SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK BIOLOGI KELAS X SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi         :          
1.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati.
 
  Kompetensi Dasar   :    
 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan

Tujuan : Siswa dapat menganalisa keragaman mahkluk hidup.
I.              Indikator
·         Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
·         Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·         Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

II.    Materi Ajar
·         Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

III.   Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
·         Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati .
·         Siswa mengamati  keanekaragaman hayati.
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
·         Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa

V.   Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku kerja Biologi 1A,
·         Buku Biologi, SMA kelas X,
·         Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah

VI.          Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis


                              ...............,.................
Mengetahui 
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



...............................                                                                 ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.


   
  
  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 2  jam pelajaran

Standar Kompetensi         :         
3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar    :   
3.2      Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam

Tujuan  :       Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya

I.    Indikator
·         Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·         Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
·         Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
·         Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
·         Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

II.   Materi Ajar
·         Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
·         Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
·         Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
·         Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
·         Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

III.  Metode Pembelajaran
·         Diskusi – Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut                       Dr. Sampurna Kadarsan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
·         Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

I.      Alat/ Bahan/ Sumber
a.    Buku kerja Biologi 1A,
b.    Buku Biologi kelas X,
c.    Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

II.    Penilaian
·         Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
·         Uji kompetensi tertulis


                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 3 jam pelajaran

Standar Kompetensi         :          
3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar :
3.3    Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan  :       Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia

I.      Indikator
·         Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
·         Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
·         Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
·         Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia

II.    Materi Ajar
·         Ciri umum dunia tumbuhan
·         Klasifikasi tumbuhan
·         Ciri-ciri  dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Peranan Bryophyta bagi manusia

III.           Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru bersama  siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
·         Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·         Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut .
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengamati  tumbuhan lumut secara berkelompok.
·         Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
·         Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B.  Kegiatan inti (35 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

V.   Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB,
·         Buku Biologi I kelas X,
·         Spesimen tumbuhan lumut
·         Loupe

VI.          Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

                              ...............,.................
Mengetahui 
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         :  3 jam pelajaran

Standar Kompetensi         :          
3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar :

3.3    Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan :     Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia

I.              Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
·         Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)  bagi manusia

II.            Materi Ajar
·         Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·         Struktur tubuh tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·         Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

III.           Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.          Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·         Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan .
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengamati  tumbuhan paku secara berkelompok.  
·         Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
·         Guru  meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.


Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
·         Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C. Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

V.           Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB,
·         Buku Biologi kelas X,
·         Spesimen tumbuhan paku 
·         Loupe

VI.          Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis


                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :
3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar :
3.3    Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan:   Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia

I.      Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·         Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
·         Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
·         Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

II.            Materi Ajar
·         Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·         Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
·         Peranan tumbuhan berbiji  (Spermatophyta) bagi manusia

III.           Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.          Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
·         Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
·         Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

V.   Alat / Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi,
·         Buku Biologi kelas X,
·         Spesimen tumbuhan berbiji 
·         Loupe

VI.  Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis




                              ...............,.................
Mengetahui             
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :
3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar :
3.4    Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan

I.      Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
·         Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·         Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·         Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

II.    Materi Ajar
·         Ciri umum dunia hewan
·         Dasar klasifikasi dunia hewan
·         Klasifikasi dunia hewan

III.   Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.          Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B.   Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
·         Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
·         Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.

Pertemuan 10 (2 X 45 menit)

A.   Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B.   Kegiatan Inti
·         Siswa mengamati contoh hewan arthropoda
·         Siswa mencatat hasil pengamatan
·         Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
·         Siswa menyusun laporan.
C.   Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.

V.   Alat / Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB,
·         Buku Biologi kelas X,
·         Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
·         Loupe

VI.          Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis



                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran

Standar Kompetensi      : 4.         Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar          : 4.1       Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan  :       Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem

I.              Indikator
·         Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
·         Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·         Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
·         Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia

II.            Materi Ajar
·         Pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Ekosistem dan komponen penyusunnya
·         Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
·         Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·         Berbagai interaksi dalam ekosistem
·         Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
·         Aliran energi dan siklus materi  dalam ekosistem
·         Daur biogeokimia

III.           Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.          Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
·         Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.


B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem.
·         Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
·         Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.   Kegiatan Inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
·         Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
·         Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
·         Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.

V.           Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB,
·         Buku Biologi kelas X
·         Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis




                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran

Standar Kompetensi  : 4.         Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
 Kompetensi Dasar      : 4.2       Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3         Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4         Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan   :   Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan

I.              Indikator
·         Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·         Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·         Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·         Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·         Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·         Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang

II.            Materi Ajar
·         Keseimbangan lingkungan
·         Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·         Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
·         Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Penanganan limbah dengan cara daur ulang

III.           Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV.          Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A.   Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·         Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen .
B   Kegiatan inti (65 menit)
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
·         Siswa membuat perlakuan eksperimen.
·         Siswa melakukan pengamatan.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
·         Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah.

V.   Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi
·         Buku Biologi kelas X,
·         Beberapa aktivitas manusia
·         Bahan untuk daur ulang kertas

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis
                              ...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK BIOLOGI KELAS X SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top