SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP TIK SEMESTER 1 KTSP KELAS 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER
(RPP 1-1)
Nomor : 1.1/VIII/1

SMP
:

Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
VIII (delapan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1.  Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar
:
1.1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
Indikator
:
1.1.1     Ketelitian dalam Mengidentifikasi tampilan menu bar
1.1.2     Pantang menyerah dalam Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar standar dengan teliti
1.1.3     Mengidentifikasi secara teliti menu dan ikon pada toolbar formatting
1.1.4     Teliti Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar drawing
Alokasi Waktu
:
4 x 40 Menit (2 x Pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.      Menunjukkan letak menu bar yang terdapat dalam tampilan Ms.word dengan benar
2.      Menyebutkan nama menu yang terdapat dalam menu bar dengan benar
3.      Menunjukkan letak menu toolbar standar pada tampilan ms.word dengan benar
4.      Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar standar dengan benar
5.      Menunjukkan letak menu toolbar formatting pada tampilan ms.word dengan benar
6.      Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar formatting dengan benar
7.      Menunjukkan letak menu drawing toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
8.      Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam toolbar drawing dengan benar

B.     Materi Pembelajaran
·         Tampilan menu dan ikon pada menu bar
·         Tampilan menu dan ikon pada toolbar standar
·         Tampilan  menu dan ikon pada toolbar formating
·         Tampilan  menu dan ikon pada toolbar drawing
C.    Metode Pembelajaran
·         Pendekatan CTL
·         Metode Direct Instruction (DI)
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Nilai Karakter
Alokasi waktu
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menggugah motivasi dan kreatifitas siswa tentang fungsi ms.word sebagai program pengolah kata melalui tanya jawab
·         Memahami secara teliti prinsip kerja dan fungsi program ms.word
·         Menyampaikan pengetahuan dan tujuan pembelajaran no 1 sampai 8

Kreatif


Teliti

rasa ingin tahu


1 x 40
2. Kegiatan Inti

Ekplorasi :
·         menggugah pengetahuan siswa tentang   tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak secara teliti
Elaborasi :
·         Guru menerapkan metode pembelajaran langsung (DI) pada kegiatan mengidentifikasi tampilan menu dan ikon aplikasi program ms.word secara teliti.
      Konfirmasi :
·         Mebuat agumentasi tentang pelajaranyang disampaikan pada tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata, tanpa pantang menyerah disertai kecermatan dan ketelitian.


Teliti

Teliti



Pantang menyerah dan teliti


2 x 40
3. Kegiatan Penutup
·         Guru melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan secara terperinci.
·         Kecermatan dalam Menarik kesimpulan  tentang hasil identifikasi menu dan ikon yang terdapat dalam program pengolah kata

Teliti



Teliti


1 x 40

E.     Sumber Belajar
Komputer, Software, buku paket,lembar kerja

F.     Penilaian
1.      Teknik : Unjuk Kerja dan Tanya Jawab
2.      Bentuk Instrumen : Tes Identifikasi dan tes lisan
3.      Instrumen
Soal / perintah :
1.            a. Tunjukkan beberapa menu yang ada pada menu bar!
b.Sebutkan beberapa ikon yang ada pada menu bar!
2.            a. Tunjukkan icon-icon pada toolbar standar!
b. Sebutkan nama perintah menu  ikon pada toolbar standar!
3.            a. Tunjukkanlah icon-icon pada toolbar formating!
b. Sebutkan nama perintah menu ikon pada toolbar formating!
4.            a. Tunjukkanlah icon-icon pada toolbar drawing!
b. Sebutkan nama perintah menu  ikon pada toolbar drawing
Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah !

Aspek yang dinilai

SKALA KUANTITATIF

Nilai :
(jml  /16) x 100
4
3
2
1
1. Menunjukkan menu bar





2. Menunjukkan toolbar standar




3. Menunjukkan toolbar formatting




4. Menunjukkan toolbar drawing




Jumlah





Keterangan :
4          =       Jawaban sangat tepat
3          =       Jawaban tepat
2          =       Jawaban Cukup tepat
1          =       Jawaban Kurang tepat

           




     
Mengetahui
Kepala Sekolah







Guru Mata Pelajaran TIK





NIP ...............................
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP TIK SEMESTER 1 KTSP KELAS 8"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top