SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK MUATAN LOKAL KELAS X SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        :  Muatan Lokal
Kelas/ Semester     : X / 2
Alokasi Waktu         : 112 X 45 menit
Kode Kompetensi  :  PDG.OO.03.025.01

Standar Kompetensi  : Melakukan Usaha Penjualan retail
Kompetensi Dasar             :          
Ø  Menganalis kebutuhan konsumen
Ø  Menetapakan supplier
Ø  Melakukan peembeliaan barang dan jasa

Tujuan   :   Siswa mampu memahami melakukan usaha penjualan retail

I.              Indikator
Ø  Sasaran pasar ditentukan
Ø  Kebutuhan konsumen diidentifikasi secara benar
Ø  Daftar kebutuhan konsumen dicatat dengan benar
Ø  Permintaan konsumen dicatat dalam formulir formulir pesanan
Ø  Jenis dan jumlah barang yanng akan dibeli ditetapkan
o   Supplier yang ada diidentifikasi
o   Informasi jenis barang dan harga yang dibutuhkan
o   Supplier yang sesuai ditetapkan
Ø  Barang dan jasa yang akan dibeli diidentifikasi
Ø  Alternatif barang dan jasa yang dibeli ditentukan
Ø  Rencana anggaran pembelan barang dibuat
Ø  Surat pesanan dibuat

II.            Materi Ajar
§  Analisis kebutuhan konsumen
§  Menjalin mitra usaha
§  Pembelian baranng dan jasa
§  Pengetahuan produk


III.           Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV.          Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa memahami kebutuhan konsumen.
·         Guru dan siswa mendiskusikan kebutuhan konsumen.
Kegiatan inti
·         Menentukan sasaran pasar
·         Cermat dan teliti dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen
·         Teliti dalam membuat daftar kebutuhan
·         Cermat daan teliti dalam mengisi formulir pesanan
·         Membuat daftar jenis barang yang dibeli
·         Mengidentifikaasi suplier
·         Tepat dalam memilih suplier
·         Cermat dan teliti  dalam menyusun Dafatr jenis barang dan harganya
·         mengidentifikasi barng dan jasa yang akan dibeli
·         teliti daalam menentukan alteernatif pembelialn barang dan jasa
·         cerrmat dan teliti dalam membuat rencana anggaran pembelian barang membuat surat pesanan

Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan kebutuhan konsumen.


V.   Alat/ Bahan/ Sumber
  • Modul
  • SOP Perusahaan
  • yelloww page
  • internet
  • brosur
Ø   
VI.  Penilaian
o   Tes lisan
o   Tes tertulis
o   Pengamatan
o   Portofolio






...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.



   
   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        :  Muatan Lokal
Kelas/ Semester     : X / 2
Alokasi Waktu         : 112 X 45 menit
Kode Kompetensi  :  AK-BANK

Standar Kompetensi  : Mencatat semua transaksi di bidang dana
Kompetensi Dasar             :          
Ø  Menerapkan sistem akuntansi perbankan
Ø  Mengelompokkan pos-pos neraca laba/rugi dan pos-pos administratif
Ø  Melaksanakan pencatatan transaksi tabungan
Ø  Melaksanakan pencatatan transaksi pembukaan/sampai penutupan deposito

Tujuan   :   Siswa mampu mencatat semua transaksi di bidang dana

Indikator :
§  Sistem akuntansi umum dan system akuntansi perbankan teridentifikasi
§  Unsur-unsur neraca bank teridentifikasi
§  Neraca bank disusun dengan benar
§  Pos-pos neraca laba/rugi teridentifikasi
§  Pos-pos neraca laba/rugi dikelompokkan dengan benar
§  Pos-pos administratif teridentifikasi
§  Pos-pos administratif dikelompokkan dengan benar
§  Pengertian tabungan dipahami
§  Pembukaan tabungan dicatat dengan benar
§  Penerimaan setoran dicatat dengan benar
§  Bunga tabungan dihitung dan dicatat dengan benar
§  Biaya administrasi penutupan tabungan dihitung dan dicatat dengan benar
§  Pengertian deposito dipahami
§  Transaksi pembukaan deposito dicatat dengan benar
§  Penerimaan setoran dicatat dengan benar
§  Bunga deposito dihitung dan dicatat dengan benar
§  Pembayaran bunga deposito dicatat dengan benar
§  Transfer keluar dan transfer masuk dicatat dengan benar
§  Perpanjangan deposito dicatat dengan benar
§  Biaya pinalti dihitung dan dicatat dengan benar


