SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP GEOGRAFI KTSP KELAS XI

BAB 1. BIOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                   :
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi                 : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer  
Alokasi Waktu                         : 1 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian biosfer
-          Fenomena biosfer

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
·   Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi
·    Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi
·   Siswa dapat Carilah pengertian biosfer dari situs internet!
·   Diskusikanlah faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen
·         Apersepsi materi
2.    Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·           Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar  (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·           Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.    Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar mengenai fenomena biosfer
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,
Kepala SMA/MA,





, Juli 2011
Guru Mapel Geografi




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP GEOGRAFI KTSP KELAS XI"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top