SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH DESKRIPSI KARYA TULIS ILMIAH LENGKAP


Deskripsi Diri

BAGIAN I

Uraikan apa saja yang telah Saudara lakukan dalam beberapa tahun terakhir yang dapat dianggap sebagai prestasi dan/atau kontribusi bagi pelaksanaan dan pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi. Penulisan esai diawali dengan fakta dan/atau masalah yang dihadapi DYU, selanjutnya tulislah beberapa usaha yang dilakukan sesuai dengan kompetensi dan/atau pengalaman DYU sebagai dosen. Tambahkan hal lain yang dirasa perlu untuk menunjukkan kualitas diri.



A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran (Usaha dan Dampak perubahan)



Jelaskan usaha-usaha Saudara dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan bagaimana dampaknya.



Deskripsi jawaban:

1.   Usaha

Ø Ungkapkan terlebih dahulu fakta dan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran (boleh lebih dari satu), misal: data rendahnya nilai hasil belajar mahasiswa, keinginan belajar, dan self-confidence mahasiswa.

Ø Ungkapkan berbagai usaha yang telah Saudara lakukan untuk mengatasi masalah tersebut di atas berdasar kompetensi dan pengalaman Saudara. Misal karena sudara sudah mengikuti pelatihan AA-PEKERTI dan atau derivatnya, maka Saudara mempunyai kemampuan untuk melakukan beberapa inovasi metode pembelajaran, inovasi asesmen dan membuat buku ajar.

Ø Usaha Saudara akan dinilai baik apabila Saudara telah berusaha melakukan perubahan yang konstruktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, misalnya melakukan berbagai inovasi dalam metode pembelajaran (e-learning, pembelajaran ber-softskills, media pembelajaran, bahan ajar, inovasi penilaian hasil belajar mahasiswa, penelitian tindakan kelas, refleksi, dan merespons permintaan mahasiswa).



2.   Dampak Perubahan

Ø Jelaskan apa saja dampak perubahan dari semua usaha yang telah Saudara lakukan. Apakah dampak tersebut telah menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.

Ø Dampak perubahan akan dinilai baik apabila usaha yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran secara bermakna, misalnya kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, perbaikan atmosfer akademik, sehingga terjadi peningkatan rerata nilai hasil belajar mahasiswa atau peningkatan indeks kepuasan mahasiswa. Namun apabila perubahan tersebut tidak konstruktif maka dampak perubahan akan dinilai buruk.



B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian Pokok (Produktivitas dan Makna Karya ilmiah)



Jelaskan karya-karyailmiah yang telah Saudara hasilkan, baik dalam bentuk buku, penelitian, jurnal ilmiah, makalah yang dipresentasikan (dalam forum ilmiah), hak paten, hak cipta, artikel dalam media masa dan bagaimana keterkaitannya dengan pengembangan keilmuan Saudara! Berikan judul karya ilmiah (dan jurnalnya) Saudara.



Deskripsi jawaban:

1. Produktivitas

Jelaskan karyailmiah yang telah Saudara hasilkan, baik dalam bentuk buku, penelitian, jurnal ilmiah, makalah yang dipresentasikan dalam forum ilmiah, hak paten, hak cipta, artikel dalam media masa dan bagaimana keterkaitannya dengan pengembangan keilmuan Saudara.

Butir produktivitas akan dinilai baik apabila Saudara telah melakukan pengembangan keilmuan secara berkelanjutan dan konsisten melalui berbagai kegiatan, misalnya melakukan penelitian, menulis dan menyajikan karya ilmiah di berbagai forum, melibatkan mahasiswa dalam proses penelitian, dan memperoleh hibah penelitian. 



1.   Makna karya ilmiah

Butir makna karyailmiah akan dinilai baik apabila Saudara telah memberikan karya-karya keilmuan yang kontributif secara bermakna bagi pengembangan keilmuan. Misalnya memperoleh pengakuan publik terhadap karya keilmuan diantaranya hak paten, HAKI, penerbitan buku, bermanfaat bagi masyarakat.