Materi Ajar
1.    Perbedaan antara sistem akuntansi umum dengan sistem akuntansi perbankan
2.    Unsur-unsur neraca bank
3.    Penyusunan neraca bank
4.    Pos-pos neraca laba/rugi
5.    Pos-pos administratif
6.    Pengertian tabungan
7.    Pencatatan pembukaan tabungan
8.    Pencatatan penerimaan setoran
9.    Perhitungan bunga tabungan
10. Perhitugan biaya administrasi penutupan tabungan
11. Pengertian deposito
12. Pencatatan ransaksi pembukaan deposito
13. Pencatatan penerimaan setoran
14. Perhitungan dan pencatatan bunga deposito
15. Pencatatan pembayaran bunga deposito
16. Pencatatan transfer keluar dan transfer masuk
17. Pencatatan perpanjangan deposito
18. Perhitungan dan pencatatan biaya pinalti

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa memahami pencatatan semua transaksi di bidang dana.
·         Guru dan siswa mendiskusikan memahami pencatatan semua transaksi di bidang dana.
Kegiatan inti
§  Memahami perbedaan antara sistem akuntansi umum dengan sistem akuntansi perbankan
§  Memahami unsur-unsur neraca bank
§  Menyusun neraca bank
§  Mengelompokkan pos-pos neraca laba/rugi
§  Mengelompokkan pos-pos administratif
§  Memahami pengertian tabungan
§  Mencatat pembukaan tabungan
§  Mencatat penerimaan setoran
§  Menghitung bunga tabungan
§  Menghitung biaya administrasi penutupan tabungan
§  Memahami pengertian deposito
§  Mencatat transaksi pembukaan deposito
§  Mencatat penerimaan setoran
§  Menghitung dan mencatat bunga deposito
§  Mencatat pembayaran bunga deposito
§  Mencatat transfer keluar dan transfer masuk
§  Mencatat perpanjangan deposito
§     Menghitung dan mencatat biaya pinalti
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan pencatatan semua transaksi di bidang dana.

Alat/ Bahan/ Sumber
§  Modul
§  Buku Referensi
§  SOP Bank

Penilaian
o   Tes lisan
o   Tes tertulis
o   Pengamatan
o   Portofolio






...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        :  Muatan Lokal
Kelas/ Semester     : X / 2
Alokasi Waktu         : 112 X 45 menit
Kode Kompetensi  :  AK-BANK

Standar Kompetensi  : Mencatat semua transaksi di bidang dana
Kompetensi Dasar             :          
Ø  Menerapkan sistem akuntansi perbankan

Tujuan   :   Siswa mampu mencatat semua transaksi di bidang dana

Indikator :
§  Sistem akuntansi umum dan system akuntansi perbankan teridentifikasi
§  Unsur-unsur neraca bank teridentifikasi
§  Neraca bank disusun dengan benar
§  Pos-pos neraca laba/rugi teridentifikasi
§  Pos-pos neraca laba/rugi dikelompokkan dengan benar
§  Pos-pos administratif teridentifikasi
§  Pos-pos administratif dikelompokkan dengan benar


Materi Ajar
Ø  Perbedaan antara sistem akuntansi umum dengan sistem akuntansi perbankan
Ø  Unsur-unsur neraca bank
Ø  Penyusunan neraca bank
Ø  Pos-pos neraca laba/rugi
Ø  Pos-pos administratif
Ø  Pengertian tabungan

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa memahami pencatatan semua transaksi di bidang dana.
·         Guru dan siswa mendiskusikan memahami pencatatan semua transaksi di bidang dana.
Kegiatan inti
§  Memahami perbedaan antara sistem akuntansi umum dengan sistem akuntansi perbankan
§  Memahami unsur-unsur neraca bank
§  Menyusun neraca bank
§  Mengelompokkan pos-pos neraca laba/rugi
§  Mengelompokkan pos-pos administratif
§  Memahami pengertian tabungan
§  Mencatat pembukaan tabungan
Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan pencatatan semua transaksi di bidang dana.

Alat/ Bahan/ Sumber
§  Modul
§  Buku Referensi
§  SOP Bank

Penilaian
o   Tes lisan
o   Tes tertulis
o   Pengamatan
o   Portofolio






...............,.................
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



............................                                                                    ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK MUATAN LOKAL KELAS X SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top