SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) KELAS X SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :  SMK
Mata Pelajaran        : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 40 x 45 menit

Standar Kompetensi  : 3. Mengolah data aplikasi
Kompetensi Dasar             :          
3.1         Melakukan entry data aplikasi dengan keyboard.
3.2         Melakukan update  data dengan utilitas aplikasi.
3.3         Melakukan delete data dengan utilitas aplikasi.
3.4         Melakukan entry data dengan image scanner.
3.5         Melakukan entry data dengan OCR (Optical Character Recognition)
Tujuan   :      Siswa mampu melakukan entry data aplikasi dengan keyboard, update dan delete, data dengan utilitas aplikasi, entry data dengan image scanner dan OCR (Optical Character Recognition).

Indikator :
§  Macam-macam jenis keyboard dibedakan menurut  fisik dan sistem koneksinya
§  Struktur tombol keyboard diidentifikasi sesuai dengan fungsinya
§  Tombol keyboard digunakan sesuai dengan fungsinya
§  Proses entry data dilakukan sesuai dengan standar operasi aplikasi
§  Entry  data pada aplikasi basis data diselesaikan tanpa error
§  Hasil entry  data dicetak sesuai dengan permintaan/kebutuhan
§  Check list  diisi sesuai dengan entry  data yang dilakukan
§  Langkah-langkah operasional  proses update data dijelaskan dengan benar
§  Data, field atau record pada sebuah aplikasi basis data dipilih sesuai dengan permintaan/kebutuhan
§  Data dimasukan atau dipindah sesuai dengan prosedur dan intruksi kerja.
§  Data di-update  sesuai dengan permintaan/kebutuhan tanpa error
§  Hasil update data dicetak sesuai dengan permintaan/ kebutuhan
§  Check list  diisi sesuai dengan update  data yang dilakukan
§  Data dihapus sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/instruksi kerja
§  Record dihapus dengan beberapa macam cara sesuai  prosedur atau instruksi kerja
§  Field dihapus dengan beberapa macam cara sesuai prosedur atau instruksi kerja
§  Tabel dihapus dengan beberapa macam cara sesuai prosedur atau instruksi kerja
§  Proses delete  data diselesaikan sesuai dengan permintaan/ kebutuhan tanpa error
§  Hasil proses delete  data dicetak sesuai dengan permintaan/ kebutuhan
§  Check list  diisi sesuai dengan proses delete data yang dilakukan
§  Prosedur pengoperasian image scanner dijelaskan sesuai dengan standar operasi image scanner
§  Image scanner dioperasikan sesuai dengan SOP
§  Objek ditampilkan di layar aplikasi pengolah image
§  Gambar diperbesar, diperkecil, di-cropping, dimanipulasi sehingga sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja.
§  Objek/image  disimpan dengan format yang ditentukan misal jpeg, gif, bmp, psd, dan lain sebagainya
§  Hasil scanning dicetak sesuai dengan permintaan/ kebutuhan
§  Check list  diisi sesuai dengan proses scanning yang dilakukan
§  Prosedur pengoperasian Scanner yang di-set mode OCR (Optical Character Recognition) dijelaskan sesuai dengan standar operasi OCR
§  Scanner yang di-set mode OCR dioperasikan sesuai dengan SOP
§  Objek ditampilkan di layar aplikasi pengolah OCR
§  Hasil scanning diimpor ke apikasi pengolah kata sesuai dengan prosedur/instruksi kerja.
§  Text diedit sesuai dengan prosedur/instruksi kerja.
§  Hasil scanning disimpan dengan format yang ditentukan misal doc, pdf, dan lain sebagainya
§  Hasil scanning dicetak sesuai dengan permintaan/kebutuhan
§  Check list  diisi sesuai dengan proses scanning yang dilakukan