Sertakan judul-judul karya ilmiah Saudara dalam matriks seperti dalam Matriks lampiran Deskripsi Diri (Terlampir)



C. Peningkatan Kualitas Manajemen/Pengelolaan Institusi (perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan, dan dukungan institusi)



Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam pengembangan manajemen pada unit kerja di perguruan tinggi Saudara, dan bagaimana implementasinya!  Berikan contoh keterlibatan Saudara!



Deskripsi jawaban:

1.  Perubahan pengelolaan

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam meningkatkan kualitas atau pengembangan manajemen pada unit kerja di perguruan tinggi Saudara.

Butir Perubahan Pengelolaan ini akan dinilai baik dan membanggakan apabila Saudara telah membuat strategi manajemen/pengelolaan yang baru dan bermanfaat bagi institusi. Butir ini akan dinilai mengecewakan apabila Saudara tidak melakukan perubahan apapun dalam pengelolaan institusi/unit, atau melakukan perubahan yang tidak bermanfaat, sekalipun telah menjalankan tugas rutinnya dengan baik.

          Berikan contoh keterlibatan Saudara dalam pengembangan manajemen seperti keterlibatan Saudara secara aktif dalam pengembangan sistem manajemen e-learning, redesain kurikulum, pengembangan sistem penjaminan mutu, aktif dalam pengembangan pendidikan, merancang strategi pengembangan penelitian dan kegiatan kemahasiswaan, merancang sistem administrasi pendidikan dan sebagainya.



2.       Implementasi kebijakan

Jelaskan keterlibatan Saudara secara aktif dalam implementasi pengembangan manajemen pada unit kerja di perguruan tinggi Saudara.

Butir Implementasi Kebijakan ini akan dinilai baik dan bermanfaat apabila Saudara telah membuat beberapa strategi manajemen/ pengelolaan institusi yang baru dan telah diimplementasikan bagi kemajuan institusi/unit tersebut.

Butir Implementasi Kebijakan ini akan dinilai sia-sia apabila Saudara pernah melakukan beberapa perubahan tetapi tidak diimplementasikan atau tidak menghasilkan perubahan.

 

3.  Dukungan institusi

Jelaskan dukungan institusi terhadap implementasi kebijakan yang Saudara lakukan. Dukungan bisa berupa regulasi, dana dan fasilitas pendukung lainnya.

Butir Dukungan Institusi ini akan dinilai baik apabila Saudara telah melakukan berbagai strategi baru manajemen/pengelolaan yang bermanfaat bagi kemajuan institusi dan mendapatkan dukungan oleh institusi Saudara. Misal pengembangan program e-learning yang Saudara lakukan, mendapatkan dukungan institusi berupa kebijakan pemberian fasilitas furnitur dan ekuipmen, serta dana.



D. Peningkatan Kualitas Kegiatan Mahasiswa (perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan, dan dukungan institusi)



Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam kegiatan kemahasiswaan dan bagaimana implementasinya! Berikan contoh keterlibatan Saudara.



Deskripsi jawaban:





1.   Perubahan pengelolaan

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara  secara aktif pada kegiatan kemahasiswaan baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasinya. Misal keterlibatan Saudara dalam penyusunan program kompetitif bagi peningkatan rasa percaya diri mahasiswa, implementasi jiwa kewirausahaan, dan berbagai kegiatan ekstra-kurikuler.

Butir Perubahan Pengelolaan ini akan dinilai baik apabila Saudara telah membuat beberapa strategi manajemen/pengelolaan institusi yang baru untuk peningkatan kualitas lulusan.



2.   Implementasi kebijakan

Jelaskan keterlibatan Saudara dalam implementasi program kegiatan kemahasiswaan yang selaras dengan kebijakan universitas.

Butir Implementasi kebijakan ini akan dinilai baik apabila Saudara telah mengimplementasikan beberapa strategi manajemen/ pengelolaan institusi yang baru untuk peningkatan kualitas lulusan.



3. Dukungan institusi

Jelaskan bentuk nyata dukungan institusi atas implementasi program kemahasiswaan yang direncanakan.

