SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

STRUKUTUR KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR (SD)




 PENGERTIAN

Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar  dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran.  Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.

Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai  posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

STRUKTUR KURIKULUM SD/MADRASAH IBTIDAIYAH

Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:


MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
I
II
III
IV
V
VI
Kelompok A






1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
4
4
4
4
4
4
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5
6
6
4
4
4
3.
Bahasa Indonesia
8
8
10
7
7
7
4.
Matematika
5
6
6
6
6
6
5.
 Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
-
3
3
3
6.
 Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
3
3
3
Kelompok B






1.
Seni Budaya dan Prakarya
(termasuk muatan lokal)*
4
4
4
6
6
6
2.
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
(termasuk muatan lokal)
4
4
4
3
3
3
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
30
32
34
36
36
36
= Pembelajaran Tematik Integratif


Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah

Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
-          Pramuka (Wajib)
-          UKS
-          PMR

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.

Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.

BEBAN BELAJAR

Beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit.

Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.


BAB II

ORGANISASI KOMPETENSI DASAR

DALAM MATA PELAJARAN



Mata pelajaran adalah unit organisasi Kompetensi Dasar yang terkecil. Untuk kurikulum SD/MI organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan melalui pendekatan  terintegrasi (integrated curriculum). Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran yang mengintegrasikan konten mata pelajaran IPA dan IPS di kelas I, II, dan III ke dalam mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Dengan pendekatan ini maka struktur Kurikulum SD/MI menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran berkurang.

Prinsip pengintegrasian IPA dan IPS di kelas I, II, dan III di atas dapat diterapkan dalam pengintegrasian muatan lokal. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan seni, budaya dan keterampilan, serta bahasa daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Selain melalui penyederhanaan jumlah mata pelajaran, penyederhanaan dilakukan juga terhadap Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran. Penyederhanaan dilakukan dengan menghilangkan Kompetensi Dasar yang tumpang tindih dalam satu mata pelajaran dan antarmata pelajaran, serta Kompetensi Dasar yang dianggap tidak sesuai dengan usia perkembangan psikologis peserta didik.

Di kelas IV, V, dan VI nama mata pelajaran IPA dan IPS tercantum dan memiliki Kompetensi Dasar masing–masing. Untuk proses pembelajaran Kompetensi Dasar IPA dan IPS, sebagaimana Kompetensi Dasar mata pelajaran lain, diintegrasikan ke dalam berbagai tema. Oleh karena itu, proses pembelajaran semua Kompetensi Dasar dari semua mata pelajaran terintegrasi dalam berbagai tema.


 BAB III

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR



Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah  keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar  satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara  konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar  dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).







Kompetensi Inti SD adalah sebagai berikut:
KOMPETENSI INTI
KELAS I DAN KELAS II
KOMPETENSI  INTI
KELAS  III
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



KOMPETENSI  INTI
KELAS IV
KOMPETENSI  INTI
KELAS V DAN VI
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar SD/MI untuk setiap mata pelajaran tercantum pada Lampiran 1A s.d. Lampiran 9 yang mencakup: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Daftar Tema dan Alokasi Waktunya.


BAB IV

PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF



Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.

Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.

Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.



