SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP IPS KTSP KELAS 7 SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah                :     ...................................   
Mata Pelajaran                :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester             :     VII / 1
Standar Kompetensi        :     1.       Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar          :     1.1.    Mendiskripsikan keragaman bentuk muka    bumi,  proses pembentukan dan dampaknya   terhadap kehidupan
Alokasi Waktu                :     12 jam pelajaran ( 6 x pertemuan )


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN*    :
      Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Pertemuan 1 :
Ü  Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
Pertemuan 2 :
Ü  Menjelaskan gejala diastropisme dan vulkanisme
Ü  Membedakan tipe-tipe gunung menurut bentuknya
Pertemuan 3 :
Ü  Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan
Ü  Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya
Pertemuan 4 :
Ü  Menjelaskan terjadinya proses pelapukan
Pertemuan 5 :
Ü  Menyebutkan faktor penyebab erosi dan dampak erosi
Pertemuan 6 :
Ü  Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI  PEMBELAJARAN     :
      1.   Proses alam endogen terhadap pembentukan muka bumi
      2.   Gejala disatropisme dann vulkanisme
      3.   Tipe-tipe gunung menurut bentuknya
      4.   Faktor penyebab terjadinya gempa bumi
      5.   Jenis-jenis batuan menuurut proses pembentukannya
      6.   Proses pelapukan
      7.   Faktor penyebab terjadinya erosi
      8.   Hasil bentukan dari proses sedimentasi
      9.   Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen

C.      METODE PEMBELAJARAN    :
      1.   Ceramah bervariasi
      2.   Diskusi
      3.   Inquiry
      4.   Tanya jawab
      5.   Simulasi
      6.   Observasi / pengamatan

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN       :
      Pertemuan I :
a.    Pendahuluan
            -     Apersepsi              :      Sebutkan nama gunung api yang pernah kalian lihat dan dengan
            -     Motivasi                :  -   Mengapa di dunia ini sering terjadi gempa bumi
                                       -   Apa akibatnya jika terjadi gempa bumi
      b.    Kegiatan Inti  :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Salah satu siswa disuruh menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya berbagai bentukan di permukaan bumi
F  Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
                  *    Kelompok I     :      diberi tugas memberikan contoh faktor penyebab terjadinya bentukan  muka bumi yang berasal dari luar / eksogen
                  *    Kelompok II    :      Memberikann contoh penyebab terjadinya bentukan muka bumi yang  berasal dari dalam / endogen
F  Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok
F  apa kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan dan kelompok lain memberikan tanggapan
F  ya jawab tentang perbedaan faktor endogen dan eksogen
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

           
      Pertemuan 2     :
      a.    Pendahuluan :
            -     Apersepsi        :     Contoh faaktor endogen dan eksogen
            -     Motivasi          :     Memenceritakan tentang aktivitas gunung berapi akhir-akhir ini
      b.    Kegiatan Inti    :
            -     Menjelaskan pengertiian diastropisme dan vulkanisme
            -     Menjelaskan tipe-tipe gunung berapi
      c.    Penutup      :
            -     Penilaian
            -     Refleksi     :
                  *    Siswa dapat mengungkapkan bentuk gunung menurut erupsinyai

      Pertemuan 3     : 
      a.    Pendahuluan :
            -     Apersepsi   :     Memberikan contoh gunung tipe kerucut di Indonesia
            -     Motivasi     :     Menjelaskan faktor penyebab terjadinya gempa bumi
     
      b. Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendeskripsikan faktor terjadinya gempa bumi
F  Menyebutkan akhibat gempa bumi
F  Menjelaskan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya  
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

