SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SMK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS X SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : SMK
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester    :  X / 2
Alokasi Waktu         :  10 x 45’

Standar Kompetensi    :   4.            Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi.
Kompetensi Dasar       :   4.1          Mendeskripsikan hubungan   dasar negara dengan konstitusi.
4.2          Menganalisis substansi konstitusi negara.
4.3          Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4.4          Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi  negara.
Indikator  : 
·         Mendeskripsikan pengertian dasar negara
·         Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
·         Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
·         Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara
·         Menguraikan unsur sebuah konstitusi.
·         Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu.
·         Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
·         Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
·         Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
·         Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945.
·         Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia
·         Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.
·         Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
·         Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

I.   Tujuan Pembelajaran  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Mendeskripsikan pengertian dasar negara
*            Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
*            Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
*            Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara
*            Menguraikan unsur sebuah konstitusi
*            Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
*            Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
*            Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
*            Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
*            Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
*            Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia
*            Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.
*            Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
*            Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

II.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
     Dasar negara dan konstitusi
o      Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o      Tujuan dan Nilai  konstitusi
o   Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi
Substansi konstitusi negara
  • Muatan konstitusi negara
  • Klasifikasi konstitusi di Indonesia
  • Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945
Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
  • Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
  • Makna setiap alinia dalam pembukaan
Perkembangan konstitusi Indonesia
  • Periode berlakunya konstitusi
  • Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945
  • Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan
  • Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara

III.  Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)  

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

·         Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)
·         Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
·         Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

b.   Kegiatan Inti

1.    Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
                                         
2.    Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Dasar negara dan konstitusi
o   Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o   Tujuan dan Nilai  konstitusi
o   Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi
Substansi konstitusi negara
o   Muatan konstitusi negara
o   Klasifikasi konstitusi di Indonesia
o   Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945
Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o   Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o   Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o   Makna setiap alinia dalam pembukaan
Perkembangan konstitusi Indonesia
o   Periode berlakunya konstitusi
o   Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945
o   Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan
o   Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.

3.   Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
4.   Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
5.   Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
6.   Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
7.   Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
8.   Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C.       Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
·         Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
·         Guru menutup pelajaran dengan salam
 
     V.       Alat Dan Sumber Belajar
a.    Alat :
-          Kertas berisi undian
-          OHP
    b.  Sumber :
                        -   Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X untuk SMA
-   Buku Tata Negara untuk SMU Kelas 3
-   Dasar-dasar Ilmu Politik
-   Buku-buku lain yang relevan
-   Artikel/ berita dari media massa

      VI.      Penilaian
·         Test tertulis berbentuk essay
·         Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.
·         Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.

Mengetahui :                                                                              Pamulang,    Juli 2009
Kepala Sekolah                                                                        Guru PKn                                                                                                                         


H. Moh. Abdul Basyir, S.Ag                                           H. Moh. Abdul Basyr, S.Ag

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : SMK Khazanah Kebajikan 
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester    :  X / 2
Alokasi Waktu         :  8 x 45’

Standar Kompetensi    :   5.            Menghargai  persamaan  kedudukan warga negara dalam berbagai   aspek kehidupan
Kompetensi Dasar       :   5.1          Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia
                                             5.2          Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara.
                                             5.3.         Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
Indikator  : 
·         Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
·         Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
·         Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum
·         Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·         Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·         Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·         Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·         Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
·         Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

I.   Tujuan Pembelajaran  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·         Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
·         Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
·         Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum
·         Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·         Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·         Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·         Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·         Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
·         Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

II.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
     Warga negara dan pewarganegaraan
  • Dasar hukum yang mengatur Warga negara
  • Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
  • Syarat menjadi warga negara
  • Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
Persamaan kedudukan warga negara
  • Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
  • Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
  • contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan
  • Ras
  • Agama
  • Gender
  • Golongan,
  • Budaya, suku
III.  Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)  

