SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INI DIA JADWAL SIMULASI CAT TES CPNS 2014 DI BEBERAPA KOTA DAN BOCORAN SOAL CPNS 2014

Selamat Siang sobat wirajunior , Berikut ada info terbaru silahkan di simak.  Sebelum pelaksanaan tes CPNS, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sejumlah kota besar.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengatakan, dari simulasi CAT yang telah dilakukan di Jakarta dan Bogor sebelumnya, terlihat antusiasme calon peserta seleksi CPNS yang tinggi.

"Dengan mencoba simulasi CAT, diharapkan para peserta menjadi familiar ketika nantinya mengikuti tes CPNS. Calon peserta juga diharapkan bisa lebih berkonsentrasi dan mempelajari kisi-kisi yang akan diujikan dalam tes," ujardia saat konferensi pers di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Dia menjelaskan, materi tes kompetensi dasar (TKD) terdiri dari 3 kelompok soal. Pertama, wawasan kebangsaan yang meliputi Pancasila, UU 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Kedua, karakteristik pribadi yang meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan dan lain-lain.

Ketiga, intelegensia umum yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis.

Azwar mengungkapkan, dari pengalaman simulasi sebelumnya banyak peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade, padahal secara kumulatif nilainya tinggi.

Umumnya para peserta unggul pada salah satu kelompok soal, tetapi jatuh pada kelompok soal lain.

"Ini harus menjadi perhatian. Usahakan agar masing-masing kelompok soal memenuhi passing grade dengan skor maksimal," katanya,

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan pada Juli dan TKD dimulai pada Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.

Selain itu, pesyaratan pendaftaran juga akan dipermudah karena saat mendaftar tidak diperlukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat dan kartu kuning. Persyaratan administrasi itu baru diserahkan jika pelamar dinyatakan diterima menjadi CPNS.

Berikut jadwal simulasi CAT di beberapa kota besar:

  1. 3-4 Juli 2014 di Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat.
  2. 8 Juli 2014 di Denpasar, Bali.
  3. 14 Juli 2014 di Semarang, Jawa Tengah.
  4. 16 Juli 2014 di Surabaya, Jawa Timur.
  5. 18 Juli 2014 di Makassar, Sulawesi Selatan.
  6. 22 Juli 2014 di Medan, Sumatera Utara.
Bagi anda yang ingin secara khusus mempelajari simulasi CAT di komputer atau handphone, mengikuti Tryout CPNS dengan sistem CAT, mempelajari materi prediksi soal CPNS tahun 2014, dan ribuan soal CPNS lainnya yang dilengkap kunci jawaban dan pembahasannya.

Berita selanjutnya adalah  bocoran soal CPNS tahun 2014 , Silahkan disimak selengkapnya :

Seperti yang kita ketahui dari informasi sebelum-sebelumnya, bahwa pemerintah akan  membuka lowongan penerimaan CPNS untuk 100 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) pada minggu ketiga bulan Juli 2014. Formasi teserbut terdiri dari 65 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman, lowongan ASN itu tersebar di 482 instansi pemerintah, yang terdiri dari 31 kementerian dan 40 lembaga, serta 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten/kota.

"Untuk CPNS, 25 ribu formasi disediakan untuk instansi pemerintah pusat, dan 40 ribu formasi untuk pemerintah daerah. Sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 25 ribu untuk daerah," kata Herman dalam Sekretariat Kabinet, Kamis (19/6/2014).

Sama seperti tahun lalu,  materi tes kemampuan dasar (TKD) terdiri dari tiga kelompok soal. Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sedangkan kelompok kedua adalah karakteristk pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan lain-lain.

Adapun kelompok soal ketiga, menurut Herman, adalah intelegensia umum, yang meliputi  kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.

Herman memastikan jika hampir semua seleksi CPNS itu akan menggunakan sistem komputerisasi atau Computer Assisted Test (CAT), untuk menjamin transparansi, obyektivitas, dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam seleksi.

“Dengan cara ini, pemerintah optimis bisa menjaring putera-puteri bangsa terbaik untuk menjadi aparatur sipil Negara,” pungkas Herman.


Demikian info yang dapat kami berikan pada siang hari ini , semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya....

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INI DIA JADWAL SIMULASI CAT TES CPNS 2014 DI BEBERAPA KOTA DAN BOCORAN SOAL CPNS 2014"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top