SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH SMA DAN SMK BIOLOGI KELAS XII SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : 
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan               : 27
Alokasi Waktu         : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi  :   4.    Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar       :   4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan                             :           Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi

I.      Indikator
·        Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·        Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin

II.   Materi Ajar
·        Hipotesis asal usul kehidupan
·        Teori evolusi Darwin

III.  Metode Pembelajaran
   Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

   Pertemuan 27 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·        Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.

B.  Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
·         Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
·         Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin.

C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
      ·    Uji kompetensi tertulis

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan               : 28 dan 29
Alokasi Waktu         : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi  :   4.    Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar       :   4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Tujuan                             :   Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi

I.      Indikator
·        Menujukkkan bukti-bukti evolusi
·        Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·        Menerapkan hukum Handy-Weinberg

II.    Materi Ajar
·        Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·        Teori evolusi biologi dan kimia
·        Hukum Hardi-Weinberg

III.   Metode pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

   Pertemuan 28 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa teori evolusi.  Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
·        Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?

B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung  teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio.
·         Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi.

   Pertemuan 29 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD  prokontra evolusi Harun Yahya).

V.   Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis


                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan               : 30
Alokasi Waktu         : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 4.    Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar       : 4.3 Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
Tujuan                             :         Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi

I.      Indikator
·        Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·        Menjelaskan teori evolusi netral

II.   Materi Ajar
·        Mutasi DNA dan dampaknya
·        Teori evolusi netral
·        Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi

III.  Metode Pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

III. Langkah-Langkah Pembelajaran

   Pertemuan 30 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah adanya mutasi.

B.  Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut teori darwin.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral.
·         Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2.

C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
·         Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.


 
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan               : 31, 32, 33
Alokasi Waktu         : 6 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 5.      Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi  serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar       : 5.1    Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Tujuan                             :          Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
I.      Indikator
·        Menjelaskan pengertian bioteknologi
·        Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·        Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·        Membuat produk bioteknologi tradisional
·        Mengekstraksi DNA

1     Materi Ajar
·        Pengertian bioteknologi
·        Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
·        Rekayasa genetika  

III.  Metode pembelajaran
      Diskusi-Eksperimen

IV. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 31 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan.
      ·    Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi          

B.     Kegiatan awal (70 menit)
·          Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi.
·         Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan bioteknologi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

C.     Kegiatan inti (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern.
·         Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

Pertemuan 32 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

B.  Kegiatan inti (50 menit)
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat.
·         Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt.
·         Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan.

C.  Kegiatan akhir (30 menit)
·         Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan.
·         Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan.
·         Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan.

Pertemuan 33 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
      ·    Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

B.  Kegiatan inti (70 menit)
      ·    Siswa melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa mengamati hasil eksperimen.
      ·    Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa menyusun laporan hasil eksperimen.

C.  Kegiatan akhir (10 menit)
      ·    Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan.
      ·    Siswa mengumpulkan laporan hasil.

V.  Alat/bahan/sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis    
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis
            ·    Laporan hasil kegiatan
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.


  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : 
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas/ Semester     : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan               : 34
Alokasi Waktu         : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 5.      Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar       : 5.2    Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
Tujuan                             :          Siswa mempu menjelaskan peran dan hasil-hasil bioteknologi
I.    Indikator
·        Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·        Membuat cerita imajinasi tentang rekayasa genetika

II.    Materi Ajar
·        Tanaman transgenik dan dampaknya

III.  Metode Pembelajaran
      Diskusi-Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 31 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (15 menit)
      ·    Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
      ·    Guru meminta siswa mempelajari kasus transgenik pada Salingtemas.     

B.     Kegiatan iinti (60 menit)
·          Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok.
·         Siswa merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi.
·         Siswa mengumpulkan diskusi.

C.     Kegiatan akhir (15 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai tugas di rumah.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah Aryulina, Esis    
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
·         Laporan diskusi Salingtemas
·         Tugas fiksi ilmiah
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH SMA DAN SMK BIOLOGI KELAS XII SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top