SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI SEMESTER 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         :  SMK
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        :  Al-Qur’an

Standar Kompetensi:  7.            Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Kompetensi Dasar   :  
7.1 Membaca QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
7.2 Menjelaskan arti  QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
7.3 Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27

Indikator:
  1. Mampu membaca Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf ;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
  2. Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.
  3. Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  4. Mampu mengartikan ayat Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  5. Mampu menterjemahkan Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  6. Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
  7. Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  8. Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf ;56-58, As-Shad; 27

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
  • Mampu membaca Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf ;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
  • Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.
  • Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  • Mampu mengartikan ayat Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  • Mampu menterjemahkan Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
  • Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
  • Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  • Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Langkah-langkah kegiatan:
a.         Kegiatan Awal
-     Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-     Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-     Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-     Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.         Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
(i)      Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27.
-        guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-        Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
-        Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
-        Siapakah diantara kalian yang sudah hafal Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 ?
-        Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 , untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-       Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27.                                        
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27.

(ii)      Konsulidasi Pembelajaran
§  Selanjutnya siswa membaca arti Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
§  Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf ; 56-58, As-Shad; 27  kepada siswa.
§  Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf ; 56-58, As-Shad; 27  berikut artinya dengan benar.
§  Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27.
§  Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku yang demokratis sebagaimana yang terkandung dalam isi Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf; 56 - 58, As-Shad; 27 secara berkelompok.
§  Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

(iii)      Pembentukan Sikap dan Perilaku (to be)
-        Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti perilaku untuk menjaga kelestarian lingkungan karena kerusakan lingkungan disebabkan oleh tangan jahil manusia.

c.            Kegiatan Akhir (Penutup)
-     Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf; 56 - 58, As-Shad; 27 sebagai penutup materi pembelajaran.
-     Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf; 56 - 58, As-Shad; 27.
-     Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-     Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Penilaian:      Tes perbuatan (Performance)
Tes tertulis


   
  


Bahan/Sumber Belajar:      Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI kelas 2


LEMBAR TUGAS

 
 

Salinlah Al-Quran surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf; 56 - 58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.
           

                                                                                                                     2009
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         : SMK
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 2
Waktu                        : 4 x 45 menit
Aspek                        : Aqidah

Standar Kompetensi:  8.     Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.

Kompetensi Dasar  : 
8.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab  Allah

Indikator:
  • Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
  • Menjelaskan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
  • Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.
  • Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
  • Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

Materi Ajar (Materi Pokok):
Iman kepada kitab-kitab Allah
Hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
  • Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
  • Menjelaskan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
  • Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.
  • Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
  • Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

Langkah-langkah kegiatan:
a.         Kegiatan Awal
-     Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-     Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-     Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-     Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.



b.         Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
(i)      Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
-         Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
o   Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah ?
o   Pernahkah kalian membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah ?
o   Siapakah diantara kalian yang mengetahui contoh-contoh perilaku  iman kepada kitab-kitab Allah?
-        Guru menunjuk seorang siswa yang sudah mengetahui contoh-contoh perilaku  iman kepada kitab-kitab Allah.
-        Setelah para siswa selesai membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca kembali.

(ii)      Konsulidasi Pembelajaran
§  Mendiskusikan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
§  Mendiskusikan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
§  Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah.
§  Mendiskusikan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
§  Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.

(iii)      Pembentukan Sikap dan Perilaku (to be)
-        Dalam pelajaran ini banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti Nabi- nabi penerima wahyu kitab-kitab mengajarkan ketauhidan, keimanan dan muamalah sebagai landasan atau pijakan untuk menjadi dasar hubungan kita kepada Rabb dan Manusia  .

c.            Kegiatan Akhir (Penutup)
-     Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca buku tentang beriman kepada kitab-kitab sebagai penutup materi pembelajaran.
-     Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan beriman kepada kitab-kitab Allah.
-     Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-     Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Penilaian:      Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis

Bahan/Sumber Belajar:      Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI kelas 2

LEMBAR TUGAS

 
 


Tulislah 4 nama Kitab-kitab Allah dan Nabi-nabi penerimanya  serta sebutkan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Kitab-kitab Allah.
                                                                                                            

                                                                                                                  2009
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top