LAMPIRAN



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


KELAS: I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

1.1       Berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2       Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Pengayang.
1.3       Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4       Bersuci sebelum beribadah
1.5       Membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
2.2       Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan  Al-Ikhlas
2.3       Memiliki perilaku hormat  dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
2.4       Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq ayat 1 s.d. 5
2.5       Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‘Alaq ayat 1 s.d. 5
3.2       Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan  sekolah
3.3       Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4       Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5       Mengenal makna doa sebelum dan sesudah belajar
3.6       Mengenal tata cara bersuci
3.7       Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8       Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam A.S
3.9       Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris A.S
3.10   Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
3.11   Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Melafalkan  huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.2       Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
4.3       Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
4.4       Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.5       Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
4.6       Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.7       Menceritakan contoh perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
4.8       Mempraktekkan tata cara bersuci
4.9       Menceritakan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
4.10   Menceritakan  kisah keteladanan Nabi Adam A.S
4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris A.S
4.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
4.13   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.14   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Berwudhu sebelum shalat
1.2       Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3       Berdo’a sebelum dan sesudah makan
1.4       Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.2       Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
2.3       Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2       Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3       Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4       Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat 
3.5       Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr
3.6       Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.7       Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu
3.8       Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah makan
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
3.10   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
3.11   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
3.13   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2       Melafalkan Q.S. An-Nas  dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas  dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4       Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5       Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar
4.6       Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.2       Berdzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.3       Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.2       Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.3       Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.4       Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan  Nabi Muhammad SAW
2.5       Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2       Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahab, Al-‘Alim, As-Sami’
3.3       Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.4       Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5       Mengerti makna dzikir dan doa setelah shalat
3.6       Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)
3.10   Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian  sebagai wujud dari keteladanan nabi
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Qur’an dengan benar
4.2       Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Qur’an dengan benar
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.4       Mencontohkan perilaku tawadlu, ihlas, dan mohon petolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
4.5       Mempraktikkan tata cara shalat, dzikir,  dan doa setelah shalat secara benar
4.6       Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah
4.7       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
4.8       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
4.9       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.2       Mengamalkan  kebajikan kepada sesama manusia sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.3       Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.4       Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.5       Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.2       Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
2.3       Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan  Nabi Muhammad SAW
2.4       Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa A.S
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2       Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Adhim
3.4       Memahami makna bacaan sholat
3.5       Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.6       Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi  a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa A.S
3.9       Mengetahui kisah keteladan wali-wali Allah
3.10   Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan tartil
4.2       Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan benar
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma’un dan  Al-Fil dengan lancar.
4.4       Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.5       Menceritakan pengalaman  melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah.
4.6       Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
4.7       Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
4.8       Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
4.9      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa A.S
4.10   Menceritakan kisah keteladanan wali-wali Allah


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Membaca al-qur’an dengan tartil.
1.2       Menyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3       Melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4       Melaksanakan shalat  tarawih dan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul Nya
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah
2.2       Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tiin
2.3       Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.4       Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan  Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain .
3.1       Mengenal nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi
3.2       Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3       Mengetahui makna Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan benar
3.4       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
3.5       Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10   Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al Qur’an
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.2       Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.4       Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5       Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah


KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2       Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3       Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4       Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5       Berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
1.6       Bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1       Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.2       Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.3       Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.4       Memiliki sikap fathonah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.1       Mengetahui  makna  Q.S.  Al-Kafirun  dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
3.2       Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3       Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4       Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar  yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5       Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa
3.10   Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW
3.11   Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2  dengan jelas dan benar
4.2       Menulis  Q.S.  Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2   dengan benar
4.3       Menyebutkan arti  Q.S.  Al-Kafirun  dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.4       Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.5       Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Allah Tritunggal
1.1       Menerima dan mensyukuri dirinya sebagai pemberian Allah, dan menyebutkan kegunaan anggota-anggota tubuhnya dengan berbagai cara.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Nilai-nilai Kristiani
2.1       Menerima dan merespons kasih Allah dengan cara mengasihi teman, keluarganya, bersikap baik dan hormat pada keluarga.
2.2       Menerima dan mensyukuri hidup bersama dengan orang lain dengan cara menghargai dan mengasihi teman dan orang lain yang ada di sekitarnya.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Menerima dan mensyukuri alam ciptaan Allah melalui doa, permainan, nyanyian dan tindakan sederhana.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia



KELAS: II
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Allah Tritunggal
1.1       Menghayati dan mensyukuri pemeliharaan Allah pada dirinya dan anggota keluarganya melalui doa, puisi, membuat gambar atau karya sederhana.
2.            Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Nilai-nilai Kristiani
2.1       Menyebutkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana: melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai usia dan kemampuannya
3.            Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Menyebutkan cara menjaga kerukunan di lingkungan sekitar tempat tinggal dengan memberi salam pada orang yang lebih tua, bermain dengan teman di sekitar rumah dalam suasana damai dan harmonis.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
4.1       Menerapkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana: melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai usia dan kemampuannya.
4.2       Menerima dan menerapkan hidup rukun di sekolah dengan cara menjaga ketenangan dan disiplin di kelas.