Materi Ajar :
Pengenalan keyboard :
§    Macam-macam keyboard
§    Struktur dan fungsi tombol keyboard
Entry data aplikasi dengan keyboard:
§    Prosedur operasi pemasukan data dengan menggunakan keyboard
§    Entry data pada suatu aplkasi basis data
§    Pengecekan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data
§    Pencetakan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data
Update data pada Aplikasi Basis Data :
§    Langkah-langkah operasional  proses update  data pada suatu aplikasi basis data
§    Pemilihan data, field atau record pada suatu aplikasi basis data
§    Update  data pada suatu aplikasi basis data
§    Pengecekan hasil update data pada suatu aplikasi basis data
§    Pencetakan hasil update data pada suatu aplikasi basis data
Delete Data pada Aplikasi Basis Data:
§    Prosedur penghapusan data
§    Cara penghapusan record dengan utilitas aplikasi
§    Cara penghapusan field dengan utilitas aplikasi
§    Cara penghapusan tabel dengan utilitas aplikasi
§    Pengecekan hasil delete data
§    Pencetakan hasil delete  data
Entry Data dengan Image Scanner :
§    Prosedur pengoperasian image scanner
§    Scanning gambar dengan menggunakan image scanner
§    Aplikasi pengolah image
§    Manipulasi obyek gambar dengan aplikasi pengolah image
§    Penyimpanan hasil/image dengan format khusus
§    Pencetakan hasil/image
Entry Data dengan OCR (Optical Character Recognition) :
§    Prosedur pengoperasian OCR
§    Scanning  dengan menggunakan OCR
§    Pengolahan hasil scanning dengan aplikasi pengolah OCR (misal : Omni Page Pro)
§    Import  dan Editing text dengan aplikasi pengolah kata
§    Penyimpanan hasil scanning dengan berbagai format
§    Pencetakan hasil scanning

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menunjukkan entry data aplikasi dengan keyboard, update dan delete, data dengan utilitas aplikasi, entry data dengan image scanner dan OCR (Optical Character Recognition).
·         Guru dan siswa mendiskusikan tentang entry data aplikasi dengan keyboard, update dan delete, data dengan utilitas aplikasi, entry data dengan image scanner dan OCR (Optical Character Recognition)..
Kegiatan inti
§  Membedakan macam-macam keyboard
§  Mengidentifikasi struktur dan fungsi tombol keyboard
§  Menjelaskan prosedur operasi pemasukan data pada suatu aplikasi basis data dengan menggunakan keyboard  sesuai SOP
§  Melakukan entry data pada  suatu aplkasi basis data dengan cermat
§  Mengecek hasil entry data pada suatu aplikasi basis data dengan teliti
§  Mencetak hasil entry data pada suatu aplikasi basis data
§  Membuat laporan hasil entry  data pada suatu aplikasi basis data
§  Menjelaskan langkah-langkah operasional  proses update  data pada suatu aplikasi basis data
§  Melakukan pemilihan data, field,  atau record pada suatu aplikasi basis data
§  Melakukan update  data  pada suatu aplikasi basis data dengan cermat
§  Melakukan pengecekan hasil update  data pada suatu aplikasi basis data dengan teliti
§  Mencetak hasil update data pada suatu aplikasi basis data sesuai dengan permintaan/ kebutuhan
§  Membuat laporan hasil update  data pada suatu aplikasi basis data
§  Menjelaskan prosedur penghapusan data
§  Menjelaskan macam-macam cara penghapusan record dengan utilitas aplikasi
§  Melakukan macam-macam cara penghapusan record  menggunakan uitillitas aplikasi dengan cermat
§  Menjelaskan macam-macam cara penghapusan field  dengan utilitas aplikasi
§  Melakukan macam-macam cara penghapusan field menggunakan utilitas aplikasi dengan cermat
§  Menjelaskan macam-macam cara penghapusan tabel dengan utilitas aplikasi
§  Melakukan macam-macam cara penghapusan tabel menggunakan utilitas aplikasi dengan cermat
§  Melakukan pengecekan hasil  delete data pada suatu aplikasi basis data dengan teliti
§  Mencetak hasil delete data
§  Membuat laporan hasil delete  
§  Menjelaskan prosedur pengoperasian image scanner
§  Melakukan Scanning gambar dengan menggunakan image scanner  sesuai dengan SOP
§  Menjelaskan pengolahan image dengan aplikasi pengolah image
§  Melakukan manipulasi obyek gambar dengan aplikasi pengolah image sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja
§  Menyimpanan hasil/image dengan format khusus sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja
§  Melakukan pencetakan hasil/image
§  Membuat laporan hasil
§  Menjelaskan prosedur pengoperasian OCR (Optical Character Recognition)
§  Melakukan Scanning obyek  dengan menggunakan Scanner yang di-set mode OCR  sesuai dengan SOP
§  Menjelaskan pengolahan hasil scannng dengan aplikasi pengolah OCR (misal : Omni Page Pro)
§  Melakukan import dan editing text dengan aplikasi pengolah kata
§  Menyimpanan hasil scanning dengan berbagai format
§  Melakukan pencetakan hasil scanning
§  Membuat laporan hasil
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan tentang entry data aplikasi dengan keyboard, update dan delete, data dengan utilitas aplikasi, entry data dengan image scanner dan OCR (Optical Character Recognition).


