SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP BAHASA INDONESIA KTSP KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                           :
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
KELAS                                 : X
SEMESTER                        : 1

A.           STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B.           KOMPETENSI DASAR :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 
C.           MATERI PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·         Pokok-pokok isi berita
·         penangapan isi berita

D.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
3
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
·         Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
F.            METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) 

·        Mencari Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·        Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
·        Siswa berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·     Siswa Menuliskan isi berita . 


H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
F  Membentuk kelompok diskusi
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti     :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F  Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)
F  Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F  Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
F  Mendiskusikan isi berita
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F  Refleksi
F  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·   Radio/ tape
·   Televisi
·   CD salinan berita atau kaset rekaman

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat

Mengetahui,
Kepala Sekolah






                    Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP BAHASA INDONESIA KTSP KELAS X"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top