SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

INFO CPNS 2014 TERBARU : TETAPKAN 11 JABATAN BISA DILAMAR SARJANA SEMUA JURUSAN

Assalamualaikum wr wb...Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) akhirnya menetapkan jabatan-jabatan CPNS baru yang bisa dilamar sarjana semua jurusan. Mereka memastikan adala sebelas lowongan pekerjaan yang tidak terikat jurusan kuliah pelamarnya.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, sebelas jabatan itu adalah auditor, perencana, analis kebijakan, dan pengawas penyelenggara urusan pemerintah daerah.
Kemudian penggerak swadaya masyarakat, widyaiswara, peneliti, penyuluh, dan pekerja sosial serta perekeyasa dan pemeriksa.

Alasan dibukanya akses formasi untuk lintas jurusan ini untuk menjaring SDM yang berkualitas tetap kuliah di jurusan jarang memiliki formasi CPNS. Para SDM berkualitas itu disayangkan ketika akhirnya menyebrang menjadi pegawai di instansi swasta.

"Bagi instansi pemerintah yang belum mengalokasikan formasi untuk sebelas jabatan tadi, diminta segera mengalokasikannya," tutur Herman kemarin.
Dia mengatakan komposisi formasi yang diperebutkan pelamar dari segala jurusan itu adalah 5 persen dari total kuota di masing-masing instansi.

Seperti diketahui kuota CPNS baru dalam rekrutmen 2014 sebesar 65 ribu orang. Rinciannya adalah 25 ribu orang ditempatkan di instansi pusat (kementerian dan lembaga). Dan sisanya sebanyak 40 ribu orang ditempatkan di instansi daerah (provinsi, kabupaten, dan kota).

Herman menuturkan dalam persiapan tes CPNS 2014 ini, ada beberapa permasalahan teknis. Diantaranya adalah belum semua instansi menyampaikan nama-nama jabatan fungsional ditempatnya masing-masing. Masalah lainnya adalah jabatan yang diusulkan belum tercantum dalam e-Formasi yang ditetapkan pantia rekrutmen.

"Penyusunan formasi yang seharusnya disusun per jabatan, masih banyak yang disusun berdasarkan unit organisasi," paparnya. Persoalan lainnya adalah rincian calon pengisian penawai tidak sesuai dengan jumlah persetujuan prinsip yang ditetapkan Kemen PAN-RB.

Seleksi CPNS 2014 yang digadang-gadang mulai September mendatang lebih difokuskan pada jabatan. Ijazah hanya menjadi faktor pendukung dalam administrasi saja.

"Penerimaan tahun ini yang dilihat bukan ijazah tapi jabatan. Saat melamar, pelamar hanya mencantumkan nama dan NIK saja. Jadi kalau ada yang bertanya apakah lulusan SMA atau SMP ada lowongannya, kita kembalikan ke jabatan apa yang dibuka masing-masing instansi," ungkap Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja kepada JPNN.com, Senin (21/7).
Dia mencontohkan jabatan yang dibutuhkan penjaga mercusuar, berarti lulusan SMA masih berlaku. Dan ini yang lebih tahu adalah daerah itu sendiri

"Kita akan tahu daerah masih membutuhkan lulusan SMA saat rincian formasinya dikembalikan ke KemenPAN-RB," ucapnya.

KemenPAN-RB telah memberikan tenggat hingga 24 Juli untu pengajuan rincian formasi dan selanjutnya ditetapkan MenPAN-RB. Rincian formasi ini sangat diperlukan dalam pendaftaran CPNS.

Setiawan kembali mengimbau seluruh daerah secepatnya memasukkan rincian formasinya agar jadwal tes pada September mendatang tidak molor lagi


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga ada manfaatnya untuk kita semua, sekian dan terima kasih atas kunjungannya...............

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INFO CPNS 2014 TERBARU : TETAPKAN 11 JABATAN BISA DILAMAR SARJANA SEMUA JURUSAN"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top