SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP MATEMATIKA KTSP KELAS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :      
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Program        :    XI (Sebelas)
                                             Semester                   :     Ganjil


Standar Kompetensi                :  1.      Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar                    :  1.1.   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogif.

Indikator                                   :  1.      Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, dan diagram batang.
2.      Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
                                                  
Alokasi Waktu                          :  8 jam pelajaran (4 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
a.   Peserta didik dapat Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, dan diagram batang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b.   Peserta didik dapat Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan.

B.     Materi Ajar
            a.   Diagram, Batang, diagram garis, Diagram Lingkaran dan Ogive


C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi.

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data di sekitar  sekolah atau madrasah.
·        Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel
·        Siswa dapat Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model.    

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Ø   Pertemuan Pertama    
         Pendahuluan
         Apersepsi           : 
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengetahui cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 5-18 mengenai pengertian dasar statistika, yang terdiri dari hal. 5-8 mengenai data (jenis-jenis data dan ukuran data), hal. 8 mengenai statistika dan statistik, hal. 8-9 mengenai populasi dan sampel, dan hal. 9-18 mengenai data tunggal (penanganan awal data tunggal: pemeriksaan data, pembulatan data, penyusunan data, serta pencarian data terbesar, data terkecil, median, kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga, rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil)).   (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);     
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 11 mengenai pencarian median dari data tunggal, hal. 12-13 mengenai penentuan kuartil pertama, kuartil kedua, dan kuartil ketiga dari data tunggal, hal. 14 mengenai penentuan rataan kuartil dan rataan tiga dari data tunggal, hal. 15 mengenai penentuan desil untuk data tunggal, hal. 16 mengenai penentuan jangkauan, jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengidentifikasian data yang bersifat kualitatif atau kuantitatif (data diskrit atau kontinu), mengenai populasi dan sampel, pencatatan data kuantitatif, dan penentuan statistik lima serangkai, jangkauan, jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil (simpangan kuartil) untuk data tunggal, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 7, 9, 17 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari Aktivitas Kelas dalam buku paket pada hal. 7, 9, 17. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal Latihan dalam buku paket hal. 17-18 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai data (jenis-jenis data, ukuran data), penanganan awal data tunggal berupa pemeriksaan, pembulatan, dan penyusunan data tunggal, serta penentuan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan data (jenis-jenis data, ukuran data), penanganan awal data tunggal berupa pemeriksaan, pembulatan, dan penyusunan data tunggal, serta penentuan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal dari Aktivitas Kelas atau Latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

Ø   Pertemuan Kedua       
         Pendahuluan
   Apersepsi           :  -  Mengingat kembali mengenai penulisan data tunggal.
                                 -  Membahas PR.
Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal dan data berkelompok.
         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara membaca data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal maupun data berkelompok, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.    19-20 mengenai daftar baris-kolom, hal.20-26 mengenai daftar distribusi frekuensi, dan   hal. 26-28 mengenai daftar distribusi frekuensi kumulatif). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara membaca data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal maupun data berkelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 25 mengenai daftar distribusi frekuensi data berkelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal maupun data berkelompok dari Aktivitas Kelas dalam buku paket hal. 19-20, 23-24, 26, 29 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari Aktivitas Kelas dalam buku paket pada hal. 19-20, 23-24, 26, 29. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
f.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal Latihan dalam buku paket hal. 29-31 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal maupun data berkelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal maupun data berkelompok dari soal-soal pada Aktivitas Kelas atau Latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

Ø   Pertemuan Ketiga dan Keempat       
         Pendahuluan
         Apersepsi           :  -  Mengingat kembali mengenai bentuk data tunggal, data berkelompok, diagram batang, dan diagram lingkaran.
                                       -  Membahas PR.
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram lingkaran, diagram garis, diagram batang, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram lingkaran, diagram garis, diagram batang, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 31-32 mneganai diagram lingkaran, hal. 33-35 mengenai diagram garis dan batang, hal. 35-36 mengenai diagram kotak-garis, hal. 36-39 mengenai diagram batang-daun, hal. 39-43 mengenai histogram dan poligon frekuensi, hal. 43-44 mengenai diagram campuran, dan hal. 44-56 mengenai ogif). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram lingkaran, diagram garis, diagram batang, diagram kotak-garis, diagram batang-daun, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram lingkaran, diagram garis, diagram batang, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, histogram dan poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 33-34, 36, 38-39, 42-43, 44,      45-46 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
d.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari Aktivitas Kelas dalam buku paket pada hal. 33-34, 36, 38-39, 42-43, 44, 45-46. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal Latihan dalam buku paket hal. 46-48 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
&    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram lingkaran, diagram garis, diagram batang, diagram kotak-garis, diagram batang-daun, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram lingkaran, diagram garis, diagram batang, diagram kotak-garis, diagram batang-daun, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif dari soal-soal Aktivitas Kelas atau Latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

E.     Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 2-18, 18-31, 31-48).        
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F. Penilaian         
               Teknik                   : tugas individu.
               Bentuk Instrumen    :     uraian singkat.
Contoh Instrumen    :    
1.      Nilai Matematika dari 10 siswa adalah 3, 7, 6, 5, 7, 9, 8, 4, 7, 8. Tentukan:
     a.    Kuartil pertama, kuartil kedua, dan kuartil ketiga.
     b.    Rataan kuartil dan rataan tiga.
     c.    Jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil.

2.      Daftar baris-kolom berikut menyatakan banyaknya analk laki-laki dan perempuan yang dimiliki oleh suatu keluarga yang mengikuti survei.


Banyak
anak
 perempuan
Banyak
anak laki-laki
0
1
2
3
4
0

3

2

1
5
9

1
1
2
1
2
3


3
1

2


4









      a.   Berapa banyak keluarga yang mengikuti survei?
      b.   Berapa banyak keluarga yang memiliki anak laki-laki?
      c.   Berapa banyak anak laki-laki dan perempuan yang terdaftar?
      d.   Apakah pernyataan ini benar “Anak laki-laki lebih banyak dillahirkan dibandingkan anak perempuan“. Jelaskan!
3.      Misalkan garis berikut menunjukkan curah hujan rata-rata per bulan di Indonesia (dalam milimeter) yang tercatat di Badan Meteorologi dan Geofisika.

a.  Sebutkan bulan yang paling basah dan bulan yang paling kering.
b. Berapa mm-kah curah hujan rata-rata pada bulan April?
c.           Sebutkan bulan-bulan dengan curah hujan lebih dari 150 mm.

                             


Mengetahui,
Kepala Sekolah





, Juli 2011
Guru Mapel Matematika.




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP MATEMATIKA KTSP KELAS XI"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top