SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM KERJA KURIKULUM TAHUN 2014 - 2015


Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh  perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tersebut.
Atas dasar tuntutan mewujudkan masyarakat seperti itu diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan,  kesehatan,  keterampilan dan seni. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang. Dengan demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Oleh karena itu diperlukan penyempurnaan Program Kerja Kurikulum sekolah yang berbasis pada kompetensi peserta didik.
Program Kerja Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan Agung ...... Semarang. Sesuai dengan pengertian tersebut, Program Kerja Kurikulum 2014/2015 berisi seperangkat rencana dan pengaturan tentang program yang dibakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan Agung......Semarang.  
     Penyusunan Program Kerja Bidang Kurikulum merupakan upaya penting dan sangat strategis, sebab bidang kurikulum secara langsung terkait dengan proses pendidikan ( pembelajaran ) sebagai bagian terpenting dari keberadaan suatu sekolah.  Maksud disusunnya Program Kerja ini adalah diharapkan dapat bermanfaat antara lain sebagai berikut :
1.         Memberikan arah yang jelas dalam usaha mempersiapkan dan menyelenggarakan proses pembelajaran;
2.         Mengkondisikan personal yang bertugas sebagai tenaga guru maupun pembantu pelaksana penyelenggaraan pendidikan ;
3.         Memberikan kemudahan dalam mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran ;
4.         Dapat menjadi pedoman kerja dalam usaha mempersiapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah ;
5.         Merupakan dokumen penting yang menjadi acuan, rujukan, tolok ukur atau pegangan dalam upaya penyelenggaraan proses pembelajaran,

1.2  Landasan Program

Sebagai landasan operasional dalam penyusunan Program Kerja Bidang Kurikulum di TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan Agung .............. Semarang adalah :
1.             Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ;
2.             Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah ;
3.             Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah ;
4.             Peraturan Pemerintah Nomor 25  Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah Propinsi sebagai Daerah Ototom
5.             Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
6.             Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
7.             Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
8.             Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi.
9.             Rapat Kerja Bidang Kurikulum dengan Bidang Dikdasmen Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang tanggal...........Nopember 2013.
10.         Rapat Dewan Guru Tanggal  ......................................

1.3  Tujuan dan Sasaran Program

Program Kerja Bidang Kurikulum ini disusun dengan tujuan antara lain :
1.    Untuk menyebarkan kegiatan pokok dan acuan dalam penyelenggaraan kurikulum di TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan Agung  Tahun 2014 / 2015
  1. Sebagai pedoman kerja bagi kepala sekolah yang didelegasikan kepada Urusan Kurikulum dalam menjabarkan pelaksanaan kegiatan ;
  2. Untuk menentukan arah yang jelas dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;


  1. Agar kegiatan penyelenggaraan pembelajaran Tahun Pelajaran 2014 / 2015 lebih terarah, terencana, tertib dan lancar ;
  2. Untuk menunjang usaha sekolah dalam pemingkatkan mutu pendidikan, diantaranya tertib admninistrasi, optimalisasi proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;
  3. Agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien ;
  4. Agar seluruh rangkaian kegiatan proses pembelajaran dapat dijadikan bahan perbaikan tahun yang akan dating
Program Kerja Bidang Kurikulum ini sengaja dibuat dengan sasaran adalah :
  1. Bagi Waka/PP Bidang Kurikulum sebagai langkah awal perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kepada Kepala Sekolah ;
  2. Bagi Kepala Sekolah sebagai salah satu instrumen penilaian kinerja Waka/PP Bidang Kurikulum dan proses pembelajaran pada umumnya ;
  3. Bagi para guru sebagai acuan dan pedoman dalam  perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian dan remedial ;
  4. Bagi Komite Sekolah dalam rangka memberikan masukan demi peningkatan mutu pendidikan ;
  5. Bagi Pengawas dalam rangka memudahkan fungsi pembinaan dan kontrol dalam proses pembelajaran.

BAB II

KEADAAN DAN KONDISI SEKOLAH

2,1     Keadaan Siswa / Peserta Didik

           Secara terperinci keadaan siswa pada  Tahun Pelajaran 2013 / 2014 adalah sebagai berikut :

KLS
Laki-laki
Perempuan
Jumlah












Jumlah




2.2       Keadaan Guru


Keadaan Guru  TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan Agung ..... Semarang berdasarkan kebutuhan dari sejumlah ......... kelas yang ada , maka sudah mencukupi sesuai kebutuhan yaitu
Kepala Sekolah             = ............... orang
Guru Tetap                     = ..............  orang
GTT                               = ..............  orang
Jumlah Semua                = .............. orang
Berdasarkan analisis kebutuhan, kelebihan dan kekurangan guru tetap / GTT berdasarkan sejumlah mata pelajaran dan jumlah kelas adalah sebagai berikut :
NO
GURU MAPEL
KEBUTU HAN
YANG ADA
KELEBIHAN
KEKURANGAN
KET
1
Pendidika Agama Islam





