SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INI DIA LANGKAH TEPAT MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013

Assalamualaikum wr wb...Selamat Pagi dan selamat berjumpa lagi bersama wirajunior,,,adapun pembahasan yang akan wirajunior sampaikan pada pagi hari ini adalah bagaimana Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dimulai dari  mencantumkan Identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.  Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan suatu kesatuan. Untuk penjelasan lebih lanjut setiap komponen yaitu sebagai berikut:
1.  Mencantumkan Identitas
Terdiri dari: Nama sekolah, Mata Pelajaran, Kelas­, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Alokasi Waktu. Hal yang perlu diperhatikan adalah :
a.   RPP boleh disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
b.   Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus. (Standar kompetensi – Kompetensi Dasar – Indikator adalah suatu alur pikir yang saling terkait tidak dapat dipisahkan)
c.    Indikator merupakan:
  • ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar.
  • penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan  potensi daerah.
  • rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
  • digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
d.   Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada  kompetensi dasarnya.
2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Output (hasil langsung) dari satu paket kegiatan pembelajaran. Misalnya: Kegiatan pembelajaran:  ”Mendapat informasi tentang sistem peredaran darah pada manusia”.
Tujuan pembelajaran, boleh salah satu atau keseluruhan tujuan pembelajaran, misalnya peserta didik dapat:
  • mendeskripsikan mekanisme peredaran darah pada manusia.
  • menyebutkan bagian-bagian jantung.
  • merespon dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman sekelasnya.
  • mengulang kembali informasi tentang peredaran darah yang telah disampaikan oleh guru.
Bila pembelajaran dilakukan lebih dari 1 (satu) pertemuan, ada baiknya tujuan pembelajaran juga dibedakan menurut waktu pertemuan, sehingga tiap pertemuan dapat memberikan hasil.
3.   Menetukan Materi Pembelajaran
Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran,  dapat diacu dari indikator. Contoh:
Indikator: Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri kehidupan.
Materi pembelajaran: Ciri-Ciri Kehidupan: Nutrisi, bergerak, bereproduksi, transportasi, regulasi, iritabilitas, bernapas, dan ekskresi.
4.  Menentukan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
Oleh karena itu pada bagian ini cantumkan pendekatan pembelajaran dan metode yang diintegrasikan dalam satu kegiatan pembelajaran peserta didik:
  • Pendekatan pembelajaran yang digunakan, misalnya: pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah, dan sebagainya.
  • Metode-metode yang digunakan, misalnya: ceramah, inkuiri, observasi, tanya jawab, e-learning dan sebagainya.
5. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Jika diartikan secara umum, pembelajaran diartikan sebagai satu kegiatan yang dilaksanakan oleh guru, yang memang dilakukan dengan sedemikian rupa sehingga perilaku siswa akan berubah menjadi lebih baik lagi. Pembelajaran juga dapat diartikan dengan satu kegiatan yang dilakukan dengan cara yang disengaja, oleh sebab itu, pastinya proses pembelajaran memiliki tujuan yang pasti.
Adapun tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh Darsono  dkk. (2000) yaitu proses dimana para guru akan membantu siswa agar mereka dapat memperoleh berbagai macam pengalaman, sehingga perilaku setiap siswanya akan selalu bertambah dan tertuju pada arah yang lebih baik, baik kuantitas maupun kualitas. Dan beberapa pengalaman tersebut tergolong dalam pengetahuan, keterampilan, serta nilai ataupun norma yang berfungsi sebagai pengendali sikap juga perilaku pada setiap siswa ataupun siswi.
Pembelajaran juga dapat dilakukan dengan beberapa pengaturan atau beberapa macam interaksi yang berada di dalam dan di sekitar momen-momen proses belajar yang memang mencakup beberapa unsur belajar yang efektif yang memang mampu mempengaruhi kesuksesan setiap siswanya dalam menjalankan proses belajar.
Menurut seorang ahli yang memiliki aliran Gestalt, proses pembelajaran yang baik merupakan satu usaha dimana para guru memberikan materi pembelajaran yang sedemikian rupa kepada para siswanya sehingga siswa jauh lebih mudah dalam mengatur setiap pembelajaran yang disampaikan menjadi satu pola yang memiliki makna yang baik. Sedangkan menurut Mursell & Nasution (2002), agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, oleh karena itu pembelajaran tersebut harus memiliki kandungan makna yang sangatlah banyak bagi para siswa, bukan malah dengan rutinitas pengumpulan fakta-fakta.
Itulah beberapa makna dari proses pembelajaran yang diartikan oleh beberapa sumber. Dan pada intinya proses pembelajaran merupakan satu proses dimana seorang guru harus mampu memberikan banyak ilmu kepada para siswanya agar siswa yang bersangkutan dapat menjadi seorang yang memiliki kepribadian lebih baik dari sebelumnya.
Demikian tulisan yang dapat wirajunior bagikan pada pagi hari ini , semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya......
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INI DIA LANGKAH TEPAT MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top