Butir Dukungan Institusi ini akan dinilai baik apabila implementasi program strategi baru manajemen/pengelolaan kemahasiswaan mendapatkan dukungan dari institusi dimana Saudara bekerja. Misal pengembangan program pengembangan kewirausahaan  yang Saudara implementasikan mendapatkan dukungan dari institusi antara lain berupa kebijakan pemberian fasilitas furniture dan equipment serta dana.



E.  Peningkatan Pengabdian kepada Masyarakat (kegiatan dan implementasi perubahan, serta dukungan masyarakat)



Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan bagaimana implementasinya. Berikan contoh keterlibatan Saudara.



Deskripsi jawaban:

1.   Usaha Perubahan

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara secara aktif melakukan upaya perubahan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga menghasilkan perbaikan yang bermakna. Misal keterlibatan Saudara dalam program penyuluhan yang diikuti dengan pengobatan gratis pada komunitas masyarakat di pedesaan dan daerah rawan pangan. Contoh lain misalnya keterlibatan Saudara dalam usaha perubahan strategi pemberantasan buta aksara masyarakat sekitar kampus.

Butir Usaha Perubahan ini akan dinilai baik apabila Saudara telah secara aktif melakukan berbagai perubahan/upaya/strategi baru untuk peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat luas dan dinilai buruk apabila tidak pernah melakukan upaya perubahan.



2. Implementasi Perubahan

Jelaskan keterlibatan Saudara dalam implementasi upaya perubahan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Misal keterlibatan Saudara dalam pelaksanaan program pemberantasan buta aksara masyarakat sekitar kampus dengan strategi baru.

Butir Implementasi Perubahan ini akan dinilai baik apabila Saudara telah mengimplementasikan berbagai perubahan/upaya/strategi baru untuk peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat luas dan dinilai buruk apabila tidak mengimplementasikan program yang direncanakan atau telah mengimplementasikan tetapi tidak membawa perubahan.



     3. Dukungan Masyarakat

Jelaskan bentuk dukungan masyarakat atas implementasi upaya perubahan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Butir Dukungan Masyarakat ini akan dinilai baik apabila implementasi upaya perubahan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat mendapatkan dukungan dari masyarakat. Misal implementasi program pemberantasan buta aksara (dimana Saudara terlibat) mendapatkan apresiai positif dari Muspida setempat dan bahkan dijadikan percontohan.



BAGIAN II

Sebagai anggota komunitas sosial, berikan deskripsi diri Saudara sendiri pada aspek-aspek berikut.



F. Karakter pribadi dalam berbagai situasi dan kondisi (kendali diri, kesabaran, ekspresi perasaan, rasionalitas)



Jelaskan karakter/kepribadian Saudara (pengendalian diri, kesabaran, empati, rasional) pada berbagai situasi. Berikan contohnya.



Deskripsi jawaban:

1.  Kendali diri

Ceritakan bahwa Saudara adalah seorang dosen yang mampu mengendalikan diri pada berbagai situasi atau kondisi yang menekan. Sebagai contoh Saudara dapat mengendalikan diri pada saat diprotes secara langsung oleh sejumlah besar mahasiswa atas cara penilaian hasil belajar yang Saudara lakukan. Contoh lain adalah kemampuan Saudara dalam mengendalikan diri saat menghadapi kenyataan bahwa indeks kepuasan mahasiswa dalam kelas tertentu terhadap cara mengajar Saudara relatif rendah.

Butir Kendali Diri ini akan dinilai kuat apabila Saudara mampu mengendalikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi yang menekan (“underpressure”).



2.  Kesabaran

Ceritakan bahwa Saudara adalah seorang dosen yang memiliki kesabaran yang cukup dalam menghadapi berbagai situasi atau kondisi yang memicu ketidaksabaran. Sebagai contoh Saudara tetap sabar menghadapi mahasiswa yang kemampuan belajarnya rendah atau mahasiswa yang tidak disiplin.

Butir Kesabaran ini akan dinilai tinggi apabila Saudara memiliki kemampuan untuk bersikap sabar dalam menghadapi berbagai hal yang tidak sesuai dengan harapan dalam berbagai situasi dan kondisi dan sebaliknya dinilai rendah apabila kurang mampu menahan diri menghadapi kekecewaan.