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

·         Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)
·         Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
·         Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

b.   Kegiatan Inti

1.    Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2.    Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
3.    Warga negara dan pewarganegaraan
4.    Dasar hukum yang mengatur Warga negara
5.    Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
6.    Syarat menjadi warga negara
7.    Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
8.    Persamaan kedudukan warga negara
9.    Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
10. Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
11. contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
12. Persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan
§  Ras
§  Agama
§  Gender
§  Golongan,
§  Budaya, suku
13. Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
14. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
15. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
16. Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
17. Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
18. Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
19. Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C.       Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
·         Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
·         Guru menutup pelajaran dengan salam
 
      V.       Alat Dan Sumber Belajar
a. Alat :
-          Kertas berisi undian
-          OHP
    b.  Sumber :
                        -   Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X untuk SMA
-   Buku Tata Negara untuk SMU Kelas 3
-   Dasar-dasar Ilmu Politik
-   Buku-buku lain yang relevan
-   Artikel/ berita dari media massa

      VI.      Penilaian
·         Test tertulis berbentuk essay
·         Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.
·         Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.


Mengetahui :                                                                                           ,    Juli 2009
Kepala Sekolah                                                                        Guru PKn                                                                                                                         







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : SMK
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester    :  X / 2
Alokasi Waktu         :  12 x 45’
Standar Kompetensi    :   6.            Menganalisis sistem politik di Indonesia
Kompetensi Dasar       :   6.1          Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia.
                                             6.2          Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara.
                                             6.3          Menampilkan peran serta  dalam sistem politik di Indonesia
Indikator  : 
·               Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia
·               Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
·               mendeskripsikan infrastruktur politik
·               Menguraikan dinamika politik Indonesia
·               Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia
·               Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis
·               Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
·               Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
·               Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )
·               Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia

I.   Tujuan Pembelajaran  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
1.    Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia
2.    Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
3.    mendeskripsikan infrastruktur politik
4.    Menguraikan dinamika politik Indonesia
5.    Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia
6.    Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis
7.    Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
8.    Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
9.    Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )
10. Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia

II.  Materi Ajar (Materi Pokok) :
Supra struktur dan infra struktur politik
§  pengertian sistem politik Indonesia
§  cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara
§  Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat
·         partai politik
·         kelompok kepentingan
·         kelompok penekan
·         media komunikasi politik
Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara
§  Dinamika politik Indonesia
§  Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis
Peran serta  dalam sistem politik di Indonesia
§  Ciri masyarakat politik
      • Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
      • Contoh peranserta dalam system politik

III.  Metode Pembelajaran : Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)  

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

·         Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)
·         Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
·         Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

b.   Kegiatan Inti

1.    Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
                                         
2.    Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Supra struktur dan infra struktur politik
§  pengertian sistem politik Indonesia
§  cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara
§  Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat
·         partai politik
·         kelompok kepentingan
·         kelompok penekan
·         media komunikasi politik
Sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara
§  Dinamika politik Indonesia
§  Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis
Peran serta  dalam sistem politik di Indonesia
§  Ciri masyarakat politik
      • Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
      • Contoh peranserta dalam system politik

Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.

3.   Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
4.   Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
5.   Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
6.   Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
7.   Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
8.   Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

C.       Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
·         Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
·         Guru menutup pelajaran dengan salam
 
       V.       Alat Dan Sumber Belajar
a.  Alat :
-          Kertas berisi undian
-          OHP
    b.  Sumber :
                        -   Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X untuk SMA
-   Buku Tata Negara untuk SMU Kelas 3
-   Dasar-dasar Ilmu Politik
-   Buku-buku lain yang relevan
-   Artikel/ berita dari media massa

      VI.      Penilaian
·         Test tertulis berbentuk essay
·         Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya.
·         Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.


Mengetahui :                                                                                            Juli 2009
Kepala Sekolah                                                                        Guru PKn         
                                                                                                                
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SMK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS X SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top