KELAS: III
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Allah Tritunggal
1.1       Menerima dan memahami kehadiran Allah dalam peristiwa-peristiwa alam.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
Nilai – nilai Kristiani
2.1       Menghayati dan mensyukuri kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa sebagai pemberian Allah.
2.2       Menghargai dan mengasihi sesama manusia dalam berbagai perbedaan serta menolong orang lain yang sedang menderita atau membutuhkan pertolongan.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami kehadiran Allah melalui keberagaman flora, fauna dan iklim di sekitarnya, dengan cara mencari dan menemukan dari berbagai sumber.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memelihara alam ciptaan Allah di sekitarnya dengan menyiram tanaman, membuat karangan sederhana atau puisi tentang memelihara alam.


KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Allah Tritunggal
1.1       Memahami kemaha-kuasaan Allah dalam berbagai peristiwa kehidupan: ulang tahun, gagal, dan sukses
1.2       Memahami dan mengakui keterbatasan dirinya sebagai manusia.
Nilai-nilai Kristiani
1.3       Menghayati dan mensyukuri kebergantungannya pada kemahakuasaan Allah.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.

3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menghayati dan menerapkan komitmen sebagai orang yang percaya kepada kemaha-kuasaan Allah


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Allah Tritunggal
1.1       Menjelaskan bahwa manusia berdosa telah diselamatkan oleh Yesus Kristus.
1.2       Menjelaskan peran Roh Kudus dalam proses pertobatan dengan belajar dari tokoh Alkitab.
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Menerapkan hidup sebagai orang yang sudah diselamatkan dengan cara menjadi teladan bagi orang lain.
3.            Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
Nilai-nilai Kristiani
3.1       Menyebutkan ciri-ciri orang yang sudah bertobat: hidup jujur dan benar di hadapan Allah dan sesama.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Nilai-nilai Kristiani
4.1       Membuat refleksi tentang pertobatan manusia melalui puisi atau doa.


KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Allah Tritunggal
1.1       Menjelaskan dan menghayati hakekat ibadah dengan cara membiasakan diri mengikuti ibadah di Sekolah Minggu, setia berdoa dan membaca Alkitab.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
Nilai-nilai Kristiani
2.1       Mengamalkan sikap melayani sesama sebagai ungkapan ibadah kepada Allah.

3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengevaluasi perwujudan ibadah sejati dalam sikap hidup sehari-hari melalui refleksi dan penilaian diri



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Memahami Allah sebagai pencipta yang Maha Baik
1.2       Memahami kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik dan memelihara
1.3       Memahami doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah 
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Memahami lingkungan  rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
3.2       Memahami lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengenal anggota tubuh yang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah
4.2       Berdoa sesuai dengan  rumusan doa harian


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti: Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub
1.2       Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam kisah kanak-kanak Yesus
2.           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mensyukuri kehadiran  sanak saudara sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya
2.2       Mensyukuri kehadiran  teman sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Menyatakan iman kepada Allah melalui doa
3.2       Mengenal sikap-sikap doa dan maknanya
3.3       Memperagakan sikap-sikap doa
3.4       Mengenal tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
3.5       Menciptakan kerukunan dengan tetangga sebagai bentuk relasi kasih dengan sesama
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 



KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh  tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti:Yakub, Yusuf dan Musa dan Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis
1.2       Meneladani Yesus dan karya-Nya melalui kisah  percakapan Yesus dengan Nikodemus, penggandaan lima roti - dua ikan, dan kisah anak yang hilang
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memahami  bahwa dirinya mengalami pertumbuhan dan perkembangan dan mensyukurinya sebagai anugerah Allah
2.2       Menghargai bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk  membedakan perbuatan baik dan buruk
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengenal makna dan tata perayaan sakramen  Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda keselamatan Allah kepada manusia
3.2       Terlibat dalam kegiatan Gereja sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengenal tokoh- tokoh,budaya, dan kebiasaan masyarakat sebagai wujud karya keselamatan Allah
4.2       Terlibat dalam kegiatan masyarakat sebagai perwujudan kesadaran dirinya yang merupakan bagian dari masyarakat


KELAS : IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Memahami  Allah yang setia pada janjiNya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup
1.2       Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai karya keselamatan Allah 
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memahami kekhasan diri secara fisik sebagai anugerah Allah 
2.2       Memahami kemampuan dan keterbatasan diri agar dapat memperkembangkan diri 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami Firman Allah yang melandasi relasi dengan orang tua
3.2       Memahami Firman Allah yang melandasi dalam relasi dengan  sesama
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memahami  aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah
4.2       Berdoa secara spontan dalam doa pribadi  dan doa bersama.


