SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

BERITA TENTANG FORMASI PENERIMAAN CPNS 2014

Kebutuhan Formasi CPNS 2014


Kebutuhan untuk Formasi CPNS 2014 ini masih sangat besar terutama untuk menggantikan kekosongan tenaga PNS di semua daerah dan instansi karena Pensiun, pengunduran diri, dikeluarkan atau meninggal dunia. Selain itu, kebutuhan tenaga PNS masih sangat besar terutama untuk tenaga teknis, tenaga kesehatan, tenaga guru, dan tenaga penyuluh

Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (KIP) Kemen PAN-RB mengatakan terkait dengan hal ini bahwasannya penetapan jumlah kuota itu disesuaikan dengan kebutuhan formasi CPNS baru di instansi baik itu di tingkat pusat (kementrian) maupun daerah (Provinsi Kabupaten Kota).

Selain itu penetapan kuota formasi CPNS 2014 juga mempertimbangkan kesehatan fiskal negara. Herman mengatakan bahwa instruksi dari Menteri PAN-RB sudah jelas, yakni meluncurkan kuota CPNS yang tidak terserap tahun lalu ke seleksi CPNS 2014 ini. Dari total kuota CPNS 2013 sebanyak 65 ribu, hanya terisi sejumlah 58.796 kursi saja. Sehingga masih ada kursi sisa sebanyak 6.200-an kuota.

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 dibuka minggu ketiga bulan Juli 2014. Tahun ini pemerintah menetapkan 100 ribu formasi lowongan CPNS dimana kuota untuk umum sebanyak 65.000 formasi dan kuota untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 35.000 formasi. Kuota tersebut jauh lebih banyak dari formasi tahun sebelumnya yakni 65 ribu.

"Kita perlu orang-orang yang baik," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Jumat (7/2/2014).

Pembagian Formasi CPNS tahun 2014


Berdasarkan info terbaru, Prioritas formasi CPNS 2014 akan diberikan untuk tenaga kesahatan dan tenaga pendidik. Tahun ini Formasi CPNS 2014 akan dibagi atas; 65% untuk umum yang terdiri dari 60.000 formasi diprioritaskan untuk tenaga Kesehatan (Dokter, bidan, perawat) dan Tenaga pendidik (Guru/dosen) serta 5.000 formasi untuk tenaga teknis dari semua jurusan dan 35% formasi untuk PPPK. Untuk CPNS umum, 25 ribu formasi untuk instansi pemerintah pusat, dan 40 ribu formasi untuk pemda, sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 25 ribu untuk daerah.

Instansi pusat dan daerah yang mendapat Formasi CPNS untuk tahun 2014 ini sebanyak 482 instansi. Intansi pusat yang mendapatkan formasi CPNS sebanyak 31 kementerian dan 40 lembaga total 71 instansi. Untuk pemda yang mendapatkan formasi ada 28 provinsi dan 383 kabupaten/kota.

TES CPNS tahun ini dilakukan dengan menggunakan sistem CAT CPNS, hanya daerah yang bersedia melaksanakan penerimaan CPNS dengan menggunakan tes CAT yang akan diberikan formasi CPNS. Hal ini sebagaimana pernyataan Wakil Menteri Kemenpan RB, Eko Prasodjo; "Tahun ini kami agak ketat karena K/L dan pemda yang tidak lakukan tes pakai CAT, tidak akan kami beri formasi. Dengan sistem ini, tes bisa berlangsung sampai Oktober, jadi ujiannya dilakukan setiap hari mulai dari akhir Juni hingga Oktober ini,"

Jadi anda sebaiknya mepersiapkan diri dengan Tes Cat CPNS mulai dari sekarang. Informasi mengenai Tes CAT CPNS dapat anda baca di tulisan saya mengenai CAT CPNS

Informasi resmi mengenai jumlah pasti Formasi CPNS 2014 yang akan dibuka masih menunggu keputusan pemerintah, yang kemungkinan diumumkan secara resmi pada Awal Bulan Juli 2014.

Jadi Mulai Sekarang, Persiapkan diri anda untuk mengikuti ujian CPNS 2014 yang akan datang.

Guru Masih Mendominasi Formasi CPNS 2014Pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang baru akan dibuka pada minggu ketiga Juli nanti. Dan ini artinya, paling cepat pelaksanaan tes CPNS baru akan dilakukan pada awal Agustus. Tetapi formasi yang dibutuhkan dalam CPNS 2014 ini belum resmi dirilis oleh pemerintah.
Meski demikian, bagi anda pencari kerja yang berasal dari kependidikan masih punya peluang besar untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini. Hal ini disebabkan oleh Formasi CPNS 2014 masih didominasi guru meski CPNS dari honorer kategori dua (K2) yang diangkat tahun anggaran 2013 dan 2014 terbanyak untuk formasi tenaga pendidik.
Karo Hukum, Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman mengungkapkan, “Memang guru masih memakan jatah formasi terbanyak tahun ini. Karena daerah-daerah juga mintanya yang banyak itu,” ujarnya kepada media ini, Jumat .
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "BERITA TENTANG FORMASI PENERIMAAN CPNS 2014"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top