SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INI DIA FORMASI CPNS TAHUN 2014 DAN PERSYARATAN USIA CPNS TAHUN 2014

Assalamualaikum wr wb.... Menjawab banyaknya pertanyaan tentang syarat umur minimal dan umur maksimal pelamar CPNS yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil khususnya pada penerimaan CPNS tahun 2014 nanti berikut ini kami informasikan batasan umur calon pelamar CPNS sebagai salah satu syarat pendaftaran tes CPNS. 
Yang menjadi dasar penentuan umur pelamar CPNS ini adalah peraturan yang berlaku saat ini dan belum ada perubahan sampai artikel ini ditulis yaitu Keputusan kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 tahun 2002 Tentang Ketentuan pelaksanaan Peraturan pemerintah nomor 98 tahun 2000 Tentang pengadaan pegawai negeri sipil Sebagaimana telah diubah dengan peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2002.

Pada peraturan tersebut syarat umur pelamar CPNS ditetapkan berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun.

Artinya pelamar yang belum mencapai usia 18 (delapan belas) tidak dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Usia seorang pelamar ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum dalam Surat Tanda Tamat Belajar/ Ijazah yang digunakan sebagai dasar pengangkatan.

Bagaimana dengan pengangkatan CPNS tenaga honorer yang sudah lama mengabdi ? Pada peraturan tersebut dijelaskan bahwa Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil pada Prinsipnya tidak boleh melebihi usia 35 tahun. Namun Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dapat dilakukan bagi yang melebihi usia 35 (tiga puluh lima) tahun, dengan ketentuan :
  1. Telah mengabdi kepada instansi pemerintah baik pusat maupun daerah sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun secara terus menerus sebelum Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2002 yang ditetapkan tanggal 17 April 2002.
  2. Masih melaksanakan tugas pada instansi tersebut; dan
  3. Pengangkatan tersebut dilakukan berdasarkan kebutuhan khusus dan dilaksanakan secara selektif serta tidak boleh melebihi usia 40 (empat puluh) tahun. Kebutuhan khusus yang dimaksud dalam ketentuan ini adalah jabatan-jabatan yang ditetapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara berdasarkan usul dari Pejabat Pembina Kepegawaian instansi sebelum pengadaan pegawai.
Dari penjelasan diatas semoga bisa membantu anda yang masih bertanya-tanya apakah umur anda masih memenuhi persyaratan untuk ikut pendaftaran seleksi CPNS khususnya tahun 2014 ini. Ketentuan ini berlaku umum baik untuk pelamar penerimaan CPNS melalui jalur umum maupun untuk tenaga honorer.
Bagaimana kepastiannya akan kita ketahui pada masing-masing instansi nantinya setelah pengumuman penerimaan CPNS 2014 secara resmi dikeluarkan. Mungkin akan ada ketentuan lain, seperti pengalaman pada penerimaan CPNS tahun 2013 yang lalu pada instansi kementerian keuangan syarat usia pelamar CPNS dibatasi dengan aturan yang berbeda sesuai formasi dan kualifikasi pendidikan.

Kementerian keuangan tahun lalu menetapkan batasan umur pelar CPNS jalur umum dengan ketentuan: minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk Sarjana S-1; minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk Diploma Pelayaran; minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk Diploma Umum; minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk SMK Pelayaran dan minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk SMK Umum.

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Seperti tahun 2013 yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.

Secara resmi Kemenpan RB telah mengumumkan formasi yang dibutuhkan pada penerimaan CPNS  tahun 2014.
Kemenpan RB menetapkan beberapa formasi dari seluruh intansi yang membuka lowongan CPNS 2014, diluar keteapan ini tidak akan diakomodir.

Secara garis besar formasi CPNS tahun 2014 tersebut digolongkan menjadi 7 (tujuh) kategori jabatan mulai dari formasi jabatan guru, fungsional umum, fungsional tertentu, peneliti, instruktur, dosen dan dokter.


Semua formasi ini akan disebar ke berbagai instansi sesuai kebutuhan dan verifikasi analisa jabatan. Untuk melihat formasi apa saja yang tersedia dan kualifikasi pendidikan download dokumen nya pada link dibawah ini. Cek apakah jurusan kamu tersedia atau tidak pada penerimaan CPNS tahun ini. 





Tahun 2014 pelaksanaan seleksi CPNS dilaksankan tidak serentak. karena mulai tahun ini pemerintah telah mewajibkan seluruh instansi baik pusat dan daerah menggunakan sistim computer assisted test (CAT). dengan perubahan ini tes tidak serentak lagi, tapi bertahap dan memberikan kesempatan kepada pelamar untuk uji kemampuan di beberapa instansi.

"Adapun perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya yang pelaksanaan tesnya serentak, tahun ini diputuskan bertahap. Lantaran ada kewajiban seluruh instansi untuk mengikuti sistim CAT," kata Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja.  "Otomatis dengan menggunakan sistem CAT dan tesnya tidak bertahap, maka setiap pelamar bisa saja melamar di lebih dari satu instansi. Tapi tidak masalah karena kan sistim pengujiannya sangat transparan dan langsung kelihatan kemampuan pelamarnya," terangnya.
untuk itu para pelamar CPNS tahun ini agar mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian CPNS dengan menggunakan metode CAT, jika anda belum tahu metode CAT dan seperti apa pelaksanaan ujiannya,


Masih banyak daerah yang infrastrukturnya belum memadai untuk pelaksanaan CAT. Namun, KemenPAN-RB telah memberikan sosialisasi kepada seluruh instansi pusat dan daerah yang akan melaksanakan tes CPNS untuk menyiapkan diri. Badan Kepegawaian Negara (BKN) lewat 12 Kantor Regionalnya pun sudah menyiapkan infrastrukturnya. setiap komputer yang akan digunakan untuk tes CAT akan bebas dari kebocoran soal. Sebab, Lemsaneg akan dilibatkan dalam pembersihan dan penguncian data komputer.

"Kenapa kami wajibkan pakai CAT, karena selain lebih transpran, metode  ini juga lebih menghemat waktu dan biaya. seperti tes CPNS tahuN 2013 kemarin yang menggunakan CAT minus komplain karena memang sangat objektif hasilnya.



Demikian informasi yang dapat wirajunior berikan, Semoga ada manfaatnya bagi kita semua....Sekian dan terima kasih atas kunjungannya...............

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INI DIA FORMASI CPNS TAHUN 2014 DAN PERSYARATAN USIA CPNS TAHUN 2014"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top