KELAS : V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam  kisah Daud, Salomo dan Ester.
1.2       Memahami makna  karya keselamatan  Allah melalui peristiwa Yesus yang sengsara, wafat dan bangkit
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
2.2       Menghargai sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling membutuhkan dan melengkapi
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami hidup baru dalam Rohkudus yang terungkap melalui doa-doa
3.2       Mewujudkan karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memahami buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat
4.2       Mewujudkan nilai-nilai  kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Rohkudus


KELAS : VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Memahami karya keselamatan Allah melalui para nabi
1.2       Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Bangga menjadi warga negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman sebagai karunia Allah
2.2       Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada.
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami ciri-ciri Gereja sebagai sakramen keselamatan bagi dunia
3.2       Melibatkan diri dalam karya pelayanan Gereja.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memahami aneka tantangan zaman di tengah masyarakat
4.2       Menanggapi aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai tuntunan hidup
1.2       Menerima ajaran Subha Karma dan Asubha Karma
1.3       Membaca Mantram-mantram dalam agama Hindu
1.4       Menghafal Mantram-mantram agama Hindu
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku jujur melalui ajaran Subha Karma dan memperkecil ajaran Asubha Karma.
2.2       Memiliki perilaku jujur, santun dan bertanggungjawab melalui ajaran perilaku Tri Kaya Parisudha.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Mengamati jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi.
3.2       Mengamati perbedaan jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi dengan hasil karya manusia.
3.3       Mengamati makhluk hidup dengan benda mati.
3.4       Membaca kitab-kitab suci agama Hindu.
3.5       Mengamati perbedaan kitab-kitab suci agama Hindu, kitab-kitab suci agama di Indonesia, dan buku biasa.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Melafalkan lagu keagamaan Hindu
4.2       Menceritakan kisah dan perjalanan orang suci Hindu ke Bali secara singkat
4.3       Mendengarkan lagu keagamaan Hindu


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima Atma sebagai sumber hidup
1.2       Menerima fungsi dan sifat Atma dalam agama Hindu
1.3       Menerima konsep Tri Murti dalam kehidupan
1.4       Menerima sakti-sakti dalam Tri Murti sebagai sumber kekuatan Dewa Tri Murti
1.5       Menghafalkan puja Tri Sandhya
1.6       Melafalkan Panca Sembah
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Memiliki perilaku disiplin dan percaya diri untuk menghindari ajaran Tri Mala dalam kehidupan
2.2       Memiliki perilaku sesuai ajaran Catur Paramitha dalam kehidupan
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengamati tokoh-tokoh dalam ceritera Ramayana
3.2       Mendengarkan cerita tokoh-tokoh Ramayana yang menegakkan Dharma
3.3       Membaca sejarah lahirnya kawitan Bali Aga
3.4       Melihat ciri-ciri khusus kawitan Bali Aga
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan tokoh-tokoh yang berbuat Dharma dan yang melanggar Dharma
4.2       Menyajikan ajaran Catur Paramitha


