SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INI DIA HARAPAN DAN TANTANGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013

Wirajunior.blogspot.com - Kurikulum 2013 adalah sebuah terobosan baru di dunia pendidikan Indonesia saat ini. Kurikulum ini lahir karena banyak kalangan menilai bahwa kurikulum KBK dan KTSP belum bisa memberikan arah pendidikan seperti yang di harapkan. Dalam kurikulum sebelumnya pendidikan lebih dititik beratkan pada pengembangan kognitif sedangkan afektif dan psikomotor dianggap belum memadai. Hal ini ditandai dengan banyaknya terjadi pelanggaran dan berbagai macam ketimpangan dalam kehidupan bangsa ini. Kuropsi meraja lela di kalangan birokrasi pemerintahan. Tawuran dan kenakalan remaja lainnya juga tidak kurang membuat pemimpin bangsa ini repot.

Dari fenomena ini lahirlah ide baru mengembangkan sebuah formulasi kurikulum baru yang menyeimbangkan antara kognitif, afektif dan psikomotor. Kurikulum 2013 dirancang untuk menjawab tantangan ini. Dalam pelaksaan proses belajar mengajar, materi yang di ajarkan harus dikaitkan dengan kehidupan nyata sehingga pemberlajaran dianggap bermakna dan bermanfaat. Dalam materi diklat kali ini yang disampaikan tentang kurikulum 2013 ada 5 materi yaitu rasionalisasi kurikulum, elemen perubahan, konsep pendekatan saentific, penilaian autentik dan penilaian autentik dalam pembelajaran matematika. Setelah membaca presentasi sekilas sudah ada bayangan di benak kita walau masih banyak harus mengulang membaca untuk dapat memahami.

Tantangan pelaksanaan kurikulum 2013 adalah minimnya waktu sosialisasi dan pelatihan implementasi yang diberikan kepada guru pelaksana kurikulum 2013 tersebut. Masih banyaknya guru yang belum mampu menggunakan TIK dalam pembelajaran sehingga harapan perubahan yang digaungkan kurikulum ini belum begitu jelas dalam pelaksanaanya.

Saran untuk semua pemangku kepentingan semoga pelaksanaan kurikulum ini benar dengan niat untuk merubah protret pendidikan di Negara ini. Jangan menjadikan pendidikan sebagai senjata politik suatu kelompok atau golongan. Bekalilah guru yang melaksanakan kurikulum ini dengan pengetahuan tentang implementasi kurikulum ini dengan bekal yang cukup bukan hanya untuk membuat laporan pelaksanaan kegiatan untuk memenuhi tagihan dari para wakil rakyat yang telah menyetujui pelaksanaan kurikulum ini.

Sumber  : www.kompasiana.com

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INI DIA HARAPAN DAN TANTANGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top