SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

DOWNLOAD RPP SENI BUDAYA KTSP KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : ………………………….
Mata Pelajaran         : Seni rupa
Kelas/Semester        : XII/1

Standar Kompetensi:
1.      Mengapresiasi karya seni rupa.

Kompetensi Dasar:
1.1.    Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik  dalam karya seni rupa modern/kontemporer
1.2.    Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
1.3.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

Indikator Pencapaian Kompetensi:
§  Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
§  Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer
§  Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
§  Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara
  • Menjelaskan dan menyebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer

Alokasi Waktu:
6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
§  Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik  dalam karya seni rupa modern/kontemporer
§  Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
§  Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
  Nilai Karakter Bangsa : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.

B. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1, 2 dan 3
§  Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengapresiasi karya seni rupa
·   Menyebutkan Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
·   siswa dapat menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1,2 dan 3
Pendahuluan
Apersepsi:
§   Siswa diingatkan tentang Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Motivasi:
§   Memotivasi siswa pentingnya mempelajari cara menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
siswa dapat menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§   siswa dapat Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer
§   siswa dapat Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
§   siswa dapat Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,  Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air,  Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§   Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§   Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

E. Alat dan Bahan
Alat : Atlas
Bahan : - Buku paket Seni Budaya XII
               - Buku lain yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
a. Jelaskan yang disebut seni rupa!
b. Sebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer!
c. Jelaskan dan Sebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer ?
d. Sebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara ?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah………                                                       Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DOWNLOAD RPP SENI BUDAYA KTSP KELAS XII"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top