SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR AGAMA ISLAM SD/MI KURIKULUM 2013

Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

KELAS: I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

1.1       Berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2       Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Pengayang.
1.3       Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4       Bersuci sebelum beribadah
1.5       Membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
2.2       Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan  Al-Ikhlas
2.3       Memiliki perilaku hormat  dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
2.4       Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq ayat 1 s.d. 5
2.5       Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‘Alaq ayat 1 s.d. 5
3.2       Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan  sekolah
3.3       Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4       Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5       Mengenal makna doa sebelum dan sesudah belajar
3.6       Mengenal tata cara bersuci
3.7       Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8       Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam A.S
3.9       Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris A.S
3.10   Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
3.11   Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Melafalkan  huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
1.2       Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
1.3       Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
1.4       Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.5       Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
1.6       Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
1.7       Menceritakan contoh perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
1.8       Mempraktekkan tata cara bersuci
1.9       Menceritakan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
1.10   Menceritakan  kisah keteladanan Nabi Adam A.S
1.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris A.S
1.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
1.13   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
1.14   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Berwudhu sebelum shalat
1.2       Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3       Berdo’a sebelum dan sesudah makan
1.4       Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.2       Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
2.3       Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2       Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3       Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4       Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat 
3.5       Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr
3.6       Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.7       Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu
3.8       Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah makan
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
3.10   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
3.11   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
3.13   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2       Melafalkan Q.S. An-Nas  dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas  dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4       Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5       Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar
4.6       Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.2       Berdzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.3       Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.2       Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.3       Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.4       Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan  Nabi Muhammad SAW
2.5       Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2       Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahab, Al-‘Alim, As-Sami’
3.3       Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.4       Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5       Mengerti makna dzikir dan doa setelah shalat
3.6       Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)
3.10   Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian  sebagai wujud dari keteladanan nabi
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Qur’an dengan benar
4.2       Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Qur’an dengan benar
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.4       Mencontohkan perilaku tawadlu, ihlas, dan mohon petolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
4.5       Mempraktikkan tata cara shalat, dzikir,  dan doa setelah shalat secara benar
4.6       Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah
4.7       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
4.8       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
4.9       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.2       Mengamalkan  kebajikan kepada sesama manusia sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.3       Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.4       Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.5       Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.2       Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
2.3       Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan  Nabi Muhammad SAW
2.4       Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa A.S
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2       Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Adhim
3.4       Memahami makna bacaan sholat
3.5       Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.6       Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi  a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa A.S
3.9       Mengetahui kisah keteladan wali-wali Allah
3.10   Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan tartil
1.2       Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan benar
1.3       Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma’un dan  Al-Fil dengan lancar.
1.4       Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
1.5       Menceritakan pengalaman  melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah.
1.6       Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
1.7       Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
1.8       Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
1.9      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa A.S
1.10   Menceritakan kisah keteladanan wali-wali Allah


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Membaca al-qur’an dengan tartil.
1.2       Menyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3       Melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4       Melaksanakan shalat  tarawih dan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul Nya
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah
2.2       Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tiin
2.3       Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.4       Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan  Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain .
3.1       Mengenal nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi
3.2       Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3       Mengetahui makna Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan benar
3.4       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
3.5       Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10   Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al Qur’an
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.2       Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.4       Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5       Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah


KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2       Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3       Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4       Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5       Berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
1.6       Bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1       Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.2       Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.3       Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.4       Memiliki sikap fathonah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.1       Mengetahui  makna  Q.S.  Al-Kafirun  dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
3.2       Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3       Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4       Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar  yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5       Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa
3.10   Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW
3.11   Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2  dengan jelas dan benar
4.2       Menulis  Q.S.  Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2   dengan benar
4.3       Menyebutkan arti  Q.S.  Al-Kafirun  dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.4       Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.5       Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR AGAMA ISLAM SD/MI KURIKULUM 2013"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top