2
PKn





3
Dst..........





JUMLAH





 

2.3     Sarana Prasarana Pembelajaran

Sejak berdirinya ( tahun ........ ) TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan Agung .... Semarang kondisi sarana dan prasarana pembelajaran yang dimiliki terus mengalami perubahan, berupa perbaikan-perbaikan ( rehabilitasi ), penambahan dan penataan.
Secara garis besar sarana daan prasarana yang dimiliki TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan Agung ..... Semarang  sampai awal Tahun Pelajaran 2014/ 2015 adalah sebagai berikut :
1)        Letak Sekolah
Gedung TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan Agung .... Semarang  terletak di Jalan ..........................RT .... RW ......Kelurahan............................ Kec. ......................... Kota Semarang  Telepon 024 ..............................( Sebutkan ciri – ciri Khususnya terkaitan dengan letak geografi sekolah ).  Luas tanah yang dimiliki kurang lebih .............meter persegi, dengan batas-batas antara lain :
-            Sebelah barat berbatasan ..........................
-            Sebelah utara dengan ................................
-            Sebelah Timur dengan ..............................
-            Sebelah selatan dengan .............................
2)        Sarana dan Prasarana
NO
SARANA & PRASANA
JUM
KET.

NO
SARANA & PRASARANA
JUM
KET
  1
  2
  3
  4
  5
  6
  7
  8
  9
 10
 11
 12
 13
 14
 15
R,Kasek
R.Guru
R.TU
R Kelas
R.Koperasi
R.Lab. Komputer
Gudang
R.Pustaka
R.Kterampilan
Musholla
R. BK
R.OSIS
R.Kopsis
WC Kasek
WC Guru



 16
 17
 18
 19
 20
 21
 22
 23
 24
 25
 26
 27
 28
 29
 30



 

2.4     Prestasi Akademik

             Prestasi akademik yang pernah diperoleh TK/SD/SMP/SMA Islam Sultan  Agung ..... Semarang adalah sebagai berikut;
NO
Nama Siswa
Jenis Lomba
Prestasi
Tingkat
Ket
1
Aminah
KIR
Juara I
Kota











BAB III
ADMINSTRASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

3.1       Kurkulum
Di  dalam  Peratur an  Pemerintah  RI  Nomor  19  Tahun  2005,  tentang Standar Nasional Pendidikan, dinyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat  rencana  dan  pengaturan mengenai tujuan,  isi,  dan bahan  pelajaran serta cara  yang  digunakan  sebagai  pedoman  penyelenggaraan  kegiatan  pembelajaran  untuk  mencapai  tujuan  pendidikan  tertentu.  Kurikulum  Tingkat Satuan  Pendidikan  (KTSP)  pada  jenjang  pendidikan  dasar  dan  menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada standar isi dan  standar  kompetensi lulusan, serta panduan penyusunan kurikulum  yang dibuat  oleh  BSNP  dengan  memperhatikan  prinsip-prinsip  pengembangan kurikulum.
Standar  isi  adalah  ruang  lingkup  materi  dan  tingkat  kompetensi  yang dituangkan  dalam  kriteria  tentang  kompetensi  tamatan,  kompetensi  bahan kajian,  kompetensi  mata  pelajaran,  dan  silabus  pembelajaran  yang  harus dipenuhi oleh peserta didik  pada jenjang dan pendidikan tertentu (PP RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 5 ayat 2). Standar isi  yang  memuat  administrasi  struktur  kurikulum, beban belajar,  kurikulum TK/SD/MI/SDLB/SMP dan kalender akademik.
3.1.1    Administrasi Struktur Kurikulum TK/SD/SMP/SMA
a)         Struktur Kurikulum TK
Struktur kurikulum TK berisi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu
jenjang pendidikan selama satu tahun mulai Semestaer 1 dan 2 seperti pada Tabel 2.1
Tabel 3.1. Struktur Kurikulum TK
Semester I  Semester II
NO
Tema
Alokasi Waktu
NO
Tema
Alokasi Waktu

Diri Sendiri
3 Mg

Rekreasi
4 Mg

Lingkunganku
4 Mg

Pekerjaan
3 Mg

Kebutuhanku
4 Mg

Air Udara/Api
2 Mg

Binatang
3 Mg

Alat Komunikasi
2 Mg

Tanaman
3 Mg

Tanah Airku
3 Mg




Alam Semesta
3 Mg


b)        Struktur Kurikulum SD/MI
Struktur  kurikulum  SD/MI meliputi  substansi  pembelajaran yang  ditempuh  dalam  satu  jenjang pendidikan selama enam  tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI seperti pada Tabel 2.2
Struktur kurikulum SD/MI disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.

