SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INI DIA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KURIKULUM 2013

Melihat pentingnya pendidikan bagi siswa,pemerintah terus berusaha menguji bahkan menganti kurikulum. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa kurikulum baru yang tengah menjalani fase uji publik ini bertujuan utama membangun kemampuan berpikir anak secara ilmiah. Dia yakin bahwa ini akan berdampak baik mengingat banyaknya laboratorium alami yang dapat dieksplorasi oleh anak-anak. Meski banyak meraih prestasi gemilang di kancah dunia dalam berbagai olimpiade sains dan matematika, rata-rata kemampuan berpikir anak Indonesia secara ilmiah tetap dianggap masih rendah. Hal ini sempat dimunculkan lewat penelitian Trends in International Mathematics and Science Study 2007 (TIMSS).
Dari beberapa media yang sempat saya baca,ada beberapa kesimpulan yg bisa saya simpulakan menyangkut kelebihan dan kekurangan dari kurikulum 2013,antara lain :

   1.       Kekurangan.
Kekurangan-kekurangann yang terdapat pada kurikulum 2013 adalah :
Ø  Kurikulum 2013 bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional karena penekanan pengembangan kurikulum hanya didasarkan pada orientasi pragmatis. Selain itu, kurikulum 2013 tidak didasarkan pada evaluasi dari pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 sehingga dalam pelaksanaannya bisa membingungkan guru dan pemangku pendidikan.
Ø  Guru juga tidak pernah dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013. Pemerintah melihat seolah-olah guru dan siswa mempunyai kapasitas yang sama.
Ø  Tidak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013. Keseimbangan sulit dicapai karena kebijakan ujian nasional (UN) masih diberlakukan. UN hanya mendorong orientasi pendidikan pada hasil dan sama sekali tidak memperhatikan proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada dikesampingkannya mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN. Padahal, mata pelajaran non-UN juga memberikan kontribusi besar untuk mewujudkan tujuan pendidikan.
Ø  Pemerintah mengintegrasikan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar.  adapun kekurangan yang lain dari kurikulum 2013 ini simak di bawah ini :
a. Guru jarang menjelaskan
guru banyak yang beranggapan bahwa dengan kurikulum terbaru ini beliau tidak perlu menjelaskan materinya. Padahal kita tahu bahwa belajar matematika,fisika,dll tidak cukup hanya membaca saja. Apalagi buku paket yang belum di bagikan jadi banyak teman saya yang mengeluh karena tidak bisa mengikuti materi.

Maka dari itu kami sebagai siswa menghimbau agar semua pihak dapat bekerjasama termasuk guru dan pemerintah agar kurikulum ini dapat berjalan sebagaimana mestinya,bukan hanya rencana saja. Kami mendukung metode ini tepapi dengan kerjasama semua pihak seperti dewan pengajar dan pemerintah. 


   2.      Kelebihan kurikulum 2013.
Sulit juga menyimpulkan kelebihan dari kurikulum 2013,mungkin yang menjadi kelebihan dari kurikulum 2013 adalah setiap anak atau siswa dituntut kreatif dan inovatif,selain itu ada juga yang namanya pengembangan karakter yang telah diintegrasikan kedalam semua program studi. ini ada beberapa kelebihan dari kurikulum 2013 ini silahkan di simak :

 a. Siswa harus aktif dan kreaktif
tak seperti kurikulum sebelumya materi di kurikulum terbaru ini lebih ke pemecahan masalah. Jadi siswa untuk aktif mencari informasi agar tidak ketinggalan materi pembelajar. 

B. Penilaian di dapat dari semua aspek.
Pengambilan nilai siswa bukan hanya di dapat dari nilai ujianya saja tetapi juga di dapat dari nilai kesopanan,religi,praktek,sikap dan lain lain 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INI DIA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KURIKULUM 2013 "

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top