SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK MATEMATIKA KELAS XI SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            :                 
Mata Pelajaran           :           Matematika
Kelas / Semester       :           XI / 2
Alokasi Waktu            :           30 X 45 menit

Standar Kompetensi      :        Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi dua
Kompetensi Dasar          :
·         Mengidentifikasi sudut.
·         Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar.
·         Menerapkan transformasi bangun datar

Indikator                   :
Ø  Satuan sudut dalam derajat dikonversi kesatuan sudut dalam radian atau sebaliknya sesuai prosedur.
Ø  Suatu bangun datar  dihitung kelilingnya
Ø  Daerah suatu bangun  datar dihitung luasnya
Ø  Bangun datar tak beraturan dihitung luasnya
Ø  Transformasi bangun datar didiskripsikan menurut jenisnya
Ø  Transformasi bangun datar digunakan untuk menyelesaikan  permasalahan program keahlian

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat :
·         Mengidentifikasi sudut.
·         Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar.
·         Menerapkan transformasi bangun datar

B.     Materi Ajar
Ø  Macam-macam satuan sudut
Ø  Konversi satuan sudut
Ø  Keliling bangun datar
Ø  Luas daerah bangun datar
Ø  Penerapan konsep keliling dan luas.
Ø  Jenis-jenis transformasi bangun datar
Ø  Penerapan transformasi bangun datar

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :     Mengingat kembali sudut,  keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar dan transformasi bangun datar.
      Motivasi      :     Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan sudut,  keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar dan transformasi bangun datar.
         Kegiatan Inti
§  Mengukur besar suatu sudut
§  Menentukan macam-macam satuan sudut
§  Mengkonversi satuan sudut
§  Menghitung keliling dan luas bidang datar  sesuai dengan rumusannya
§  Perhitungan keliling segi tiga, segi empat dan lingkaran 
§  Perhitungan luas segi tiga, segi empat dan lingkaran
§  Perhitungan luas daerah bangun datar tidak beraturan dengan menggunakan metode  koordinat, trapesium.
§  Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar
§  Jenis-jenis transformasi bangun datar
§  Translasi
§  Refleksi
§  Rotasi
§  Dilatasi
§  Penerapan transformasi bangun datar

         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi sudut,  keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar dan transformasi bangun datar.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
  
E.     Alat dan Sumber Belajar

         Sumber :   
·         Modul Geometri Dimensi Dua
·         Referensi lain yang relevan

         Alat :
-          Laptop
-          LCD
-          OHP

               F.      Penilaian   
·   Kuis.
·   Tes lisan.
·   Tes tertulis.
·   Pengamatan.
·   Penugasan        

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      ............................................
        
Mengetahui,                                                                      Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah....................




_______________________                                         _______________________
NIP.                                                                                     NIP.



 


 
  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            :                 
Mata Pelajaran           :           Matematika
Kelas / Semester       :           XI / 2
Alokasi Waktu            :           35 x 45 menit

Standar Kompetensi      :     Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga
Kompetensi Dasar          : 
o   Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya
o   Menghitung luas permukaan bangun ruang
o   Menerapkan konsep volum bangun ruang
o   Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang

Indikator                   :    
·         Unsur-unsur bangun ruang diidentifikasi berdasar ciri-cirinya.
·         Jaring-jaring bangun ruang digambar pada bidang datar.
·         Luas permukaan bangun ruang dihitung dengan cermat.
·         Volum bangun ruang dihitung dengan cermat.
·         Jarak antar unsur dalam ruang dihitung sesuai ketentuan
·         Besar sudut antar unsur dalam ruang dihitung sesuai ketentuan

A.     Tujuan Pembelajaran
         Setelah selesai pelaksanaan belajar belajar siswa diharapkan mampu :
o   Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya
o   Menghitung luas permukaan bangun ruang
o   Menerapkan konsep volum bangun ruang.
o   Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang

B.     Materi Ajar
        
§  Bangun ruang dan unsur-unsurnya
§  Jaring-jaring bangun ruang
§  Permukaan bangun ruang dihitung luasnya
§  Volum bangun ruang
§  Hubungan antar unsur dalam bangun ruang

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :        -  Mengingat kembali mengenai masalah yang berkaitan dengan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
                              -        Membahas PR.
      Motivasi   :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga.