3.   Ekspresi Perasaan

Ceritakan bahwa Saudara adalah seorang dosen yang memiliki kemampuan empati kepada orang lain. Sebagai contoh pada saat Saudara mendengar sejawat yang berada dalam kesulitan serius, Saudara dapat mengekspresikan perasaan positif dan berempati.

Saudara akan dinilai berempati apabila memiliki kemampuan untuk dapat merasakan berbagai perasaan orang lain dan mengekspresikan dengan baik atau dengan cara yang dapat diterima. Sebaliknya dinilai antipati apabila Saudara kurang mampu untuk merasakan perasaan orang lain  dan cenderung memberikan reaksi negatif.



4.  Rasionalitas

Ceritakan bahwa Saudara adalah seorang dosen yang rasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Sebagai contoh pada saat Saudara harus menghadapi perbedaan pendapat yang serius dalam menentukan kebijakan fakultas. Dalam hal ini  Saudara bisa berfikir jernih untuk mengutamakan kepentingan pencapaian tujuan atau visi fakultas daripada kepentingan pribadi

Pada butir ini Saudara akan dinilai rasional apabila lebih mengutamakan logika dari pada perasaan dalam menghadapi berbagai masalah. Sebaliknya Saudara dinilai emosional apabila Saudara apabila lebih mengutamakan perasaan dari pada logika dalam menghadapi berbagai masalah.



G. Etos kerja (semangat, target kerja, disiplin, ketangguhan)



Jelaskan etos kerja (semangat, target kerja, disiplin, dan ketangguhan) dan bagaimana cara Saudara menghadapi masalah! Berikan contohnya!



Deskripsi jawaban:

1.   Semangat

Jelaskan bahwa Saudara selalu menjaga semangat dan motivasi untuk selalu menyelesaikan target dan kualitas tugas yang dibebankan. Misal PSD harus menyelesaikan tugas validasi portofolio DYU pada saat menjelang lebaran. Hal ini memerlukan motivasi yang memadai untuk menjaga semangat menyelesaikan tugas.

Aspek ini akan dinilai baik, bila asesor menilai bahwa esai Saudara mencerminkan adanya semangat kerja yang tinggi dalam berbagai situasi dan kondisi.



2.   Target Kerja

Jelaskan pengalaman Saudara dalam menetapkan target kerja untuk kurun waktu tertentu, beserta indikator kinerja yang teramati dan terukur. Selain itu jelaskan pula cara Saudara dalam mencapai target tersebut dan usaha Saudara untuk mengatasi kendala yang terjadi. Sebagai contoh sederhana adalah kapan Saudara menetapkan target untuk dapat menyelesaikan koreksi hasil ujian mahasiswa, sehingga Saudara tidak mengganggu sistem fakultas/program studi Saudara. Selain itu penetapan target yang jelas tercermin dalam perencanaan EWMP (EkivalenWaktu Mengabdi Penuh).

Saudara akan dinilai memiliki target yang jelas dalam bekerja apabila saudara memiliki skedul atau rentang waktu yang jelas untuk mencapai target, serta cara mengukur target tersebut sehingga mendukung peran Saudara sebagai dosen.



3.   Disiplin

Ekspresikan kedisiplinan Saudara sebagai dosen dalam mengelola berbagai kegiatan yang terkait Tridarma Perguruan Tinggi, terutama kedisiplinan Saudara mengelola kegiatan pembelajaran. Misal kedisiplinan dalam menepati janji pada orang lain, dan kepatuhan serta ketaatan pada aturan dan tata tertib institusi, diantaranya adalah menepati  jadwal perkuliahan atau pembimbingan skripsi. Selain itu kedisiplinan internal terhadap diri sendiri juga sebaiknya dijelaskan.

Saudara pada butir ini akan dinilai baik bila esai Saudara mencerminkan kepatuhan dan ketaatan Saudara pada aturan dan tata tertib dalam bekerja sebagai dosen pada berbagai situasi dan kondisi. Sebaliknya apabila tercermin ketidakpatuhan Saudara pada tata tertib maka penilaian butir ini akan tidak baik.