      Pertemuan 4     :
      a.    Pendahuluan   :
-     Apersepsi        :     Guru memberikan gambar tentang proses pelapukan kepada siswa
-     Motivasi          :     Menanyakan tentang materal yang dibawa air ketika terjadi banjir
    
     b.    Kegiatan Inti  :          
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan
F  Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
F  Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati bentuk-bentuk pelapukan yang ada dilingkungan sekolah
F  Setiap kelompok mencatat proses pelapukan yang ada lingkungan sekolah untuk didiskusikan
F  Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan
F  Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
F  Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja     kelompok

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

      Pertemuan 5     :
      a.    Pendahuluan   :
            -     Apersepsi        :     Guru menanyakan apakah disekitar tempat tinggal siswa ada sungai yang mengalir
            -     Motivasi          :     Guru menunjukkan gambar muara sungai yang mengendapkan lumpur untuk diamati oleh siswa

      b.    Kegiatan Inti  :                      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyebutkan faktor penyebab erosi dan dampak erosi
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
F  Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati bentuk-bentuk erosi yang disebabkan oleh air dan angin
F  Kelompok I dan III mendiskusikan faktor penyebab terjadinya erosi
F  Kelompok II dan IV mendiskusikan pengaruh erosi terhadap perubahan bentuk muka  bumi  
F  Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan
F  Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
F  Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja Kelompok

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

      Pertemuan 6
      a.    Pendahuluan   :
            -     Apersepsi      :     Siswa diminta menyebutkan akibat dari erosi terhadap muka bumi
            -     Motivasi        :     Guru menampilkan gambar gunung meletus dan gempa bumi
     
      b.    Kegiatan Inti     :       
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa
F  Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang dampak bentukan muka bumi karena tenaga endogen dan eksogen
F  Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru
F  Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan
F  Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan
F  Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja Kelompok
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN       :
     1.    Peta
     2.    Atlas
     3.    Globe
     4.    Kertas karton /HVS
     5.    Kertas penilaian Psikomotorik
     6.    Maket bentukan muka bumi
     7.    Buku Geografi yang relevan

F.     PENILAIAN    :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut

·   Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.

·   Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.

·   Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.


·   Mendeskripsikan  proses pelapukan

·   Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.

·   Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.

·   Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

Tes lisan



Tes lisan




Tes tulis






Penugasan


Tes tulis


Tes tulis


















































Tertulis




Daftar pertanyaan.


Daftar pertanyaan



Pilihan Ganda





Tugas rumah

Tes Uraian


Pilihan ganda

















































Tes Uraian




Sebutkan jenis-jenis bentuk muka bumi daratan!

Apakah yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya!

Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu ….
a.       maar
b.      perisai
c.       starto
d.      kaldera

Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!

Jelaskan proses pelapukan biologis!

Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
a.       abrasi
b.      deflasi
c.       glasial
d.      korasi

Sedimen yang diendapkan disepanjang pantai sampai kedalaman 200 meter disebut batuan......
a. Breksi
b. Konglomerat
c. Pasir
d. lempung

Gempa bumi yang disebabkan dislokasi atau pergeseran lapisan batuan yang panjang didalam
bumi disebut....
a. Gempa bumi vulkanik
b. Gempa bumi tektonik
c. Gempa bumi     vulkanotektonik
d. Gempa bumi runtuhan

faktor yang paling berpengaruh dalam pelapukan organik adalah....
a. air
b. makluk hidup
c. penyinaran matahari
d. angin

Tanah endapan vulkanis sangat subur, karena.....
a. Butirannya halus
b. Mengandung P dan K
c. Mengandung N
d. Mengandung humus


Dampak negatif tenaga endogen adalah adanya getaran orogenik yang menimbulkan.....
a. Patahan
b. Lipatan
c. Gunung api
d. Gempa

Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air!

Jelaskan struktur lapisan bumi!

Sebutkan jenis-jenis struktur patahan dan lipatan!

Sebutkan tiga golongan batuan beserta contohnya!

Bagaimana menanggulangi dampak negatif tenaga eksogen dan endogen?

Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api !



                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP IPS KTSP KELAS 7 SMP"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top