Alat/ Bahan/ Sumber :
§  Komputer
§  Printer
§  Software aplikasi Basis Data
§  User manual software basis data
§  Modul KKPI Dikmenjur 2005
§  Software Utility
§  User manual software Basis Data
§  Scanner
§  Software aplikasi pengolah image
§  SOP Scanner
§  Software aplikasi pengolah OCR
§  Software aplikasi pengolah kata


Penilaian :
§  Tes Tertulis
§  Tes Praktek
§  Tes lisan.
§  Pengamatan
§  Studi Kasus



                                      , 13 Juli 2009
Mengetahui
Kepala SMK Sasmita Jaya 2                               Guru Mata Pelajaran



  
   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :  SMK
Mata Pelajaran        : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 32 x 45 menit

Standar Kompetensi  : 4. Mengoperasikan PC dalam jaringan.
Kompetensi Dasar             :          
4.1         Menginstal software jaringan.
4.2         Mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi.

Tujuan   :      Siswa mampu menginstal software jaringan dan mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi.
.Indikator :
§  Pengertian LAN dan Internet dijelaskan dengan benar
§  Perangkat jaringan dijelaskan secara singkat.
§  Nama komputer diidentifikasi sesuai dengan ketentuan penulisan nama komputer
§  Utilitas koneksi  dijalankan untuk menguji koneksi komputer secara cepat
§  Searching komputer dilakukan dengan cepat dan benar
§  Program diinstal melalui jaringan sesuai dengan prosedur dan berfungsi dengan baik
§  Pengertian sharing device dan manfaatnya dijelaskan secara benar
§  Protokol sharing dijelaskan secara singkat dan jelas
§  Sharing file, printer, hard disk dan CD ROM dilakukan sampai teridentifikasi
§  Proses copy file dan folder dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.
§  Dokumen dicetak secara benar sesuai dengan prosedur

Materi Ajar :             
Instalasi program melalui jaringan komputer:
§    Jaringan  Komputer (LAN, Internet)
§    Perangkat Jaringan
§    Network Properties
§    Utilitas koneksi
§    Searching komputer
§    Instalasi program
Pengoperasian Jaringan Komputer:
§    Pengertian dan manfaat sharing device
§    Protokol sharing
§    Sharing file, printer, Hard disk, CD ROM.

Metode Pembelajarn :
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan


Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menunjukkan cara menginstal software jaringan dan mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi.
·         Guru dan siswa mendiskusikan cara menginstal menginstal software jaringan dan mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi.
Kegiatan inti
§  Menjelaskan pengertian LAN dan Internet dalam sistem jaringan komputer
§  Menjelaskan perangkat jaringan yang digunakan
§  Memberi identitas komputer (computer name, TCP/IP)
§  Melakukan uji koneksi dengan perintah “ping”
§  Melakukan searching komputer pada jaringan sesuai prosedur
§  Melakukan instal program melalui jaringan komputer sesuai dengan prosedur yang berlaku
§  Menjelaskan pengertian sharing device dan manfaatnya
§  Menjelaskan protokol sharing device yang digunakan
§  Melakukan sharing file, printer, hard disk dan CD ROM dengan benar
§  Menjelaskan dan melakukan proses copy file dan folder sesuai prosedur
§  Menjelaskan dan melakukan pencetakan program dengan memanfaatkan sharing printer sesuai prosedur
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan cara menginstal software jaringan dan mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi.


Alat/ Bahan/ Sumber :
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
  • Buku Windows
  • Internet
  • Komputer
  • UPS
  • Software web-browser

Penilaian :
§  Tes Tertulis
§  Tes Praktek
§  Tugas-tugas.
§  Observasi

                              , 13 Juli 2009
Mengetahui
Kepala SMK Sasmita Jaya 2                               Guru Mata Pelajaran





 

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :  SMK
Mata Pelajaran        : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
Kelas/ Semester     : X (Sepuluh)/ 2
Alokasi Waktu         : 16 x 45 menit

Standar Kompetensi  : 5. Mengoperasikan Web-Design (Internet)
Kompetensi Dasar             :          
5.1 Mengoperasikan web-Browser .
5.2 Mengoperasikan software e-mail  client

Tujuan   :      Siswa mampu mengoperasikan web-Browser dan software e-mail  client.

