SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP PAI KTSP KELAS XI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XI / 1
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        :  Al-Qur’an

A.  Standar Kompetensi
1.  Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

B.  Kompetensi Dasar
1.1       Membaca  QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32.
1.2       Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32.
1.3       Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  Mampu membuat contoh kata sesuai hukum tajwid.
  Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  Mampu mengartikan ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
  Mampu menterjemahkan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32
  Mampu menyimpulkan intisari QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32.
  Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32
  Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
  Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Q.S. Al Baqarah:148
  Q.S. Fatir: 32

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  Mampu membuat contoh kata sesuai hukum tajwid.
  Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
  Mampu mengartikan ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
  Mampu menterjemahkan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32
  Mampu menyimpulkan intisari QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32.
  Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32
  Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
  Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Membaca dengan fasih Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
  Siswa mengamati tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
  Mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
  Mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
  Mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
  Siswa membiasakan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
  Mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
  Menunjukkan perilaku  berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
-      Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Q.S. Al Baqarah : 148, yaitu sebagai berikut:

9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuŽöyø9$# 4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î/ ª!$# $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« ֍ƒÏs% ÇÊÍÑÈ  
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Q.S. Fatir : 32, yaitu sebagai berikut:

§NèO $uZøOu÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRÏŠ$t7Ïã ( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur ÓÅÁtFø)B öNåk÷]ÏBur 7,Î/$y ÏNºuŽöyø9$$Î/ ÈbøŒÎ*Î/ «!$# 4 šÏ9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# 玍Î7x6ø9$# ÇÌËÈ  
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa membaca arti Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32  dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32  kepada siswa.
-      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S. Al Baqarah : 148 berikut artinya dengan benar.

Artinya :
“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.


Artinya :
 “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.”

-      Setelah selesai menyalin Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut. Sebagai contoh:

Bacaan
Hukum Bacaan
Cara Membacanya
tanwin bertemu dengan huruf “qof”

Hukum bacaanya adalah “ Ikhfa

Tanwin  pada kalimat شَيْءٍ قَدِيرٌ dibaca dengan dengung
Nun mati( نْ )    bertemu dengan huruf “Ha”     

Hukum bacaanya adalah “Idhar

Tanwin  pada kalimat فَمِنْهُمْ " dibaca dengan jelas


Tanwin    bertemu dengan huruf “ ‘ba”   

Hukum bacaanya adalah “ Iqlab

Tanwin  pada kalimat سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ" " dibaca seperti mim

-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 secara berkelompok.
-      Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32  secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Dalam Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu berkompetisi dalam kebaikan dan kebajikan karena kebaikan dan kebajikan adalah karunia Allah yang terbesar.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 2

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar
ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ
2.
إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

3.
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “nun” adalah…….

Idgham Bighunnah




II. Tes Perbuatan
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1.       1
Usman





2.       2
Said





3.       3
Sutejo Ade





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                          Skor Tes Perbuatan :      
1.  = Membaca lancar dan baik                                        = 80 – 90 = A
2.  = Membaca lancar kurang baik                                  = 70 – 79 = B
3.  = Membaca Terbata-bata                                             = 60 – 69 = C
4.  = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru    = 50 – 59 = D
5.  = Tidak dapat membaca                                              = kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Tujuan Kita diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepada-Nya.




2.
Membaca Al Qur’an banyak mengandung nilai ibadah.




3.
Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah dapat kita lalukan dengan mengucapkan hamdalah  اَلْحَمْـدُِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ  "“ setiap kali kita memperoleh nikmat serta menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.





dst
……………………………………………….




Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0


IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-       apa yang dilihat;
-       laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-       laporan dari orangtua murid atau siswa.


LEMBAR TUGAS

 
 





Salinlah Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.

                                                                                               



Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP PAI KTSP KELAS XI"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top