Tabel 3. 2 Struktur Kurikulum SD/MI   
Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

I
II
III
IV, V, dan VI
A. Mata Pelajaran




1.      Pendidikan Agama



a.    Fiqih



3
b.    Al Qur’an Hadits



2
c.    Aqidah Akhlaq



2
d.   SKI/Sirah



2
2.        Bahasa Arab



3
3.        Pendidikan Kewarganegaraan



2
4.        Bahasa Indonesia



5
5.        Matematika



5
6.        Ilmu Pengetahuan Alam



4
7.        Ilmu Pengetahuan Sosial



3
8.        Seni Budaya dan Keterampilan



4
9.        Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan



4
B. Muatan Lokal



2
C. Pengembangan Diri



2*)
Jumlah
26
27
28
32

*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

c)         Struktur Kurikulum SMP/MTs
Struktur kurikulum SMP/MTs meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh  dalam  satu  jenjang pendidikan  selama tiga tahun  mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX seperti pada Tabel  2.3
Struktur kurikulum SMP/MTs disajikan pada Tabel 2.3





Tabel 3.3.  Struktur Kurikulum SMP/MTs

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII
VIII
IX
A.        Mata Pelajaran



1.   Pendidikan Agama



a.              Fiqih
2
2
2
b.             Al Qur;an Hadits
2
2
2
c.              Aqidah Akhlaq
2
2
2
d.             SKI/Sirah
1
1
1
2.    Bahasa Arab
2
2
2
3.    Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
4.    Bahasa Indonesia
4
4
4
5.    Bahasa Inggris
4
4
4
6.    Matematika
4
4
4
7.    Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
8.    Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
9.    Seni Budaya
2
2
2
10.     Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
11.     Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
B.   Muatan Lokal
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
      2*)
Jumlah
32
32
32
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
d)        Struktur Kurikulum SMA/MA
Struktur kurikulum SMA/MA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
Struktur kurikulum SMA/MA Kelas X disajikan pada Tabel 2.4
                       




            Tabel 3.4. Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas X

Komponen

Alokasi Waktu
Semester 1
Semester 2
A.   Mata Pelajaran


1.      Pendidikan Agama


a.       Fiqih
2
2
b.      Al Qur’ an Hadits
2
2
c.       Aqidah Akhlaq
1
1
d.      SKI/Sirah
1
1
2.      Bahasa Arab
2
2
3.      Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
4.      Bahasa  Indonesia
4
4
5.      Bahasa Inggris
4
4
6.      Matematika
4
4
6. Fisika
2
2
7. Biologi
8. Kimia
2
2
2
2
9. Sejarah
10. Geografi
11. Ekonomi
12. Sosiologi
1
1
2
2
1
1
2
2
13. Seni Budaya
2
2
13.  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
14.  Teknologi Informasi dan Komunikasi 
15.  Keterampilan /Bahasa Asing
2

2
2

2
B.   Muatan Lokal 
2
2
C.   Pengembangan Diri
2*)
2*)

Jumlah

38
38
                  2*)  Ekuivalen 2 jam pembelajaran

Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII
Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII Program IPA, Program IPS, Program Bahasa, dan Program Keagamaan  terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Kurikulum tersebut secara berturut-turut disajikan pada Tabel 2.5, 2. 6 dan 2.7
Tabel 3.5. Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII program IPA

 

Komponen

Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A.   Mata Pelajaran
1.      Pendidikan Agama




a.         Fiqih
2
2
2
2
b.        Al Qur’an Hadits
2
2
2
2
c.         Aqidah Akhlaq
1
1
1
1
d.        SKI/Sirah
1
1


2.      Bahasa Arab
2
2
2
2
3.      Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
4.      Bahasa Indonesia
4
4
4
4
5.      Bahasa Inggris
4
4
4
4
6.      Matematika
4
4
4
4
7.      Fisika
4
4
4
4
8.      Kimia
4
4
4
4
9.      Biologi
4
4
4
4
10.  Sejarah
1
1
1
1
11.  Seni Budaya
2
2
2
2
12.  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
13.  Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
14.  Keterampilan/ Bahasa Asing
2
2
2
2
B.  Muatan Lokal
2
2
2
2
C.  Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)

Jumlah

39
39
39
39
2*)  Ekuivalen 2 jam pembelajaran
                        Tabel 3.6. Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII program IPS

Komponen

Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A.  Mata Pelajaran
1.      Pendidikan Agama