Indikator :
  • Pengertian dan manfaat internet dijelaskan dengan benar
  • Koneksi internet telah tersambung dengan baik
  • Web Browser telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
  • Menu dan Format URL (Uniform Resouce Locator) dijelaskan secara tepat
  • URL tertentu  diakses melalui isian, menu dan  hyperlink dengan penulisan yang benar.
  • Informasi dan gambar dicari  menggunakan mesin pencari seuai prosedur
  • Fitur-fitur konfigurasi sederhana (seperti: proxy dan cookies ) dijelaskan dan diaplikasikan dengan benar
  • File-file hasil browsing  disimpan pada media penyimpan (hard disk,flash disk, CD) sesuai dengan prosedur
  • File dokumen hasil browsing dicetak dan fitur pencetakan diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan.
  • Pengertian e-mail client dan web-mail  dijelaskan secara rinci.
  • Manfaat e-mail client dan web mail  dijelaskan dengan benar
  • Software E-mail client diinstall dan berfungsi dengan baik
  • Prosedur pembuatan e-mail  dijelaskan dengan benar
  • Alamat e-mail  dibuat dengan benar sesuai prosedur
  • Konfigurasi  E-mail client (SMTP Server, POP Server) dijelaskan dan dilakukan sesuai dengan prosedur penulisan
  • E-mail  dan attachment  dibuka dan dibaca sesuai dengan prosedur
  • E-mail  dan attachment (diteruskan, dihapus, dibalas ke satu alamat, beberapa alamat) dijelaskan dan diaplikasikan  seseuai prosedur
  • E-mail  dan attachment disimpan pada media yang tersedia dengan baik
  • E-mail  dan attachment dicetak dan fitur pencetakan dijelaskan dengan benar

Materi Ajar :                       
Pengoperasian Web-Browser :
§  Pengenalan internet
§  Koneksi internet
§  Pengenalan dan instalasi macam-macam Web-Browser
§  Sistem Addressing di internet
§  Hyperlink
§  Pencarian (searching) informasi di Internet
§  Penyimpanan file
§  Pencetakan
Aplikasi E-mail  :
§  Web-mail  dan E-mail  Client
§  Registrasi e-mail  
§  Setting SMTP Server, POP Server, IMAP Server
§  Fitur E-mail
§  Aplikasi E-mail
§  Attachment file
§  Pencetakan

Metode Pembelajarn :
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan


Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa menunjukkan cara mengoperasikan web-Browser dan software e-mail  client.
·         Guru dan siswa mendiskusikan cara mengoperasikan web-Browser dan software e-mail  client.
Kegiatan inti
§  Menjelaskan pengertian dan manfaat internet.
§  Menjelaskan berbagai cara koneksi internet
§  Melakukan koneksi internet melalui saluran telepon dan jaringan komputer
§  Menjelaskan jenis Browser dan fitur yang ada.
§  Menginstal berbagai Web-browser
§  Menjelaskan pengetahuan tentang URL dan cara penulisannya di web Browser
§  Melakukan browsing dengan menuliskan URL, menggunakan menu, hyperlink dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Web-Browser secara tepat sesuai kebutuhan
§  Mencari informasi dan gambar dengan menggunakan mesin pencari dengan cepat
§  Menyimpan hasil browsing pada media penyimpan (hard disk,flash disk, CD) sesuai dengan kebutuhan.
§  Membuka hasil pencarian ke program pengolah kata, presentasi sesuai dengan ektensi file hasil pencarian
§  Mencetak hasil pencarian informasi dan gambar dengan kualitas baik
§  Menjelaskan pengertian web-mail , e-mail client, dan manfaatnya.
§  Menjelaskan prosedur registrasi web-mail  dan e-mail client.
§  Menjelaskan dan menggunakan menu yang terdapat dalam program web-mail  dan e-mail client secara tepat
§  Membuat e-mail pada web-mail  dan e-mail client  sesuai prosedur
§  Melakukan instal dan setting e-mail client  pada komputer sesuai prosedur
§  Mengirim, membaca dan menghapus e-mail  sesuai dengan prosedur
§  Mengirim, mambuka, dan menyimpan dan menghapus e-mail degan file attachment pada media penyimpan secara tepat
§  Menjelaskan  dan melakukan proses pencetakan e-mail, attachment sesuai prosedur
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan mengoperasikan web-Browser dan software e-mail  client .

Alat/ Bahan/ Sumber :
§  Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
§  Internet
§  Komputer
§  Printer
§  Buku
§  Flash Disk
§  CD ROM
§  UPS

Penilaian :
§  Tes Tertulis
§  Tes Praktek
§  Tugas-tugas
§  Observasi
§  Studi Kasus

                              , 13 Juli 2009
Mengetahui
Kepala SMK Sasmita Jaya 2                                         Guru Mata Pelajaran

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) KELAS X SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top