SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK IPS KELAS X SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :  SMK
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 10 jam pelajaran

Standar Kompetensi  : 2.         Memahami Permasalahan Ekonomi Dalam Kaitannya Dengan Kebutuhan Manusia, Kelangkaan  dan Sistem Ekonomi
Kompetensi Dasar             :          
§  Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
§  Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
§  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu  tentang apa, bagaimana untuk siapa barang dan jasa diproduksi
Tujuan   :   Siswa mampu memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi


Indikator
§   Kebutuhan manusia dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
§   Kebutuhan manusia diindentifikasikan sesuai dengan macamnya
§   Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diidentifikasi sesuai dengan sifatnya
§   Benda pemuas kebutuhan manusia diidentifikasi sesuai dengan jenis dan kegunaannya
§   Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
§   Kelangkaan diidentifikasikan sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya.
§   Biaya peluang diidentifikasikan sesuai dengan pengertiannya
§   Contoh biaya peluang ditunjukkan sesuai dengan penyebabnya
§   Barang dan jasa diidentifikasi kan sesuai dengan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
§   Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
§   Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan macamnya
§   Sistem ekonomi diidentifikasikan  sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonom

Materi Ajar
Kebutuhan Manusia
§  Pengertian Kebutuhan
§  Macam-macam kebutuhan
§  Faktor yang mempengaruhi kebutuha
·         Jenis-jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia
·         Pengertian kelangkaan
·         Faktor penyebab kelangkaan
·         Pengertian biaya peluang.
·         Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
Masalah Pokok Ekonomi :
·         Barang apa yang diproduksi.
·         Bagaimana cara memproduksi.
·         Untuk siapa barang diproduksi.
Sistem ekonomi :
·         Pengertian Sistem ekonomi
·         Macam-macam sistem ekonomi
·         Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
·         Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·         Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
Kegiatan inti
·         Mencari informasi tentang: pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
·         Mendiskusikan secara berkelompok bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah tempat tinggal siswa.
·         Mendiskusikan secara berkelompok faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan di daerah tempat tinggal siswa.
·         Mendiskusikan secara berkelompok mengenai jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia serta contoh-contohnya dari berbagai sumber
·         Mendiskusikan arti dan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·         Mendiskusikan kegiatan pemilihan pemuasan kebutuhan untuk menemukan konsep biaya peluang.
·         Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan  kerja bila melakukan produksi di bidang lain
·         Mendiskusikan masalah pokok ekonomi : apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
·         Mengidentifikasi barang dan jasa apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi melalui studi lapangan pada produsen barang dan jasa
·         Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi : pengertian, macam, dan kebaikan-kelemahan
·         Mendiskusikan  cara sistem ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi melalui contoh-contoh di berbagai negara

Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi


Alat/ Bahan/ Sumber
·         Tes lisan
·         Tes tertulis
·         Portofolio
·         Pengamatan

Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis





                                                    ,   Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :  SMK
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 10 jam pelajaran

Standar Kompetensi         :     Memahami Konsep Ekonomi Dalam Kaitannya Dengan Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen Termasuk Permintaan, Penawaran, Keseimbangan Harga dan Pasar.
Kompetensi Dasar             :          
§  Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya
§  Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
§  Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
§  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
§  Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
§  Mendeskripsikan pengertian harga keseimbangan dan elastisitas.
§  Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan jasa.

Tujuan   :   Siswa mampu memahami Konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran, keseimbangan harga dan pasar.