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima konsep Tri Parartha dalam kehidupan
1.2       Menerima konsep Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagawadgita sebagai landasan etika moral
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki rasa tanggungjawab terhadap dampak karma baik dan karma buruk dalam kehidupan.
2.2       Memiliki rasa percaya diri dalam berkarma baik dan menghindari karma buruk.
2.3       Memiliki perilaku peduli dan santun sesuai ajaran Tri Parartha dalam kehidupan sehari-hari.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengamati tokoh-tokoh utama dalam Mahabharata
3.2       Membaca peninggalan arkelogis perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia
3.3       Mengetahui nama-nama planet dalam tata surya
3.4       Mengetahui nama-nama hari dalam kitab suci Veda
3.5       Mengamati tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
3.6       Melihat tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan setiap bagian kisah dalam Mahabharata secara singkat
4.2       Menceritakan perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima ajaran Punarbhawa sebagai bagian dari Sraddha
1.2       Menerima orang-orang suci dalam agama Hindu sebagai penuntun kebenaran
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku yang disiplin dalam menghindari ajaran Catur Pataka.
2.2       Memiliki sikap santun dalam menghargai orang suci agama Hindu
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Membaca kisah-kisah Sapta Rsi penerima wahyu Veda
3.2       Mengelompokkan wahyu Veda yang diterima oleh Sapta Rsi
3.3       Menyebutkan hari-hari suci agama Hindu.
3.4       Mengkatagorikan hari-hari suci agama Hindu
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan ciri-ciri kelahiran Sorga dan kelahiran Neraka
4.2       Menceritakan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat
4.3       Menceritakan kejayaan agama Hindu di Indonesia secara singkat
4.4       Menceritakan keruntuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima konsep Moksha sebagai tujuan akhir manusia
1.2       Menerima jenis-jenis Mokhsa dalam agama Hindu
1.3       Menjalankan konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan
1.4       Menerima Catur Guru sebagai pembentuk etika dalam kehidupan
1.5       Menerima kitab Suci Veda sebagai sumber hukum Hindu
1.6       Menerima dan mengenal kodifikasi Veda dalam kitab suci
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku peduli, dan tanggungjawab  dengan cara menerapkan ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan
2.2       Memiliki perilaku jujur, santun, dan disiplin dengan mengaplikasikan sikap bhakti kepada Catur Guru.
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Melihat tempat-tempat  suci dalam agama Hindu
3.2       Mengamati ciri khusus perbedaan tempat-tempat suci agama Hindu
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan bukti peninggalan sejarah masa pertumbuhan agama Hindu Nusantara secara singkat
4.2       Menyajikan bukti peninggalan sejarah masa kejayaan agama Hindu Nusantara


KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima ajaran Tri Rna sebagai hutang manusia yang dibawa sejak lahir
1.2       Menerima kitab Bhagavadgita sebagai pancama Veda
1.3       Menjalankan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan
1.4       Menerima dan mengendalikan ajaran Sad Ripu dalam kehidupan sehari-hari
1.5       Membaca isi pokok kitab suci Bhagavadgita
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman melalui korelasinya Tattwamasi dengan Itihasa
2.2       Memiliki rasa tanggungjawab terhadap akibat dari prilaku Sad Ripu dalam cerita Itihasa
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengamati hubungan Tri Rna dengan Panca Yadnya dalam kehidupan
3.2       Melihat korelasi bagian-bagian Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mendemontrasikan sloka-sloka Bhagavadgita
4.2       Mempraktikkan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan
4.3       Menceritakan korelasi bagian-bagian panca Sraddha melalui Itihasa secara singkat


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
1.2       Menerima keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Memiliki sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain
2.2       Menumbuhkan sifat-sifat ketuhanan  dan cara Buddha menyelamatkan makhluk hidup
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengenali tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
3.2       Mengenali simbol-simbol agama Buddha
3.3       Mengetahui silsilah Pangeran Siddharta
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan peristiwa mimpi Ratu Mahamaya dan kelahiran Pangeran Siddharta
4.2       Menceritakan peristiwa upacara pemberian nama Pangeran Siddharta


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima kisah tentang kebijaksanaan
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Mengembangkan sifat malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat sebagai landasan kemoralan
2.2       Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Menceritakan peristiwa membajak sawah
3.2       Membedakan perbuatan baik dan buruk
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
4.1       Menerapkan kisah tentang kejujuran
4.2       Melaksanakan  macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
4.3       Meneladan kisah tentang  persahabatan
4.4       Menerapkan kisah tentang  kasih sayang
4.5       Menerapkan sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengamalkan hari-hari raya agama Buddha
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Meneladan tokoh yang berkisahkan pengorbanan
2.2       Menghayati Pancasila Buddhis dalam kehidupan sehari-hari
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menguraikan manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis
3.2       Menjelaskan lima pengorbanan Boddhisattva
3.3       Menguraikan manfaat merayakan hari-hari raya agama Buddha.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah
4.2       Menceritakan  semangat belajar Pangeran Siddharta
4.3       Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab anak terhadap orangtua
4.4       Melaksanakan kewajiban dan tenggung jawab peserta didik terhadap guru


