SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

BERITA TERBARU : CPNS GURU 2014 HARUS BERGELAR (GR)

Assalamualaikum wr wb sahabat wirajunior, Selamat pagi semua ...Oke pagi ini wirajuniro kembali membagikan informasi penting tentang rekrutmen CPNS 2014 yaitu CPNS guru 2014 haru bergelar GR, Nah bagaimana beritanya? silahkan dibaca dibawah ini :

Menteri Pendidikan dan Kebudayyan (Mendikbud) Muhammad Nuh mengatakan, Sarjana Fakultas Kependidikan yang sudah bergelar S.Pd itu belum bisa disebut dengan Guru  Profesi. Untuk Itu mereka belum boleh melamar CPNS 2014 baru formasi guru yang akan di laksanakan setelah pemilihan Presiden RI, 

Sistem ini sama dengan profesi dokter, Ners, dimana pelamar CPNS Dokter Umum tidak cukup dengan gelar S.Ked (Sarjana Kedokteran) tetapi harus dokter profesi (dr.), Aturan Baru melamar CPNS Guru wajib Ain bergelar Gr itu belum diterapkan dalam

seleksi CPNS Tahun ini.
 Seperti diberitakan, rencananya tes CPNS tahun ini digelar antara Juni hingga Juli depan. Sekarang masih masa transisi. Masih banyak guru yang sudah mengajar, tetapi belum mendapat sertifikat guru profesi. Aturan baru tentang skema melamar CPNS guru ini paling cepat diterapkan pada seleksi CPNS tahun 2015. Sebab Kemendikbud ditargetkan menuntaskan sertifikasi profesi guru yang sudah mengajar tahun 2015.

Ketika target tadi sudah tuntas, maka profesi guru bisa diraih dengan sekolah tambahan atau dikenal dengan nama program profesi guru prajabatan (PPG). Nuh menegaskan bahwa program PPG itu tidak hanya diikuti oleh sarjana kependidikan saja. Tetapi program mencetak guru profesional ini juga boleh diikuti oleh sarjana non kependidikan. Nuh mencontohkan untuk materi matematika, tidak ada perbedaan antara matematikanya mahasiswa kependidikan dengan matematikanya mahasiswa matematika murni (MIPA). Nah, untuk sarjana MIPA jika ingin menjadi guru tinggal memberikan materi atau ilmu kependidikan (pedagogik).

Mantan Menkominfo itu menjelaskan standar kompetensi guru itu ada empat. Yakni standar personal, standar profesi, standar pedagogik, dan standar sosial. Untuk sarjana non kependidikan, tinggal diberi materi lagi untuk memberikan standar pedagogiknya. Pemberian suntikan materi tambahan itu dilakukan dalam skema matrikulasi. Matrikulasi ini dilaksanakan sebelum sarjana non kependidikan ini mengikuti PPG, untuk memperoleh gelar guru profesi (Gr).

Bagi anda yang ingin ikut tes CPNS formasi guru tanpa ada gelar sekalipun, maka tahun 2014 ini merupakan kesempatan yang bagus untuk anda, dimana pemerintah akan membuka kuota 100.000 dan formasi guru akan lebih banyak diterima atau lebih diutamakan. Persiapkan diri anda sedini mungkin, semoga anda lulus CPNS tahun ini. amin.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan akan menyatukan program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG). "Bonus untuk SM3T ketika selesai dari tugasnya, mereka akan mendapatkan PPG. Sehingga dari situ diharapkan untuk benar-benar bisa menjadi guru. Saya sudah komunikasi dengan Menpan dan RB untuk memprioritaskan SM3T dan mengangkatnya menjadi CPNS melalui jalur tes, untuk dapat mengembangkan pendidikan di daerah 3T. Sehingga alumni-alumni dari SM3T dapat menjadi guru tetap di daerah 3T," ujar Nuh ketika sedang berada di Sorong, Papua Barat, Mei 2014 lalu, seperti tertuang dalam website Kemendibud.

Mendapatkan PPG merupakan salah satu cara untuk memperkuat program SM3T. Cara lain, menurut Nuh, yakni bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memfasilitasi sekolah yang ada di daerah 3T. "Pada hakekatnya yang bertanggung jawab secara langsung adalah kabupaten/kota. Tetapi pusat pun tidak bisa melepaskan diri. Oleh karena itu kerja sama dengan pemerintah daerah sangat penting," kata Nuh.


Lanjut dia, bekerja sama dengan para alumni perguruan tinggi yang berkenan menjadi relawan menjadi pengajar di daerah 3T. Dari data Kemendikbud, setiap tahun jumlah peminat program SM3T mencapai 8.000 hingga 9.000 orang. Dari jumlah tersebut, yang lolos seleksi dan dikirim ke daerah 3T sekitar 3.000 orang.


Bagi para sarjana program studi kependidikan yang ingin "Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia", segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti program SM3T. Pendaftaran telah dibuka sejak 21 Mei hingga 15 Juni 2014. Simak informasi lengkapnya di dengan klik pendaftaran SM3TPROGRAM SM-3T ANGKATAN IV TAHUN 2014 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang para sarjana pendidikan terbaik untuk ikut maju bersama mencerdaskan indonesia melalui Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Angkatan ke-IV. 
Ikuti agenda rekrutmen berikut.

1. Pendaftaran daring (online): 21 Mei – 15 Juni 20142. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online: 23 Juni 20143. Tes online: 1 – 2 Juli 20144. Pengumuman hasil tes online: 7 Juli 2014 

Prodi yang diterima.
1. Pendidikan Guru PAUD
2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
3. Pendidikan Luar Biasa
4. Pendidikan Kewarganegaraan
5. Pendidikan Bahasa Indonesia
6. Pendidikan Bahasa Inggris
7. Pendidikan Matematika
8. Pendidikan Fisika
9. Pendidikan Kimia
10. Pendidikan Biologi
11. Pendidikan IPA
12. Pendidikan IPS
13. Pendidikan Sejarah
14. Pendidikan Geografi
15. Pendidikan Seni (Drama, 
16. Tari, Musik, Rupa/Kerajinan)
17. Pendidikan Ekonomi/Akuntansi
18. Bimbingan Konseling
19. Pendidikan Jasmani
20. Pendidikan Teknik Mesin/Teknik Otomotif
21. Pendidikan Teknik Bangunan
22. Pendidikan Teknik Elektro/Elektronika
24. Pendidikan Tata Boga/Tata Busana/Tata Rias


 Nah Demikian Info terbaru dari wirajunior pada pagi hari ini semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya..........


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "BERITA TERBARU : CPNS GURU 2014 HARUS BERGELAR (GR) "

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top