operasinya
·       Menjelaskan konsep pointer
9.
Pemrograman Web


·        Menerapkan elemen-elemen dasar HTML untuk memformat halaman web
·        Menerapkan elemen HTML table untuk layout halaman web
·        Menerapkan elemen HTML frame untuk layout halaman web
·        Menerapkan elemen HTML layer untuk layout halaman web
·        Menerapkan link untuk berbagai fungsi pada halaman web
·        Menambahkan obyek-obyek multimedia ke dalam halaman web
·        Menerapkan pemrograman client side dalam halaman web
·        Merancang form untuk menangkap masukan data (input) dari pengguna
·        Menerapkan pemrograman client side untuk validasi masukan data
·        Menerapkan pemrograman server side ke dalam halaman web
·        Menerapkan pemrograman server side untuk validasi masukan data
·       Menjelaskan konsep teknologi Web page
·       Menjelaskan kebutuhan software pemrograman web
·       Membuat struktur menu web (site map)
·       Menjelaskan struktur dokumen HTML
·       Menjelaskan penggunaan pemrograman dalam halaman web
·       Menjelaskan penggunaanpemrograman di sisi client (client side) untuk menambah interaktifitas web
·       Menjelaskan penggunaan pemrograman di sisi server(server side) untuk mengolah data input dari pengguna
10.
Desain multimedia


·         Menggambar sketsa
·         Menggambar perspektif
·         Menggambar bentuk
·         Menggambar ilustrasi

·         Memahami etimologi multimedia
·         Memahami alir proses produksi produk multimedia
·         Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
·         Memahami teori warna
·         Memahami layout dan grid
11.
Grafis 2 dimensi


·         Mengolah teks dengan menggunakan software multimedia
·         Membuat desain teks untuk keperluan tertentu
·         Menggunakan desain teks sebagai elemen multimedia
·         Menggunakan software grafik multimedia 2D
·         Menciptakan design grafik Multimedia 2D
·         Mengedit gambar digital
·         Menampilkan karya seni digital 2D
Memahami tipografi
12.

Teknik Animasi Dasar


·         Membuat gambar kunci
·         Mengatur dan melengkapi gambar kunci
·         Menguasai cara menggambar clean up dan sisip
·         Menerapkan teknik frame by frame
·         Menerapkan teknik tweening
·         Menerapkan teknik masking
·         Menerapkan teknik guide
·         Memberi efek audio dalam animasi
Menjelaskan syarat animasi


·         Menggunakan perangkat lunak multimedia 3 dimensi
·         Membuat obyek 3 dimensi
·         Melakukan editing obyek 3 dimensi (pewarnaan, tekstur, pencahayaan)
·         Membuat animasi 3 dimensi
·         Melakukan editing animasi 3 dimensi
·         Menampilkan obyek/animasi 3 dimensi dalam format tertentu
Memahami konsep obyek 3 dimensi
13.
Komposisi foto digital


·         Merencanakan alur isi storyboard
·         Membuat storyboard
·         Membuat model warna
·         Membuat setting lokasi
·         Menggunakan kamera digital
·         Mengoperasikan kamera SLR
·         Menata kabel-kabel kamera SLR
·         Membuat susunan karya seni foto digital menggunakan teknik animasi stop motion (bidang datar)
·         Memahami storyboard
·         Memahami teknik pengambilan gambar menggunakan kamera
·         Memahami animasi stop motion (bidang datar)
14.
Videografi


·         Mengoperasikan kamera video
·         Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
·         Mengoperasikan clapper board
·         Merawat kamera video
·         Menerapkan efek pencahayaan sesuai kebutuhan
·         Menggunakan perangkat lunak editing video
·         Melakukan penyuntingan video
·         Mengolah video dengan memberikan efek khusus
·         Memahami jenis-jenis kamera dan karakteristiknya
·         Memahami teknik pengambilan gambar produksi
·         Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
·         Memahami dasar tata cahaya
·         Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
·         Menjabarkan format video
15.
Media Interaktif


·         Menggunakan perangkat lunak audio digital
·         Merancang audio digital
·         Membangun track audio digital
·         Membuat rancangan layout
·         Memberi unsur interaktifitas dalam media
·         Menggunakan perangkat lunak multimedia interaktif
·         Mengolah image, animasi, audio, video ke dalam sajian multimedia
·         Membuat media yang mudah digunakan, komunikatif dan interaktif
·         Menjabarkan format audio digital
·         Memahami user interface
·         Memahami konsep media interaktif
16.
Kerja proyek


·         Merancang proyek pembuatan produk multimedia
·         Melakukan identifikasi kebutuhan proyek pembuatan produk multimedia
·         Membuat estimasi sumber daya dan aktivitas
·         Membuat estimasi anggaran biaya
·         Membuat proposal penawaran
·         Mengimplementasikan proyek pembuatan produk multimedia
·         Melakukan evaluasi jalannya proyek
·         Membuat laporan pelaksanaan proyek
·         Memahami syarat-syarat proyek
·         Memahami cara melakukan estimasi sumberdaya dan durasi aktivitas sebuah proyek
·         Memahami estimasi penganggaran  dan pengendalian biaya

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "STRUKTUR KURIKULUM 2013 JURUSAN MULTIMEDIA"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top