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Membiasakan diri untuk selalu melakukan puja bakti setiap hari
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki Dharma yang membuat seseorang menjadi lemah lembut dan baik hati
2.2       Menunjukkan  pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih  kepada orang yang telah memberikan pertolongan
2.3       Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menjelaskan  makna, tujuan, dan manfaat melaksanakan puja bakti
3.2       Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia
3.3       Mengidentifikasi candi-candi yang digunakan dalam upacara Waisak dan upaya pelestariannya
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengungkapkan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta
4.2       Menceritakan empat peristiwa yang dilihat Pangeran Siddharta
4.3       Menceritakan peristiwa Pelepasan Agung Pangeran Siddharta


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha
1.2       Menerima konsep Hukum Karma dan Kelahiran Kembali
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian sosial
2.2       Menunjukkan  sikap yang tepat saat merawat dan mendoakan orang sakit
2.3       Menunjukkan cara melatih diri untuk menjaga pikiran ketika sedang sakit
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menjelaskan hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum kebenaran
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan masa Petapa Gotama berguru
4.2       Menyajikan cerita peristiwa Petapa Gotama menyiksa diri
4.3       Menceritakan  peristiwa Petapa Gotama digoda oleh mara dan sepuluh bala tentaranya
4.4       Menerapkan cara-cara berdana yang baik dan benar sesuai ajaran Buddha


KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima konsep meditasi dalam kegiatan sehari-hari
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih meditasi
2.2       Menunjukkan sikap tenang dalam menghadapi persoalan sebagai hasil  pelaksanaan  meditasi pernafasan dan cinta kasih
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mendeskripsikan  tujuan akhir umat Buddha
3.2       Membedakan surga dengan tujuan akhir
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah Rumah Terbakar
4.2       Memaparkan kisah perumpamaan tentang Orang yang Luka Terkena Panah Beracun
4.3       Menceritakan  kisah perumpamaan tentang Kembalinya Anak yang Hilang”
4.4       Menguraikan lima mimpi Petapa Gotama dan perjumpaannya dengan Sujata
4.5       Menceritakan keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
4.6       Melakukan latihan meditasi pernafasan dan cinta kasih dengan benar



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: I
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Meyakini bahwa orang tua adalah wali Tian bagi anaknya
1.2       Meyakini tanda-tanda gaib ( Gan Sheng) menjelang kelahiran Nabi Kongzi
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mencontoh teladan Nabi Kongzi semasa kecil (rajin belajar, sikap hormat kepada Tian)
2.2       Membiasakan berdoa pagi-sore, sebelum makan dan  menjelang tidur
2.3       Menghormati orang tua sebagai wujud hormat kepada Tian
2.4       Membiasakan bersyukur dan berterima kasih terhadap pemberian yang diterima. 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Menyebutkan istilah  sebutan Tian dalam agama Khonghucu
3.2       Menunjukkan ciptaan-ciptaan Tian
3.3       Menceritakan   keluarga  Kong Shu Lianghe sebelum  kelahiran Nabi Kongzi dan kekhusyukan  ibu Yan Zhengzai dalam bersembahyang kehadirat Tian
3.4       Menyebutkan orang tua dan saudara Nabi Kongzi
3.5       Menceritakan kebiasaan Nabi Kongzi semasa kecil
3.6       Menjelaskan  makna  sikap  Delapan Kebajikan (bade)
3.7       Menyebutkan makna sembahyang dan doa
3.8       Menyebutkan sembahyang dan berdoa kepadaTuhan, Nabi, dan leluhur
3.9       Mengemukakan nilai- nilai penghormatan terhadap Tuhan,Nabi Kongzi, dan leluhur yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
3.10   Memahami bahwa manusia diciptakan Tian melalui kedua orang tua
3.11   Menjelaskan  manfaat segala ciptaan Tuhan bagi kehidupan manusia.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran Tuhan, Nabi Kongzi dan kebajikan
4.2       Mempraktikkan sikap Delapan Kebajikan ( bade) di lingkungan rumah dan sekolah.
4.3       Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran kepada Tuhan, Nabi Kongzi, dan leluhur.


