CONTOH RPP SMK BAHASA INGGRIS KELAS X SEMESTER 2

Written By Wira Hadi on Monday, February 3, 2014 | 1:49 PM



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         : SMK
Mata Pelajaran        : B. Inggris
Kelas/Semester      : X/2
Alokasi Waktu         : 94 x 45 menit

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice

Kompetensi Dasar
o   Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi
o   Memahami memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan kendaraan umum, dan rambu-rambu lalu lintas
o   Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus
o   Menuliskan undangan sederhana

Indikator
§  Peristiwa yang sedang terjadi diceritakan dengan tepat sesuai dengan waktu dan tempat kejadian.
§  Pernyataan dengan menggunakan ”there is/are” disampaikan dengan tepat sesuai dengan waktu dan tempat kejadian.
§  Pertanyaan tentang peristiwa yang sedang terjadi disampai-kan dengan tepat.
§  Pengungkapan perasaan / pendapat tentang peristiwa yang sedang terjadi disampaikan dengan tepat
§  Pesan ditulis dalam bentuk memo dengan benar.
§  Memo yang sudah ada dijelaskan dengan tepat.
§  Menu ditulis dan dijelaskan dengan tepat.
§  Tanda-tanda dan lambang (misalnya: rambu lalu lintas) dijelaskan dengan benar.
§  Berbagai macam jadwal (time table) dibuat dan dijelaskan dengan benar.
§  Bentuk kata sifat dan keterangan digunakan secara tepat untuk membandingkan sesuatu.
§  Berbagai ungkapan untuk menyatakan pilihan (preferences) digunakan dengan tepat.
§  Ungkapan untuk menyatakan pengandaian (conditional type I) digunakan dengan tepat.
§  Berbagai ungkapan untuk menyatakan kemampuan (capabilities) digunakan dengan tepat.
§  Ungkapan untuk meminta dan memberi arah dan lokasi (direction) digunakan dengan tepat.
§  Sejumlah kata dirangkai menjadi kalimat yang mengandung unsur undangan
§  Kalimat dirangkai dengan benar untuk membentuk undangan
§  Undangan sederhana (misalnya: undangan ulang tahun) dituliskan dengan benar.

  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
o   Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi
o   Memahami memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan kendaraan umum, dan rambu-rambu lalu lintas
o   Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus
o   Menuliskan undangan sederhana

  1. Materi Pokok
·         Words and expressions used in the context of telling or describing events.
- The students are cleaning the foor.
- When you arrive, the guests will be travelling around the city.
·         Grammar: Present continuous, future continuous.
·         Sentences using ‘there + be’
·         Prepositions: in, on, at, under, etc.
- There is a napkin on the table
·         Questions about events:
- How/When did it     happen?
·         Expessions of feelings / opinions concerning an event
- I was very shocked to learn about the number of the victims.
Ø  Samples of memo
Ø  Sample of menu
Ø  Words and expressions to explain signs and symbols:
-     That “P” sign means that you can park here.
-     The symbol “Lady” means that the toilet is for women.
-     “No smoking” means that you are not allowed to smoke in that area.
·         Samples of time table and schedule
·         Degrees of comparison:
- Bus is fast.
- Train is faster than the bus.
- Plane is the fastest of all.
- Travelling by plane is more convenient than travelling by bus.
·         Pronouns and Reported Speech
Words and expressions used in expressing preference:
- I prefer coffee to soft drink at this time of the day.
- I’d rather stay home over the weekend than go to movies.
- I like badminton better than  volley ball.
·         Conditional sentence type 1:
- If the weather is nice this morning, we can go to the beach.
·         Words and expressions used to talk about capabilities:
- Can you swim to cross this river?
- When I was a child, I could (was able to) climb that tree.
·         Words and expressing used in asking for and giving direction (location):
-     Could you tell me the way to the Zoo, please?
-     Go straight on as far as the junction, then turn left. The Zoo is on your left ...
·         Prepositions of place: in front of, behind, beside, dsb.
Ø  Grammar review: “will”, “could”, “would” and prepositions: in, on at.
Ø  Samples of invitation (personal invitation).
Ø  Parts of personal invitations.
Ø Contents, style, spelling and punctuation.

    


  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
  2. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal 
§  Siswa menganalisa ungkapan Bahasa Inggris setara Level Novice
·         Kegiatan Inti
·            membaca penjelasan Listening
− Matching pictures with words
− Dictation
− Listening for information
·            Speaking:
 Naming objects, quality of objects and persons, professions, nationalities, and time of the day.
·            Reading:
− Reading for information
·            Writing:
− Completing passages with suitable words
·            Listening:
− Matching pictures with words.
− Dictation
− Listening for information
·            Speaking:
    Describing things, people, profession, and nationalities
    Telling numbers, responding to questions about numbers.
    Discussing things based on physical appearance.
     Role playing dialogues
·            Reading:
− Understanding and discussing passages.
·            Writing:
    Describing things
    Matching numbers and the way they are said.
    Arranging jumbled paragraphs.
    Composing dialogues involving the use of numbers in various contexts
    Writing paragraphs based on pictures.
·            Listening:
− Dictation
− Listening for information
− Completing passages
·            Speaking:
    Pronunciation practice
    Dialogue practice
    In pairs, creating and practising dialogues dealing with regret and apoligies, simpathy, asking for and giving information, offering things and services.
    Expressing feelings about certain events
·            Reading:
Reading for information:
− Dialogues
− Stories which stimulate readers’ emotion
·            Writing:
− Completeing Dialogues
− Rearranging jumbled dialogues
− Composing short stories (good or bad experiences)

·         Kegiatan Akhir
·          
§  Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview pelajaran tentang Bahasa Inggris setara Level Novice.

  1. Sumber/Bahan/Alat

v  Person to Person
v  Grammar in Use
v  Maps
v  Breakthrough
v  English for Hotel Services
v  Global Access to the World of Work



  1. Penilaian

·         Teknik: Performance Assessment (responding)
·         Bentuk: Pertanyaan lisan & dialog


Mengetahui                                                                                                Juli 2009.
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : Wira Hadi ~Wira Junior Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP SMK BAHASA INGGRIS KELAS X SEMESTER 2 yang ditulis oleh Wira Junior Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, Kecuali menyertakan link http://wirajunior.blogspot.com sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait Lainnya:

WiraJunior [ WiraJunior ]

Blog, Updated at: 1:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Wira Junior Blog© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu