SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN SMA DAN SMK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XII SEMESTER 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      :  XII / 2
Waktu                        :  6 x 45 menit
Aspek                        :  Al-Qur’an

Standar Kompetensi:    7.  Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK.

Kompetensi Dasar   :  
7.1       Membaca  QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
7.2       Menjelaskan arti  QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164
7.3       Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164

Indikator:
·         Mampu membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
·         Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
·         Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
·         Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
·         Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
·         Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
·         Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK


Materi Ajar (Materi Pokok):

Ø  QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan mampu untuk :
·         Mampu membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
·         Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
·         Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
·         Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
·         Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
·         Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
·         Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK

Langkah-langkah kegiatan:
a.         Kegiatan Awal
-     Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-     Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-     Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-     Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.         Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
(i)      Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK,
-        guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-        Pernahkah kalian mendengar tentang IPTEK ?
-        Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang yang berhubungan dengan teknologi ?
-        Siapakah diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat al-Qur’an tentang ilmu dan teknologi ?
-        Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-        Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Yunus : 101, yaitu sebagai berikut.

Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman".
قُلِ انْظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَمَا تُغْنِي الآيَاتُ وَالنُّذُرُ عَنْ قَوْمٍ لا يُؤْمِنُونَ
 
-        Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Baqarah : 164, yaitu sebagai berikut.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.

(ii)      Konsulidasi Pembelajaran
§  Selanjutnya siswa membaca arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164, dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
§  Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 kepada siswa.
§  Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164   berikut artinya dengan benar.
§  Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

(iii)      Pembentukan Sikap dan Perilaku (to be)
-        Dalam QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu kewajiban menuntut ilmu dan mengembangkanya kearah perbaikan yang semuanya diperuntukan bagi kemajuan dunia Islam.

c.            Kegiatan Akhir (Penutup)
-     Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 sebagai penutup materi pembelajaran.
-     Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.
-     Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-     Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Penilaian:      Tes perbuatan (Performance)
Tes tertulis

Bahan/Sumber Belajar:      Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI kelas 3

LEMBAR TUGAS

 
 


Salinlah QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.

                                                                                               
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



...............................                                                                 ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN SMA DAN SMK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XII SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top