4.   Ketangguhan

Pada  aspek ketangguhan, jelaskan berbagai pengalaman yang mencerminkan bahwa Saudara adalah salah satu dosen dapat diandalkan fakultas karena ketangguhan Saudara dalam berperan mencapai visi dan misi fakultas serta ketangguhan dalam mencapai target personal. Sebagai contoh adalah ketangguhan Saudara dalam menyelesaikan disertasi ditengah keterbatasan peralatan dan informasi.

          Nilai ketangguhan akan tinggi bila penjelasan dalam esai menunjukkan bahwa Saudara termasuk dosen yang tidak mudah menyerah dalam mencapai target kerja yang telah ditetapkan, sekali pun menghadapi banyak rintangan.



H. Integritas Diri (kejujuran, keteguhan pada prinsip, konsistensi, tanggung jawab dan keteladanan)



Jelaskan dan beri contoh  integritas Saudara dalam kaitannya dengan kejujuran, keteguhan prinsip, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan  yang dapat ditunjukkan di lingkungan Saudara.  Berikan contohnya.



Deskripsi jawaban:

1.   Kejujuran

Jelaskan bahwa Saudara memegang teguh kejujuran sebagai salah satu ciri seorang dosen. Dalam menulis esai deskripsi diri, usahakan untuk tidak pernah menilai kejujuran ini secara langsung oleh Saudara sendiri, tetapi sebaiknya dilakukan secara tidak langsung baik melalui angket maupun pendapat orang lain. Bila Saudara pernah menjadi bendahara proyek universitas selama beberapa tahun, yang mengelola uang dalam jumlah besar, maka hal ini diceritakan bagaimana Tim Monev keuangan menyatakan bahwa kondisi keuangan “bersih”.

Nilai butir kejujuran akan tinggi bila Saudara diketahui tidak melakukan kecurangan, kebohongan, penipuan, dan perbuatan semacamnya.



2.   Keteguhan pada prinsip

Jelaskan bahwa Saudara adalah seorang dosen yang teguh pada prinsip, dengan menyampaikan beberapa pengalaman saudara yang terkait dengan masalah ini. Misal keteguhan saat saudara harus memperjuangkan sebuah hak akademis dengan rasional yang benar dan jelas, namun menghadapi banyak tentangan karena faktor non akademis.

Butir aspek ini dinilai baik apabila Tim Penilai mendapat kesan bahwa Saudara mempunyai keyakinan yang kuat mengenai sesuatu dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain untuk berubah.





3.   Konsistensi

Jelaskan bahwa Saudara adalah seorang yang konsisten atau taat pada segala sesuatu yang sudah ditetapkan atau yang menjadi keyakinan. Sebagai contoh adalah konsistensi saudara dalam menjalankan program pengembangan institusi sebagai hasil sebuah kesepakatan.

Saudara akan dinilai baik apabila dari esai Saudara tercermin bahwa Saudara memiliki kemampuan untuk memelihara kesesuaian antara kata dan perbuatan dalam berbagai situasi dan kondisi.



4.   Tanggung jawab

Jelaskan pengalaman Saudara yang terkait dengan kenyataan bahwa Saudara mempunyai tanggungjawab besar sebagai seorang dosen, baik tanggungjawab Saudara terhadap diri sendiri, atasan, sejawat maupun mahasiswa. Sebagai contoh adalah tanggungjawab saudara dalam menunaikan tugas dan kewajiban serta mampu menjaga nama baik pribadi dan institusi

Saudara akan dinilai bertanggungjawab apabila ternyata Saudara dinilai dapat menunaikan tugas dan kewajiban yang menjadi beban dan pekerjaannya, serta mampu menjaga nama baik pribadi dan institusi.



5.   Keteladanan

          Ceritakan bahwa Saudara telah menjalani profesi Saudara sebagai dosen atau guru yang dapat digugu dan ditiru. Keteladanan ini nyatakan secara tidak langsung, dan bukan Saudara yang memuji diri sendiri.

