SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERANTAKAN !!!

Assalamualaikum wr wb.... Persiapan implementasi Kurikulum 2013 untuk tahun pelajaran 2014/2015 di semua jenjang mulai tingkat SD sampai SMA dinyatakan begitu berantakan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini tengah mengalami frustasi menghadapi berbagai permasalahan persiapan implementasi Kurikulum 2013.
“Bahkan sampai Menterinya (Mendikbud Mohamamd Nuh, red) kurang tidur,” kata Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Harris Iskandar yang dikutip dari JPNN (18/07/2014).
Sektor pengadaan buku merupakan kelemahan yang paling parah dalam persiapan implementasi kurikulum baru tahun ini. Sampai dimulainya tahun ajaran baru tanggal 14 Juli lalu, buku-buku kurikulum 2013 belum didistribusikan ke sekolah-sekolah. Total kapasitas buku yang akan didistribusikan untuk jenjang SD mencapai 123 juta eksemplar.
Muncul penolakan implementasi Kurikulum 2013 di sejumlah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah memperparah situasi di Kemendikbud yang tidak kondusif. Kabar penolakan beberapa daerah ini berasal dari Ketua Umum Pengurus Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo.
Alasan penolakan impletasi Kurikulum 2013 tahun ini banyak sekali. Di antaranya adalah buku kurikulum 2013 yang juga sampai ke sekolah, walau tahun ajaran baru sudah dimulai. Kemudian banyak guru yang belum dilatih materi Kurikulum 2013. Kemendikbud sudah mendengar penolakan-penolakan itu.
Masalah pendistribusian buku itu, tidak bisa hanya menyalahkan Kemendikbud. Ini juga disebabkan karena banyak kepala sekolah yang tidak memesan buku ke percetakan sesuai jadwal. Padahal buku Kurikulum 2013 harganya murah dan uangnya sudah ada di dana BOS dan dana tambahan khusus untuk buku.
Jajaran Kemendikbud frustasi, karena jadwal dan skema yang disusun bubar. Awal tahun ajaran baru yang sedianya efektif per 14 Juli, diundur per 4 Agustus 2014. Mendikbud Mohammad Nuh sedang mencoba mencari bank yang bisa menyalurkan pinjaman pendanaan kepada percetakan agar buku bisa segera dicetak dan didistribusikan.
guru yang sampai saat ini masih banyak yang belum memiliki jiwa sebagai seorang pendidik yang baik. Pasalnya pemerintah menyebutkan bahwa sampai saat ini masih belum banyak menghasilkan guru-guru yang memiliki jiwa sebagai sebagai seorang pendidik yang baik dan tepat. Bahkan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dinilai sampai saat ini belum memiliki prioritas rektor guna mencetak para guru yang berjiwa pendidik dan belum bisa memberikan pendidikan karakter yang baik.
Berdasarkan akuan dari rektor Universitas Negeri Jakarta Prof Dr Djaali, LPTK sampai saat ini masih belum bisa menghasilkan para pendidik yang ideal yangsesuai dengan ketentuan dengan seorang guru. Guru yang lulusan dari LPTK belum bisa menjadi guru yang patut untuk menjadi contoh. Belum banyak pendidikan karakter hadir di sekolah yang mana disebabkan dari kesiapan gurunya kurang.
“Harus diakui guru yangberjiwa pendidik sampai saat ini belum banyak kita hasilkan. Jadi jangan harap guru sekarang bisa mengajarkan pendidikan karakter,” ungkap Djali.
Guna mewujudkan sebuah pendidikan yang berkarakter, maka harus ada guru yang memiliki jiwa sebagai seorang pendidik. Berdasarkan akuan dari Djali, pendidikan yang berkarakter itu bukan diajarkan, namun diberikan dengan melalui sejumlah contoh. Untuk menghadirkan pendidikan karakter di sekolah harus dihadirkan pula guru berkarakter bagus.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, Sekian dan terima kasih atas kunjungannya..................
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERANTAKAN !!!"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top