SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



BIDANG STUDI KEAHLIAN      :   TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    :   TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
PAKET KEAHLIAN                   :   REKAYASA PERANGKAT LUNAK

NO.
MATA PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
KI 1
(SIKAP RELEGIUS)
K2
(SIKAP SOSIAL)
K3
(KETERAMPILAN)
K4
(PENGETAHUAN)
1.
Fisika


-       Mengukur besaran-besaran pokok dan turunannya
-       Menerapkan analisis dimensional dan vektor untuk membantu menyelesaikan persoalan fisika
-       Menerapkan hukum Newton untuk gerak lurus berubah beraturan
-       Menghitung gerak translasi dan rotasi
-       Menghitung keseimbangan benda tegar
-       Menerapkan hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
-       Menyelesaikan persoalan tumbukan
-       Menghitung usaha, energi dan daya
-       Menentukan kekuatan bahan
-       Menerapkan hukum-hukum fluida statik dan dinamik dalam kehidupan sehari–hari
-       Menguasai pengaruh kalor terhadap zat
-       Melakukan perhitungan yang berkaitan dengan suhu dan kalor
-       Melakukan perhitungan berdasarkan hukum termodinamika untuk berbagai proses
-       Menerapkan konsep gelombang dalam kegidupan sehari–hari dan teknologi
-       Menguasai hukum kelistrikan arus searah
-       Menguasai hubungan antara tegangan, hambatan, dan arus
-       Menghitung daya dan energi listrik arus searah
-       Menguasai hokum-hukum kemagnetan dan melakukan perhitungan sederhana
-       Menguasai hukum kelistrikan arus bolak-balik
-       Menguasai hubungan antara tegangan, impedansi, dan arus listrik bolak-balik
-       Menghitung daya dan energi listrik arus bolak-balik
-       Menggunakan hukum pemantulan dan pembiasan cahaya
-      Memahami konsep gerak sebuah benda titik melalui besaran-besaran fisika yang terkait
-      Memahami gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap
-      Memahami gerak melingkar dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut tetap
-      Menggambarkan gerak dalam grafik
-      Memahami hukum Newton dan konsep gaya
-      Memahami konsep gerak translasi dan rotasi
-      Memahami konsep keseimbangan benda tegar
-      Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
-      Memahami konsep usaha, energi dan daya
-      Memahami hukum kekekalan energi
-      Memahami konsep elastisitas bahan
-      Menguasai hukum Hooke
-      Memahami hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
-      Memahami konsep suhu dan kalor
-      Mengenal cara perpindahan kalor
-      Mendeskripsikan sifat–sifat gas ideal dan persamaan keadaan gas
-      Memahami hukum-hukum  termodinamika
-      Memahami konsep dan prinsip–prinsip gejala gelombang secara umum
-      Membedakan jenis-jenis gelombang
-      Membedakan konsep listrik statis dan dinamis
-      Menjelaskan penerapan listrik statis dan dinamis
-      Mengenal gejala kemagnetan
-      Mengenal penggunaan magnet dan elektromagnet dalam teknologi
-      Memahami ciri–ciri cermin dan lensa
-      Mengenal penggunaan alat–alat optik dalam kehidupan sehari–hari dan teknologi
-      Mengenal teori relativitas khusus Einstein dan penerapannya
-      Mendeskripsikan gejala-gejala fisis yang mendorong timbulnya konsep-konsep kuantum
-      Memahami perkembangan teori atom
-      Mengenal inti atom dan gejala radioaktivias
-      Memahami penggunaan radioaktivitas dalam kehidupan sehari–hari
2.
Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)



-       Melaksanakan prosedur K3
-       Menerapkan konsep lingkungan hidup
-       Menerapkan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
-      Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.
Sistem Komputer


