SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PA) KELAS X SEMESTER 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         : SMK
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Al-Qur’an

Standar Kompetensi: 7.      Memahami ayat-ayat Al –Qur’an tentang demokrasi.
Kompetensi Dasar   :  
7.1    Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
7.2    Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
7.3    Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
-       Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
-       Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.
-       Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-       Mampu menyimpulkan isi  kandungan  Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-       Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy- Syura: 38.
-       Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam QS Ali Imran;159
-       Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
-       Mampu menunjukkan manfaat perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.

Materi Ajar (Materi Pokok):
·                     QS Ali Imran : 159
·                     QS Asy-Syura : 38

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan mampu untuk :
-       Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
-       Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.
-       Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-       Mampu menyimpulkan isi  kandungan  Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-       Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy- Syura: 38.
-       Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam QS Ali Imran;159
-       Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
-       Mampu menunjukkan manfaat perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.

Langkah-langkah kegiatan:
a.         Kegiatan Awal
-     Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-     Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-     Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-     Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.         Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
(i)      Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38,
-        guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-        Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
-        Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
-        Siapakah diantara kalian yang sudah hafal Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38 ?
-        Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38

(ii)      Konsulidasi Pembelajaran
§  Selanjutnya siswa membaca arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
§  Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38  kepada siswa.
§  Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38  berikut artinya dengan benar.

-        Setelah selesai menyalin Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38  berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut. Sebagai contoh:




Bacaan
Hukum Bacaan
Cara Membacanya
Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “ta” ( ت )

Hukum bacaanya adalah “ Ikhfa

Nun mati( نْ ) pada kalimat لِنْتَ لَهُمْ " " dibaca dengan dengung
Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “Ha”     

Hukum bacaanya adalah “Izhar

Nun mati( نْ ) pada kalimat فُ عَنْهُمْ  " " dibaca dengan jelas


Tanwin bertemu dengan huruf “ mim”  

Hukum bacaanya adalah “ Idghom

Nun mati( نْ ) pada kalimat “ رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ  " dibaca Idghom.

-        Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38.
-        Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38 secara berkelompok.
-        Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38  secara berkelompok.
-        Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

(iii)      Pembentukan Sikap dan Perilaku (to be)
-        Dalam Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti sikap berdemokrasi dimana musyawarah dan kekeluargaan menjadi pondasi dalam pengambilan keputusan.
c.            Kegiatan Akhir (Penutup)
-     Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38 sebagai penutup materi pembelajaran.
-     Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38.
-     Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-     Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Penilaian:      Tes perbuatan (Performance)
Tes tertulis

Bahan/Sumber Belajar:      Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI kelas I

LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Tertulis                                                          Nilai =
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.
وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ

2.
وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
3.
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “nun” adalah…….

Idgham Bighunnah

II. Tes Perbuatan

No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1.       1
Nopen





2.       2
Buyung





3.       3
Ucok





Dst
Dst..........................





             Keterangan :                                                                      Skor Tes Perbuatan :       
1.  = Membaca lancar dan baik                                        = 80 – 90 = A
2.  = Membaca lancar kurang baik                                  = 70 – 79 = B
3.  = Membaca Terbata-bata                                             = 60 – 69 = C
4.  = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru    = 50 – 59 = D
5.  = Tidak dapat membaca                                              = kurang dari 50 = E

III. Tes Sikap

No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Tujuan bermusyawarah adalah agar adanya kata sepakat tanpa mementingkan kepentingan pribadi.




2.
Islam dari awal mengajarkan untuk berdemokrasi.




3.
Prumpung dilanda banjir, untuk mengatasi hal tersebut RT  dan RW mengumpulkan warganya untuk mengadakan musyawarah. Demokrasi tercermin dari hal tersebut.





dst
……………………………………………….





Keterangan :                                         Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0


IV. Portofolio

Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-       apa yang dilihat;
-       laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-       laporan dari orangtua murid atau siswa.



Text Box: LEMBAR TUGAS
 


Salinlah Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.
                                   
                                                                                                              Juli 2009
Mengetahui
Kepala SMK Khazanah Kebajikan                                 Guru Mata Pelajaran

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PA) KELAS X SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top