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meyakini sikap mau mengalah adalah benih karunia Tian dalam diri manusia yang harus dikembangkan dalam kehidupan ini 
2.           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,  dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Bertutur kata santun dan jujur kepada saudara
2.2       Menunjukkan sikap hormat kepada guru
2.3       Menunjukkan sikap peduli dan menolong kepada teman
2.4       Menunjukkan sikap mau mengalah dan membantu kepada saudara dan orang yang lebih tua
2.5       Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap kebutuhan diri sendiri
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Meneladani sikap bakti, suka mengalah & menolong dari tokoh Rujiao
3.2       Memahami makna keluarga inti, tugas dan kewajiban masing-masing anggota keluarga
3.3       Menceritakan jasa-jasa orang tua dalam memberikan perawatan dan bimbingan
3.4       Memahami hubungan persaudaraan dengan keluarga besar ayah dan ibu
3.5       Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
3.6       Mengetahui fungsi dan macam-macam dupa (xiang)
3.7       Menjelaskan cara menggunakan dupa (xiang) sesuai dengan keperluannya
3.8       Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
4.1       Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar
4.2       Melafalkan ayat-ayat suci dari kitab Si Shu
4.3       Melakukan/mempraktekkan hormat dengan Bai (merangkap tangan) sesuai dengan tingkatan dan keperluaannya
4.4       Melakukan /mempraktekkan hormat dengan membungkukkan badan (Ju Gong)
4.5       Melakukan /mempraktek-kan hormat dengan berlutut (Gui)
4.6       Mendemonstrasikan sembahyang dengan menggunakan dupa (Xiang)


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Meyakini delapan keimanan sebagai landasan keimanan umat Khonghucu
1.2       Menyakini tanda-tanda khusus (gaib) menjelang wafat Nabi Kongzi
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Meneladani  perilaku luhur Nabi Kongzi  dalam kesehariannya
2.2       Meneladani kesukaan dan ketidaksukaan Nabi Kongzi
2.3       Meneladani perilaku luhur murid-murid Nabi Kongzi
2.4       Menunjukkan sikap menghargai waktu
2.5       Menunjukkan sikap lembut dan penuh perhitungan
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menyebutkan poin-poin delapan  keimanan
3.2       Menyebutkan perlengkapan yang ada pada altar di Litang/Miao
3.3       Mengidentifikasikan peralatan (piranti) yang ada pada altar.
3.4       Menyebutkan fungsi dari setiap peralatan (Piranti) yang ada pada altar
3.5       Mengemukakan nilai-nilai keteladanan Nabi Kongzi yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.6       Menceritakan murid-murid utama Nabi Kongzi (Yan Hui , Zi Lu , Zi Gong, Zheng Zi)
3.7       Menceritakan masa kecil kehidupan Mengzi
3.8       Menyebutkan prinsip- prinsip moral yang ditegakkan kembali oleh Mengzi tentang Watak Sejati manusia
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.6       Melafalkan poin-poin delapan pengakuan iman sesuai bahasa kitab.
4.7       Menyusun peralatan dan perlengkapan sembahyang di altar.
4.8       Menyanyikan  lagu-lagu berkaitan dengan kelahiran Nabi Kongzi, dan pedoman hidup


