SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INI DIA TAHAPAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

Assalamualaikum wr wb...Selamat pagi ,,,,kali ini wirajunior akan membahas informasi mengenai tahapan proses pembelajaran tematik terpadu. Kurikulum 2013 yang diperuntukkan bagi Sekolah Dasar (SD) akan menggunakan atau menerapkan sistem model pembelajaran tematik terpadu. Untuk model pembelajaran ini berangkat dari pendekatan tematis sebagai salah satu acuan bahan serta kegiatan proses pembelajaran. Dan untuk tema yang akan diterapkan dapat mengikat kegiatan dari proses pembelajaran tersebut, baik dalam mata pelajaran tertentu ataupun antara mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya.
Untuk ciri dari proses pembelajaran tematik terpadu yaitu pembelajaran akan lebih berpusat kepada peserta didik, memberikan pengalaman secara langsung, pemisahan antara mata pelajaran yang tidaklah nampak, konsep dari beberapa mata pelajaran akan disajikan dalam satu pelajaran, memiliki sifat luwes, serta hasil dari proses pembelajaran ini sendiri dapat lebih berkembang yang mana sesuai dengan minat serta kebutuhan para peserta didik atau siswa.
Dan berikut ini ada beberapa tahapan proses pembelajaran tematik terpadu untuk kurikulum 2013, yang mana meliput:
  1. Menentukan tema, dimungkinkan dapat disepakati oleh bersama dengan peserta didik.
  2. Mengintegrasikan tema yang ada dengan kurikulum yang memang masih diberlakukan, dengan lebih mengedepankan dimensi sikap, pengetahuan, serta keterampilan yang dimiliki.
  3. Mendesain rencana dalam proses pembelajaran, dalam tahapan ini akan lebih mencakup pengorganisasian sumber serta aktivitas dari ekstrakulikuler dalam rangka mendemonstrasikan kegiatan yang menyangkut kedalam tema.
  4. Aktivitas dalam kelompok serta diskusi, yang memberi peluang berpartisipasi serta mencapai berbagai persepektif dari tema. Hal ini akan jauh lebih membangun para guru serta siswa dalam mengeksplorasi sebuah objek pembahasan.
Proses pembelajaran tematik terpadu ini telah diyakini sebagai salah satu modal dalam pengajaran yang lebih efektif lagi. Model pembelajaran ini mampu mewadahi serta menyentuh dengan cara yang terpadu dimensi smosional, fisik, serta akademiki. Pembelajaran tematik terpadu ini juga memiliki sifat dapat memandu para peserta didik atau siswa dalam mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi ataupun keterampilan dalam berpikir dengan mengoptimalkan kecerdasan ganda.
Pada kelas awal, peserta didik dapat berpikir dengan cara yang holistik, yaitu menyeluruh atau satu kesatuan. Mereka belum mampu memahami konsep secara abstrak. Manfaat dari proses pembelajaran tematik ini bisa membuat suasana ketika berada di dalam kelas yang nyaman dan menyenangkan. Menggunakan kelompok kerja sama, kolaborasi, kelompok belajar, dan strategi pemecahan konflik yang mendorong peserta didik untuk memecahkan masalah.
Guna meningkatkan kualitas pendidikan di negara Indonesia ini, guru harus menjadi salah satu kunci utama keberhasilan yang diraihnya. Selain itu, seharusnya seorang guru juga lebih banyak mengikuti serangkaian ujian jika dibandingkan dengan para siswa didiknya. Pandangan ini disampaikan langsung oleh Anies Baswedan pengagas program Indonesia Mengajar.
Anies mengungkapkan, bahwa yang seharusnya lebih banyak diuji yaitu guru, dan ujian yang harus diikuti adalah improvement and tese, yang mana nanti jika guru mengikuti tes ini maka siswa didik akan menerima dampaknya yang baik.
Selama ini, yang terjadi di dunia pendidikan yaitu terjadinya peningkatan mutu fokus yang ditujukan kepada siswa. Padahal sangat disayangkan, sebab guru merupakan satu komponen yang sangatlah penting di lingkungan sekolah selain kepala sekolah juga siswa. Bahkan seharusnya guru juga sering mengikuti ujian kompetensi agar kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Berdasarkan pengakuan Anies, ada beberapa aspek yang paling penting yang mana harus benar-benar diperhatikan oleh semua kalangan terkait guru dalam sistem pendidikan, aspek tersebut yaitu mutu, kesejahteraan, serta distribusi guru. Namun sangat disayangkan, ketiga aspek tersebut sampai saat ini masih belum dapat diperhatikan dengan baik dalam dunia pendidikan.
Seharusnya, baik pemerintah maupun kalangan staff yang berada di lingkungan sekolah harus bisa lebih memperhatikan semua aspek tersebut, agar kompetensi guru lebih meningkat dari sebelumnya. Bukan hanya itu, jika pemerintah lebih memperhatikan semua aspek ini, maka pendidikan di negara ini mungkin akan jauh lebih baik.
Demikian tulisan wirajunior pada pagi hari ini , semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Dan terima kasih sudah berkunjung..............
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INI DIA TAHAPAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top