         Kegiatan Inti
§  Mengidentifikasi berbagai bangun ruang (kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, limas, bola)
§  Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang
§  Menggambar jaring-jaring bangun ruang
§  Mengidentifikasi bentuk permukaan bangun ruang (kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, limas, bola)
§  Menghitung luas permukaan bangun ruang
§  Menerapkan konsep luas permukaan bangun ruang pada program keahlian
§  Menemukan rumus volum bangun ruang (kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, limas, bola)
§  Menghitung  volum bangun ruang
§  Menerapkan konsep volum bangun ruang pada proram keahlian
§  Menghitung jarak antara titik dan titik 
§  Menghitung jarak antara titik dan garis
§  Menghitung jarak antara titik dan bidang
§  Menghitung jarak antara garis dan garis
§  Menghitung jarak antara garis dan bidang
§  Menghitung jarak antara bidang dan bidang
§  Menghitung besar sudut antara garis dan garis
§  Menghitung besar sudut antara garis dan bidang
§  Menghitung besar sudut antara bidang dan bidang

Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi masalah yang berkaitan dengan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi masalah yang berkaitan dengan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
     
E.     Alat dan Sumber Belajar

         Sumber :   
o   Modul Geometri Dimensi Tiga
o   Referensi lain yang relevan

         Alat : Laptop, LCD, OHP

               F.      Penilaian   
              
Teknik                        : Tugas kelompok, ulangan harian.
Bentuk Instrumen    : Uraian singkat, uraian obyektif, pilihan ganda.





                                                                                                ...............,.................  
Mengetahui,                                                                         Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



______________                                                                 _________________
NIP.                                                                                        NIP.
.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            :                 
Mata Pelajaran           :           Matematika
Kelas / Semester       :           XI / 2
Alokasi Waktu            :           30 x 45 menit

Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep vektor dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar          : 
a.    Menerapkan konsep vektor pada bidang datar
b.    Menerapkan konsep vektor pada bangun ruang

Indikator                   :    
·         Konsep vektor dan ruang lingkup vektor dideskripsikan menurut ciri-cirinya
·         Operasi pada vektor diselesaikan dengan rumus yang sesuai
·         Konsep vektor dan ruang lingkup vektor dideskripsikan menurut ciri-cirinya
·         Operasi pada vektor diselesaikan dengan rumus yang sesuai

A.     Tujuan Pembelajaran
         Setelah selesai pelaksanaan belajar belajar siswa diharapkan mampu :
Ø  Menerapkan konsep vektor pada bidang datar
Ø  Menerapkan konsep vektor pada bangun ruang

B.     Materi Ajar
        
§  Vektor pada bidang datar
§  Operasi Vektor
§  Vektor pada bangun ruang
§  Operasi Vektor

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :        -  Mengingat kembali mengenai masalah yang berkaitan dengan konsep vektor dalam pemecahan masalah.
                              -        Membahas PR.
      Motivasi   :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep vektor dalam pemecahan masalah.

         Kegiatan Inti
§ Menjelaskan pengertian Vektor pada bidang datar
§ Membahas ruang lingkup vektor:
-    Modulus (besar) vektor
-    Vektor posisi
-    Kesamaan dua vektor
-    Vektor negatif
-    Vektor nol
-    Vektor satuan
§ Menyelesaikan operasi pada Vektor
-    Penjumlahan vektor
-    Pengurangan  dua vektor
-    Perkalian vektor dengan skalar
-    Perkalian skalar dua vektor
§ Menerapkan konsep vektor pada bidang datar dalam program keahlian
§ Menjelaskan pengertian Vektor pada bangun ruang
§ Membahas ruang lingkup vektor:
-    Modulus (besar) vektor
-    Vektor posisi
-    Kesamaan dua vektor
-    Vektor negatif
-    Vektor nol
-    Vektor satuan
§ Menyelesaikan operasi pada Vektor
-    Penjumlahan vektor
-    Pengurangan  dua vektor
-    Perkalian vektor dengan skalar
-    Perkalian skalar dua vektor
§ Menerapkan konsep vektor pada bangun ruang dalam program keahlian
Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi masalah yang berkaitan dengan konsep vektor dalam pemecahan masalah.
b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi masalah yang berkaitan dengan konsep vektor dalam pemecahan masalah.
     
E.     Alat dan Sumber Belajar

         Sumber :   
§  Modul Vektor
§  Referensi lain yang relevan

         Alat : Laptop, LCD, OHP

               F.      Penilaian   
              
Teknik                        : Tugas kelompok, ulangan harian.
Bentuk Instrumen    : Uraian singkat, uraian obyektif, pilihan ganda.





                                                                                                ...............,.................  
Mengetahui,                                                                         Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



______________                                                                 _________________
NIP.                                                                                        NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK MATEMATIKA KELAS XI SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top