-       Menuliskan sistem bilangan dalam bidang komputer (Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal)
-       Mengkonfigurasi Bilangan (Desimal, Biner, Octal, Heksadesimal)
-       Menggambarkan gerbang logika dasar
-       Menyederhanakan rangkaian logika dasar
-       Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan
-       Merangkai rangkaian multiplexer, Flip Flop dan Counter
-       Menguji rangkaian multiplexer, Flip Flop dan Counter
-       Melakukan  operasi  penjumlah setengah (half Adder)
-       Melakukan  operasi  penjumlah penuh (Full Adder)
-       Melakukan  operasi  Penjumlah dan Pengurang (Ripple Carry Adder)
-       Menggambarkan struktur mesin Von Neumann
-       Menggambarkan struktur interkoneksi komputer
-       Mengambarkan sistem bus pada sistem komputer
-       Menggambarkan minimal sistem komputer
-       Menggambarkan hirarki memory
-       Menggambarkan prinsip kerja metode penyimpanan pada media magnetik
-       Menggambarkan alur/proses Interrupt control Intel 8259A, 8255A dan DMA
-       Menuliskan jenis Operand dan Operasi dalam bahasa mesin
-       Menggambarkan organisasi processor dan register
-       Membuat listing program untuk membaca dan menulis data CPU - Memory
-       Membuat listing program untuk membaca dan menulis data CPU - I/O
-      Menjelaskan fungsi sistem bilangan pada komputer
-      Menjelaskan cara mengkonversi bilangan (Desimal, Biner, Octal, Heksadesimal)
-      Menjelaskan logika Gerbang Dasar (AND, OR dan NOT).
-      Menjelaskan logika Gerbang Kombinasi (NOR, NAND)
-      Menjelaskan operasi Aritmatika
-      Menjelaskan operasi Penjumlahan dan pengurangan
-      Memahami prinsip kerja multiplexer.
-      Memahami prinsip kerja flip-flop
-      Memahami aplikasi flip-flop pada rangkaian logika
-      Memahami  macam-macam counter
-      Memahami pemakaian memori dalam suatu sistem mikrokomputer
-      Memahami perbedaan antara Statis dan Dinamis RAM
-      Menjelaskan sistem Arithmatic Logic Unit (ALU)
-      Memahami prinsip kerja penjumlah setengah (Half Adder) dan penjumlah penuh (Full Adder)
-      Menjelaskan konsep organisasi dan arsitektur komputer
-      Menjelaskan komponen-komponen Komputer
-      Menjelaskan sistem Interkoneksi bus
-      Menjelaskan sistem hirarki memori
-      Menjelaskan berbagai media penyimpanan
-      Menjelaskan prinsip kerja IDE, SCSI dan RAID
-      Menjelaskan modul-modul I/O
-      Menjelaskan Interupt Control Intel 8259A, 8255A dan DMA
-      Menjelaskan Organisasi Prosesor dan register
-      Menjelaskan Siklus Instruksi
-      Memanipulasi data dari Register ke Memory dan sebaliknya
-      Memanipulasi data dari Memory ke I/O dan sebaliknya
-      Memanipulasi data dari Register ke I/O dan sebaliknya
4.
Perakitan Komputer


-       Menentukan spesifikasi komponen komputer personal
-       Membuat peta tata letak komponen
-       Mengurutkan langkah-langkah perakitan komputer
-       Memasang komponen komputer
-       Mengkonfigurasi BIOS sesuai kebutuhan
-       Menguji komputer yang telah dirakit menggunakan BIOS Setup
-       Menyambung beberapa jenis periferal yang berbeda menggunakan software
-      Menjelaskan perangkat keras komputer
-      Menjelaskan langkah langkah-langkah instalasi sesuai buku panduan instalasi
5.
Sistem Operasi


