SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INFO TERBARU SERTIFIKASI ULANG BAGI GURU YANG TIDAK LINIER DAN PERSYARATAN PESERTA SERTIFIKASI ULANG

Assalamualaikum wr wb....
Sebenarnya isu ini sudah lama berkembang, dan menjadi polemik serta terjadi kesalahpahaman apa itu linier dan tidak linier. Pada 4 Juni lalu BPSPMDK mengeluarkan edaran kepada dinas pendidikan kabupaten kota perihal sertifikasiguru tahun 2014 dimana memuat berita tentang kabar calon guru yang akan ikut sertifikasi dan tidak kalah pentingnya adalah kewajiban sertfikasi ulang bagi mereka yang tidak Linier mengajarnya. 

Linier yang dimaksudkan disini adalah kesesuaian antara bidang 
studi pada ijasah S1/DIV dengan bidang studi sertifikasi guru. Sebagai contoh mereka yang memiliki berijazah S1 PGSD namun mengajar dan atau memiliki sertifikatpendidik sebagai guru PENJAS. Di dalam surat bernomor Nomor : 13047/J/LL/2014 dijelaskan mengenai syarat-syarat dan penyebab mereka yang wajib ikut sertifikasi kedua. 

Sebelum muncul kekuatiran berlebihan, mari perhatikan gambar di bawah yang saya capture dari surat tersebut. 
Linier yang dimaksudkan disini adalah kesesuaian antara bidang studipada ijasah S1/DIV dengan bidang studi sertifikasi guru

Lihat poin 2 sebagai contoh: Artinya mereka yang memiliki 
ijazah  S1/DIV PGSD, Psikologi, IPA/IPS, Matematika, Bhs Indonesia, Fisika, Kimia, Biologi, PPKn,Sejarah, Geografi, Ekonomi BOLEH MENGIKUTI SERTIFIKASI GURU KELAS SD. Bagaimana mereka yang sudah terlanjur memiliki sertifikat pendidik Guru Kelas SD yg memiliki ijazah seperti disebutkan di atas, ya artinya jelas aman. tidak perlu mengikuti sertifikasi ulang. 

Kemudian kita lihat poin 5. Bidang studi sertifikasi Penjas maka harus berijazah S1 Penjas atau yang relevan. Artinya mereka yang akan ikut sertifikasi gurupenjas wajib berijazah Penjas. bagaimana jika kasusnya berijazah PGSD namun terlanjur ikut sertifikasi Penjas? Jelas wajib Sertifikasi kedua/ulang. 

Sebenarnya banyak kasus lain lagi, misalnya seoarng guru berijazah S1 PAI memiliki sertifikat/ikut sertifikasi guru Kelas SD, jelas gak linier. Lalu ada guruberijazah PGSD mengajar di TK. dan maasih banyak kasus lain. Ada 2 poin penting yang harus diikuti, 
1. kesesuaian antara bidang studi pada ijasah S1/DIV dengan bidang studisertifikasi guru
2. kesesuaian antara  bidang studi sertifikasi guru dengan mata pelajaran yang diajarkan (hubungannya disini adalah dengan tunjangan profesi).  

Buat kita yang akan mengikuti sertifikasi 2014 maka harus hati-hati saat menentukan 
pilihan bidang studi sertifikasi, sedangkan buat yang mengalami ketidaklinearan segera hubungi dinas pendidikan kab/kota. Karena waktu sudah semakin mepet untuk mengikuti sertifikasi kedua tersebut.

Semoga rekan guru bisa memahami penjelasan di atas, jika dirasa kurang cocok, bisa ditanyakan ke pihak terkait.  Untuk surat selengkapnya bisa di unduh di sini


Selanjutnya rekan-rekan guru dapat melihat persyaratan peserta yang akan ikut sertifikasi ulang di bawah ini :

Persyaratan Peserta

1.    Sudah memiliki Sertifikat Pendidik yang tidak linier dengan bidang studipada kualifikasi akademik S-1/D-IV dan mengampu mata pelajaran sesuai dengan bidang studi S-1/D-IV.
2.    Mengajar di sekolah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.    Memiliki surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota bahwa yang bersangkutan akan mendapatkan beban kerja minimal 24 Jam tatap muka sesuai dengan perencanaan kebutuhan guru.
4.    Sehat jasmani rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter.
5.    Memiliki NUPTK dan NRG.
6.    Khusus Guru PNS yang sudah dimutasi harus memiliki Surat Keputusan Mutasi dari Bupati/Walikota sebagai tindak lanjut dari Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menteri Agama Nomor 05/X/PB/2011, NomorSPB/03/M.PAN-RB/10/2011, Nomor 48 Tahun 2011, Nomor158/PMK.01/2011, Nomor 11 Tahun 2011 tentang Penataan dan Pemerataan Guru Pegawai Negeri Sipil.
7.    Bagi guru bukan PNS yang sudah dimutasi oleh yayasan, diusulkan oleh kepala sekolah dan disetujui oleh kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.


Berkas yang harus disiapkan.
Guru menyiapkan dan mengirimkan berkas ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
yang berisi sebagai berikut.

1.    Fotokopi Sertifikat Pendidik yang dilegalisasi oleh LPTK yang menerbitkan.
2.    Fotokopi Ijasah S-1/D-IV yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang menerbitkan.
3.    Fotokopi surat keputusan mutasi yang ditandatangani oleh bupati/walikota bagi guru PNS, atau surat keputusan mutasi yang ditandatangani oleh ketua yayasan bagi guru bukan PNS.
4.    Surat keputusan penugasan mengajar dari kepala sekolah yang menyebutkan mata pelajaran yang diampu.
5.    Surat keterangan sehat dari dokter.
6.    Mengisi format pengajuan sertifikasi kedua menggunakan Format A2.
7.    Bagi guru bukan PNS melampirkan surat usulan kepala sekolah yang disetujui oleh kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.

Nah demikian info yang dapat wirajunior bagikan pada siang ini semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru semau. Dan terima kasih sudah berkunjung....

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INFO TERBARU SERTIFIKASI ULANG BAGI GURU YANG TIDAK LINIER DAN PERSYARATAN PESERTA SERTIFIKASI ULANG"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top