Indikator
  • Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
  • Pelaku-pelaku ekonomi diidentifikasi sesuai dengan peran dan pola interaksi diantara mereka
  • Motif ekonomi dideskripsikan sesuai dengan fungsinya sebagai landasan kegiatan ekonomi
  • Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan prinsip ekonomi
  • Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan berbagai motif ekonomi
  • Manfaat dan nilai suatu barang dideskripsikan sesuai dengan macamnya
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dideskripsikan sesuai dengan pembagiannya.
  • Perilaku konsumsi diuraikan sesuai dengan macamnya.
  • Permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
  • faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan jenisnya
  • kurva permintaan dan penawaran digambarkan sesuai dengan contoh-contoh yang ada.
  • hukum permintaan dan hukum penawaran dideskripsikan sesuai dengan asumsi-asumsi yang mendasari
  • contoh penerapan hukum permintaan dan hukum penawaran ditunjukkan sesuai dengan kejadian dalam kehidupan di masyarakat.
  • Fungsi penawaran dan fungsi permintaan dideskripsikan sesuai dengan pencermatan pada kurva
  • Terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan  prosesnya
  • proses terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan dengan menggunakan tabel dan gambar grafik
  • Pergeseran titik keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan sebab-sebabnya.
  • elastisitas dideskripsikan sesuai dengan pengertian dan macam-macamnya
  • elastisitas permintaan dan  penawaran dihitung dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
  • berbagai pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna)dideskripsikan sesuai dengan bentuknya
  • contoh nyata berbagai bentuk pasar dideskripsikan sesuai dengan bentuknya


Materi Ajar
§  Produksi, distribusi, dan konsumsi sebagai kegiatan ekonomi utama :
-         Pengertian dan tujuan produksi, distribusi, dan konsumsi.
-         Fungsi produksi dan distribusi
§  Pelaku-pelaku ekonomi :
-         Produsen, konsumen, pemerintah, masyarakat luar negeri.
§  Peran dan pola interaksi pelaku ekonomi
§  Prinsip ekonomi
§  Berbagai motif ekonomi

Perilaku konsumen dan produsen
·         Manfaat dan nilai suatu barang
·         Perilaku konsumen
·         Perilaku produsen

Permintaan dan Penawaran
§  Pengertian permintaan dan kurva permintaan.
§  Faktor yang mempengaruhi permintaan.
§  Pengertian penawaran dan kurva penawaran
§  Faktor yang mempengaruhi  penawaran
·         Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
·         Fungsi Permintaan dan fungsi penawaran
§  Pengertian Harga  Keseimbangan
§  Menentukan harga  keseimbangan
§  Pergeseran titik keseimbangan
§  Pengertian elastisitas dan macam- macamnya.
§  Menentukan Elastisitas permintaan dan penawaran
Pasar output
·         Pengertian pasar barang dan jasa
·         Bentuk-bentuk  Pasar barang (pasar output)

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·         Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
Kegiatan inti
§  Mendiskusikan secara berkelompok tentang beberapa benda yang ada dikelas dalam kaitannya dengan  kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.
·         Mengkaji referensi tentang pelaku-pelaku ekonomi : peran  dan pola interaksi diantara mereka.
§  Menggali informasi tentang pengertian prinsip ekonomi dan motif ekonomi dan macamnya melalui studi pustaka
§  Mendiskusikan berbagai contoh tindakan/kegiatan masyarakat yang dilandasi prinsip ekonomi dan motif-motif ekonomi
§  Membahas manfaat dan nilai suatu barang dan contoh-contohnya
§  Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka
§  Mendiskusikan secara berkelompok mengenai perilaku konsumen dan produsen
§  Menggali informasi untuk menemukan arti permintaan dan penawaran.
§  Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal lewat kliping koran).
§  Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang dan sesudah hari raya).
§  Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
§  Mendiskusikan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : lewat media koran).
§  Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui  pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).
·         Mendiskusikan  proses terbentuknya harga keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
·         Menentukan harga keseimbangan dengan  menggunakan tabel, dan grafik
·         Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
·         Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
§  Melakukan kajian referensi untuk mendeskripsikan pengertian dan  bentuk-bentuk pasar barang dan jasa
§  Menggali informasi mengenai contoh-contoh kongkrit yang ada di lingkungan dari tiap bentuk pasar melalui kunjungan lapangan
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya


Alat/ Bahan/ Sumber
·         Tes lisan
·         Tes tertulis
·         Portofolio
·         Pengamatan

Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis





                                                   ,   Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK IPS KELAS X SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top