-       Menunjukkan macam-macam sistem operasi berbasis GUI
-       Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Clean Install
-       Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Upgrade
-       Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Multibooting
-       Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Virtualisasi
-       Melakukan Instalasi sistem Operasi berbasis GUI
-       Mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI
-       Melakukan Instalasi driver Motherboard (disk drive, DVD/CD ROM drives, Keyboard, Mouse, Processor, Sound Card, Video game controller, VGA, NIC, USB)
-       Melakukan konfigurasi Kartu Jaringan
-       Melakukan pengujian konektifitas jaringan, misalnya menggunakan perintah Ping
-       Melakukan Instalasi Software Aplikasi
-       Menggunakan software Aplikasi
-       Melakukan instalasi software utility (partition magic, antivirus)
-       Melakukan update Antivirus
-       Mengidentifikasi peripheral komputer
-       Menghubungkan peripheral dengan komputer menggunakan media yang sesuai
-       Melakukan instalasi driver
-       Menyiapkan bahan uji kelengkapan peripheral (misalnya kertas, tinta, modem, kartu model)
-       Mengujia peripheral yang terlah tersambung ke komputer
-      Menjelaskan pengertian dan fungsi Sistem Operasi
-      Menjelaskan struktur  sistem operasi
-      Menjelaskan macam-macam sistem operasi berbasis GUI
-      Menjelaskan macam-macam sistem operasi berbasis Text
-      Menjelaskan jenis-jenis metode instalasi sistem operasi
-      Menjelaskan Metode instalasi sistem operasi ”Clean Install”
-      Menjelaskan Metode instalasi sistem operasi ”Upgrade”
-      Menjelaskan metode ”Multibooting”
-      Menjelaskan metode ”Virtualisasi”
-      Menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI
-      Menjelaskan langkah-langkah instalasi driver
-      Menjelaskan langkah-langkah enginstalasi driver Motherboard (disk drive, DVD/CD ROM drives, Keyboard, Mouse, Processor, Sound Card, Video game controller, USB)
-      Menjelaskan langkah-langkah mengkonfigurasi IP pada Kartu jaringan
-      Menjelaskan cara menguji konekstifitas jaringan
-      Menjelaskan langkah-langkah instalasi  software aplikasi,
-      Menjelaskan cara menginstalasi software Aplikasi
-      Menjelaskan cara menggunakan software aplikasi
-      Menjelaskan langkah-langkah instalasi  software utility (partition magic, antivirus)
-      Menjelaskan langkah-langkah menginstalasi software utility (antivirus)
-      Menjelaskan langkah-langkah mengupdate antivirus
-      Menjelaskan tentang peripheral komputer
-      Menjelaskan cara menghubungkan peripheral dengan komputer
-      Menjelaskan fungsi driver pada peripheral
-      Menjelaskan cara menginstal driver
-      Menjelaskan kelengkapan peripheral.
-      Menjelaskan cara menguji peripheral yang telah diinstall
6.
Pengelolaan Informasi


-       Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak pengolah kata
-       Menggunakan fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak  pengolah kata
-       Melakukan editing sederhana terhadap dokumen (mengetik dan memformat huruf, penjajaran teks, penomoran, penggunaan kolom)
-       Menggunakan fitur isian berulang (header, footer, page numbering)
-       Melakukan editing tingkat lanjut (menyisipkan gambar, tabel, mail merge)
-       Mencetak dokumen dengan parameter standar
-       Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak lembar sebar
-       Menggunakan fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak lembar sebar
-       Melakukan editing lembar kerja (mengubah, menghapus, menambah, memindah isi sel)
-       Mengatur format tampilan teks dan angka
-       Melakukan operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian)
-       Melakukan operasi logika (if, if bertingkat)
-       Menggunakan rumus dan fungsi tingkat lanjut (vlookup, hlookup)
-       Membuat grafik dari tabel data
-       Mencetak lembar kerja
-       Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak presentasi
-       Menggunakan fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak presentasi
-       Membuat dan mengubah lay out dan isian standar berulang melalui slide master
-       Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
-       Membuat presentasi teks dengan variasi audio dan audio
-       Memberi efek animasi pada tampilan slide presentasi
-       Mencetak dokumen presentasi sebagai slide dan handout
-       Mengenali menu serta tombol shortcut web browser
-       Menemukan informasi menggunakan search engine
-       Melakukan komunikasi menggunakan email
-       Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak aplikasi grafis
-       Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran
-      Menjelaskan jenis dan fungsi perangkat lunak pengolah kata
-      Menjelaskan jenis dan fungsi perangkat lunak lembar sebar
-      Menjelaskan pemanfaatan dan fungsi program presentasi sebagai alat bantu yang efektif
-      Menjelaskan konsep dasar web browser
-      Memahami alamat web dan hyperlink
-      Menjelaskan email dan etika berkomunikasi menggunakan email
-      Menjelaskan pengertian grafis berbasis bitmap dan grafis berbasis vektor
7.
Jaringan Dasar


-       Menerapkan media jaringan
-       Membuat desain jaringan
-       Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal
-       Mendiagnosa permasalahan pengoperasian PC yang tersambung pada jaringan lokal
-       Melakukan perbaikan koneksi jaringan
-       Melakukan setting ulang koneksi jaringan
-       Melakukan pengaturan traffic bandwidth pada jaringan
-      Menjelaskan konsep jaringan komputer
-      Menjelaskan protokol jaringan
-      Menjelaskan piranti jaringan
-      Menjelaskan topologi jaringan
8.
Pemrograman Dasar