  1. Fiqih
2
2
2
2
  1. Al Qur;an Hadits
2
2
2
2
  1. Aqidah Akhlaq
1
1
1
1
  1. SKI/Sirah
1
1


2.      Bahasa Arab
2
2
2
2
3.      Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
4.      Bahasa Indonesia
4
4
4
4
5.      Bahasa Inggris
4
4
4
4
6.      Matematika
4
4
4
4
7.      Sejarah
3
3
3
3
8.      Geografi
3
3
3
3
9.      Ekonomi
4
4
4
4
10.  Sosiologi
3
3
3
3
11.  Seni Budaya
2
2
2
2
12.  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
13.  Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
14.  Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2
B.  Muatan Lokal
2
2
2
2
C.  Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)

Jumlah

39
   39
39
39
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran           
                        Tabel 3.7. Struktur Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII program Bahasa

 

Komponen

Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A.    Mata Pelajaran
1.         Pendidikan Agama
2
2
2
2
2.         Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3.         Bahasa Indonesia
5
5
5
5
4.         Bahasa Inggris
5
5
5
5
5.         Matematika
3
3
3
3
6.         Sastra Indonesia
4
4
4
4
7.         Bahasa Asing
4
4
4
4
8.         Antropologi
2
2
2
2
9.         Sejarah
2
2
2
2
10.     Seni Budaya
2
2
2
2
11.     Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12.     Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13.     Keterampilan
2
2
2
2
B.   Muatan Lokal
2
2
2
2
C.   Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)

Jumlah

39
39
39
39
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

3.1.2    Beban Belajar
Satuan pendidikan SD/MI/SDLB melaksanakan program pendidikan dengan menggunakan sistem paket. Satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK kategori standar menggunakan sistem paket atau dapat menggunakan sistem kredit semester. Satuan pendidikan SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK kategori mandiri menggunakan sistem kredit semester.
Beban belajar yang diatur pada ketentuan ini adalah beban belajar sistem paket pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem Paket  dinyatakan dalam  satuan jam pembelajaran.
Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.
Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan ditetapkan sebagai berikut:
a.         SD/MI/SDLB berlangsung selama 35 menit;
b.         SMP/MTs/SMPLB berlangsung selama 40 menit;
c.         SMA/MA/SMALB/ SMK/MAK berlangsung selama 45 menit.
Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu pada setiap satuan pendidikan adalah sebagai
berikut:
a.         Jumlah jam pembelajaran tatap muka per minggu untuk SD/MI/SDLB:
1)             Kelas I s.d. III adalah 29 s.d. 32 jam pembelajaran;
2)             Kelas IV s.d. VI adalah 34 jam pembelajaran.
b.         Jumlah jam pembelajaran tatap muka per minggu untuk SMP/MTs/SMPLB adalah 34 jam pembelajaran.
c.     Jumlah jam pembelajaran tatap muka per minggu untuk SMA/MA/SMALB/ SMK/MAK adalah 38 s.d. 39  jam pembelajaran.
Beban belajar kegiatan tatap muka keseluruhan untuk setiap satuan pendidikan adalah sebagaimana tertera pada Tabel 3.8

*) Untuk SDLB SMPLB, SMALB alokasi waktu jam pembelajaran tatap muka dikurangi 5  menit
Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.
Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.
Beban belajar  penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur terdiri dari:
1)             Waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik pada SD/MI/SDLB maksimum 40% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
2)              Waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik pada SMP/MTs/SMPLB maksimum 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
3)              Waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik pada SMA/MA/SMALB/SMK/MAK maksimum 60% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
          Penyelesaian program pendidikan dengan menggunakan sistem paket adalah enam tahun untuk SD/MI/SDLB, tiga tahun untuk SMP/MTs/SMPLB dan SMA/MA/SMALB.

3.1.3            Kalender Akademik
Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Hal-hal  yang perlu diperhatikan dalam menyusun kalender akademik antara lain adalah:
a.              Kepala sekolah/madrasah menyusun kalender pendidikan/akademik yang meliputi jadwal  pembelajaran,  ulangan,  ujian,  kegiatan  ektra kurikuler, dan hari libur;
b.             Penyusunan kalender pendidikan /akademik:
1.             Didasarkan pada standar isi,
2.             Berisi mengenai pelaksanaan aktivitas sekolah/madrasah selama satu  tahun  dan  dirinci  secara semesteran,  bulanan,  dan mingguan;
3.             Diputuskan dalam  rapat  dewan  pendidik  dan  ditetapkan  oleh kepala sekolah/madrasah
c.              Sekolah/madrasah menyusun jadwal penyusunan KTSP
d.             Sekolah/madrasah menyusun mata pelajaran yang dijadwalkan pada semester gasal dan semester genap.

Untuk lengkapnya dari contoh program kerja kurikulum ini,,, Silahkan Klik  DOWNLOAD

Semoga dapat bermnfaat bagi kita semua. Amin..
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD CONTOH PROGRAM KERJA KURIKULUM TAHUN 2014 - 2015"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top