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Meyakini Wahyu Tian yang diterima oleh  para nabi dan raja suci
1.2    Meyakini bahwa nabi Kongzi adalah utusan Tian (Genta Rohani Tian )
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1    Menunjukkan perilaku sesuai dengan Delapan Kebajikan (Ba De)
2.2    Menunjukkan semangat intropekasi dan memperbaiki diri
3.            Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1    Mengenal Raja Suci  Tang Yao
3.2    Mengenal Raja Suci Yu Shun.
3.3    Mengemukakan teladan Raja Suci Tang Yao dan Raja Suci Yu Shun
3.4    Menceritakan alasan Nabi Kongzi meninggalkan negeri Lu
3.5    Menjelaskan tujuan pengembaraan Nabi Kongzi
3.6    Mengetahui bentuk-bentuk visual kitab suci yang mendasari (Wu Jing)
3.7    Menyebutkan bagian dari kitab suci yang  mendasari (Wu Jing)
3.8    Menjelaskan makna sikap Ba De
3.9    Mengemukakan nilai-nilai pedoman/tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.10Menceritakan kisah nabi purba dan raja suci penerima Wahyu Tian dan karya-karya yang ditemukan-Nya
3.11Mengemukakan nilai-nilai pedoman/ tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.12Menjelaskan penting sikap dapat dipercaya dalam hidup
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup
4.2  Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Meyakini bahwa sembahyang adalah pokok dari agama
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1       Menunjukkan sikap mencintai sesama
2.2       Menunjukkan pribadi yang luhur
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menceritakan kisah  kebijaksanaan ibu Mengzi
3.2       Menceritakan kisah kebijaksanaan ibu Ouyang Xiu
3.3       Menceritakan  kebijaksanaan ibu Yue Fei
3.4       Menjelaskan nilai nilai peringatan hari raya persembahyangan kepada Tian dan leluhur
3.5       Mengenal Dong Zhong Shu
3.6       Mengemukakan nilai nilai sumbangsih pikiran Dong Zhong Shu
3.7       Mengenal Zhu Xi tokoh besar Neo Confucianisme
3.8       Mengemukakan nilai-nilai sumbangsih pikiran Zhu Xi.
3.9       Menjelaskan tentang hari raya/ sembahyang Qing Ming.
3.10   Menjelaskan tentang hari  persaudaraan
3.11   Menjelaskan tentang hari raya Xin Chun (tahun baru Khongzi-li)
3.12   Menjelaskan tentang sembahyang Jing Tian Gong
3.13   Menjelaskan tentang sembahyang Duan Yang
3.14   Menjelaskan tentang sembahyang Dong Zhi
3.15   Menjelaskan tentang sembahyang Zhong Qiu
3.16   Menjelaskan nilai-nilai persembahyangan kepada Tian dan Leluhur
3.17   Menjelaskan Nenek Moyang Nabi Kongzi dan keturunannya
3.18   Menjelaskan urutan pelaksanaan kebaktian di Litang/Kelenteng/Miao
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.6       Menyanyikan  lagu-lagu berkaitan dengan hari raya/sembahyang kepada Tuhan dan Leluhur


KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1     Meyakini sifat-sifat Tian yang Yuan, Heng, Li, Zhen
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1  Menunjukkan semangat belajar dalam keseharian
3.            Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menjelaskan konsep Tiga Dasar Kenyataan (Sancai)
3.2       Menjelaskan hubungan/keterkaitan Tian, Di, Ren
3.3       Memahami Ren, Yi, Li, Zhi, sebagai perwujudan sifat Tian dalam diri manusia
3.4       Mengungkapkan nilai nilai yang berkaitan dengan kebesaran Tian dan pedoman/ tuntunan hidup
3.5       Menjelaskan ajaran empat pantangan (Si Wu)
3.6       Menjelaskan ajaran lima mutiara kebajikan (Wu Chang)
3.7       Menjelaskan ajaran Lima Hubungan Kemasyarakatan (Wu Lun)
3.8       Menyebutkan ayat-ayat suci tentang belajar
3.9       Menjelaskan pentingnya mengamalkan ilmu yang dipelajari
3.10   Menjelaskan sejarah lahirnya organisasi/ kelembagaan Khonghucu di Indonesia
3.11   Menjelaskan sejarah dan perkembangan  organisasi MATAKIN di Indonesia
3.12   Menjelaskan peran dan fungsi Dewan Rohaniwan MATAKIN
3.13   Menjelaskan tugas dan kewajiban seorang rohaniwan
3.14   Mengungkapkan nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam lagu MATAKIN yang dinyanyikan
3.15   Menjelaskan arti iman berdasarkan karakter huruf
3.16   Menyebutkan pengakuan iman yang pokok umat Khonghucu (Cheng Xin Zhi Zhi)
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.11       Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan kebesaran Tian dan pedoman/tuntunan hidup
4.12       Menyanyikan  lagu-lagu yang berkaitan dengan berkaitan nilai dan Organisasi  MATAKIN
4.13       Menyusun perlengkapan (piranti) pada altar kebaktian di Litang/Miao



Ingin lengkapnya silahkan bapak atau ibu guru sekalian klik download

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "STRUKUTUR KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR (SD)"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top