-       Menerapkan algoritma dalam menulis bahasa pemograman
-       Menginstalasi bahasa pemrograman
-       Menulis bahasa pemrograman sesuai struktur program
-       Mengoperasikan variabel dengan jenis-jenis operator yang ada
-       Memecahkan permasalahan dengan algoritma pengambilan keputusan
-       Memecahkan masalah dengan algoritma pengulangan proses
-       Menerapkan fungsi dalam pemrograman yang tersruktur
-       Menerapkan penggunaan array berdimensi satu, dua dan berdimensi banyak
-       Menerapkan operasi-operasi String dalam menyelesaikan masalah
-       Menggunakan pointer dalam memanipulasi data
-      Menjelaskan algoritma dalam pemrograman
-      Menjelaskanproses kompilasi dan linking
-      Menjelaskan penggunaan tipe data dalam pemrograman
-      Menjelaskan algoritma pengambilan keputusan
-      Menjelaskan algoritma pengulangan data
-      Memahamkan proses pembuatan fungsi
-      Memahamkan konsep array dalam penyimpanan di memori
-      Memahamkan tipe data String dan operasinya
-      Menjelaskan konsep pointer
9.
Pemrograman Web


-       Menerapkan elemen-elemen dasar HTML untuk memformat halaman web
-       Menerapkan elemen HTML table untuk layout halaman web
-       Menerapkan elemen HTML frame untuk layout halaman web
-       Menerapkan elemen HTML layer untuk layout halaman web
-       Menerapkan link untuk berbagai fungsi pada halaman web
-       Menambahkan obyek-obyek multimedia ke dalam halaman web
-       Menerapkan pemrograman client side dalam halaman web
-       Merancang form untuk menangkap masukan data (input) dari pengguna
-       Menerapkan pemrograman client side untuk validasi masukan data
-       Menerapkan pemrograman server side ke dalam halaman web
-       Menerapkan pemrograman server side untuk validasi masukan data
-      Menjelaskan konsep teknologi Web page
-      Menjelaskan kebutuhan software pemrograman web
-      Membuat struktur menu web (site map)
-      Menjelaskan struktur dokumen HTML
-      Menjelaskan penggunaan pemrograman dalam halaman web
-      Menjelaskan penggunaan pemrograman di sisi client (client side) untuk menambah interaktifitas web
-      Menjelaskan penggunaan pemrograman di sisi server(server side) untuk mengolah data input dari pengguna
10.
Pemodelan Perangkat Lunak


-       Menerapkan pemodelan proses (DFD)
-       Menterjemahkan DFD ke pemodelan relasi basis data (ERD)
-       Menterjemahkan DFD ke struktur chart diagram
-       Merancang user interface
-       Menerapkan use case diagram sesuai dengan kasus permasalahan
-       Menerapkan activity diagram sesuai dengan kasus permasalahan
-       Merancang class diagram sesuai dengan kasus permasalahan
-       Merancang komponen diagram sesuai dengan kasus permasalahan
-      Menjelaskan konsep aplikasi perangkat lunak
-      Menjelaskan ragam arsitektur aplikasi PL
-      Mendefinisikan kebutuhan fungsional
-      Menjelaskan konsep pemodelan desain berorientasi obyek
-      Menjelaskan konsep dasar UML
11.
Pemrograman Beriorientasi Obyek


-       Menginstalasi bahasa pemrograman berorientasi obyek
-       Membuat class dengan bahasa pemrograman berorientasi obyek
-       Menciptakan obyek dalam mengoperasikan program
-       Menerapkan pengunaan tipe data, variabel, dan operator
-       Megujicoba penggunaan pengambilan keputusan dan pengulangan proses
-       Mengujicoba penggunaan array
-      Menjelaskan konsep pemrograman berorientasi obyek
-      Mengidentifikasi class dan obyek
-      Memperkenalkan aturan dasar-dasar pemrograman berorientasi obyek
-      Menjelaskan atribut dan methode
-      Menjelaskan konsep enkapsulasi
-      Menjelaskan konsep pewarisan
-      Menjelaskan konsep polimorphisme
-      Memahami abstract, interface, nested dan inner class
-      Menjelaskan jenis-jenis error dan penanganannya
12.
Basis data


-       Mengakses anggota class melalui obyek
-       Membuat konstruktor overloading dan akses modifier dalam melindungi data
-       Menerapkan pewarisan dalam memecahkan permasalahan
-       Menerapkan polimorphisme  dalam memecahkan permasalahan
-        
-      Mengidentifikasi struktur hirarki basis data
-      Mempersiapkan perangkat lunak basis data
-      Menjelaskan tahap-tahap normalisasi basis data
-      Menjelaskan tentang Entity Relationship Diagram (ERD)
-      Menjelaskan konsep instruksi – instruksi bahasa SQL dalam basis data
-      Menjelaskan instruksi SQL untuk membentuk query.
-      Menjelaskan berbagai jenis fungsi (function) dalam query.


