SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

KOMPETENSI INTI DAN DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah  keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar  satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara  konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar  dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1       Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2       Beriman kepada Allah SWT
1.3       Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4       Melaksanakan bersuci dari hadats besar dalam kehidupan sehari-hari
1.5       Melaksanakan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6       Melaksanakan shalat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Jum’ah ayat 9
1.7       Melaksanakan shalat jama’ qashar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim,  al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan QSAl- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.2       Memiliki perilaku ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134, dan hadits terkait
2.3       Memiliki perilaku meneladani perjuangan  Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1       Memahami  makna al-Asmaul-Husna:   Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.2       Memahami makna iman kepada malaikat  berdasarkan dalil naqli
3.3       Memahami  kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33 serta Hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4       Memahami kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar dan pemaaf
3.5       Memahami ketentuan bersuci dari hadats besar
3.6       Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.7       Memahami ketentuan shalat Jum’at
3.8       Memahami ketentuan shalat Jama’ Qashar
3.9       Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.10   Mengetahui karakter Khalifah dari Khulafaurrasyidin
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
1.1       Membaca QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan tartil
1.2       Menunjukkan hafalan QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan lancar
1.3       Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadast besar dalam kehidupan sehari-hari
1.4       Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar
1.5       Mempraktikkan shalat berjama’ah
1.6       Mempraktikkan shalat Jum’at



KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1       Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2       Meyakini Kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3       Meyakini Nabi Muhammad saw sebagai nabi akhir zaman
1.4       Melaksanakan shalat sunnah
1.5       Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi
1.6       Melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7       Mengkonsumsi makanan yang halal dan bergizi
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Memiliki perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Furqan (25): 63 , QS. Al Isra’(17): 27 dan hadits  terkait
2.2       Memiliki perilaku mengkonsumsi makanan dan minuman yang halaldan bergizi dalam kehidupan sehari sebagai implementasi dari pemahaman QS An-Nahl (16):114 dan hadits terkait
2.3       Memiliki perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 sertahadits terkait.
2.4       Memiliki perilaku semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
2.5       Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1       Memahami makna QS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114,  QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
3.2       Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3       Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT
3.4       Memahami  hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5       Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6       Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
3.7       Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits
3.8       Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1       Membaca QS. Al Furqan (25): 63, Al Isra’(17): 27, QS An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil
4.2       Menunjukkan hafalanQS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114,  QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
4.3       Mempraktekkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
4.4       Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.5       Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari



KELAS IX    
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.     Membaca al-Qur’an dengan tartil
1.2.     Beriman kepada Hari Akhir
1.3.     Beriman kepada Qadha dan Qadar
1.4.     Melaksanakan penyembelihan hewan berdasarkan ketentuan syariat Islam
1.5.     Melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah sebagai implementasi dari surat al-Kautsar
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.     Memiliki sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai implementasi dari pemahaman QS Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159serta hadits terkait.
2.2.     Memiliki perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Hujurat (49):13, serta Hadits terkait.
2.3.     Memiliki sikap empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah
2.4.     Memiliki sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.5.     Memiliki sikap tawakkal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1.     Memahami QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal dan hadits terkait.
3.2.     Memahami QS. Al Hujurat (49):13  tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadist terkait.
3.3.     Memahami makna iman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya.
3.4.     Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan Nya
3.5.     Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6.     Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7.     Memahami ketentuan haji dan umroh
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.     Membaca QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159  dan QS. Al Hujurat (49):13) sesuai dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf
4.2.     Menunjukkan hafalan QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159  dan QS. Al Hujurat (49):13)
4.3.     Memperagakan tata cara penyembelihan hewan
4.4.     Mempraktekkan manasik haji
4.5.     Mempraktekkan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqoh di lingkungan sekitar rumah
4.6.     Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Nusantara
4.7.     Menceritakan sejarah tradisi Islam Nusantara


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KOMPETENSI INTI DAN DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top