          Butir ini mempunyai nilai tinggi bila Saudara mampu menjadi contoh yang baik dalam bersikap dan berperilaku bagi orang-orang di sekitarnya; menjadi sumber inspirasi, tempat bertanya dan meminta nasihat bagi banyak orang di dalam dan luar kampus













I. Keterbukaan terhadap kritik, saran, dan pendapat orang lain (penyikapan, penerimaan)

                  

Jelaskan bagaimana Saudara menyikapi kritik, saran dan pendapat orang lain?  Berikan contohnya.



Deskripsi jawaban:

1.  Penyikapan terhadap kritik, saran, dan pendapat orang lain

Jelaskan bagaimana Saudara telah menyikapi kritik, saran dan pendapat orang lain, terutama bila pendapat tersebut bertentangan dengan pendapat Saudara.

Penilaian terhadap butir ini akan tinggi bila Saudara dapat menyikapi dan menghadapi kritik, saran, dan pendapat orang lain dengan yang baik dan sopan.



2.  Penerimaan terhadap kritik, saran, dan pendapat orang lain

Jelaskan bagaimana Saudara dapat menerima kritik, saran dan pendapat orang lain, terutama bila kritik tersebut disampaikn secara terbuka.

Penilaian terhadap butir ini akan baik  bila Saudara mampu menerima kritik, saran, dan pendapat orang lain yang lebih baik dan lebih sesuai dari apa yang telah Saudara sampaikan.



J. Peran sosial (kemampuan kerja sama, kemampuan komunikasi)



Bagaimana  kemampuan Saudara dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi dengan berbagai pihak (teman sejawat, staf administrasi, atasan, mahasiswa, dan masyarakat)?  Berikan contohnya!)



Deskripsi jawaban:

1.  Kemampuan kerja sama

Jelaskan bagaimana  kemampuan Saudara dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak secara benar dan baik.

Saudara akan mendapat penilaian tinggi apabila esai deskripsi diri mencerminkan kemampuan saudara untuk bekerja sama dalam satu tim kerja, serta mampu menempatkan diri dengan baik sebagai anggota tim kerja



2.  Kemampuan komunikasi

Jelaskan bagaimana  kemampuan Saudara dalam berkomunikasi dengan berbagai pihak

Butir ini akan dinilai baik apabila Saudara mempunyai kemampuan  berkomunikasi dengan baik dalam satu tim kerja, dan dapat  menyampaikan serta memahami dengan baik gagasan dan pesan yang disampaikan secara verbal



K. Orisinalitas (kreativitas dan inovasi)



Jelaskan kemampuan Saudara dalam menemukan dan menerjemahkan ide-ide baru untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dalam berbagai aspek pekerjaan Saudara.  Berikan contohnya.



Deskripsi jawaban:


Jelaskan kemampuan Saudara dalam menemukan dan menerjemahkan ide-ide baru untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dalam berbagai aspek pekerjaan Saudara. 

Saudara dinilai dosen yang kreatif apabila Saudara  mampu merespon berbagai peluang untuk perubahan dan perbaikan dalam berbagai aspek – pribadi maupun pelaksanaan pekerjaan (Tridharma Perguruan Tinggi), sehingga memiliki beragam ide baru yang unik dan khas.



2.  Inovasi

Jelaskan bahwa Saudara selalu berusaha menghasilkan karya inovatif terutama terkait dengan peran Saudara sebagi dosen, baik inovasi dalam strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan berbagai penelitian inovatif untik meningkatkan kualitas pembelajaran.

Butir ini akan dinilai tinggi apabila Saudara mampu  menerjemahkan dan mengimplementasikan gagasan dan ide baru dalam praksis dan karya nyata dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari



Deskripsi diri ini saya buat dengan sesungguhnya dan jika diperlukan saya bersedia untuk menyampaikan bukti-bukti terkait.



                                                                             Surabaya, .... Mei 2009

Mengetahui                                                         Dosen yang bersangkutan

Atasan Langsung









Nama                                                                  Nama

NIP/NIK                                                               NIP/NIK


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH DESKRIPSI KARYA TULIS ILMIAH LENGKAP"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top