SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP PENJASORKES KTSP KELAS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : XI / 1
Pertemuan        : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit

Standar Kompetensi  
1.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1.   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator Pencapaian Kompetensi    
§  Melakukan latihan koordinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
§  Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.

A.         Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat melakukan latihan koordinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
§  Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.

B.         Materi Pembelajaran  
         Permainan Sepakbola
§  Koordinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
§  Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
   Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,-
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

C.         Metode Pembelajaran
§  Demontrasi
§  Inclusive (cakupan)
§  Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
§  Permainan (game)
§  Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri
·     Latihan koordinasi teknik dasar (meng-umpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki.
·     Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
·     Siswa dapat Melakukan latihan koor-dinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan ber-kelompok dengan meng-gunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·     Siswa dapat Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk me-numbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, ke-jujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.

D.         Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
  1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·           Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·           Pemanasan secara umum
·           Berlari mengelilingi lapangan sepakbola
·           Pemanasan khusus sepakbola dalam bentuk permainan

  1. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Penjelasan cara melakukan latihan koordinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Melakukan latihan koordinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·           Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
·           Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);

Pertemuan 4
  1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·           Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·           Pemanasan secara umum
·           Berlari mengelilingi lapangan sepakbola
  1. Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Uji kompetensi permainan sepakbola yang terdiri dari :
·           Uji kompetensi menendang dan mengontrol bolasepak
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Uji kompetensi menggiring bolasepak
·           Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
·           Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab); 
E.         Alat dan Sumber Belajar
  1. Alat Pembelajaran :
·         Bola sepak atau sejenisnya
·         Lapangan permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
·         Tiang gawang
·         Tiang pancang atau sejenisnya
·         Peluit
  1. Sumber Pembelajaran
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan sepakbola
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan sepakbola
o   Rekaman/cuplikan pertandingan sepakbola (liga sepakbola)
F.          Penilaian
1.            Teknik dan Bentuk Penilaian
a.            Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan koordinasi teknik dasar (menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

·               Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)

No
Nama Siswa
Mengumpan
Mengontrol
Menggiring
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















4.




















5.




















dsb




















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12




                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 25 kali
…… > 20 kali
100%
Sangat Baik
21 – 24 kali
17 – 19 kali
90%
Baik
17 – 20 kali
14 – 16 kali
80%
Cukup
13 – 16 kali
11 – 13 kali
70%
Kurang
……. <  13 kali
……. <  11 kali
60%
Kurang Sekali

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 25 rintangan
…… > 20 rintangan
100%
Sangat Baik
20 – 24 rintangan
15 – 19 rintangan
90%
Baik
15 – 19 rintangan
11 – 15 rintangan
80%
Cukup
10 – 14 rintangan
6 – 10 rintangan
70%
Kurang
……. <  10 rintangan
……. <  6 rintangan
60%
Kurang Sekali

b.            Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola  dengan metode resiprokal :

No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20




                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam teknik gerakan tanpa bola dalam permainan sepakbola!
2.
Sebutkan macam-macam teknik gerakan dengan bola pada pola penyerangan!
3.
Sebutkan macam-macam teknik gerakan dengan bola pada pola pertahanan!
4.
Jelaskan cara melakukan menggiring dan dilanjutkan dengan menembak ke gawang!
5.
Jelaskan cara melakukan menggiring, mengontrol, dilanjutkan menembak ke gawang!



2.            Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara               = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara               = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                       = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                      = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara            = Kurang dari 60%


Mengetahui,
Kepala ,






, Juli 2011
Guru Mapel PJOK





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP PENJASORKES KTSP KELAS XI"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top