SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INFO CPNS 2014 : SELEKSI CPNS 2014 SEDIAKAN FORMASI KHUSUS

Assalamualaikum wr wb....Selamat Malam... Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyiapkan formasi khusus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan direkrut tahun ini.
Kebijakan itu disusun bersama instansi yang berkaitan dengan formasi, agar memperoleh calon-calon pegawai aparatur yang benar-benar berkompeten. Formasi-formasi yang akan disusun ini nantinya dituangkan dalam Peraturan MenPAN-RB.

“Kebijakan formasi ini kita buat khusus untuk orang-orang istimewa, yang berasal dari tempat yang istimewa, sehingga tesnya pun harus istimewa,” ujar Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja saat memimpin rapat persiapan penyusunan formasi khusus pegawai ASN tahun 2014 di Jakarta, Senin (7/7).
Seperti halnya tahun lalu, pemerintah menyediakan formasi khusus untuk putra-putri terbaik seperti atlet berprestasi dan pelatih bersertifikat.

Formasi juga diberikan untuk putra-putri daerah peraih beasiswa yang mendapat program pendidikan gratis. “Apabila dianggap perlu, formasi dapat ditambah dengan mengirimkan undangan, dan tesnya lebih kepada wawasan kebangsaan dan attitude,” terangnya.

Dikatakan, program ini juga untuk daerah penanganan khusus seperti Papua. Sedangkan program untuk formasi disabilitas masih tetap dilanjutkan untuk mengisi formasi seperti pranata komputer, petugas call centre, pranata humas, penyuluh sosial, dan pekerja sosial. “Disabel tidak menutup kemungkinan untuk melamar di formasi umum juga,” imbuhnya.

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perwakilan dari Kementerian Sosial,  dan forum rektor Indonesia, juga memperhatikan formasi khusus untuk calon sarjana yang akan mengajar di tempat terdepan, terluar, dan tertinggal (SM3T).

“Untuk formasi-formasi yang diagendakan tersebut akan segera dituangkan dalam Peraturan MenPAN-RB,” pungkasnya

Jelang pelaksanaan tes CPNS tahun anggaran 2014, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) terus membuat terobosan. Terkini, mereka sedang menggodok alokasi formasi khusus untu pelamar-pelamar kategori khusus.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, skenario pemberian formasi khusus ini banyak jenisnya.

"Nanti akan ditetapkan melalui Peraturan Menteri PAN-RB," kata dia kemarin.
Dia mengatakan pengalokasian formasi khusus ini supaya bisa memperoleh calon-calon abdi negara yang berkualitas.

Herman menjelaskan salah satu skenario pemberian formasi khusus itu untuk pelamar-pelamar yang istimewa. Baik istimewa dari standar akademik, atau standat prestasi lainnya. Herman mencontohkan pelamar berprestasi dari PTN, akan mendapat undangan khusus untuk mengikuti tes CPNS.

Karena sudah mendapatkan undangan khusus, maka tesnya pun berbeda dari pelamar CPNS pada umumnya. Mereka nanti hanya dites wawasan kebangsaan dan perilaku saja. Tidak ada niat diskriminasi pada skema ini. Panitia tes CPNS murni ingin merekrut calon abdi negara berkualitas dan supaya tidak kedahuluan lembaga swasta.

Jika tidak dilakukan upaya penjaringan pelamar berprestasi seperti ini, maka dikhawatirkan kursi CPNS hanya kebagian sisa-sisa SDM unggul. Sebab sudah jamak diketahui, mahasiswa berprestasi akademik di sejumlah kampus negeri ternama, sudah diijon oleh lembaga atau perusahaan swasta.

Selain itu, formasi khusus juga disiapkan untuk atlet-atlet berprestasi dan pelatih profesional bersertifikat di bidangnya. Kemen PAN-RB terus menjalin komunikasi intensif dengan Kemenpora untuk membuat standar atlet atau pelatih yang bisa mendapatkan formasi khusus menjadi CPNS itu.

Alokasi atau formasi CPNS khusus dalam bentuk afirmasi juga diberikan kepada putra-putri dari Papua dan Papua Barat. Skema ini sudah berjalan pada tes CPNS sebelumnya. Teknisnya, setiap instansi harus menyediakan kursi dengan jumlah tertentu yang khusus diisi oleh pelamar dari dua provinsi paling timur itu. Harapan dari afirmasi ini, putra-putri Papua dan Papua Barat bisa menjadi agen perubahan di tempatnya masing-masing setelah beberapa waktu bekerja sebagai CPNS di instansi pusat.

Herman juga mengatakan, alokasi formasi khusus untuk pelamar disabilitas tetap diberikan tahun ini. Pelamar disabilitas ini bisa menempati kursi pegawai pranata komputer, petugas call center, pranata humas, penyuluh sosial, dan pekerja sosial. Untuk membahas teknis kriteria ya, Kemen PAN-RB berkomunikasi dengan Kementerian Sosial.

Skema formasi khusus lainnya adalah, untuk mengakomodasi peserta program sarjana mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM3T). Para sarjana peserta program ini bisa diangkat langsung menjadi guru CPNS, asalkan tetap bekerja di sekolah penempatan saat ini. Setelah diangkat menjadi pegawai negeri, mereka tidak boleh pindah mengajar ke pusat kabupaten atau bahkan kembali ke kampung halamannya.

Penetapan jumlah formasi khusus sampai kemarin masih terus digodok. Yang jelas, alokasi formasi khusus itu bagian dari total kuota rekrtumen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berjumlah 100 ribu kursi. Ju,lah itu terbagi 65 ribu kursi CPNS dan 35 ribu kursi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).


Demikian Informasi yang dapat wirajuniro berikan, Semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Sekian dan  terima kasih atas kunjungannya.................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INFO CPNS 2014 : SELEKSI CPNS 2014 SEDIAKAN FORMASI KHUSUS"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top