SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INFO CPNS DAERAH DIJATAH 65 RIBU KURSI DAN DAERAH KEBAGIAN JATAH FORMASI 25 RIBU PPPK

Assalamualaikum wr wb...w
Selamat pagi sobat wirajunior kembali lagi bersama saya yang akan membagikan info seputar CPNS 2014, info kali ini ialah jatah kursi yang di dapat setiap daerah untuk seleksi CPNS tahun ini, baik langsung saja disimak beritanya...,

Data terbaru dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) terkait jumlah kursi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang akan direkrut tahun ini.

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan, total kursi yang disediakan sebanyak 100 ribu. Rinciannya, 65 ribu untuk kursi CPNS dan 35 ribu untuk kursi PPPK.

Dari 65 ribu kursi CPNS, dirinci 40 ribu untuk instansi-instansi di daerah dan 25 ribu untuk pusat. Sedangkan 35 ribu PPPK, porsi terbanyak juga untuk pemda yakni sebanyak 25 ribu. Sisanya, 10 ribu kursi PPPK, untuk instansi pusat.

Dengan demikian, kursi yang bisa diperebutkan di daerah mencapai 65 ribu kursi. Hanya saja, formasi jatah kursi masing-masing daerah belum diumumkan.

Keterangan Setiawan ini memberikan kepastian soal rekrutmen PPPK. Pasalnya, sebelumnya para petinggi KemenPAN-RB mengatakan, Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PPPK belum terbit sehingga rekrutmen PPPK belum bisa dilakukan tahun ini.

Dia yakin, RPP dimaksud akan segera disahkan menjadi PP dalam waktu dekat ini, sehingga seleksi PPPK tetap bisa dilakukan bersamaan dengan seleksi CPNS.

"Formasi untuk PPPK nanti juga akan ditetapkan oleh pusat. Daerah-daerah dalam mengajukan formasi CPNS-nya, juga sekalian mengajukan usul formasi CPNS," terang Setiawan kepada wartawan di Jakarta, kemarin (23/6).
Sebelumnya, MenPAN-RB Azwar Abubakar menjelaskan, hak-hak yang diterima PPPK sama dengan pegawai negeri, bedanya di pensiun saja.

Memang, melihat ketentuan pasal Pasal 21 dan 22 UU ASN, terlihat hak PPPK beda-beda tipis dengan yang diterima PNS. Di sana disebutkan, PNS berhak memperoleh: gaji, tunjangan, dan fasilitas. Juga cuti, jaminan pensiun dan jaminan hari tua,  perlindungan, dan pengembangan kompetensi.

Sedang hak PPPK, yang diatur di pasal 22, disebutkan PPPK berhak memperoleh gaji dan tunjangan, cuti, perlindungan, dan pengembangan kompetensi.

Untuk pelamar PPPK, usianya boleh di atas 35 tahun. Ini berbeda dengan CPNS, yang dibatasi maksimal berusia 35 tahun.

Selanjutnya Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dilaksanakan Agustus mendatang, dipastikan menyedot perhatian masyarakat. Terlebih tahun ini tak hanya CPNS yang akan direkrut, tapi juga pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja mengungkapkan, dari 100 ribu formasi yang disiapkan pemerintah, 35 ribu diperuntukkan bagi PPPK. Selebihnya sebanyak 65 ribu untuk CPNS.

"Tahun ini ada 35 ribu PPPK yang akan direkrut. 10 ribu untuk PPPK pusat dan 25 ribu bagi PPPK daerah. Sedangkan 65 formasi CPNS terdiri dari 25 ribu untuk pusat dan daerah 40 ribu," kata Setiawan di kantornya, Senin (23/6).

Baik PPPK maupun CPNS, akan diberikan tes kompetensi dasar dan bidang. Juga menggunakan sistem computer assisted test (CAT),
"Karena rekrutmen PPPK sama dengan CPNS, formasinya juga akan ditetapkan KemenPAN-RB," ujarnya.

Dia menyebutkan, hampir semua instansi yang mengajukan usulan penambahan pegawai, meminta formasi CPNS dan PPPK. Meski RPP PPPK belum ditetapkan, namun pemerintah optimis PPPK akan dites mulai Agustus mendatang

Nah demikian info terbaru dari wirajunior semoga dapat bermanfaat bagi kita semua , dan terima kasih sudah berkunjung,,,tunggu info selanjutnya ya.....

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INFO CPNS DAERAH DIJATAH 65 RIBU KURSI DAN DAERAH KEBAGIAN JATAH FORMASI 25 RIBU PPPK"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top