SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KTSP KELAS XI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                   :    
Mata Pelajaran                 :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     XI / 1
Alokasi Waktu                   :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran         :     Expressions of relief, pain, and pleasure
Pertemuan Ke                   :

A.      Standar Kompetensi
         Mendengarkan
1.                    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari.           
         Berbicara
3.               Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
1.1              Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
3.1              Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
§  Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
§  Mempraktekkan  tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
·         Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
·         Mempraktikkan  tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure

E.      Materi Pokok
Gambits dan dialog yang memuat ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure


Expression of relief


Expression of pain

Expression of pleasure

  • Good heavens
  • Thanks God I am alive
  • Thanks for heaven
  • I am relief that..
  • God bless me
  • God bless you


v Please, leave me alone.
v I can’t tell my pain in words
v It brought me a lot of miseries
v My heart is so burdened
v I’m so sad to hear this
v I’m feeling bad at this time being

Ø  It’s wonderful.
Ø  How marvelous
Ø  I am please with it / that.
Ø  It’s my pleasure.
Ø  It gives me pleasure.
Ø  That’s great.
Ø  That terrific.
Ø  I am happy with ……
Ø  I like it.
Ø  I love it.



Dialog 1
Andika        : What a terrible journey it is!
Andina        : Is there any problem with your journey my husband?
Andika        : Yes, I took  a flight from New York  to come here. When I were in the middle of the journey. My  plane struck a  turbulence . It shook hard  and went down a couple of feet. My head hit the front  chair. Look! It is  wounded. I feel headache and all my body is in pain.
Andina        : Thanks God. You are still  alive.
Andika        : Yes, thanks for the heaven. Fortunately, the pilots are the experienced ones. They can handle the problems.
Andina        : Ok. Go to the bed and take a rest first.


Dialog 2
Karen          : Hi, … Sally. What’s wrong with you. You look so sad.
Sally           : Please, leave me alone.
Karen          : What’s the problem? Tell me.
Sally           : I can’t tell my pain in words.
Karen          : Oh, I guess. It must be about Josh . Am I right?

Dialog 3
Dea   : “Ouch!
Sally  : “What’s up, Dea?”
Dea   : “I have a headache.”
Sally  : “Poor you. I think you should take an aspirin.”
Dea   : “Yes, you are right. But I don’t have an aspirin. Can you buy me in the drugstore?”
Sally  : “All right. Wait a minute.”
Dea   : “Thanks Sally.”
Sally  : “You are welcome.”


F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
·         Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·         Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·         Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·         Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
·         Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
1.     Buku teks yang relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
2.     Transkrip percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
3.     Gambar yang relevan



I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.







2.





Merespon dan menggunakan ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure dengan tepat

Mempraktikkan  tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure

Tes Tertulis







Tes Lisan





Melengkapi dialog






Membuat dialog
Complete the dialogue below using the suitable expression!




Give your responses orally based on the situations below!

II. Instrumen  Penilaian


1. Complete the dialogues below using the suitable expressions!
1.   Desi      : “…………. My foot is hurt.”
                        Nino      : “What’s going on?”
                        Desi      : “You step on my foot.”
                  2.   Ima      : “Indra, I have a good news for you.”
                        Indra    : “What is it?”
                        Ima      : “The english test is cancelled”.
                        Indra    : “……….  I am not ready for the test today.”
                  3.   Jay       : “Pedrosa won the Motogp race last night.”
                        Deo      : “…..”
     
            2.  Make a dialogue using the expression of relief, pain, and pleasure with your partner. Perform your dialogue in front of the class!

III.  Pedoman Penilaian    



Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70



Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KTSP KELAS XI"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top