13.
Pemrograman Mobile


-       Menginstalasi perangkat lunak pendukungpemrograman mobile
-       Membuat aplikasi dengan komponen-komponen high level user interface
-       Membuat aplikasi grafis dengan komponen-komponen low level user interface
-       Menerapkan pengolahan data dengan persistance
-       Melakukan koneksi perangkat mobile dengan socket TCP IP dan HTTP
-       Membangun projek dengan integrasi semua fitur-fitur perangkat mobile
-      Menjelaskanarsitektur pengembangan pemrograman mobile
-      Mengidentifikasi komponen-komponen pemrograman mobile
-      Menjelaskan komponen high level user interface
-      Menjelaskan komponen low level user interface
-      Menjelaskan konsep persistance
-      Menjelaskan teknik koneksi jaringan dalam perangkat mobile
14.
Administrasi Basis Data


-       Menerapkan DCL dalam pengaturan pengguna basis data
-       Mengidentifikasi file-file yang berhubungan dengan sistem basis data
-       Menggunakan file-file parameter (paramater file) untuk mengontrol layanan basis data
-       Menerapkan teknik startup dan shutdown basis data.
-       Menentukan kapasitas penyimpanan data (quota) dalam DDL
-       Menerapkan trigger untuk otomatisasi pengelolaan data
-       Menerapkan stored procedure untuk memudahkan pengelolaan data
-       Menerapkan profile untuk mengontrol sesi pengguna 
-       Menerapkan teknik auditing event untuk memonitor aktifitas pengguna dalam basis data
-       Menerapkan berbagai teknik mem- backup basis data
-       Menerapkan teknik me-restore basis data apabila terjadi kerusakan.
-      Menjelaskan jenis – jenis instruksi DCL (Data Control Language) dalam basis data
-      Menjelaskan konsep trigger dalam basis data
-      Menjelaskan konsep stored procedure dengan PL/SQL
-      Menjelaskan tentang profile pengguna basis data
-      Menjelaskan teknik backup dalam basis data
-      Menjelaskan teknik restore dalam basis data
15.
Pemrograman Desktop


-       Mengujicoba komponen-komponen event handling
-       Membuat form-form untuk dasar aplikasi desktop
-       Membuat aplikasi dengan data base
-       Membuat aplikasi dengan client server
-       Membuat installer paket aplikasi
-      Menjelaskan IDE bahasa pemograman
-      Menjelaskan konsep event handling
-      Mengidentifikasi menu dan fungsi aplikasi
-      Menjelaskan komponen koneksi ke database
-      Menjelaskan sistem client-server
16.
Pemrograman Web Dinamis


-       Membuat halaman web dinamis sederhana
-       Menambahkan fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
-       Mempersiapkan basis data yang akan digunakan dalam web dinamis
-       Menerapkan pemrograman server side (PHP) untuk pengelolaan data dalam web dinamis
-       Menggunakan pemrograman JSP untuk menghubungkan web ke basis data
-       Menerapkan pengamanan sesi dalam pengaksesan web dinamis
-       Menampilkan data dari web dalam format media yang dapat digunakan (PDF)
-       Mengimplementasikan MVC dalam aplikasi web dinamis
-      Menjelaskan konsep dasar web dinamis
-      Menjelaskan konsep pembuatan halaman web dinamis
-      Menjelaskan konsep pemrograman web dinamis
-      Menjelaskan konsep pemrograman JSP
-      Memahami Arsitectur MVC (Model Viwer Controller)

17.
Kerja Proyek


-      Merancang proyek pembuatan aplikasi
-      Melakukan identifikasi kebutuhan proyek pembuatan produk aplikasi
-      Membuat estimasi sumber daya dan aktivitas
-      Membuat estimasi anggaran biaya
-      Membuat proposal penawaran
-      Mengimplementasikan proyek pembuatan aplikasi
-      Melakukan evaluasi jalannya proyek
-       Membuat laporan pelaksanaan proyek
-      Memahami syarat-syarat proyek
-      Memahami cara melakukan estimasi sumberdaya dan durasi aktivitas sebuah proyek
-      Memahami estimasi penganggaran  dan pengendalian biaya

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top